Ragam

5 Rekomendasi Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Ternyata masih banyak sekali orang yang masih belum mengetahui informasi mengenai koperasi simpan pinjam tanpa survey. Padahal ini sangat penting untuk diketahui sebab bisa memudahkan Anda yang membutuhkan simpanan dalam waktu yang singkat.

Oleh karena itulah pada kesempatan ini kami akan memberikan Anda informasi mengenai koperasi simpan pinjam tanpa proses peninjauan terlebih dahulu.

Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey
Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Perlu Anda ketahui, ada beberapa koperasi yang bisa memberikan Anda simpanan tanpa melakukan proses peninjauan terlebih dahulu.

Nah, adapun beberapa daftar koperasi simpan pinjam tanpa survey adalah seperti di bawah ini:

  • Koperasi Swadharma

    Koperasi Swadharma
    Koperasi Swadharma

Koperasi simpan pinjam tanpa survey yang pertama adalah koperasi Swadharma. Koperasi ini merupakan koperasi yang dimiliki oleh Bank Negara Indonesia atau yang biasa dikenal dengan BNI.

Hanya saja tidak semua orang bisa mengajukan pinjaman ke koperasi ini sebab Koperasi Swadharma hanya memberikan pinjaman kepada pegawai dan juga pensiunan dari BNI saja.

Untuk plafon alias batas pinjaman tertinggi yang ditentukan oleh koperasi ini juga cukup tinggi yaitu mencapai 100 juta rupiah.

Sedangkan jangka waktu pembayarannya bervariasi, mulai dari satu hingga 120 bulan, dengan bunga yang harus dibayarkan oleh debitur sekitar 17 persen dari total uang yang dipinjam pertahunnya.

Tetapi hal ini tidak berlaku untuk pinjaman insidentil, sebab pinjaman ini memungkinkan debitur meminjam dana dengan batas pinjaman sesuai dengan kebutuhan.

Untuk jangka waktu pembayarannya sama dengan pinjaman reguler yaitu 1 hingga 120 bulan, hanya saja bunganya tidak lebih banyak dari pinjaman reguler yaitu 15 persen per tahun.

  • KSP Sahabat Mitra Sejati

    KSP Sahabat Mitra Sejati
    KSP Sahabat Mitra Sejati

Koperasi simpan pinjam tanpa survey selanjutnya yang bisa Anda datangi sangat membutuhkan pinjaman adalah KSP Sahabat Mitra Sejati. Nah, untuk koperasi ini sendiri didukung oleh Bank Sampoerna dan Sampoerna Strategic Group.

Meskipun koperasi ini bari didirikan saat tahun 2009 silam, koperasi ini telah mendapatkan kepercayaan dari banyak orang dan memiliki nasabah yang tidak sedikit jumlahnya.

Baca Juga:Ā 9 Cara Mendapatkan Uang Dari Shopee TerbaruĀ 

Hal ini dikarenakan proses untuk meminjam hutang di koperasi ini cukup mudah sebab KSP sahabat Mitra Sejati Memiliki aplikasi yang memungkinkan nasabah untuk melakukan pinjaman secara online.

Nah, dengan melakukan pinjaman online nasabah tidak perlu repot-repot mendatangi koperasi tersebut dan bisa melakukan pinjaman kapan pun dan dimana pun.

Untuk jenis pinjaman yang ditawarkan oleh aplikasi ini ada dua macam, yaitu pinjaman dengan batas maksimal 1 juta dengan jangka waktu 1 hari, dan pinjaman kedua adalah pinjaman yang menyediakan batas pinjaman mencapai seratus juta dengan jangka waktu pembayaran 3 hingga 6 bulan.

Baca Juga :  250+ Link Grup WA Olshop Tangan Pertama

Dengan adanya jenis pinjaman yang berbeda tersebut, diharapkan nasabah lebih mudah untuk melakukan pembayaran hutang.

