Tutorial

5 Cara Melihat Total Belanja Di Shopee Dengan Mudah Dan Praktis!

Tak sedikit orang yang merasa sangat penasaran dengan cara melihat total belanja di Shopee, terutama bagi mereka yang menjadikan Shopee sebagai aplikasi utama dalam berbelanja secara online.

Mengetahui berapa dana yang sudah dihabiskan untuk berbelanja di Shopee sangatlah penting. Mengapa demikian? Karena dengan memahami total belanja, anda dapat mengatur anggaran belanja dengan lebih baik dan menghindari kelebihan pengeluaran.

Sekilas Mengenal E-Commerce Shopee

Shopee adalah sebuah platform e-commerce yang memungkinkan pengguna untu membeli dan menjual berbagai jenis produk atau barang secara online, seperti pakaian, peralatan rumah tangga, perlengkapan elektronik, produk pangan, dan yang lainnya.

Shopee sebagai aplikasi belanja online menyediakan berbagai fitur yang memudahkan pengguna dalam berbelanja, mulai dari pembayaran yang aman, metode pengiriman yang beragam dapat dipilih pembeli sesuai kebutuhan, dan juga dukungan pelanggan yang responsif.

Dalam beberapa tahun belakangan ini, Shopee menjadi salah satu aplikasi online shop yang paling banyak digunakan. Hal itu dipicu oleh platform Shopee yang sering menyelenggarakan berbagai promosi, diskon dan voucher gratis ongkir yang dapat memberikan pengalaman belanja yang menarik bagi penggunaan nya.

Manfaat Mengetahui Total Belanja di Shopee

Sebelum lanjut menampilkan cara melihat total belanja di Shopee, kami akan menjelaskan terlebih dahulu mengenai beberapa manfaat dari mengetahui total belanja di Shopee.

Jadi, ada sejumlah manfaat yang diperoleh dari mengetahui cara melihat total belanja di Shopee, diantaranya adalah sebagai berikut:

1. Pengendalian pengeluaran

Dengan mengetahui total belanja, pengguna dapat memantau seberapa banyak uang yang telah dihabiskan untuk belanja online. Ini membantu dalam mengendalikan pengeluaran dan mencegah terjadinya pemborosan.

Baca Juga :  7 Cara Mengubah Word Ke PDF Di HP Tanpa Aplikasi

2. Meningkatkan kesadaran finansial

Melihat berapa total belanja di Shopee, dapat meningkatkan kesadaran finansial seseorang terhadap kebiasaan pengeluaran mereka. Hal ini dapat membantu mereka untuk membuat keputusan yang lebih bijak dalam hal belanja di masa depan.

3. Perencanaan anggaran

Informasi mengenai total belanja memungkinkan pengguna untuk dapat mengevaluasi seberapa sesuai belanja online mereka dengan anggaran bulanan atau tahunan yang telah ditetapkan. Hal ini membantu mereka agar tetap berada dalam batas anggaran yang telah ditetapkan.

4. Pencatatan transaksi

Manfaatnya yang terakhir adalah untuk membuat catatan transaksi. Mengetahui total belanja memudahkan pencatatan transaksi keuangan. Ini dapat bermanfaat untuk tujuan pelaporan atau manajemen keuangan pribadi.

Cara Melihat Total Belanja di Shopee

Menjadikan Shopee sebagai aplikasi berbelanja online konvensional, kerap membuat banyak pengguna merasa penasaran dengan cara melihat total belanja di Shopee.

Oleh karena itu, usai menyimak sekilas mengenai Shopee, selanjutnya kami akan memberikan anda panduan tentang cara melihat total belanja di Shopee melalui urutan langkah seperti dibawah ini:

  1. Silahkan buka aplikasi Shopee anda
  2. Pada halaman utama, pilihlah menu ‘Saya‘ yang ditandai dengan ikon orang di pojok kanan bawah
    Cara Melihat Total Belanja di Shopee
    Cara Melihat Total Belanja di Shopee
  3. Lalu klik ‘member‘ di bawah nama pengguna
    member
    member
  4. Maka akan tampil total belanjaan anda di aplikasi belanja online Shopee
    Cara Melihat Total Belanja di Shopee
    total belanjaan
  5. Anda bisa klik menu ‘Rincian‘ untuk melihat rincian belanjaan secara keseluruhan.
    Cara Melihat Total Belanja di Shopee
    Rincian
  6. Selesai, sekarang anda sudah mengetahui total belanjaan anda di Shopee kan?

Kenapa Total Belanja di Shopee Tidak Muncul

Setelah mengikuti urutan langkah dari cara melihat total belanja di Shopee seperti yang telah kami tampilkan diatas, ternyata anda tidak menemukan total belanjaan anda? Jangan khawatir! Berikut kami jelaskan beberapa penyebab kenapa total belanjaan di Shopee tidak ditampilkan.

  • Pengguna masih member classic

Penyebab yang pertama adalah karena akun pengguna masih berada dalam tingkatan member pemula (classic).

Baca Juga :  7 Cara Nonton Drakor Di Telegram Tanpa Download

Keanggotaan atau member classic merupakan tingkatan member terendah dari Shopee loyalty yang biasanya diberikan pada pengguna baru Shopee yang be,um melakukan pembelian apa-apa atau masih 1 transaksi dalam periode 6 bulan.

