Tips

Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis? Berikut Penjelasanya!

Apakah bisa isi token listrik sebelum habis salah satu kebingungan yang kerap dilontarkan pelanggan prabayar PLN. Hal tersebut didasari rasa khawatir sisa token listrik yang tertera di meteran akan hangus jika mereka menambah pulsa.

Memang, layanan listrik prabayar sistem token memudahkan anda mengontrol penggunaan listrik secara langsung. Pelanggan bisa memperkirakan waktu listrik akan habis dan sebaliknya.

Perihal penggunaan listrik memang tidak sedikit pelanggan yang mencari tau apakah bisa isi token listrik sebelum habis? Oleh karena itu, Mocipay akan memberikan jawaban valid dalam pembahasan ini!

Apa Itu Token Listrik?

Token listrik
Token listrik

Listrik salah satu kebutuhan rumah tangga sebagai sumber penerangan, penghasil panas dan gerak. Di Indonesia, kebutuhan listrik dapat penuhi dengan cara membeli token listrik di gerai resmi yang menyediakan token listrik.

PT PLN sebagai penyedia listrik negara menyedia layanan listrik dalam dua layanan, yaitu listrik prabayar dengan pengisian pulsa/token sebelum digunakan dan listrik pascabayar dengan sistem pembayaran bulanan.

Token listrik adalah listrik prabayar berupa 20 digit kode numerik yang harus dimasukkan kedalam meteran untuk menambah daya. Penggunaan token listrik membuat pemakaian token listrik menjadi fleksibel, pelanggan dapat juga mengontrol penggunaanya sendiri.

Nominal Pembelian Token Listrik

Sebelum Mocipay memberikan jawaban terkait apakah bisa isi token listrik sebelum habis, semua pengguna perlu mengetahui nominal pembelian token listrik yang merupakan ketentuan dari PLN.

Token listrik sangat mudah didapatkan secara online maupun onfline. Anda dapat membelinya dalam rentang yang bervariasi, tergantung kebutuhan listrik tempat tinggal anda. Berikut nominal dan jumlah kWh token listrik yang dapat anda beli:

Nominal Jumlah Kwh
20000 13,2 kWh
50000 33,1 kWh
100000 66,2 kWh
250000 132,3 kWh
500000 328,9 kWh
1000000 659,7 kWh

Cara Isi Token Listrik

Cara isi token listrik
Cara isi token listrik

Setelah mengulas lengkap tentang token listrik dan nominal pembelian, anda juga perlu mengetahui cara beli dan memasukkan token listik di meteran rumah anda.

Baca Juga :  Mudah Banget! Ini 4 Cara Melihat Password WiFi Yang Terkunci

Seperti yang sudah Mocipay singgung sebelumnya, pelanggan dapat membeli token listrik di rentang yang bervariasi mulai dari 20 ribu hingga jutaan rupiah. Berikut tahapan isi ulang token listrik yang dapat dilakukan:

  1. Siapkan nomor meteran/ ID pelanggan dan uang tunai sesuai kebutuhan listrik yang ingin dibeli
  2. Cari gerai atau agen terdekat yang menjual token listrik
  3. Berikan nomor meteran atau ID pelanggan anda pada petugas tersebut, sampaikan juga nominal pembelian kebutuhan listrik anda
  4. Tunggu sampai petugas menyelesaikan pembelian token listrik
  5. Jika sudah, petugas akan menyerahkan struk yang berisi ID pelanggan baru, jangan lupa bayar token listrik sesuai nominal tertera
  6. Masukkan ID pelanggan baru ke dalam meteran listrik rumah anda. Secara otomatis token listrik akan bertambah.

Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis?

Apakah bisa isi token listrik sebelum habis masih menjadi topik hangat bagi pelanggan PLN. Memang, hal ini perlu anda pastikan sebelum membeli pulsa baru dan menginputnya di meteran listrik rumah anda.

Apakah bisa isi token listrik sebelum habis
Apakah bisa isi token listrik sebelum habis

Tidak sedikit pengguna token listrik yang menelusuri lebih dalam jawaban apakah bisa isi token listrik sebelum habis. Pertanyaan ini kerap dilontarkan sebagai rasa khawatir token sisa di meteran listrik akan hangus meskipun jumlahnya tidak banyak.

