Promo Top Up Game Termurah😍
Tutorial

6 Cara Berhenti Berlangganan Indihome Tahun 2023, Gampang Banget

Cara Berhenti Berlangganan Indihome – Belakangan ini banyak pelanggan Indihome yang mengeluhkan tagihan Indihome rumah mereka yang semakin lama semakin naik.

Tagihan Indihome mereka yang awalnya hanya sekitar 200 ribuan, setiap bulan naik sedikit demi sedikit hingga mencapai 300 ribuan, bahkan ada yang mencapai 400 ribuan.

Setelah dikomplain ke pihak Indihome, ternyata tagihan Indihome yang membengkak tersebut diakibatkan pemakaian yang melebihi limit bulanan.

Jadi, sebenarnya pemakaian Wifi Indihome tidak benar-benar unlimited. Terdapat batas kuota tergantung paket yang kita pilih.

Tidak sedikit yang merasa kecewa dengan kebijakan ini dan memilih untuk berhenti berlangganan Indihome.

Apa itu Indihome?

Logo IndiHome – Sumber: https://indihome.co.id

Sebelum membahas tentang cara berhenti berlangganan Indihome, mari berkenalan terlebih dahulu dengan Indihome.

Indonesia Digital Home (disingkat IndiHome) adalah salah satu produk layanan dari PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk.

Sejak diluncurkannya IndiHome, pelanggan yang berlangganan paket internet Speedy satu-per-satu diminta untuk beralih menggunakan IndiHOME, karena layanan dagang Speedy akan segera diberhentikan pada tahun 2015.

Menurut situs resmi indihome.co.id, Indihome adalah layanan digital yang menyediakan internet, telepon rumah, dan TV interaktif dengan beragam pilihan paket serta layanan tambahan yang bisa dipilih sesuai kebutuhan Anda.

Saat ini, jaringan IndiHome sudah tersebar di seluruh wilayah Indonesia dan terus berinovasi untuk memenuhi kebutuhan internet terbaik bagi masyarakat.

Pelanggan Indihome bisa memilih berbagai varian paket yang ditawarkan oleh Indihome dengan harga yang berbeda-beda.

Paket yang ditawarkan yaitu:

● IndiHome Single Play (IndiHome 1P) adalah Layanan IndiHome yang terdiri dari 1 (satu) layanan yaitu Telepon atau Internet.

● IndiHome Double Play (IndiHome 2P) adalah Layanan IndiHome yang terdiri dari 2 layanan yaitu Telepon dan Internet, atau Telepon dan IPTV, atau IPTV dan Internet.

● IndiHome Triple Play (IndiHome 3P) adalah Layanan IndiHome baik yang terdiri dari 3 layanan yaitu Telepon, Internet, dan IPTV (dengan atau tanpa fasilitas Direct To Home (DTH) Transvision).

Apakah Bisa Berhenti Berlangganan Indihome?

Tagihan IndiHome akan ditagihkan kepada pelanggan tiap bulan atas dasar pasca bayar, dan akan diprorata di bulan pertama.

Jadi, tagihan yang kamu bayar bulan ini adalah atas pemakaian Anda di bulan sebelumnya.

Lalu bagaimana jika Anda ingin berhenti berlangganan Indihome? Pihak Indihome berkewajiban melayani pelanggan yang ingin memutus layanan Indihomenya dengan memperhatikan kontrak berlangganan.

Bagaimana cara berhenti berlangganan Indihome?

Penting untuk Anda ketahui bahwa kontrak berlangganan IndiHome berlaku selama minimal 12 (dua belas) bulan setelah layanan IndiHome berstatus aktif. Apabila pelanggan memutuskan untuk berhenti berlangganan sebelum masa berlaku kontrak berakhir, maka akan dikenakan denda sebesar Rp1.000.000.

Apakah Berhenti Berlangganan Indihome Bayar?

Dalam kontrak berlanggan Indihome disebutkan bahwa pemutusan layanan Indihome dapat dikenai Denda Pengakhiran. Apa artinya?

Denda Pengakhiran adalah denda yang wajib dibayarkan oleh PELANGGAN kepada TELKOM apabila PELANGGAN berhenti berlangganan dan/atau apabila Kontrak Berlangganan berakhir karena kesalahan PELANGGAN setiap saat dalam masa 12 (dua belas) bulan pertama terhitung sejak Status Completed Non Aktif dengan jumlah sebagaimana yang tercantum dalam Syarat dan Ketentuan ini.

