Tutorial

6 Alasan Kenapa layar HP Bergaris Serta Cara Mengatasinya

Pasti kamu bertanya-tanya kenapa layar hp bergaris padahal sudah se-extra mungkin merawatnya. Apa sebenarnya penyebab layar ponsel bergaris?

Handphone layaknya sahabat bagi kita, itulah kenapa banyak orang merawatnya sebaik mungkin agar bisa digunakan jangka panjang.

Namun tidak dipungkiri kelalaian pemakaian berakibat fatal bagi fisik dan mesinnya, kondisi disaat hp mu terjatuh dan tertimpa benda yang berat bisa mengakibatkan layar hp bergaris bahkan padam sekalipun. oleh karena itu kenali penyebab kenapa layar hp bergaris setelah tuntas membaca artikel ini.

Kenapa Layar HP Bergaris?

Handphone merupakan gadget dengan tingkat pemakain tertinggi, beberapa orang berkesimpulan dapat menggunakanya 6-8 jam perhari.

Karena itu semakin besar peluang alat elektronik ini rusak lebih cepat dari usia pakai semestinya. Penyebab kerusakan ini pun bervariasi bisa jadi karena ponsel panas mengakibatkan baterai cepat habis sampai layar hp yang tiba-tiba bergaris.

Penyebab Layar HP bergaris

Membahas lebih lanjut alasan kenapa layar hp bergaris, bisa jadi penyebabnya karena faktor eksternal yang berarti dari pengguna smartphone. Adapun hal ini karena ketidaksengajaan seperti terjatuh, terendam sampai tertimpa barang berat. Berikut beberapa penyebab layar hp bergaris pada umumnya :

Socket Layar Rusak

Jika anda penasaran alasan utama kenapa layar HP bergaris, maka jawabanya adalah kerusakan pada soket layar.

Kerusakan inipun bersumber dari faktor internal dan eksernal yang memicu munculnya garis-garis horizontal dan  vertikal dimana jika tidak cepat ditangani akan merambat dan memenuhi layar handponemu. Bisa disimpulkan kerusakan ini membuat handphone cacat karena menyerang layar secara berkala.

Tertindih Benda Berat

Bagi kamu pengguna smartphone tentulah mengenal casing yang digunakan sebagai pelindung barang elektronik ini. Dewasa ini casing tidak lagi mengusung sistem full layar dimana perlindungan diberikan hanya pada punggung hp.

Alasan kenapa layar hp bergaris
Hp Tertindih Benda Berat

Karena itu besarnya kasus layar hp bergaris yang disebabkan tindihan benda berat menimbulkan garis putih, parahnya lagi layar handphone bisa saja berkedip-kedip seperti korslet yang melumpuhkan sistem touchsrceen.

Terkena Air

Menjawab pertanyaan kenapa layar hp bergaris yaitu dikarenakan layar sensitif jika terkena air dan benda cair lainya, itulah mengapa sebelum membeli hp pastikan kamu melihat ketahananya, karena tidak semua handphone memiliki daya tahan yang baik.

Baca Juga :  7 Cara Menghilangkan Coretan di Foto Tanpa Merusak Foto

karena inilah HP yang terkena percikan air bisa menimbulkan garis-garis sama yang bisa melebar suatu saat. Handphone yang terendam air bisa saja korslet, oleh karena itu cegah dengan meminimalisir kontak air dan ponsel.

Sistem Yang Error

Pada beberapa kasus diketahui bahwa penyebab munculnya garis pada layar ponsel adalah sistem yang error. Bug sistem ini ditandai dengan munculnya garis tipis pada layar dan sistem touchscreen tidak responsif.

Permasalahan inipun bisa karena beberapa alasan, utamanya pada hp rakitan, mesin yang sudah diservis berulang-ulang. Jadi jika handphone kamu menunjukkan gejala bug sistem, kamu hanya bisa membawanya kepada ahli untuk segera diperbaiki.

