Tutorial

3 Cara Melihat Serial Number Laptop Windows 11 Paling Mudah

Banyak orang yang tau mengoperasikan laptop namun tidak semua pengguna laptop paham akan bagaimana cara melihat serial number laptop windows 11! laptop windows 11 merupakan versi terbaru dari sistem operasi windows yang dikembangkan oleh Microsoft. Dalam windows ini hadir berbagai pembaruan seperti pembaharuan fitur dan juga peningkatan performa.

Dalam setiap perangkat laptop tentu memiliki “serial number” yang merupakan nomor identifikasi setiap unit laptop. Serial number ini perlu untuk anda ketahui bahkan bila perlu anda catat juga. Karena serial number sebagai tanda pengenal Laptop dapat anda manfaatkan untuk menemukan kembali perangkat jika sewaktu-waktu anda mengalami yang namanya kehilangan.

Nah, sudah taukah kamu bagaimana cara melihat serial number laptop windows 11? Jika belum, maka pastikan anda mengikuti artikel ini hingga tuntas. Karena di sini kami akan menunjukkan beberapa cara melihat serial number laptop windows 11 dengan mudah!

Tentang Laptop Windows 11

Cara melihat serial number laptop windows 11
Cara melihat serial number laptop windows 11/ asset.kompas.com

Sebelum membahas lebih lanjut mengenai cara melihat serial number laptop windows 11, kami akan mengenalkan kamu terlebih dahulu dengan laptop tipe windows 11 ini berupa deskripsi produk beserta keunggulannya dibandingkan dengan windows sebelum-sebelumnya.

Windows 11 adalah sistem operasi terbaru yang dikembangkan oleh microsoft, diluncurkan pada tahun 2021. Windows ini hadir dengan berbagai pembaruan dan keunggulan dibandingkan dengan windows sebelumnya yaitu windows 10 kebawah.

Untuk lebih jelasnya, berikut ini kami tampilkan beberapa deskripsi laptop windows 11 yang sekaligus menjadi keunggulannya dibandingkan dengan windows sebelumnya:

Antarmuka yang lebih menarik Windows 11 menawarkan antarmuka pengguna yang lebih modern dan estetis. Sentuhan desain yang demikian menciptakan pengalaman pengguna menjadi lebih menarik dan nyaman.
Mendukung untuk aplikasi Android Windows 11 ini juga sudah mendukung aplikasi Android, yang memberikan kemudahan pada pengguna untuk bisa mendapatkan atau menginstal aplikasi Android yang mereka inginkan langsung dari laptop pada microsoft store.
Peningkatan produktivitas Hadirnya berbagai fitur-fitur baru yang menarik seperti fitur snap layout dan snap groups yang memudahkan pengguna untuk mengatur jendela aplikasi dan beralih pada aplikasi yang sedang digunakan. Fitur ini tentu termasuk sebagai salah satu bagian dari peningkatan produktivitas karena akan mempercepat dan mempermudah pengguna dalam menyelesaikan pekerjaannya.
Dukungan untuk perangkat sentuh Laptop windows 11 sudah menyediakan dukungan yang lebih modern yaitu perangkat dengan layar sentuh yang akan membuat pengguna lebih mudah dan cepat untuk menyelesaikan suatu pekerjaan terutama yang berhubungan dengan pembuatan tugas-tugas kreatif seperti pembuatan desain.
Performa yang lebih baik Ibarat seperti aplikasi yang baru saja diperbaharui tentu saja akan memberikan performa yang lebih baik dari pada sebelum diupdate. Demikian juga dengan windows, pada windows 11 yang terbaru ini menawarkan berbagai peningkatan seperti peningkatan kecepatan, responsivitas, dan juga efisiensi energi.
Dukungan untuk Gaming ditingkatkan Untuk kamu yang termasuk sebagai salah satu dari kelompok gamers sangat cocok untuk menggunakan laptop windows 11 ini. Mengapa demikian? karena laptop windows 11 menawarkan dukungan gaming yang sudah lebih ditingkatkan dengan menghadirkan fitur-fitur teknologi seperti Auto HDR, DirecStorage yang akan memberikan mu pengalaman serta meningkatkan performa main yang lebih seru dan menyenangkan dengan waktu muat yang cepat.
Peningkatan keamanan Laptop windows 11 hadir dengan peningkatan dan keamanan yang lebih ketat, dirancang dengan proteksi perangkat keras melalui teknologi TPM 2.0 memberikan keamanan tambahan bagi penggunanya.
Kompatibilitas aplikasi yang lebih baik Windows 11 memiliki kompatibilitas yang lebih baik, memungkinkan aplikasi dan perangkat lunak berjalan dengan baik dan lancar.
Baca Juga :  Bagaimana Cara menjadi Member Premium Aplikasi Mocipay?

