Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tutorial

Layar HP Tidak Bisa Disentuh, 8 Penyebab dan Solusinya

Keadaan dimana layar hp tidak bisa disentuh adalah hal menjengkelkan sekaligus menyedihkan bagi para pengguna smartphone.

Seolah-olah terikat kita selalu menggunakan ponsel untuk berbagai kepentingan, baik untuk komunikasi, saluran informasi bahkan untuk media hiburan.

Namun tidak jarang kita  mendapatkan masalah dimana layar HP tidak bisa disentuh karena berbagai alasan yang tidak terduga. Hal ini pastinya merugikan terlebih kamu yang tidak memiliki alat komunikasi cadangan sehingga tidak menutup kemungkinan memperlambat bahkan memutuskan komunikasi.

Apa Saja Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh?

Dewasa ini kamu tentu mengetahui sistem layar ponsel yang beralih menggunakan touchscreen yang berarti penggunaan teknologi sistem sentuhan.

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh
Penyebab layar hp tidak bisa disentuh – Sumber: leskompi.com

Jadi bisa disimpulkan bahwa layar sentuh ini memegang kendali segala aktivitas yang berhubungan dengan handphone, itulah mengapa setiap ponsel yang mengalami masalah layar disarankan untuk segera ditangani, tak lain agar aktivitas tak terkendala.

Namun tidak semua pengguna peka pada kesehatan hp, terbukti dari banyaknya kasus layar hp tidak bisa disentuh karena keteledoran. Jika kamu mengalami hal ini, ketahui terlebih dahulu apa saja penyebab layar handphone tidak bisa disentuh berikut :

Ram Handphone Penuh

Bukan rahasia lagi jika penyimpanan penuh akan menghambat penggunaan ponsel, hal ini dikarenakan sistem tidak mampu bekerja secara optimal untuk mengoperasikan ponsel.

Hal ini bisa saja karena daftar aplikasi yang menggerogoti penyimpanan. Jika terus dibiarkan hp akan kewalahan dan tidak memberikan respon saat dioperasikan, seperti melambat bahkan tidak memberikan jawaban.

Waktu Penggunaan Hp dalam 24 Jam

Sumber: cnbcindonesia.com

Sebenarnya berapa lamasih waktu screen time yang ideal? menurut data reportal orang dewasa menggunakan ponsel rata-rata 6-10 jam perharinya yang dimana akan memberikan efek buruk bagi mental dan kesehatan.

Tidak hanya bagi pengguna, hal buruk juga berimbas pada handphone jika tidak mengatur waktu pemakaian. Dikatakan bahwa hp yang terlalu sering digunakan bisa mengakibatkan mesin memanas yang memperlambat respon touchsreen-nya.

Hp Terkena Air yang Menyebabkan Layar Tidak Bisa Disentuh

Harus diketahui sistem touchscreen HP tidak bisa terkena air dan benda cair lainya. Pasalnya air yang meresap kedalam layar bisa saja membuat komponen hardware rentan mengalami korsleting.

Bukan hanya itu, imbas dari permasalahan ini bisa mengalir kepada layar dimana kamu akan kesusah untuk menggunakanya, lebih parahnya handphone bisa mati total.

Intip juga 4 Cara Beli Paket SMS Telkomsel : Harian, Mingguan, Bulanan

Handphone Terjatuh dan Tertekan Benda Berat

Kelalaian yang dianggap sepele ternyata bisa membuat layar hp tidak bisa disentuh. Coba ingat dahulu apakah handphonemu sering terjatuh bahkan tertimpa benda berat.

Memang handphone yang jatuh bisa saja tidak padam, namun benturan yang membuat layar pasif perlahan-lahan. Layar handphone tidak bisa disentuh merupakan imbas dari tekanan benda yang berulang-ulang.

Pemakaian Charger yang Salah

Sumber: wolipop.detik.com

Jangan tertipu dengan alat pengisian baterai yang cepat, justru ini bisa merusak layar HP tanpa kamu sadari.

Bagi kamu yang menggunakan ponsel jangka panjang harus tertarik pada poin pemeliharaan ini, sebenarnya charger lain bisa saja mengisi daya dengan cepat, tetapi berakibat pada penggunaan dan ponsel yang memanas, saat itulah layar mungkin saja tidak bisa disentuh/pasif.

Usia Ponsel

Salah satu faktor penyebab layar ponsel tidak bisa disentuh adalah usia pakai. Jika diperhatikan masa penggunaan hp antara 4-5 tahun setelah itu mereka akan mengalami kendala secara terus-menerus.

Pada smartphone yang sudah melebihi masa pemakaian kamu bisa melihat kerusakan bukan hanya pada layar yang tidak bisa disentuh saja, lebih dahulu handphone akan lelet dan macat disaat membuka situs bahkan aplikasi tertentu.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh

Karena besarnya pengaruh tidak heran mereka yang mengalami masalah ini akan panik dan mencoba beberapa cara untuk memulihkanya. Alih-alih langsung membawa kepada ahli , sebaiknya tangani dahulu dengan beberapa cara dibawah:

  • Muat Ulang Ponsel

Dengan memuat ulang semua operasi ponsel nyatanya bisa memperbaiki layar hp yang tidak memberikan respon.

