Tutorial

3 Cara Mengembalikan Akun DANA yang Nomornya Hilang

Nomor Hp kamu yang terhubung ke akun DANA mu hilang? Tak usah khawatir! Ketahui cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang dalam artikel ini.

Dana sebagai E-Wallet atau dompet digital memang telah memberikan banyak keuntungan bagi sebagian besar orang yang hidup pada era teknologi digital seperti sekarang ini. Dengan kecanggihan dari berbagai alat-alat digital seperti salah satunya adalah “Dana” kini manusia tidak lagi harus melakukan secara manual ketika ada kepentingan dalam urusan transaksi.

Namun, pernahkah kamu mengalami kondisi dimana nomor HP yang kamu hubungkan ke akun Dana mu hilang? Apakah akun dana yang nomornya sudah hilang masih bisa di kembalikan? dan jika jawabannya bisa, lantas bagaimanakah caranya? Mungkin pertanyaan-pertanyaan itulah yang terlintas di benak kamu saat ini. Tidak usah cemas sobat! Tinggal kamu ikuti saja artikel ini sampai selesai, maka kamu akan menemukan jalan keluarnya.

Seputar Tentang DANA

Sumber: dana.id

Sebelum lanjut membahas tentang cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang, mari kita bahas sekilas tentang aplikasi Dana melalui penjelasan yang kami sajikan dibawah ini:

  • Apa itu Dana

Dikutip dari Wikipedia menyatakan bahwa Dana merupakan layanan keuangan digital yang berperan sebagai pembayaran digital untuk menggantikan dompet konvensional.

Sederhananya DANA adalah sebuah aplikasi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk dapat menyimpan uang secara digital serta dapat melakukan berbagai transaksi secara online dengan mudah dan aman.

Dengan adanya aplikasi Dana, sekarang anda akan sangat terbantu untuk melakukan berbagai transaksi dengan cepat dan mudah hanya dalam sebuah genggaman, terutama untuk kamu yang tidak memiliki akun mobile banking.

  • Keuntungan menggunakan Dana

  1. Dapat menjadi dompet digital yang memudahkan penggunanya untuk melakukan berbagai transaksi dengan mudah hanya melalui ponsel
  2. Dapat melakukan penarikan tunai melalui kasir Alfamart maupun Alfamidi
  3. Memiliki limit gratis transfer bank sebanyak 10 kali dalam sebulan
  4. Sebagai salah satu aplikasi yang dapat digunakan sebagai wadah untuk menabung yang aman
  5. Dana merupakan alat pembayaran digital terpercaya
  6. Top Up saldo dana dapat dilakukan dengan mudah melalui berbagai cara seperti: melalui Alfamart/ Alfamidi, Top Up melalui Bank, berbagai E-wallet lainnya, dll)
  • Apakah Dana aman?

Mengingat uang adalah sesuatu hal yang sensitif, maka ketika mendengar adanya aplikasi DANA sebagai dompet digital, tentu hal pertama yang anda lakukan sebelum memutuskan untuk menggunakan aplikasi Dana adalah memastikan apakah Dana aman atau tidak!

Baca Juga :  5 Cara Mengetahui Siapa yang Memberi Tag di Getcontact

Nah, untuk hal ini anda tidak perlu khawatir karena Dana sudah memiliki sertifikat keamanan dan jaminan yaitu PCI-DSS ( The Payment Card Industry Data Security Standard) serta DANA protection yang akan menjamin 100% keamanan  dana dan data yang tersimpan dalam aplikasi Dana anda.

Apakah Akun Dana yang nomornya sudah hilang bisa dikembalikan?

Anda tidak perlu khawatir! Apabila anda mengalami kendala terkait nomor HP yang tertaut ke akun Dana anda hilang. Akun Dana anda bisa dikembalikan dengan mudah! Caranya yaitu dengan mengganti nomor HP yang terhubung ke akun Dana anda.

