Tutorial

2 Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x Tanpa ke Gerai

Bagaimana Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x? banyak yang pasti menanyakan perihal ini karena kartu Xl sudah sangat banyak beredar bahkan banyak yang mengelami gagal melakukan registrasi malah membuang  karena harganya yang relatif lebih murah karena buta akan informasi dan tidak tau apa yang harus dilakukan.

Jadi sudah pasti banyak menanyakan cara registrasi kartu Xl yang gagal 5x. Kerena sudah pasti ada kesalahan dari pembeli maupun dari xl itu sendiri sehingga itu dapat terjadi kegagalan. Disini kita akan bahas ya secara tuntas mengenai kartu xl ini .

Mulai dari bagaimana regitrasi, cara registrasi kartu xl yang gagal 5x, dan bagaimana juga solusi yang dapat dilakukan untuk masalah yang terjadi karena registrasi ini diharapkan dengan adanya artikel ini dapat bermanfaat ya.

Syarat registrasi kartu XL

Dilansir dari situs resmi Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), pemerintah mewajibkan para pengguna kartu operator untuk mendaftarkan atau registrasi kartu prabayar dengan cara daring melalui situs resmi Kominfo maupun lewat SMS ke nomor 4444. Peraturan ini berlaku sejak 31 Oktober 2017.

Adapun persyaratan untuk melakukan registrasi kartu prabayar seperti kartu XL adalah menyiapkan nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK). Nomor induk kependudukan dapat dilihat pada KTP atau kolom KK sesuai nama pengguna. Oleh karena itu maka syarat utama registrasi kartu XL adalah NIK dan nomor KK. Bagi pengguna kartu XL yang belum memiliki KTP, NIK dapat ditemukan pada kolom KK.

Baca Juga: Cara Cek Nomor XL Atas Nama Siapa

1. Bagi pengguna WNI

Syarat registrasi kartu XL bagi pengguna yang merupakan warga negara Indonesia (WNI) adalah nomor induk kependudukan (NIK) dan nomor kartu keluarga (KK). Kedua nomor ini bisa didapatkan pada lembar KK. NIK dan nomor KK nantinya akan dimasukkan lewat situs atau nomor layanan pesan singkat dari Kominfo yaitu 4444.

2. Bagi pengguna WNA

Menurut Kominfo lewat situsnya, dijelaskan bahwa warga negara asing (WNA) dapat melakukan registrasi kartu prabayar lewat gerai langsung. Sehingga, bagi WNA yang menggunakan kartu XL bisa melakukan registrasi kartunya ke gerai XL terdekat. Syarat-syarat yang harus disiapkan antara lain:

Baca Juga :  4 Cara Mendapatkan Kode Voucher Google Play Gratis 2024
  • KITAP (Kartu Izin Tinggal Terbatas)
  • KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara)

Cara registrasi kartu XL via SMS

Sebelum bahas cara registrasi kartu xl yang gagal 5x kita terlebih dahulu bahas bagaimana cara registrasi kartu xl via SMS. Untuk dapat melakukan registrasi kartu XL via SMS, pengguna hanya perlu mengikuti langkah-langkah berikut dengan saksama.

  • Buka aplikasi pesan singkat pada ponsel (SMS)
  • Pastikan kamu memiliki pulsa untuk mengirim SMS
  • Ketik SMS dengan format “DAFTAR#NIK#NomorKK
  • Contoh penulisan format SMS adalah seperti berikut, DAFTAR#3578002**********#3573051*********
  • Kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444
  • Tunggu SMS balasan untuk mengecek keberhasilan registrasi

Cara registrasi kartu XL via website

Sebelum kita bahas cara registrasi kartu xl yang gagal 5x kita juga harus tau juga ya cara regitrasi xl melalui website. Untuk registrasi kartu XL lewat situs jejaring XL dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut.