Lantas apakah bisa isi token listrik sebelum habis? Ya, pada prinsipnya jika pelanggan input token baru akan menambah sisa token yang lama. Jadi, tidak ada ketetapan pada nominal berapa pelanggan dapat mengisi token, jika ingin menambah pulsa cukup input kode di meteran listrik rumah anda.

Jadi, terjawab sudah apakah bisa isi token listrik sebelum habis. Sobat Mocipay dapat membeli pulsa dan menambah kWh meteran berdasarkan nominal yang kami tampilkan.

Bacaan menarik untuk anda Cara Setting Alarm Token Listrik Semua Merk Agar Tidak Berisik

Apakah Token Listrik Bisa Hangus?

Meskipun lisrik prabayar sudah banyak digunakan masyarakat umum, pertanyaan seputar token listrik yang hangus masih sering dilontarkan.

Selain menjawab apakah bisa isi token listrik sebelum habis, Mocipay juga akan memaparkan perihal penggunaan listrik. Sama halnya dengan isi pulsa sebelum habis, menunda penginputan 20 kode numerik ke meteran listrik dapat dilakukan.

Jadi, meskipun anda sudah membeli token listrik sehari sebelum perkiraan lisrik habis, anda masih dapat menggunakanya keesokan hari bahkan beberapa hari kedepan. Selama kode token belum pernah dimasukkan ke meteran listrik, nomor token berlaku sampai kapanpun.

Namun untuk mencegah masalah struk token tercecer, sobek dan hilang kami menghimbau anda segera menginputnya. Selain bisa mengisi token listrik sebelum habis, pengguna PLN prabayar bisa mengisi token listrik dua kali sehari.

Baca Juga :  7 Cara Membuat Cover Makalah Yang Menarik

Waktu Pembelian Token Listrik

Setelah mengulas lengkap apakah bisa isi token listrik sebelum habis, anda juga perlu memahami waktu pembelian listrik prabayar.

Menurut berbagai halaman pembelian listrik di berbagai ecommerce, pelanggan tidak dapat melakukan pembelian dan penginputan token listrik pada pukul 23.00-01.00 WIB sebab PLN sedang melakukan rekonsiliasi data dan perbaikan server. Jadi sebaiknya anda melakukan pembelian dan pengisian di luar waktu tersebut.

Pelanggan PLN prabayar harus rutin mengontrol pulsa listrik, agar terhindar dari kendala waktu pembelian token listrik. Anda bisa mengecek sisa token melalui website ataupun meteran listrik tempat tinggal anda.

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan

Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan
Penyebab Token Listrik Gagal Dimasukkan

Token listrik gagal dimasukkan salah satu topik pembahasan yang selalu dicari pengguna dan hal ini erat kaitanya dengan topik apakah bisa isi token listrik sebelum habis. Gagal menginput token listrik ke meteran disebabkan beberapa hal, diantaranya:

Penyebab Deskripsi singkat
Kode token salah Saat memasukkan kode token di meteran, pastikan 20 kode numerik benar. Meteran tidak bisa memproses permintaan jika kode yang dimasukkan salah, silahkan periksa kembali dan sesuaikan dengan kode token.
Instalasi listrik yang salah Instalasi listrik yang salah menyebabkan gagal memasukkan kode token, hal ini membuat listrik di rumah anda tidak bisa dipakai.
Salah memasukkan ID meteran Jika membeli token listrik di gerai resmi PLN mungkin petugas akan mengonfirmasi nomor dan nama pelanggan. Jika membeli pulsa listrik melalui M-banking sendiri beresiko salah memasukkan ID meteran.
Over Limit kWh Pelanggan melebihi batas limit kWh yang ditentukan dalam sebulan, akibatnya token listrik tidak bisa dimasukkan.
Masalah sistem PLN Masalah sistem PLN juga berakibat pada token listrik yang anda masukkan. Anda bisa menunggu sistem diperbaiki atau menghubungi call center PLN di nomor 123.
Masalah pada meteran listrik Jika meteran listrik anda rusak, token tidak akan bisa dimasukkan. Kerusakan meteran listrik dapat dikenali dengan tulisan periksa, blocked dan cancel.

Rekomendasi Aplikasi Pembelian Token Listrik Murah

Membahas lanjut apakah bisa isi token listrik sebelum habis, sobat dapat juga menambah daya listrik dengan harga termurah. Mocipay dan Mitra Top Up adalah aplikasi yang menyediakan token listrik sebagai produk utamanya. Selain listrik, aplikasi ini menyediakan produk digital lainya seperti pulsa, paket internet dan top up game.