Serial Number Laptop Adalah?

Cara melihat serial number laptop windows 11/ www.golepi.com

Beberapa diantara kamu mungkin masih ada yang bingung terkait dengan apa itu serial number pada laptop. Serial number laptop adalah nomor yang merupakan kode unik yang dimiliki oleh setiap unit laptop.

Serial number ini berfungsi sebagai identifikasi (ibarat seperti KTP jika pada manusia) yang akan membedakan satu laptop dengan laptop lainnya. Oleh karena itu, dikatakan unik sebab serial number pada setiap laptop tidak ada yang sama. Serial number pada laptop pada umumnya terdiri dari kombinasi angka dan huruf.

Untuk apa Serial Number Laptop?

Serial number pada laptop memiliki beberapa fungsi, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Sebagai identifikasi laptop
    Melalui serial number pengguna dapat mengetahui beberapa informasi atau spesifikasi  laptop secara lengkap. Di sini kamu bisa mengecek informasi detail mengenai produksi laptop tersebut.
  2. Keamanan dan perlindungan
    Sama halnya seperti nomor IMEI pada Handphone yang dapat digunakan untuk melacak HP jika mengalami kehilangan, serial number laptop juga menjadi salah satu cara yang cukup efektif untuk melacak keberadaan laptop jika kamu baru saja mengalami masalah terkait kehilangan barang (laptop).
  3. Penjualan dan peralihan kepemilikan
    Serial number juga memiliki peran yang sangat penting dalam proses jual beli laptop. Melalui nomor serial laptop, calon pembeli dapat melakukan pengecekan terhadap keaslian perangkat demi menjamin keamanan penggunaan dalam jangka panjang.
  4. Garansi dan dukungan teknis
    Fungsi yang terakhir ini biasanya sangat berguna bagi produsen/ distributor yang menjualkan laptop tersebut. Karena pada nomor serial number laptop terdapat informasi detail mengenai waktu produksi, sehingga Produsen dapat memverifikasi masa atau status garansi dan memberikan dukungan teknis yang sesuai.
Baca Juga :  3 Cara Mengambil Uang di Kalkulator TikTok Terbaru 2024

Cara Melihat Serial Number Laptop Windows 11

Untuk kamu yang memiliki laptop windows 11 dan ingin melihat serial number laptop kamu, berikut ini kami tampilkan beberapa cara melihat serial number laptop windows 11:

  • Melalui menu Settings

Cara melihat serial number laptop windows 11/ www.nesabamedia.com
  1. Langkah pertama, silahkan buka menu “Start” dengan mengklik ikon windows pada layar atau menekan tombol windows yang ada di keyboard
  2. Ketik “Settings” pada menu start tersebut
  3. Pada tampilan jendela setting, kliklah pada opsi “System
  4. Selanjutnya klik lagi opsi “About” yang berada di sebelah kiri layar
  5. Cari dan kliklah menu “Device Spesifications” maka spesifikasi lengkap mengenai laptop anda termasuk serial number akan ditampilkan di sana.
  • Melalui Command prompt

Cara melihat serial number laptop windows 11/ dianisa.com
  1. Buka menu “command prompt” dengan mengetik command prompt pada menu start atau tekan tombol “Windows + R
  2. Pada jendela “Run” ketiklah “CMD” dan tekan enter
  3. Setelah tampilan command prompt terbuka, ketiklah “wmic bios get serialnumber” lalu tekan Enter
  4. Maka serial number laptop anda akan ditampilkan
  • Melalui fisik laptop

Cara melihat serial number laptop windows 11 yang terakhir dan yang paling mudah adalah dengan memperhatikan fisik laptop bagian bawah/ alas. Pada setiap laptop biasanya terdapat stiker yang bertuliskan nomor serial laptop itu sendiri.

Penutup

Serial number sebagai identifikasi pada laptop windows 11 penting untuk diketahui agar bisa memperoleh informasi detail mengenai laptop. Itulah beberapa cara melihat serial number laptop windows 11 yang dapat kami tampilkan. Cara-cara di atas merupakan cara yang paling mudah dan simpel dari banyaknya cara melihat serial number laptop windows 11.

Baca Juga :  4 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan yang Terhapus

Pemicu yang paling besar mengapa serial number perlu untuk diketahui adalah keterkaitannya dengan

Cara Melihat Serial Number Laptop Windows 11
Cara Melihat Serial Number Laptop Windows 11

keamanan perangkat. Nomor serial laptop penting untuk anda catat sebagai jaga-jaga jika sewaktu-waktu anda mengalami kehilangan laptop.

Back to top button