Beberapa masalah ponsel biasanya selesai menggunakan cara ini, dengan restart handphone kamu mencegah kerusakan serius dalam handphone. Berikut cara restart handphone dengan mudah ;

  1. Silahkan tekan dan tahan tombol power ponsel
  2. Akan muncul beberapa opsi, pilih restart
  3. Ponsel otomatis akan dimuat ulang, silahkan tunggu dan coba operasikan layar kembali.
  • Matikan Ponsel Sementara

Melalui faktor yang menyebabkan layar handphone tidak bisa disentuh, kita mengetahui bahwa waktu pemakaian berpengaruh pada kesehatan touchscreen.

Dengan mematikan ponsel berarti kamu memberikan kesempatan ponsel untuk memulihkan sistem yang salah, seperti layar sentuh yang tidak beroperasi. Dengan kata lain berikan jeda agar sistem beroperasi semestinya, pun gunakan ponsel sesuai dengan waktu yang dianjurkan

  • Bersihkan Screen Protector

Screen protector merupakan sebuah lapisan yang berfungsi melindungi layar LCD, dimana dapat mencegah kerusakan ketika terjatuh dan melindungi layar dari debu dan kotoran.

Sudah jelas jika layar hp tidak bisa disentuh karena adanya kotoran yang mengendap. Lantas apa tindakan yang bisa dilakukan utnuk memberikan perlindungan? segera bersihkan semua debu dan pastikan antigores masih layak pakai.

  • Copot lapisan Anti Gores

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh dengan menanggalkan lapisan antigores yang digunakan. Keadaan dimana layar tidak memberikan respon bisa diakibatkan oleh jenis dan lapisan antigores yang menghalangi.

Antigores yang kamu gunakan tidak mampu melakukan perlindungan karena cacat dan sebagainya, oleh karena itu tanggalkan antigores lama dan coba untuk mengoperasikan layar ponsel sekarang juga.

  • Keringkan Ponsel

Sumber: rukita.co

Apabila ponsel kamu terkena air, mengeringkanya merupakan opsi yang tepat. Dikatakan apabila ponsel yang terkena air melambat dan berujung padam.

Untuk menanganinya silahkan keringakan menggunakan kain berbahan lembut, lalu masukkan hp kedalam kemasan yang memiliki sifat menyerap air. Biasanya mereka melakukan cara ini 7-8 jam lalu hidupkan kembali layar untuk melihat apakah sistem touchscreen sudah kembali seperti semula.

  • Bersihkan Pemakaian RAM

Semakin besar pemakaian RAM semakin lambat respon layar handphone tersebut. Sekarang kamu bisa memeriksa penggunaan RAM dan lakukan pembersihan.

Ponsel pintar akan memaparkan sisa ruang yang tersisa dan dipakai, kamu bisa membersihkanya dengan sekali ketuk sesuai dengan fitur layanan. Jika ada daftar aplikasi yang sekiranya tidak dibutuhkan lagi, hapus pemasangan untuk kemudahan operasi.

  • Gunakan Charger Original

Sejatinya penggunaan jenis charger akan membantu permasalahan layar hp tidak bisa disentuh, tapi banyak dari pengguna berorientasi pada persen baterai bukan pada ketahan pemakaian.

Walaupun terkesan lambat, sebaiknya gunakan charger original yang kamu dapatkan saat pembelian ponsel. Ini membantu sistem tetap terhandle dan menjaga suhu ponsel sehingga tidak panas setelah pengisian baterai.

  • Aktifkan Safe Mode

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh tahap berikutnya dengan mengaktifkan safe mode yang dikenal dengan mode aman.

Apakah safe mode memperbaiki layar hp tidak bisa disentuh? ya, banyaknya aplikasi dari pihak ketiga yang akan membahayakan ponsel, untuk itu dianjurkan untuk mengaktifkan mode aman yang akan mematikan fungsi aplikasi pihak ketiga dan menjalankan menu bawaan ponsel.

Untuk mengaktifkan mode ini sangatlah mudah, tekan dan tahan tombol power lalu pilih mode aman. Setelah itu kamu bisa coba operasikan layar, kembalikan pada mode semula dengan mematikan lalu menghidupkan handphone kembali.

Kesimpulan Tentang Penyebab dan Cara Mengatasi layar HP Tidak Bisa Disentuh

Cara Mengatasi layar HP Tidak Bisa Disentuh
Cara Mengatasi layar HP Tidak Bisa Disentuh

Ada banyak opsi yang bisa digunakan sebagai cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh. Karena itu penting bagi kamu mengetahui penyebab sistem touchscreen handphonemu pasif.

Apabila layar hp tetap memberikan respon, segera kujungi pakar untuk melihat apakah ada kerusakan diluar pokok pembahasan kita. Demikian artikel ini, semoga bermanfaat bagi pembaca sekalian.

 

Back to top button