Pihak Indihome juga bisa memutus layanan Indihome pelanggan secara sepihak. Hal ini dilakukan apabila pelanggan tidak melakukan pembayaran sampai dengan akhir bulan N+1 (menunggak 2 bulan). Maka pada tanggal 1 bulan N+2 sambungan Layanan IndiHome akan di-non aktif-kan oleh Telkom.

Namun pengenaan sanksi ini tidak akan mengurangi kewajiban pelanggan untuk melunasi tagihannya.

Dalam kontrak pelanggan disebutkan bahwa pengenaan sanksi berdasarkan ketentuan kontrak berlangganan tidak mengurangi kewajiban pelanggan (eks pelanggan), ahli waris, atau penggantinya untuk melunasi seluruh tagihan/ tunggakan Biaya Layanan IndiHome termasuk dendanya kepada Telkom.

Untuk mempermudah pembayaran tagihan Indihome dan tagihan lain,  Anda bisa melakukan pembayaran online lewat aplikasi Mocipay atau Mitra Top Up.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome

Kalau Anda sudah yakin untuk menghentikan layanan Indihome Anda, maka disini akan kami informasikan cara berhenti berlangganan Indihome.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk memutus layanan Indihome rumah Anda.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Lewat Plasa Telkom (Offline)

cara berhenti berlangganan Indihome
Sumber: Instagram IndiHome Tangerang

Jika rumahmu dekat dengan Plasa Telkom, sebaiknya Anda langsung mengunjunginya. Cara berhenti berlangganan IndiHome offline lebih efektif dan efisien karena Anda akan mendapat penanganan secara cepat dan, Anda bisa mendapatkan informasi secara penuh terkait pemutusan langganan Indihome.

Agar Anda tidak bolak-balik dan buang waktu, pastikan terlebih dahulu jam buka dari Plasa Telkom yang kamu datangi, jangan sampai kamu datang di luar dari jam kerja mereka.

Plasa Telkom IndiHome itu berbeda dengan Grapari Telkomsel, meskipun memang sama sama milik PT Telkom Indonesia, tempat tersebut jelas berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda.

Saat mendatangi Plasa Telkom, Anda perlu mempersiapkan dan membawa beberapa hal berikut ini.

1. Menuliskan nomor tagihan IndiHome.

2  Mengisi formulir pengajuan pemberhentian.

3. Menulis alasan kenapa ingin berhenti langganan IndiHome.

4. Memberikan fotokopi KTP dan KK atas nama pelanggan IndiHome.

5. Materai 6000 untuk memastikan bukti kuat informasi bahwa kamu sudah berhenti berlangganan IndiHome.

6. Bawa modem/router, STB/decoder, colokan modem ke listrik, atau alat lainnya yang memang masih wajar untuk dibawa.

7. Selanjutnya, kamu akan diminta untuk melunasi tagihan bulanan IndiHome yang belum terbayarkan apabila ada. Kemudian kamu juga perlu mengembalikan perangkat IndiHome kepada Telkom.

Baca juga8 Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang Semua Merek

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Secara Online

Untuk berhenti berlangganan Indihome secara online bisa Anda lakukan melalui beberapa platform aplikasi atapun media sosial, antara lain aplikasi MyIndihome, Twitter, Facebook, Instagram, Email, atau Call center 147.

Via MyIndihome

Aplikasi MyIndihome – Sumber: indihome.co.id

MyIndihome adalah aplikasi yang digunakan untuk berlangganan IndiHome, aktivasi OTT Video Streaming, berlangganan berbagai fitur tambahan, melaporkan gangguan layanan IndiHome, cek tagihan, cek Poin myIndiHome, info pemakaian, serta layanan menarik lainnya.

Cara berhenti berlangganan Indihome lewat aplikasi MyIndihome adalah seperti ini.

1. Unduh dan pasang, lalu buka aplikasi MyIndiHome

2. Login akun IndiHome menggunakan alamat email atau nomor telepon yang telah terdaftar

3. Dari homepage, klik menu ‘Bantuan’

4. Pilih opsi ‘Indita’ yang merupakan bot help center IndiHome, nantinya Anda akan dihubungkan dengan admin customer service

5. Mulai kirim pesan berisi permintaan berhenti langganan layanan IndiHome

6. Tunggu respon dari Indita. Anda akan diarahkan terkait tahapan yang harus dilakukan, serta penuhi syarat dan ketentuannya.

