Tips

6 Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak yang Wajib Anda Ketahui!

Mengetahui apa saja ciri-ciri port charger iPhone rusak dapat membantu anda untuk mengidentifikasi masalah sehingga dapat lebih mudah untuk menemukan solusi atau tindakan perbaikan yang tepat!

Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak

Terdapat sejumlah ciri-ciri port charger iPhone rusak. Berikut beberapa tanda yang perlu anda anda perhatikan:

1. Baterai berkurang saat diisi

Ciri-ciri port charger iPhone rusak yang pertama adalah kondisi baterai yang malah berkurang saat diisi. Ini menandakan komponen port charger telah rusak sehingga tidak bisa berfungsi dengan normal.

2. Kabel Charger mudah terlepas (Lubang konektor longgar)

Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak
Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak/ techwelkin.com

Lubang konektor yang longgar sehingga kabel charger menjadi mudah terlepas juga termasuk sebagai salah satu ciri-ciri yang menandakan port charger iPhone sudah rusak.

Namun, perlu diperhatikan bahwa kabel charger yang mudah terlepas tidak selalu disebabkan karena port charger yang rusak. Akan tetapi bisa juga karena kamu yang memang kurang pas memasukkan charger ke portnya.

Baca Juga :  Arti JKS Transit Center J&T Express : Dimana dan Berapa Lama

3. Pengisian daya yang sangat lambat

Ciri-ciri port charger iPhone rusak yang berikutnya ditandainya dengan pengisian daya yang sangat lambat. Kondisi ini juga biasanya disertai dengan suhu HP yang terasa panas saat sedang di charger.

4. Pengisian baterai terputus-putus

Selanjutnya, ciri-ciri port charger iPhone rusak juga dapat dilihat jika pengisian baterai saat sedang di cas terputus-putus. Apabila kamu merasa bahwa kabel charger telah kamu masukkan dengan benar namun pengisian masih terputus-putus, maka sudah dapat dipastikan bahwa port charger iPhone anda memang rusak!

5. Charger tidak dapat mengisi daya sama sekali

Ciri-ciri port charger iPhone rusak yang terakhir ditandai dengan kondisi charger yang tidak dapat mengisi daya sama sekali. Jika tidak ada respon dari iPhone ketika kabel charger disambungkan, ini bisa menjadi pertanda bahwa port charger tidak dapat berfungsi dengan baik lagi.

Penyebab Port Charger iPhone Rusak

Penyebab Port Charger iPhone Rusak
Penyebab Port Charger iPhone Rusak/ ifixit.com

Setelah mengetahui ciri-ciri port charger iPhone rusak, selanjutnya kami juga akan menjelaskan apa saja yang menyebabkan port charger iPhone rusak. Dengan mengetahui penyebabnya, anda akan lebih terbantu untuk menemukan solusi yang tepat!

1. Penumpukan debu atau kotoran pada port charger

Penyebab yang pertama adalah karena adanya penumpukan debu atau kotoran pada port charger. Kotoran yang menyumbat dapat menutup atau menghalangi penyambungan kabel ke bagian port sehingga pengisian daya tidak dijalankan dengan baik.

2. Lubang konektor Kemasukan air dan lembab

Kerusakan port charger juga dapat disebabkan karena lubang konektor yang kemasukan air. Kondisi apabila port charger kemasukan air, maka dapat menyebabkan korslet saat ada aliran arus. Inilah salah satu yang menyebabkan pengisian daya menjadi terputus-putus saat sedang di charger.

Baca Juga :  7 Alasan Kenapa HP Di Cas Malah Berkurang

3. Pemakaian yang kasar

Penyebab port charger iPhone rusak yang selanjutnya adalah karena pemakaian yang kasar terhadap kabel dan konektor charger.

Jika anda sering mencabut kabel dengan kekerasan atau memasukkan kabel dengan paksa ke port, maka lama-kelamaan dapat menyebabkan kerusakan fatal yang membuat pengisian daya tidak dapat berfungsi dengan baik.

4. Gonta ganti charger

Gonta ganti charger juga dapat menyebabkan bagian port charger menjadi rusak. Untuk menghindari masalah seperti ini, sebaiknya gunakanlah charger bawaan yang sesuai dengan spesifikasi ponsel anda.