Intip juga 10 Cara Mengatasi Masalah Sambungan atau kode MMI Tidak Valid

Penyebab Deskripsi
Kerusakan Fisik Kerusakan fisik seperti jatuh atau terkena pukulan dapat menyebabkan layar ponsel bergaris. Ini bisa terjadi pada bagian dalam atau luar layar.
Masalah Software Kadang-kadang, baris pada layar ponsel dapat disebabkan oleh masalah software, seperti driver yang rusak atau konflik antara aplikasi.
Kerusakan Komponen Internal Komponen internal ponsel, seperti papan sirkuit atau konektor layar, yang rusak atau longgar bisa menyebabkan layar bergaris.
Cacat Produksi Dalam beberapa kasus, layar ponsel bisa bergaris karena cacat produksi. Biasanya, ini bisa diklaim melalui garansi.
Kelembaban dan Cairan Kelembaban atau cairan yang masuk ke dalam ponsel juga bisa menyebabkan layar bergaris.

Cara mengatasi Layar HP Bergaris

Terjawab sudah alasan kenapa layar hp bergaris, segera periksa beberapa poin diatas untuk segera mengetahui kenapa layar hp bergaris tiba-tiba.

Lantas bagaimana cara untuk mengatasi layar hp bergaris ini? banyak dari mereka langsung membawa hp kepada ahlinya utnuk segera ditangani, karena benar layar hp bergaris bisa menghambat pandangan dan menimbulkan rasa tidak nyaman.

Cara Mengatasi layar HP Bergaris
Cara Mengatasi layar HP Bergaris

Sebaiknya jangan terburu-buru membawanya ke pusat service, perbaikan ini bisa memakan dana yang tidak sedikit berkisar antara ratusan ribu sampai jutaan, apalagi LCD telah rusak sepenuhnya. Sebaiknya kamu mencoba menggunakan beberapa cara dibawah ini :

Restart HP dan Gunakan Safe Mode

Langkah pertama yang bisa digunakan sebagai solusi untuk mengatasi layar HP bergaris dengan restart lalu aktifkan safe mode.

Baca Juga :  4 Cara Melihat Akun Twitter yang di Private Tanpa Follow

Safe mode merupakan fitur dimana kamu akan menghentikan semua aplikasi dari pihak ketiga, dan menjalankan menu bawaan android saja. Namun disisi lain kamu bisa gunakan safe mode untuk melacak kinerja untuk menemukan trouble dalam sistem operasi.

Sebenarnya cara mengaktifkan safe mode berbeda-beda untuk semua tipe hp, hanya saja caranya tidak jauh berbeda dari uraian berikut :

  1. Silahkan klik volume untuk restart HP
  2. Masuk ke booting dan tahan volume bawah
  3. Secara otomatis kamu akan masuk kedalam fitur safe mode

Tekan Layar LCD

Kamu tentunya membutuhkan solusi dari pertanyaan kenapa layar hp bergaris yang kita bahas diatas. Dengan menekan permukaan layar kebawah merupakan cara yang bisa kamu lakukan secara mandiri.

Beberapa gangguan yang membuat layar bergaris memang sulit untuk diagnosa, untuk itu lakukan pertolongan pertama dengan menekan bagian layar yang bergaris perlahan-lahan. Lakukan cara ini dengan lembut sampai garis dilayar menghilang.

Segera Jemur HP Apabila Terkena Air

Segera Jemur HP Apabila Terkena Air
Segera Jemur HP Apabila Terkena Air

Melalui penjelasan diatas diketahui salah satu penyebab kenapa layar hp bergaris karena terendam air yang menyebabkan kerusakan fatal pada layar.

Oleh karena itu lakukan beberapa cara untuk mengeringkanya salah satunya menggunakan kain lembut yang memiliki daya serap tinggi. Selain itu memasukkanya kedalam beras adalah cara yang dipercayai mereka yang pernah mendapat masalah serupa.

Anda bisa menanggalkan casing, sim dan memori kartu, selanjutnya masukkan hp kedalam wadah beras 7-8 jam untuk membantu mengeluarkan air dari HP. Cara ini tidak bisa ditiru namun beras tidak seutuhnya mengeluarkan air dari HP.

Gunakan Aplikasi LCD Fixer

Membahas lanjut mengenai cara mengatasi layar hp bergaris ternyata bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi ketiga bermana lCD Fixer, aplikasi ini digunakan untuk mendeteksi kerusakan pixel lalu bekerja untuk membersihkanya.

