Promo Top Up Game Termurah😍
Tutorial

8 Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang Semua Merek

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang- Salah satu gangguan atau masalah yang seringkali terjadi pada TV adalah suara yang hilang, walau keadaan gambar dalam tayangan TV masih tampil normal. Gangguan ini bisa terjadi pada semua jenis TV.

Pada umumnya masalah suara TV hilang terjadi pada sistem speaker atau IC audio yang rusak dan diperlukan penggantian. Namun ada faktor lain yang dapat mempengaruhi suara TV menjadi hilang sehingga cara mengembalikan suara TV yang hilang pun dapat dilakukan dengan beragam cara.

Untuk memperbaiki suara TV hilang pada umumnya cukup mudah, tetapi pada kasus tertentu kamu membutuhkan lebih banyak waktu untuk mengetahui penyebabnya.

Penyebab Suara TV Yang Hilang

Sebelum kita masuk kedalam pembahasan cara mengembalikan suara TV yang hilang, terlebih dahulu kita harus mengetahui  penyebab–penyebab yang berpotensi menyebabkan suara TV hilang sepeti berikut ini.

  • Fitur Mute Pada Remote Aktif

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang
Tombol Mute Pada Remote

Hal Pertama adalah kita harus mecoba analisa dari hal yang paling mudah dan ringan terlebih dahulu. Pada remote TV terdapat satu tombol yaitu tombol Mute yang berfungsi untuk menghilangkan suara secara keseluruhan.

Biasanya kita tidak memperhatikan pada remote tv bahwa sudah terpencet tombol mute. Untuk itu pastikan TV tidak sedang dalam keadaan mute, karena biasanya tombol ini tidak sengaja tertekan sehingga menyebabkan TV tidak mengeluarkan suara.

  • Speaker TV Rusak

Speaker TV

Sebenarnya kerusakan pada speaker TV jarang terjadi, namun bukan tidak mungkin jika speaker sebenarnya sudah rusak dan menjadi penyebab utama suara TV hilang.

Pada beberapa kasus seringkali ditemukan kerusakan pada speaker TV, baik itu kabelnya konektornya yang putus atau kabel lilitan didalam speaker tersebut sudah rusak.

  • Blok Audio Bermasalah

Blok TV

Pada blok audio ini ada sebagian komponen, antara lain IC (Integrated Circuit) audio serta bagian kecil disekitarnya. Bisa jadi IC audio sudah rusak, retak ataupun kaki- kaki ICnya tidak merekat dengan sempurna.

Penyebab selanjutnya yakni pada jalur audio yang sering didapati putus ketika dilakukan pengukuran arus dengan multitester.

Baca juga: 3 Cara untuk Membuat Tabel Secara Otomatis dengan Klik

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

Penyebab Suara TV Hilang Solusi
Fitur Mute Pada Remote Aktif Matikan Fitur Mute Melalui Remote TV
Speaker TV Rusak Menyalakan Kembali TV
Blok Audio Bermasalah Pindah ke Channel Lain
Cek Kondisi Speaker TV
Perkuat Kembali Kaki IC Audio
Periksa Kabel RCA
Mereset Pengaturan Suara Bagi TV LED

Setelah mengetahui apa saja kemungkinan penyebab suara TV hilang, maka selanjutnya pembahasan mengenai cara mengembalikan suara TV yang hilang. Adapun cara mengembalikan suara tv yang hilang antara lain:

1. Matikan Fitur Mute Melalui Remote TV

Cara mengembalikan suara TV yang hilang pertama adalah dengan mematikan fitur mute. Terdapat banyak tombol yang dapat ditemui pada remote TV, salah satu tombol yang berperan buat menghilangkan suara, ialah tombol mute. Bila tombol ini tidak sengaja terpencet, maka secara otomatis suara TV akan hilang.

Selain itu, ketika mode mute ini aktif akan muncul ikon speaker silang pada pojok layar TV kamu. Untuk mematikan fitur mute, hanya perlu menekan kembali tombol mute pada remote sampai ikon speaker silang pada layar tv hilang, setelah itu suara tv akan kembali keluar.

2. Menyalakan Kembali TV

Jika kamu sudah memastikan fitur mute tidak aktif, namun tetap saja suara TV hilang, cara mengembalikan suara tv yang hilang selanjutnya adalah coba matikan televisi dengan menekan tombol off yang ada pada remote atau melalui tombol pada TV. Setelah itu langsung cabut kabel TV dari aliran listrik.

Biarkan selama beberapa menit, lalu pasang kembali kabel tersebut. Setelah itu, coba nyalakan kembali TV kamu cara menekan tombol on pada remote. Cara sepele ini kadang mampu mengembalikan suara TV yang hilang.

Jika masih belum berhasil, kamu perlu mencoba untuk mematikan TV beberapa jam dengan tujuan agar mesin dan semua komponennya tidak terlalu panas karena sudah digunakan dalam waktu yang cukup lama.