Namun dalam hal ini, terdapat ketentuan mutlak yang perlu untuk kamu pahami yaitu: “kamu hanya bisa mengganti nomor HP satu kali setiap 90 hari. Selain itu, dalam proses mengganti nomor Hp pada akun Dana, anda juga tidak akan bisa menggunakan nomor yang sebelumnya lagi”

Syarat untuk Mengganti Nomor HP pada Akun Dana

Untuk dapat mengaplikasikan bagaimana cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang dengan cara mengganti nomor HP, hal pertama yang harus kamu lakukan tentu saja adalah mencari tau apa saja persyaratannya untuk mengganti nomor HP di Dana.

Nah, untuk bisa mengganti nomor HP pada akun Dana anda, terdapat beberapa syarat dan ketentuan yang harus kamu perhatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Pastikan kamu mengingat PIN Dana kamu dengan benar
  2. Menyediakan nomor baru yang sebelumnya belum pernah ditautkan ke akun DANA
  3. Penggantian nomor HP di Dana hanya bisa dilakukan 1 kali dalam setiap 90 hari
  4. Menyiapkan beberapa informasi yang akan dibutuhkan untuk menjawab “pertanyaan verifikasi keamanan” Contoh pertanyaan verifikasi keamanan kami tampilkan pada pembahasan berikutnya.
Baca Juga :  5 Cara Download Story IG Orang Lain Tanpa Aplikasi

Cara Mengembalikan Akun Dana yang Nomornya Hilang

Cara Mengembalikan Akun Dana yang Nomornya Hilang
Cara Mengembalikan Akun Dana yang Nomornya Hilang

Nah, dari penjelasan diatas anda telah mengetahui beberapa informasi penting terkait Dana dan nomor HP pada akun dana yang hilang. Sekarang, kami akan menunjukkan hal yang paling kamu nanti-nantikan, yaitu cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang.

Langsung saja, berikut ini beberapa cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang dengan mengganti ID DANA (nomor HP) pada akun Dana.

Cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang dengan mengganti nomor HP pada akun Dana

  1. Buka aplikasi Dana anda
  2. Lalu klik “menu saya” pada tampilan awal Dana
  3. pada beberapa opsi yang ditampilkan pilihlah menu “pengaturan keamanan
  4. Kemudian tap pada “ubah nomor ponsel
  5. Setelah itu klik pada menu “Ganti nomor
    Cara Mengembalikan Akun Dana Yang Nomornya Hilang
    Ganti nomor
  6. Selanjutnya silahkan pilih metode verifikasi. Terdapat 2 pilihan yang ditawarkan yaitu “Kirim kode OTP ke nomor HP yang lama dan saya sudah tidak pakai nomor HP yang lama” Tentu saja yang akan kamu klik adalah pilihan yang kedua
    Cara Mengembalikan Akun Dana Yang Nomornya Hilang
    Kirim kode OTP ke nomor HP yang lama
  7. Akan muncul permintaan untuk memasukkan PIN Dana lagi. Silahkan masukkan dengan benar
  8. Langkah berikutnya adalah “Verifikasi pertanyaan keamanan”. Silahkan jawab semua pertanyaan yang diajukan. Pastikan jawaban yang kamu masukkan tidak asal-asalan, karena jika sampai salah jawaban sampai 3 kali maka penggantian nomor Dana anda akan gagal
    Verifikasi pertanyaan keamanan
    Verifikasi pertanyaan keamanan
  9. Setelah sesi verifikasi pertanyaan keamanan sudah berhasil terlewati, selanjutnya masukkan nomor HP yang baru (pastikan nomor HP yang kamu masukkan disini adalah nomor yang masih aktif)
  10. Kemudian masukkan kode OTP yang dikirim via SMS ke nomor HP yang baru saja kamu masukkan
  11. Sesaat setelah kode OTP dimasukkan, kamu akan melihat notif yang menunjukkan bahwa pengalihan nomor HP Dana anda berhasil
  12. Jika sudah demikian, maka langkah berikutnya adalah melakukan login ulang aplikasi Dana dengan menggunakan nomor HP yang baru saja kamu ganti
    ganti nomor hp
    ganti nomor hp
  13. Masukkan nomor telepon dan PIN Dana anda
  14. Selamat! akun Dana kamu berhasil dikembalikan.

Cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang jika Dana dalam kondisi log out

Apabila akun Dana anda saat ini dalam kondisi log out, tentu saja mungkin anda akan kebingungan dan tidak bisa melakukan langkah-langkah pada cara yang telah kami tampilkan diatas sebelumnya, karena untuk bisa masuk ke akun Dana anda membutuhkan nomor HP sebagai verifikasi.

Namun anda tidak perlu khawatir, karena dibawah ini adalah cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang jika Dana dalam kondisi log out:

  1. Lakukan login seperti biasa, masukkan nomor HP yang tertaut ke akun Dana anda
  2. Lalu masukkan PIN Dana anda
  3. Maka anda akan dikirimi kode OTP. Nah dibawah kolom untuk masukkan OTP, terdapat 2 pilihan “Nomor hilang dan kirim ulang OTP”. Silakan klik pada Nomor Hilang
  4. Lalu pada tampilan yang muncul klik “Ganti nomor
  5. Ulangi kembali langkah mulai dari nomor 6 sampai selesai seperti yang terlihat pada langkah-langkah dalam cara mengembalikan akun dana yang nomornya hilang yang telah kami tampilkan sebelumnya.
Baca Juga :  2 Cara Daftar Brimo Tanpa Ke Bank Dengan Mudah

Cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang melalui Email

Cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang dapat juga kamu atasi lewat email dengan mudah. Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Silahkan kirim keluhan anda dengan detail ke email help@dana.id
  2. Catat nomor tiket keluhan yang diberikan oleh tim DANA Customer Care
  3. Rekam dan siapkan video selfie sambil memegang selembar kertas yang berisi nomor HP baru, nomot tiket keluhan, dan tanda tangan diatas kertas
  4. Kemudian kirimkan video selfie tersebut ke alamat email yang sama “help@dana.id” untuk di proses lebih lanjut
  5. Pergantian nomor HP DANA kamu akan diproses. Tidak perlu khawatir! ketika nomor HP pada akun Dana anda telah berhasil diganti, anda akan dikirimi info atau notifikasi.

Apakah saldo yang sebelumnya ada di dalam Dana akan tetap aman ketika akun Dana sudah berhasil dikembalikan?

Anda tidak perlu khawatir, karena apabila masih terdapat sisa saldo dalam akun Dana kamu sebelum akun Dana mu diperbaiki, maka setelah akun Dana kamu berhasil dikembalikan sisa saldo kamu tersebut akan tetap aman tanpa berkurang sedikit pun.

Akhir Kata

Cara Mengembalikan Akun Dana yang Nomornya Hilang
Cara Mengembalikan Akun Dana yang Nomornya Hilang
Langkah Keterangan
Hubungi Layanan Pelanggan DANA Anda bisa menghubungi tim DANA melalui email, telepon, atau live chat di aplikasi untuk melaporkan kehilangan nomor Anda.
Sediakan Informasi Akun Berikan informasi yang dibutuhkan, seperti nama lengkap, email, dan nomor telepon yang terdaftar pada akun DANA yang hilang.
Verifikasi Identitas Tim DANA mungkin akan meminta Anda untuk mengirimkan foto KTP atau dokumen identitas lainnya untuk memverifikasi kepemilikan akun.
Tunggu Proses Verifikasi Setelah mengirimkan dokumen yang diperlukan, tunggu tim DANA untuk menyelesaikan proses verifikasi.
Ikuti Instruksi Tim DANA Setelah verifikasi selesai, tim DANA akan memberikan instruksi lebih lanjut mengenai cara mengembalikan akun Anda.

Nah, itulah beberapa cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang yang dapat dengan mudah untuk kamu ikuti dan praktekkan sendiri ketika kamu sedang mengalami hal yang sama. Dengan adanya cara mengembalikan akun Dana yang nomornya hilang, kini masalah nomor HP yang tertaut ke akun Dana hilang bukanlah lagi menjadi suatu hal yang harus dipusingkan.

Namun walaupun demikian, kami tetap mengingatkan sobat semuanya, agar lebih teliti dalam menjaga barang kepemilikan, tak terkecuali juga dengan kartu SIM. Karena lebih baik mengantisipasi dari pada mengatasi! Sekian yang dapat kami bagikan. Semoga bermanfaat untuk sobat Mocipay semuanya. Selamat mencoba dan semoga berhasil.

Back to top button