Cara Beli Token Listrik di Mocipay

Cara beli token listrik di Mocipay
Cara beli token listrik di Mocipay

Mocipay adalah aplikasi top up game termurah, tempat membayar tagihan dan pembelian produk digital. pembelian produk Mocipay hanya bisa dilakukan dengan sistem saldo melalui menu top up di beranda. Berikut tahapan beli token listrik di Mocipay:

  1. Silahkan donwload dan pasang Mocipay di HP anda
  2. Silahkan daftar dan buat akun anda
  3. Lakukan top up saldo terlebih dahulu
  4. Jika saldo sudah mencukupi pilih menu PLN
  5. Pilih PLN prabayar lalu ketikkan nomor meteran atau ID pelanggan anda
  6. Tahap selanjutnya pilih nominal token listrik yang dibutuhkan, klik beli
  7. Lihat rincian pembelian dan klik beli sekarang
  8. Konfirmasi pembayaran dengan memasukkan PIN Mocipay anda
  9. Tunggu sampai nomor seri token baru muncul, lalu masukkan ke meteran listrik anda.
Baca Juga :  Daftar Harga Tas LV Asli Di Plaza Indonesia Terbaru 2024

Cara Beli Token Listrik di Mitra Top Up

Cara beli token listrik di aplikasi Mitra Top Up
Cara beli token listrik di aplikasi Mitra Top Up

Selain Mocipay, ada juga Mitra Top Up yang menyediakan token listrik sebagai produk utama. Masih sama dengan Mocipay, pembelian dan pembayaran tagihan dilakukan berdasarkan saldo akun. Berikut tahapan beli token listrik di Mitra Top Up:

  1. Download dan pasang Mitra Top Up di ponsel anda
  2. Setelah berhasil membuka akun pergi menu tagihan
  3. Pilih Token PLN, masukkan ID pelanggan atau nomor meteran berikut dengan nomor HP anda
  4. Berikutnya pilih jumlah token listrik yang ingin dibeli
  5. Rincian pembelian akan ditampilkan, mulai dari nominal, harga, ID pelanggan berikut infrmasi nama dan tarif daya.
  6. Klik beli sekarang, masukkan PIN untuk mengonfirmasi pembayaran
  7. Rincian transaksi anda akan ditampilkan
  8. Pergi ke beranda lalu pilih transaksi, disini akan terlihat struk yang berisi SN/Ref yang perlu diketikkan di meteran listrik rumah anda.

Tips Menghemat Penggunaan Listrik

Sebagai kebutuhan yang harus dipenuhi, pelanggan PLN prabayar dan pascabayar memang sering kesulitan mengontrol penggunaan listrik yang membuat tagihan membengkak dan pengisian token yang lebih intens.

Tidak hanya memberi jawaban akurat apakah bisa isi token listrik sebelum habis, silahkan kontrol penggunaan listrik rumah anda dengan tips-tips dibawah:

  • Matikan penggunaan listrik jika tidak dipakai, metode ini akan mengurangi tagihan dan membuat listrik rumah lebih awet. Cabut kabel-kabel yang masih tercolok ke stop kontak setelah dipakai.
  • Gunakan lampu LED karena membutuhkan energi yang lebih sedikit dibandingkan lampu pijar atau CFL.
  • Gunakan barang elektronik energi efisien, ketika mencari peralatan rumah tangga yang membutuhkan listrik sebagai sumber penggerak, fokuskan diri anda pada barang berlabel energi-efisien.
  • Hemat penggunaan AC dan Mesin Cuci. Di pagi hari manfaatkan udara segar untuk memberi kenyamanan. Utamakan mencuci pakaian pada beban penuh untuk menghemat penggunaan listrik.

Akhir Kata

Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis
Apakah Bisa Isi Token Listrik Sebelum Habis?

Kini sudah terjawab apakah bisa isi token listrik sebelum habis, pelanggan prabayar PLN dapat menambah pulsa token jika ingin. Sobat dapat juga mengisi dan menginput token dua atau lebih dalam sehari, cukup pastikan pengisian listrik belum mencapai batas limit kWh.

Semoga ulasan menjawab apakah bisa isi token listrik sebelum habis diatas bermanfaat. Terima kasih.

Back to top button