7. Nantinya, konfirmasi pemutusan akan dikirim via email. Anda juga akan diberikan instruksi lebih lanjut, termasuk melakukan pembayaran tagihan terakhir sebelum akhirnya pemutusan diselesaikan.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Lewat Twitter

Contoh Tweet ke IndihomeCare terkait pemutusan Indihome – Sumber: Twitter

Untuk melakukan cara berhenti berlangganan Indihome melalui Twitter, tentu Anda harus memiliki akun terlebih dahulu. Selanjutnya masuk ke akun IndiHomeCare yang ada centang biru atau terverifikasi.

Selanjutnya buat Tweet yang berisi permintaan untuk bantuan berhenti langganan. Jangan lupa untuk mention akun @IndiHomeCare dan @IndiHome.

Selanjutnya kamu akan menerima DM dari salah satu akun tersebut. DM berisi pernintaan data kamu, seperti dibawah ini

DM dari Twitter @IndiHome

Balas DM tersebut dengan mengisi semua data yang diperlukan. Isi detail keluhan/ permintaan dengan “Ingin memutus layanan Indihome” disertai dengan alasan mengapa ingin berhenti berlangganan IndiHome.

Pihak Indihome akan meminta bukti pembayaran tagihan Indihome Anda. Pastikan Anda sudah membayar semua tagihan agar permintaan Anda segera diproses.

Selama proses pemutusan dilakukan, Anda hanya perlu menunggu hingga internet di rumah Anda sudah tak bisa lagi digunakan. Biasanya proses pemutusan akan dilakukan kurang lebih 24 jam.

Ketika proses pemberhentian berhasil, maka akan muncul pemberitahuan dari Indihome melalui halaman browser di perangkat yang Anda gunakan, baik PC ataupun smartphone.

Selain internet yang sudah tidak bisa diakses lagi, akun MyIndiHome Anda pun sudah tidak bisa digunakan lagi. Anda sudah tidak memiliki akses untuk masuk ke seluruh akun yang terhubung dengan Indihome.

Setelah itu Anda wajib mengembalikan perangkat Indihome di rumah Anda ke Plasa Telkom terdekat.

Baca juga11 Cara Mengetahui Password WiFi Tetangga Yang Belum Terhubung

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Lewat Facebook

Facebook resmi IndiHome Care

Jika Anda tidak memiliki akun Twitter, Anda bisa melakukan pemutusan Indihome lewat Facebook. Untuk cara berhenti berlangganan Indihome lewat Facebook sebenarnya hampir sama dengan Twitter.

Masuk ke aplikasi Facebook dengan akun Anda, lalu cari akun resmi Indihome Care. Akun resmi hanya yang ada centang birunya.

Tulis komentar di beranda Facebook mengenai permintaan Anda untuk berhenti berlangganan Indihome seperti dibawah ini.

Sumber: Facebook IndiHome Care

Langkah selanjutnya sama dengan penjelasan di cara berhenti berlangganan Indihome lewat Twitter.

Cara Berhenti Berlangganan Indihome Lewat Email / Call Center 147

Sumber: indihome.co.id

Untuk berhenti berlangganan Indihome lewat Email, Anda bisa mengirim Email permintaan pemutusan layanan Indihome ke customercare@telkom.co.id.

Selanjutnya pihak Telkom akan membalas pesan Anda dengan mengirim formulur yang perlu Anda isi. Selanjutnya Anda diharuskan membayar tagihan Indihome lalu mengikuti proses pemutusan layanan dari Telkom.

Jika Anda memilih untuk memutus layanan Indihome lewat telepon, berikut cara berhenti berlangganan Indihome dengan telepon Call Center:

1. Siapkan semua syarat yang diperlukan

2. Telepon call center dengan tekan kode + 147 (Terkena biaya pulsa 1000/menit)

3. Jika sudah tersambung, sampaikan alasan kamu berhenti berlangganan dengan singkat dan jelas

4. Lunasi tagihan yang ada.

5. Selanjutnya, tim IndiHome akan mendatangi rumah kamu untuk mengambil perangkat IndiHome.

Berapa Lama Proses Berhenti Indihome?

Proses berhenti Indihome setelah permintaan dikonfirmasi adalah 1×24 jam.

Apabila akses internet Anda sudah berhenti, itu artinya Indihome Anda sudah berhasil diputus.

Kesimpulan

Demikianlah berbagai cara berhenti berlangganan Indihome yang bisa kamu coba. Sebelum memutuskan untuk berhenti berlangganan, pastikan Anda sudah menggunakan Indihome selama lebih dari 12 bulan agar tidak dikenakan sanksi denda sebanyak Rp 1.000.000,00.

Back to top button