Tutorial

3 Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membaca Pesan di Grup Telegram

Penasaran siapa yang sudah membaca pesanmu di grup telegram? yuk ketahui cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di  grup telegram berikut.

Jika whatsapp menawarkan kontrol warna centang biru ganda pada pesan yang sudah dibaca pengguna, berbeda dengan itu telegram hanya menandakan pesan dengan centang dua abu-abu walaupun pesan sudah diterima dan dibaca.

Karena itu cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram mulai dicari pengguna, jika kamu salah satunya ketahaui cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram setelah tuntas membaca artikel ini.

Kenapa Tidak Bisa Melihat Orang yang Membaca Pesan Di Grup Telegram?

Sebelum kita memasuki pembahasan cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram, mari kita singgung beberapa penyebab kenapa fitur ini tidak bisa digunakan. Ada kemungkinan yang mendasari kamu tidak bisa melihat teman maupun anggota grup yang sudah membaca pesanmu:

Belum Update Aplikasi

Hal pertama yang mendasari telegram tidak menampilkan anggota grup yang sudah membaca pesan karena aplikasi yang kamu gunakan masih dalam versi lama.

Setiap aplikasi melakukan pembaharuan agar pengguna enteng dengan fitur-fitur terbaru, begitupun dengan telegram. Bagi pengguna yang belum melakukan update aplikasi tidak menutup kemungkinan bug dan fitur-fitur terbaru tidak tampak.

Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Chat WA Yang Terhapus Permanen Tanpa Dicadangkan

Jadi fitur membaca pesan dalam grup telegram ini hanya bisa digunakan jika aplikasi sudah dipasang dalam versi terbaru, sekarang kamu bisa update aplikasi melalui google play store maupun app store.

Fitur Read Recips Hanya Digunakan Pada Grup Telegram

Walaupaun telegram dikatakan aplikasi yang sudah besar, namun fitur yang ada dikatakan masih terbatas seperti fitur read recips ini. Fitur read resips hanya bisa digunakan pada grup telegram, yang berarti fitur ini tidak berlaku di personal chat maupun channel lainya.

Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membaca Pesan Di Grup Telegram

Setelah mengetahi apa saja penyebab tidak bisa membaca pesan di grup telegram, saat ini mocipay akan berbagi langkah-langkah yang bisa kamu gunakan untuk melihat anggota grup yang sudah melihat pesanmu.

Cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram sebenarnya sangat mudah, namun anda hanya bisa menggunakan cara berikut melalui smartphone, karena fitur belum tersedia di telegram web.

Cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram adalah sebagai berikut:

  • Silahkan buka aplikasi lalu cari grup telegram yang ingin anda lihat detail pembaca pesannya
  • Berikutnya cari pesan anda yang sudah dibaca anggota grup
Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membaca Pesan Di Grup Telegram
Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membaca Pesan Di Grup Telegram

 

  • Untuk melihat siapa saja yang sudah membaca chat anda dapat ketuk pesan lalu tampilanya akan berubah seperti gambar diatas. Nah, sekarang kamu bisa saja melihat siapa yang sudah membaca pesan di telegram.

Selain smartphone, kamu juga bisa melihat siapa saja yang membaca pesan melalui PC namun aktivitas ini hanya bisa dilakukan pada versi dekstop.

Baca Juga :  8+ Cara Memperpendek Link Google Drive Menggunakan Situs Web

Cara mengetahui siapa yang sudah membaca pesan pada versi dekstop juga hampir sama, setelah masuk kedalam telegram temukan grup dan pesan yang ingin dilihat detail pembacanya, klik kanan pada pesan secara
otomatis opsi seen akan muncul, kamu bisa melihat siapa saja yang membaca pesan pada fitur ini.

Cara Membaca Pesan di Telegram Tanpa Diketahui Pengirim Chat

Pernah kamu ingin membaca pesan namun tidak ingin membalasnya? ternyata hal ini juga bisa dilakukan di telegram dimana kamu akan melihat pesan tanpa diketahui pengirim chat.

Setelah mengetahui cara untuk mengetahui siapa saja yang sudah membaca pesan di grup telegram, kali ini mocipay akan berbagi cara untuk membaca pesan di telegram tanpa diketahui, ini tentunya penting jika kamu yang tidak ingin segera menjawab pesan tersebut.