Bagi anda pengguna android bisa mengunduh aplikasi disini, lalu segera pasang untuk mendeteksi kerusakan di handphonemu dengan langkah berikut :

  1. Buka dan aktifkan aplikasi
  2. Pilih Check dead pixel dan fi dead pixel untuk mendeteksi sekaligus memperbaiki masalah garis pada layar hp
  3. Tunggu sampai aplikasi selesai bekerja, jika sudah kamu bisa memeriksa layar hp untuk melihat hasilnya

Cek Soket layar HP

Cara selanjutnya bisa kamu coba dengan memeriksa soket layar hp, karena masalah layar hp bergaris paling umum karena soket yang rusak, kerusakan ini bersumber dari faktor internal dan eksternal yang belum bisa dipastikan.

Baca Juga :  3 Cara Login DANA Tanpa Aplikasi Via Web Secara Online

Untuk melakukan tugas ini segera bawa HP-mu kepada ahlinya, jelaskan keluhan bahwa layar bergaris kemudian para teknisi akan memeriksa kondisi hp, untuk menemukan kerusakan pada soket dan permasalahan lain yang membuat layar bergaris.

Memperbaiki soket membutuhkan biaya yang tidak sedikit, oleh karena itu pastikan kamu menyiapkan uang yang cukup untuk berjaga-jaga.

Mengganti LCD Baru

Dengan mengganti LCD baru diharapkan permasalahan layar hp yang bergaris lebih mudah ditangani. Bagi anda yang punya keahlian dibidang elektronik, dapat menggantinya secara mandiri.

Jika kamu masih ragu segera bawa HP ke pusat service, konsultasikan kerusakan dan segera ganti perangkat hp menggunakan LCD baru dan original yang membantu anda terhindar dari layar hp yang bergaris. Cara ini juga membutuhkan dana yang tidak sedikit, perkiraan dana sekitar ratusan sampai jutaan tergantung jenis hp.

  1. Apa yang menyebabkan layar hp bergaris dan berbayang?

Nah, biasanya sih, layar HP bergaris atau berbayang itu gara-gara LCD-nya kena masalah. Bisa karena HPnya pernah jatuh, terkena air, atau komponen dalamnya ada yang nggak berfungsi dengan baik.

  1. Bagaimana cara mengatasi layar hp bergaris dan goyang?

Kalau layar HP bergaris dan goyang, coba dulu restart HP-nya. Kalau masih tetap, coba cek ke Service Center ya. Mereka yang lebih paham masalah teknis seperti ini.

  1. Bagaimana cara mengatasi lcd bergaris dan berbayang?

Kalau LCD HP bergaris dan berbayang, mungkin LCD-nya harus diganti. Tapi, lebih baik cek dulu ke Service Center. Biar mereka yang analisis dan beri solusi terbaik.

  1. Bagaimana cara memperbaiki layar hp vivo bergaris?

Kalau layar HP Vivo bergaris, coba restart dulu. Kalau masih sama, mendingan langsung bawa ke Service Center Vivo aja. Nggak usah pusing sendiri.

  1. Bagaimana memperbaiki layar lcd bergaris?

Layar LCD bergaris biasanya butuh ganti LCD baru. Tapi, jangan gegabah. Cek dulu ke Service Center biar mereka yang menilai dan kasih solusi yang tepat.

  1. Bagaimana cara menghilangkan garis pada layar hp oppo?

Kalau layar HP Oppo ada garisnya, solusinya hampir sama sih. Coba restart dulu, kalau nggak berubah, lebih baik dibawa ke Service Center Oppo.

  1. Bagaimana cara mengatasi layar hp samsung bergaris dan goyang?

Kalau layar HP Samsung bergaris dan goyang, coba restart atau lakukan hard reset. Kalau masih tetap, waktunya mampir ke Service Center Samsung ya.

Rangkuman Mengenai Alasan Kenapa Layar HP Bergaris dan Cara Mengatasinya

Kenapa layar HP Bergaris
Kenapa layar HP Bergaris

Terjawab sudah alasan kenapa layar hp bergaris pada smartphone anda, kini anda bisa mencoba dengan mandiri melalui beberapa cara diatas .

Kerusakan lain diluar pembahasan kita dapat diketahui dan diatasi setelah dikonsultasikan dengan pakarnya. Demikian artikel ini semoga dapat bermanfaatbagi pembaca.

Back to top button