  • Dolphin Dana

Koperasi simpan pinjam tanpa survey berikutnya adalah koperasi Dolphin Dana. Tidak hanya memberikan pinjaman kepada anggotanya tanpa melakukan proses peninjauan terlebih dahulu, koperasi ini juga memungkinkan anggotanya untuk melakukan pinjaman tanpa menyertakan jaminan.

Karena itulah, tidak mengherankan banyak orang yang memutuskan untuk menjadi nasabah dari koperasi ini. Untuk batas peminjaman dari aplikasi ini memang tidak terlalu besar yaitu sekitar 10 juta rupiah dengan jangka pembayaran 3 sampai 12 bulan.

Meskipun batas pinjamannya tidak terlalu besar, koperasi ini bisa menjadi pilihan bagi orang dengan ekonomi rendah yang membutuhkan pinjaman cepat namun tidak memiliki jaminan.

Jumlah bunga yang harus dibayarkan ketika melakukan pinjaman di koperasi ini masih tergolong sangat wajar yaitu 14 persen tidak termasuk dengan biaya administrasi dan lain-lain.

Tetapi yang perlu Anda perhatikan, jika melakukan pinjaman di koperasi ini pastikan untuk membayar tepat waktu agar Anda tidak terkena denda.

  • Koperasi SIGAP Prima Astrea

    Koperasi SIGAP Prima Astrea logo
    Koperasi SIGAP Prima Astrea logo

Koperasi SIGAP Prima Astrea juga merupakan salah satu koperasi simpan pinjam tanpa survey. Namun sayangnya konsep koperasi ini hampir sama dengan Koperasi Swadharma, yang hanya memberikan pinjaman kepada pegawainya saja.

Jadi jika Anda bukan pegawai atau karyawan dari SIGAP Prima Astrea tidak akan bisa mengajukan pinjaman di koperasi tersebut.

Proses peminjaman di koperasi simpan pinjam tanpa survey ini juga sangat mudah karena bisa dilakukan melalui aplikasi. Jadi para nasabah bisa melakukan pinjaman kapan saja dan dimana saja.

Untuk batas peminjaman yang didapatkan antara satu nasabah dengan nasabah lainnya bisa berbeda tergantung dengan jabatan dan kinerja dari sang nasabah itu sendiri.

Itulah kenapa karyawan yang memiliki jabatan yang tinggi dan memiliki kinerja baik, proses pengajuan pinjaman yang dilakukan akan lebih mudah untuk disetujui dan bisa mendapatkan jumlah pinjaman lebih banyak.

Sebaliknya, karyawan yang memiliki jabatan tidak terlalu tinggi dan memiliki kinerja yang buruk hanya akan mendapatkan pinjaman dengan jumlah yang lebih sedikit atau bahkan mungkin pinjaman yang diajukan akan ditolak.

  • KSP Graha Mandiri

    KSP Graha Mandiri
    KSP Graha Mandiri

Koperasi simpan pinjam tanpa survey yang terakhir adalah KSP Graha Mandiri. Tetapi jika Anda berencana mengajukan pinjaman di koperasi ini maka Anda perlu mengajukan jaminan.

Untuk jenis jaminan yang bisa diajukan adalah barang berharga seperti misalnya BPKB kendaraan ataupun surat tanah.

Semakin berharga nilai dari barang yang dijadikan jaminan, maka jumlah pinjaman yang bisa didapatkan juga akan semakin besar.

Proses pengajuan pinjaman di koperasi simpan pinjam tanpa survey ini juga cukup mudah dan cepat. Sebab setelah mengisi formulir pinjaman dan mengajukan jaminan uang pinjaman sudah bisa didapatkan.

Baca Juga :  4 Cara Mendapatkan Saldo DANA Gratis Dari Google

Jadi bagi Anda yang membutuhkan pinjaman dalam waktu yang cepat untuk keperluan mendadak, koperasi ini bisa dijadikan alternatif.