Berikut cara membaca pesan di telegram tanpa diketahui pengirim chat:

Membaca Pesan Melalui Notifikasi

Cara pertama yang bisa kamu lakukan dengan membaca pesan via notifikasi yang diterima. Semua pesan yang dikirimkan teman akan muncul dan kamu bisa melihat apa saja isi chat tanpa harus membuka telegram.

Jika pengguna mengirimkan pesan lebih dari satu kali, kamu bisa seret layar kebawah dan segera melihat isi pesan, jika sudah kamu bisa mengabaikan dengan menghapus notifikasi pada smartphonemu.

Tekan Chat Untuk Melihat Isi Obrolan

cara membaca pesan tanpa diketahui pengirim
cara membaca pesan tanpa diketahui pengirim

Jika anda spontan menghapus notifikasi telegram, kamu masih bisa melihat isi obrolan tanpa diketahui pengirim. Berikut langkah-langkah yang harus kamu lakukan:

  1. Pertama silahkan buka telegram
  2. Pilih chat yang ingin kamu baca tanpa ketahuan
  3. Untuk melihatnya tekan dan tahan foto profil chat dan akan muncul pop up berisi chat
  4. Jika sudah membaca isi chat silahkan lepas jari untuk menutup chat.
Baca Juga :  10 Cara Mengatur Uang Belanja 100 Ribu Untuk Seminggu

Tanda Baca Pesan di Telegram

Setelah kamu mengetahui cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram, saat ini kamu akan melihat tanda-tanda baca yang digunakan ketika kamu menerima maupun mengirimkan pesan di telegram.

Tanda Baca di Telegram
Tanda Baca di Telegram

Untuk kamu yang masih awam di telegram sangat  penting mengetahui daftar tanda baca ini agar tidak salah menafsirkan pesan yang dikirim oleh teman. Berikut tanda-tanda baca yang digunakan dalam telegram:

Pesan Tidak Terkirim di Telegram

Jika pesan yang kamu kirim dilambangkan dengan gambar jam atau pending itu berarti pesanmu tidak terkirim. Pesan yang tidak terkirim ini biasanya karena koneksi internet yang kamu gunakan melemah dan hilang, karena itupengguna hanya bisa menunggu maupun mengganti koneksi.

Pesan Terkirim di Telegram

Disaat kamu mengirim pesan dan dilambangkan dengan centang satu itu berarti pesan sudah terkirim pada pengguna telegram yang lainya.

Pesan Sudah Diterima dan Dibaca

Jika sudah mengirim pesan kamu bisa melihat sisi kanan pesan untuk melihat apakah penerima sudah membaca ataupun sebaliknya. Chat yang ditandai ceklis dua menandakan pesan sudah diterima dan dibaca pengguna telegram.

Kamu juga bisa membaca 9 Aplikasi Pemutar Video Telegram Gratis Untuk Android jika sewaktu-waktu video yang ada di telegram tidak bisa dibuka.

Pesan Terusan di Telegram

Keterangan pesan terakhir yang wajib kamu ketahui adalah pesan terusan. Jika whatsapp tidak menampilkan pesan terusan ternyata telegram melakukan hal yang sebaliknya dimana pesan yang diteruskan akan nampak diruang obrolan dan sumber pesan pun akan terlihat.

Jadi apabila anda menerima pesan dengan keterangan pesan terusan berarti pengirim meneruskan pesan
dari satu obrolan kedalam obrolanmu.

Kesimpulan

Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membaca Pesan di Grup Telegram
Cara Mengetahui Siapa Saja Yang Membaca Pesan di Grup Telegram

Ternyata cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram sangatlah mudah, cukup ketuk pesan yang anda kirimkan di grup telegram tersebut.

Walaupun begitu cara ini tidak bisa digunakan jika anda mengakses telegram Web melalui PC, jadi untuk melihat apakah teman dan anggota grup yang sudah membaca pesan silahkan coba melalui handphone maupun telegram desktop.

Itulah cara mengetahui siapa saja yang membaca pesan di grup telegram yang bisa Mocipay bagikan untuk pembaca, kunjungi kami untuk melihat pembahasan, daftar harga maupun kumpulan gambar yang sedang kamu cari.

Back to top button