5. Kualitas charger yang buruk (Charger tidak kompatibel)

Penggunaan charger palsu atau berkualitas rendah yang tidak memenuhi standar keamanan juga dapat menyebabkan kerusakan pada port iPhone. Oleh karena itu, pastikan kamu menggunakan charger iPhone yang kompatibel dengan ponsel dan benar-benar asli!

6. Terdapat masalah pada sistem perangkat

Penyebab port iPhone rusak yang terakhir adalah karena adanya masalah pada sistem perangkat, misalnya seperti sistem operasi yang sudah kadaluwarsa atau masalah internal perangkat lainnya.

Cara Memperbaiki Port Charger iPhone Rusak

Untuk membantu kamu dalam mengatasi kendala pada port iPhone kamu yang rusak, dibawah ini kami akan memberikan panduan tentang cara memperbaiki port charger iPhone yang rusak. Yuk, silahkan disimak!

1. Bersihkan lubang konektor

Cara Memperbaiki Port Charger iPhone Rusak
Cara Memperbaiki Port Charger iPhone Rusak/ mobilejunction.ca

Langkah pertama, silahkan anda bersihkan terlebih dahulu bagian port atau lubang konektor charger. Gunakan tissu basah dan benda runcing agar bisa membersihkan sela-sela port. Jangan lupa lap kembali menggunakan tissu kering agar port pengisian tidak lembab.

2. Gunakan Charger lain

Coba gunakan charger lain yang sesuai dengan type HP iPhone anda. Ini dapat membantu anda untuk mengetahui kerusakan yang terjadi pada port ponsel, apakah timbul dari kerusakan port itu sendiri atau justru dari charger yang biasa anda gunakan

Baca Juga :  Aplikasi One Mobile OCBC Nisp Tidak bisa Dibuka, Ini 8 Penyebab dan Solusinya

3. Restart iPhone

Cara memperbaiki port charger iPhone rusak yang selanjutnya adalah dengan merestart ponsel. Cobalah mulai ulang perangkat anda. Kadang-kadang langkah sederhana ini mampu mengatasi berbagai permasalahan pada sebuah perangkat.

4. Lakukan Reboot system

Jika dengan restart perangkat, anda tidak dapat berhasil memulihkan kembali fungsi port charger pada ponsel iPhone anda maka cobalah lakukan reboot system (mengembalikan ponsel ke setelan pabrik).

Berikut langkah-langkah mengembalikan iPhone ke setelan pabrik yang dapat kamu ikuti:

  1. Cadangkanlah terlebih dahulu data dan file penting anda ke penyimpanan icloud atau alternatif penyimpanan data yang lain
  2. Buka pengaturan di ponsel iPhone anda
  3. Ketuk menu “umum” Kemudian gulir ke bawah dan ketuk “reset”
  4. Anda akan mendapatkan peringatan “mengatur ulang akan menghapus semua konten dalam perangkat”
  5. Pilih “hapus konten dan pengaturan”
  6. Anda akan diminta untuk memasukkan password perangkat anda (jika diaktifkan)
  7. Selanjutnya klik opsi “hapus iPhone”
  8. Maka proses penghapusan data akan dimulai
  9. Tunggu hingga proses reset iPhone selesai. Setelah itu, perangkat anda akan kembali seperti baru dibeli dan fungsi dari semua komponen juga akan diperbarui!

5. Bawa HP ke Service resmi iPhone

Cara Memperbaiki Port Charger iPhone Rusak
Sumber: foursprint.com/ Cara Memperbaiki Port Charger iPhone Rusak

Apabila semua langkah diatas tidak ada juga yang berhasil, maka alternatif terakhir dan satu-satunya yang dapat anda lakukan adalah membawa HP ke pusat service iPhone.

Kerusakan yang sudah parah, mungkin membutuhkan penggantian port yang baru. Namun perlu diketahui bahwa langkah ini membutuhkan biaya yang besarnya tergantung pada tingkat kerusakan dan kebijakan tempat service.

Kesimpulan

Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak
Ciri-Ciri Port Charger iPhone Rusak

Port charger merupakan bagian komponen yang paling penting agar dapat menggunakan iPhone secara optimal, karena penggunaan ponsel tergantung pada baterai!

Jika baterai bermasalah maka ponsel tidak akan dapat hidup dan digunakan sama sekali. Melalui pengamatan terhadap ciri-ciri port charger iPhone rusak, kini anda bisa menemukan solusi dan menikmati kembali fitur canggih dalam iPhone anda.

Back to top button