3. Pindah ke Channel Lain

Suara TV yang hilang tidak selalu disebabkan karena ada komponen yang rusak. Tetapi masalah ini bisa jadi karena channel yang kamu tonton memang sedang mengalami gangguan.
Terkadang terjadi masalah pada beberapa siaran TV yang menyebabkan suaranya hilang. Untuk memastikannya, kamu bisa pindah ke channel lain, apakah ada suaranya atau tidak.

4. Cek Kondisi Speaker TV

Kerusakan pada speaker TV memang jarang sekali terjadi, apalagi jika sudah dilengkapi dengan dual speaker. Speaker pada TV bekerja dengan cara mengubah gelombang elektronik menjadi getaran yang akhirnya dapat menghasilkan suara pada TV itu sendiri.

Walaupun jarang terjadi, tapi kamu juga perlu melakukan pengecekan pada speaker tv. Speaker TV yang rusak bisa disebabkan karena volume yang terlalu tinggi atau sering menggunakan ampli dengan daya yang terlau besar.

Disarankan untuk mengukur setiap speaker dengan menggunakan multitester untuk mengetahui apakah kondisinya masih bagus atau justru speaker TV tersebut sudah rusak.

5. Perkuat Kembali Kaki IC Audio

Cukup sering terjadi permasalahan kaki IC audio yang retak atau serta timahnya tidak menempel lagi, khususnya pada TV tabung keluaran lama. Ciri apabila kaki audio sudah longgar adalah suara TV kadang ada dan kadang hilang tiap kali TV digoyangkan.

Maka cara mengembalikan suara TV yang hilang selanjutnya adalah kamu bisa mencoba untuk membersihkan kaki-kaki IC audio terlebih dahulu menggunakan sikat bersih dan menggunakan sedikit cairan tiner.

Setelah itu barulah menggunakan solder untuk menempelkan kembali kaki IC yang retak. Namun kamu harus memastikan bahwa mata solder yang kamu gunakan sudah bersih.

6. Periksa Kabel RCA

Cara mengembalikan suara TV yang hilang berikutnya adalah dengan memeriksa kabel RCA (Radio Corporation of Amerika). Kabel satu ini merupakan kabel yang konvensional yang biasanya digunakan untuk mengirim sinyal analog dari perangkat audio maupun video ke perangkat lainnya.

Lakukan pemeriksaan dengan cara menyentuh kabel RCA yang berwarna merah dan putih. Jika terdengar suara kresek atau dengungan pada speaker, berarti kabel input mengalami masalah.

Apabila kabel RCA rusak, maka cara mengembalikan suara TV yang hilang adalah dengan mengganti kabel RCA dengan yang baru.

7. Mereset Pengaturan Suara Bagi TV LED

Mereset suara pada pengaturan TV juga bisa menjadi cara untuk mengatasi TV yang suara hilang. Pada beberapa TV LED sekarang sudah disediakan menu dan berbagai macam pengaturan yang bisa disesuaikan termasuk untuk mereset pengaturan suara.

Melakukannya cukup dengan membuka menu pada TV lalu pilih pengaturan suara untuk mereset pengaturan kembali keawal. Setelah mereset pengaturan suara, kamu perlu untuk mematikan TV beberapa saat lalu menyalakannya kembali. Setelah melakukan reset, suara TV akan kembali ke setelah awal.

8. Lakukan Factory Reset pada TV

Apabila mereset pengaturan suara belum mempan, maka cara terakhir yang dapat kamu lakukan adalah melakukan factory reset. Factory reset merupakan alternatif terakhir cara mengembalikan suara TV yang hilang sebelum kamu membawanya ke tempat servis elektronik.

Mereset TV ke pengaturan pabrik berarti akan mengembalikan semua pengaturan TV kamu seperti pertama kali TV dinyalakan. Dalam beberapa kasus, factory reset bisa mengembalikan suara TV yang hilang.

Untuk melakukan factory reset TV mungkin berbeda-beda tergantung pada merk dan model TV yang digunakan. Tetapi secara umum, kamu dapat melakukan factory reset TV dengan langkah sebagai berikut:

  • Buka menu pengaturan TV kamu.
  • Cari dan pilih opsi [Reset Ulang atau Factory Reset].
  • Setelah memilih opsi tersebut, masukan PIN jika diminta. PIN default TV adalah 0000
  • Tunggu hingga proses reset TV ke pengaturan pabrik sampai selesai.
  • Setelah selesai tunggu beberapa saat lalu nyalakan kembali TV kamu.

Penutup

Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang
Cara Mengembalikan Suara TV Yang Hilang

Itulah beberapa cara mengembalikan suara TV yang hilang yang dapat kami rekomendasikan untuk kamu. Apabila kamu sudah mengikuti langkah-langkah diatas dan belum juga berhasil mengembalikan suara TV kamu, maka kamu bisa mencoba menonton tutorial mengembalikan suara tv yang ada di youtube.

Cara paling terakhir ketika kamu belum bisa mengembalikan suara TV adalah dengan membawanya ke tempat servis untuk dilakukan perbaikan lebih lanjut. Semoga artikel kali ini dapat membawa manfaat untuk kamu dan dapat membantu kamu apabila sedang mengalami kejadian suara tv hilang.

Back to top button