Berbeda dengan jenis member lainnya, member classic belum memberikan keuntungan fitur catatan belanja di Shope. Oleh karena itu, untuk sobat yang masih member classic jangan heran dan bingung ketika total belanjaan mu di Shopee tidak dapat ditampilkan.

  • Pesanan yang diselesaikan tidak memenuhi syarat untuk dimasukkan ke total belanja

Penyebab yang berikutnya adalah karena pesanan yang diselesaikan tidak memenuhi syarat untuk dapat dimasukkan ke catatan belanja. Perlu anda ketahui bahwa tidak semua pembelian yang dilakukan lewat aplikasi Shopee akan dimasukkan ke total belanja.

Beberapa pesanan di Shopee yang tidak masuk ke dalam daftar total belanjaan adalah sebagai berikut:

  1. Transaksi pada kategori Pulsa, Tagihan, & Paket Data.
  2. Transaksi dengan jasa kirim termasuk ongkos kirim.
  3. Transaksi yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan transaksi Shopee.
  • Gangguan jaringan

Masalah jaringan juga dapat menjadi salah satu pemicu cara melihat total belanja di Shopee gagal dilakukan. Shopee merupakan aplikasi yang penggunaannya tergantung pada koneksi internet dan jaringan yang bagus.

Oleh karena itu, jika anda ingin menggunakan berbagai fitur dalam Shopee, pastikan kuota internet anda tersedia serta kondisi sinyal yang mendukung. Bila perlu dan memungkinkan untuk dilakukan, beralihlah ke penggunaan jaringan WiFi.

  • Masalah pada aplikasi

Penyebab terakhir yang membuat cara melihat total belanja di Shopee gagal dilakukan adalah karena adanya masalah pada aplikasi, termasuk masalah internal seperti cache aplikasi yang telah menumpuk dan juga masalah eksternal seperti gangguan server aplikasi Shopee.

Baca Juga :  6 Cara Ubah Ukuran Foto 4x6 Online paling Mudah dan Praktis!

Tingkatan Member Shopee Berdasarkan Total Belanja

Tingkatan Member Shopee Berdasarkan Total Belanja
Tingkatan Member Shopee Berdasarkan Total Belanja

Setelah menampilkan urutan dari cara melihat total belanja di Shopee, dalam artikel ini kami juga akan menjelaskan mengenai tingkatan member Shopee berdasarkan total belanja.

Anda perlu mengetahui bahwa total belanjaan berpengaruh pada keanggotaan atau member di Shopee. Nah, berikut kami akan menjelaskan tingkatan member Shopee berdasarkan total belanjaannya.

  • Classic

Member classic merupakan urutan keanggotaaan terendah dari Shopee loyalty. Member classic ini biasanya diberikan pada pengguna baru Shopee yang sama sekali belum melakukan pembelian apapun di aplikasi Shopee (Rp0 pesanan) atau akun yang dalam waktu 6 bulan baru melakukan 1 transaksi.

  • Silver

Selanjutnya adalah member silver yang merupakan tingkatan terendah kedua dari Shopee loyalti. Keanggotaan Silver ini diberikan pada pengguna dengan total belanja sebesar Rp500.000 atau yang telah menyelesaikan sebanyak 5 pesanan.

Terdapat beberapa keuntungan dari member Silver, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Voucher gratis ongkir (dapatkan +1 voucher gratis ongkir).
  2. Ekstra voucher ShopeeFood.
  3. Catatan belanja bulanan.
  4. Brand membership.
  • Gold

Tingkatan member Shopee yang selanjutnya adalah member Gold. Jenis member ini diberikan kepada pengguna, apabila total belanjaannya telah mencapai di angka Rp3.000.000 atau menyelesaikan 35 pesanan dalam akun Shopeenya selama dalam waktu 6 bulan.

Jenis member Gold memberikan beberapa keuntungan, diantaranya adalah seperti:

  1. Mendapatkan lebih banyak voucher gratis ongkir (dapatkan +2 voucher gratis ongkir).
  2. Ekstra voucher ShopeeFood.
  3. Catatan belanja bulanan.
  4. Brand membership.
  5. Bunga 0% untuk semua produk yang menggunakan SPayLater.
  • Platinum

Member Platinum adalah tingkatan paling tinggi  dari keanggotaaan di Shopee. Member platinum diberikan pada akun pengguna yang telah memiliki total belanja hingga 10.000.000 atau telah menyelesaikan 100 pesanan dalam periode 6 bulan.

Sebagai tingkatan keanggotaan tertinggi, member Platinum memberikan pengguna lebih banyak keuntungan, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Voucher gratis ongkir yang lebih banyak dari semua jenis member lainnya (dapatkan +3 voucher gratis ongkir).
  2. mendapatkan lebih banyak voucher ShopeeFood.
  3. Voucher ulang tahun (voucher cashback 20% di hari spesial mu).
  4. Bungan 0% untuk semua produk yang menggunakan SPayLater.
  5. CS prioritas (Nikmati layanan eksklusif untuk Platinum).
  6. Catatan belanja yang memuat rincian belanja bulananmu.
  7. Brand membership.

Akhir Kata

Cara Melihat Total Belanja Di Shopee
Cara Melihat Total Belanja Di Shopee

Dengan mengetahui cara melihat total belanja di Shopee, anda dapat menghindari kelebihan pengeluaran dan mengelola uang belanja online dengan baik. Semoga panduan yang kami berikan bermanfaat dan dapat dipahami dengan baik, terimakasih.

Back to top button