Karena prosesnya tidak terlalu rumit dan jumlah pinjaman yang bisa didapatkan juga cukup besar asalkan jaminan yang diajukan memiliki nilai yang tinggi.

Di samping itu, anda juga perlu memperhatikan beberapa hal terkait resmi atau tidaknya koperasi simpan pinjam yang ingin anda gunakan sebagai koperasi simpan pinjam anda. Silahkan lihat caranya di bawah ini.

Cara Mengetahui Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey Resmi Deskripsi
Cek badan hukum koperasi Pastikan koperasi telah terdaftar sebagai badan hukum.
Periksa izin operasi Pastikan koperasi memiliki izin operasi yang dikeluarkan oleh otoritas yang berwenang.
Telusuri riwayat koperasi Pelajari sejarah koperasi, termasuk tanggal pendirian, tujuan dan riwayat operasionalnya.
Periksa keanggotaan Pastikan koperasi memiliki anggota yang aktif dan berpartisipasi.
Evaluasi laporan keuangan Minta laporan keuangan terkini dan periksa kestabilan keuangan koperasi.
Tinjau syarat dan ketentuan Baca syarat dan ketentuan yang berlaku untuk anggota koperasi serta ketentuan pinjaman dan simpanan.
Tanyakan pada anggota lainnya Mintalah pendapat dan pengalaman anggota lain dalam koperasi untuk mendapatkan informasi lebih lanjut.
Hubungi otoritas pengawas koperasi Anda bisa menghubungi otoritas pemerintah yang mengawasi koperasi untuk memverifikasi legalitasnya.

Tips Mengajukan Pinjaman

Setelah mengetahui informasi mengenai koperasi simpan pinjam tanpa survey, ada baiknya Anda juga mengetahui informasi mengenai tips mengajukan pinjaman di koperasi.

Sebab, dengan mengetahui tips tersebut akan menghindarkan Anda dari berbagai masalah yang mungkin bisa terjadi kepada Anda ke depannya. Nah, adapun tips mengajukan pinjaman di koperasi adalah seperti di bawah ini:

1. Lakukan Survei

Tips pertama jika Anda ingin mengajukan pinjaman di koperasi adalah melakukan survei terlebih dahulu. Sebab, dengan melakukan survei Anda akan bisa mendapatkan berbagai informasi terkait koperasi tersebut.

Seperti misalnya apakah koperasi tersebut merupakan koperasi simpan pinjam tanpa survey atau bukan, serta seperti apa reputasi dari koperasi tersebut.

Dengan begitu Anda bisa menghindari kemungkinan untuk mengalami kerugian karena meminjam uang dari koperasi yang memiliki reputasi buruk.

Selain itu melakukan survei juga akan membuat Anda merasa tenang dan tidak ragu meminjam uang dari koperasi tersebut. Karena itulah, pastikan untuk melakukan survei sebelum meminjam uang dari koperasi.

2. Perhatikan Suku Bunga

Tips berikutnya yang juga harus Anda lakukan sebelum meminjam uang dari koperasi adalah memperhatikan suku bunga yang ditetapkan oleh koperasi tersebut.

Hal ini sangat penting untuk dilakukan agar Anda nantinya tidak kesulitan saat membayar angsuran. Nah, untuk itu ada baiknya Anda melakukan perbandingan suku bunga yang ditetapkan suatu koperasi dengan koperasi lainnya.

Dengan melakukan perbandingan Anda akan mengetahui koperasi mana yang memberikan jumlah bunga yang paling sedikit. Koperasi yang memberikan jumlah bunga paling sedikit tentunya akan lebih menguntungkan calon nasabah.

Baca Juga :  SaveInsta App: Unduh Video Instagram, Foto, Reels, Story, IGTV

Karena itu, jangan terburu-buru mengajukan pinjaman kepada suatu koperasi sebelum membandingkan bunganya dengan koperasi yang lainnya.