  • Buka situs registrasi kartu XL lewat tauta
  • Pastikan kartu XL sudah terpasang dan ponsel dalam keadaan aktif
  • Masukkan nomor kartu XL yang akan diregistrasikan
  • Masukkan nomor induk kependudukan (NIK) sesuai nama pengguna
  • Masukkan nomor kartu keluarga (KK) sesuai nama pengguna
  • Klik “Dapatkan Kode” untuk mendapatkan kode OTP verifikasi berjumlah 4 digit yang dikirim ke nomor pengguna lewat SMS

Cara registrasi ulang kartu XL

Jika proses registrasi kartu XL gagal, maka pengguna bisa melakukan registrasi ulang dengan langkah sebagai berikut. Selain menggunakan cara SMS Kalian juga bisa langsung melakukan registrasi kartu XL di gerai XL resmi secara langsung.

cara registrasi kartu xl yang gagal 5xl
cara registrasi kartu xl yang gagal 5xl-Sumber: Pixel
  • Buka aplikasi pesan singkat pada ponsel (SMS)
  • Pastikan kamu memiliki pulsa untuk mengirim SMS
  • Ketik SMS dengan format “ULANG#NIK#NomorKK
  • Contoh penulisan format SMS adalah seperti berikut, ULANG#3578002**********#3573051*********
  • Kirimkan SMS tersebut ke nomor 4444
  • Tunggu SMS balasan untuk mengecek keberhasilan registrasi ulang
cara registrasi kartu xl yang gagal 5xl
SMS balasan

Penyebab Registrasi Kartu XL Gagal

Salah satu pertanyaan yang sering dilontarkan pengguna Xl adalah cara registrasi kartu xl yang gagal 5x. Namun sebelum masuk ke pembahasan tersebut, ada beberapa penyebab mengapa proses registrasi gagal. Hal ini sangat penting untuk diketahui, agar tidak terulang kembali.

Baca Juga :  6 Cara Memindahkan WhatsApp Dari HP Yang Rusak Terbaru 2024

Ada beberapa penyebab mengapa cara registrasi kartu XL yang gagal. Salah satu penyebab nya ialah salah saat memasukkan data dan syarat untuk melakukan aktivasi kartu. Namun tak hanya itu, ada beberapa penyebab lain yang juga menjadi faktor. Adapun penyebab lainnya yakni sebagai berikut:

Berikut beberapa penyebab mengapa registrasi kartu xl gagal 5x :

  •  Nomor NIK salah merupakan salah satu penyebab yang sering banget terjadi, yaa kebanyakan pengguna salah memasukkan nomor kk maupun nomor nik, maka dari itu pastikan cek dulu nomor nya sama jangan terlalu buru buru pastikan tidak ada nomor yang terlewat atau kurang.
  •  Format Registrasi Salah, nah jika anda ingin melakukan registrasi kartu sim pastikan format registrasi kartu sim xl itu benar karena jika format nya salah maka tidak akan bisa melakukannya, untuk format registrasi kartu xl yang benar adalah DAFTAR#NIK#Nomor KK dan kirim ke 4444
  • Penyebab berikutnya adalah limit registrasi sudah habis, jadi nik yang anda punya tersebut maksimal didaftarkan minimal yakni 3x jadi jika lebih dari 3x maka tidak akan bisa akan limit.
  • Nomor yang kamu masukan untuk proses registrasi salah
  • Nomor NIK atau KK yang digunakan sudah terpakai pengguna lain
  • Salam mengirim SMS verifikasi ke 4444
  • Kartu XL sudah hangus atau mati.

Baca Juga: Penyebab Kenapa Kuota XL Tidak Bisa Digunakan

Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x

Nah bagi anda yang sedang mengalami masalah registrasi kartu xl gagal 5x, berikut ini kami berikan tutorial tentang bagaimana mengatasi registrasi kartu xl gagal 5x tanpa ke gerai.

Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x
Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x

1. Gunakan NIK Kerabat

Nah untuk pertama cara registrasi kartu xl yang gagal 5xl adalah anda bisa menggunakan nik dari kerabat atau sekeluarga anda.

Metode yang satu ini merupakan salah satu metode satu satunya yang sangat ampuh untuk mengatasi registrasi kartu xl gagal 5x tanpa ke gerai.

Jadi cara registrasi kartu xl yang gagal 5x ini bisa anda pakai jika memang ketika registrasi gagal tanpa hal yang jelas, namun jika karena limit misalnya cara ini juga bisa anda pakai atau lebih baik sih lakukan unreg.

Baca Juga :  9 Cara Menghilangkan Virus Shortcut Di Komputer Dan Flashdisk Terbukti Berhasil

Silahkan registrasi ulang dengan memakai NIK kerabat bisa adek bisa kakak atau yang lainnya, maka kemungkinan besar akan berhasil selain itu juga pastikan bahwa format yang anda pakai benar jangan salah.

Biasanya banyak pengguna yang gagal terus dalam registrasi karena format registrasi xl yang salah, maka dari itu pastikan format nya benar sebelum melakukan registrasi dan jangan lupa juga pastikan NIK dan nomor kk yang digunakan benar tidak terlewat dan tidak lebih.

Maka dengan memperhatikan kedua aspek maka saya yakin pasti registrasi akan berhasil tidak akan ada kendala gagal kembali seperti sebelumnya.

Baca juga: Cara Transfer Pulsa XL ke Telkomsel dan Syaratnya!

2. Ganti Kartu SIM

Nah solusi yang terakhir  cara registrasi kartu xl yang gagal 5xl tanpa ke gerai adalah dengan ganti kartu sim, cara ini bisa anda pakai jika memang kartu sim nya yang bermasalah.

Namun biasanya sih ada kejelasan yaa jika memang tidak berhasil tentu ada kejelasan mengapa bisa gagal, silahkan cek beberapa aspek diatas jika memang masih gagal.

Jika sudah cek semuanya benar, belum limit maka solusi terakhir yang bisa anda pakai adalah ganti kartu sim tersebut ke kartu xl yang baru atau kartu sim yang lainnya terserah anda.

Baru jika sudah ganti silahkan registrasi ulang maka biasanya akan berhasil, tetapi biasanya dengan metode pertama sih pasti berhasil kebanyakan.

Berikut adalah tabel informasi tentang cara registrasi kartu XL yang gagal 5x:

Langkah Penjelasan
✅ Pastikan nomor kartu XL Anda masih aktif Sebelum melakukan registrasi, pastikan nomor kartu XL Anda masih aktif dengan memeriksa saldo atau melakukan panggilan atau mengirim pesan singkat.
✅ Periksa kualitas sinyal Pastikan Anda berada di daerah dengan sinyal XL yang cukup baik, karena sinyal yang buruk dapat menyebabkan gagal nya registrasi.
✅ Pastikan nomor identitas diri yang digunakan benar Pastikan nomor identitas diri yang digunakan saat registrasi sesuai dengan yang tertera di kartu identitas Anda.
✅ Lakukan registrasi ulang setelah beberapa jam Jika registrasi masih gagal setelah mencoba lima kali, coba lakukan registrasi ulang setelah beberapa jam.
✅ Hubungi layanan pelanggan XL Jika Anda masih mengalami masalah, hubungi layanan pelanggan XL untuk mendapatkan bantuan lebih lanjut.

Kesimpulan

Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x
Cara Registrasi Kartu Xl Yang Gagal 5x

Nah itulah penjelasan cara registrasi kartu xl yang gagal 5x semoga dengan artikel ini kedepan nya bisa jadi solusi ya jika suatu saat ada kendala begini jadi tak usah repot repot lagi untuk mengantar ke gerai xl untuk menanyakan perihal cara registrasi kartu xl yang gagal 5x ya. Terima Kasih.

Back to top button