3. Perhatikan Plafon

Plafon merupakan jumlah pinjaman tertinggi yang bisa didapatkan oleh debitur. Perlu Anda ketahui, plafon yang ditetapkan oleh setiap koperasi tidaklah sama alias berbeda-beda jumlahnya.

Karena itu, sangat penting bagi debitur perlu mengetahui jumlah tertinggi dari pinjaman yang mampu diberikan oleh koperasi. Hal ini karena, agar jumlah pinjaman yang bisa Anda dapatkan bisa sesuai dengan yang diinginkan.

Sehingga Anda tidak perlu kecewa karena pinjaman yang Anda dapatkan tidak sesuai dengan jumlah pinjaman yang Anda inginkan.

Untuk itulah ketika Anda ingin mendapatkan pinjaman dengan jumlah tinggi maka Anda harus mencari koperasi yang mampu memberikan plafon yang tinggi.

Jangan sampai salah meminjam ke plafon yang tidak bisa memberikan jumlah pinjaman yang Anda inginkan.

Karena sudah tentu koperasi tersebut tidak akan memberikan Anda pinjaman sesuai dengan jumlah yang Anda inginkan.

4. Perhatikan Kontrak

Tips berikutnya yang tidak kalah penting sudah harus benar-benar Anda perhatikan adalah dengan membaca kontrak hutang dengan teliti.

Hal ini sangatlah penting untuk dilakukan agar, Anda tidak dirugikan dikemudian hari karena ada poin perjanjian yang tidak sesuai tetapi terlanjur Anda tanda tangani.

Inilah kenapa Anda tidak boleh asal menandatangani suatu perjanjian tanpa membacanya dengan teliti. Karena jika sudah terlanjur menandatangani suatu kontrak maka mau tidak mau Anda harus patuh pada perjanjian yang ada pada kontrak tersebut.

Apabila melanggar perjanjian tersebut maka besar kemungkinan bisa menyebabkan Anda berurusan dengan hukum. Nah, sebelum itu terjadi Anda perlu membaca kontrak perjanjian dengan teliti.

Jadi ketika ada poin yang berpotensi merugikan, Anda bisa mendiskusikannya dengan pihak koperasi terlebih dahulu untuk mencari titik tengahnya.

Namun bila tidak menemukan titik tengah Anda berhakĀ  untuk menolak menandatangani kontrak perjanjian tersebut.

5. Minta Rekomendasi

Tips mengajukan pinjaman yang terakhir adalah dengan meminta rekomendasi dari keluarga atau teman yang Anda percayai.

Dengan meminta rekomendasi dari keluarga atau teman mengenai koperasi yang cocok untuk meminjam uang akan menghindarkan Anda dari kerugian.

Hal ini karena tentunya keluarga akan merekomendasikan Anda koperasi yang memiliki reputasi baik yang sebelumnya sudah mereka gunakan.

Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey
Koperasi Simpan Pinjam Tanpa Survey

Dari rekomendasi yang mereka berikan tersebut, bisa dijadikan pertimbangan apakah Anda akan mengajukan pinjaman ke koperasi tersebut.

Karena dari pendapat mereka tentunya Anda sudah mendapatkan gambaran mengenai reputasi dan cara kerja dari koperasi tersebut.

Tidak hanya itu saja, rekomendasi dan ulasan dari keluarga dan teman tersebut secara tidak langsung juga bisa mengurangi rasa khawatir Anda mengajukan pinjaman pada koperasi tersebut.

Nah itulah tadi informasi mengenai koperasi simpan pinjam tanpa survey dan tips melakukan pinjaman di koperasi.

Semoga informasi mengenai koperasi simpan pinjam tanpa survey dan tips melakukan pinjaman di koperasi yang kami sampaikan di atas bisa berguna dan menambah wawasan Anda.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button