TutorialTips

4 Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story

Cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story adalah opsi yang dapat dipilih pengguna ketika enggan berbagi cerita terbaru dan menampilkanya dihalaman user lain.

Seperti yang kita ketahui instagram menyediakan fitur sorotan bagi mereka yang ingin mengarsipkan cerita yang dibagikan terlebih dahulu ldan ditampilkan di laman profil. Namun, tak sedikit juga orang yang ingin membuat sorotan tanpa unggah story karena beberapa alasan

Lantas adakah cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story? agar lebih terperinci, mari temukan jawaban setelah tuntas membaca artikel ini!

Sorotan Instagram

Ketika mengunjungi profil instagram seseorang kamu mungkin pernah melihat postingan yang terletak diatas postingan mereka yang disebut sorotan instagram.

Sorotan Instagram
Sorotan Instagram

Secara sederhana sorotan instagram merupakan bagian dari cerita yang sudah kamu bagikan sebelumnya. Sorotan instagram adalah fitur yang dimanfaatkan untuk melihat kembali cerita walaupun waktu pengunggahan telah lebih dari 24 jam.

Sorotan instagram tidak muncul otomatis, pengguna harus mengaturnya terlebih dahulu berdasarkan pengelompokan dan nama yang diinginkan, dengan begitu kamu dapat membagikan sorotan baru yang ditampilkan ketika seseorang mengunjungi akunmu.

Walau demikian, sorotan story memiliki batasan dimana pengguna tidak dapat melihat mereka yang mengunjungi profil dan melihat sorotan. Hal berbeda dengan cerita dimana jumlah penayangan akan terlihat dan terhapus otomatis dalam waktu 24 jam.

Berapa Batas Sorotan di Instagram?

Apakah ada batasan sorotan instagram? tentu saja, adapun batas sorotan di instagram sebanyak 100 foto maupun video, jika sudah mencapai batas sorotan tersebut kamu dapat membuat sorotan cerita tebaru dengan memanfaatkan fitur ”baru” yang ada di laman profil.

Baca Juga :  8+ Cara Memperpendek Link Google Drive Menggunakan Situs Web

Intip juga Cara Menghapus Story Instagram Yang Sudah Lama

Cara Membuat Sorotan di Instagram yang Sudah Ada

Seperti yang kami sampaikan bahwa sorotan instagram dapat dibuat melalui cerita yang kamu bagikan sebelumnya, dimana pengguna harus membuat satu cerita dahulu lalu membagikanya sebagai highlight di profil akun instagram.

Berikut adalah cara membuat sorotan instagram yang sudah ada sebelumnya:

  1. Buka aplikasi instagram pada smartphone kamu
  2. Pastikan sudah membuat satu atau beberapa cerita sebelumnya
  3. Berikutnya klik akun dan temukan tab baru (+)
  4. Klik tab tersebut dan secara otomatis kamu akan diarahkan kedalam cerita-cerita yangs udah dibuat sebelumnya
  5. Tandai foto dan video yang ingin disorot lalu klik selanjutnya
  6. Kamu memasuki ruang untuk mengedit sorotan, beri judul sorotan lalu klik selesai.

Cara membuat sorotan di instagram yang sudah ada cukup mudah bukan? lantas bagaimana cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story? agar lebih terperinci, simak uraian dibawah.

Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story

Belakangan ini sorotan instagram cukup hangat diperbincangkan yang memunculkan asumsi dan pertanyaan cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story terlebih dahulu.

Memang, kebanyakan orang bertanya demikian karena tidak ingin orang lain melihat cerita instagram dan hanya ingin muncul di sorotan saja. Sayangnya, tidak ada cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story yang dimana kamu harus menggunggah story dahulu.

Walau demikian bukan berarti hal ini mustahil dilakukan, sebab kamu masih bisa mengakalinya dengan beberapa cara yakni menyembunyikan cerita dari pengguna lain dan menyorotnya sehingga hal ini disebut sebagai cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story.

1. Private Profil Instagram

Sebelum mempraktikkan cara membuat sorotan instagram tanpa membuat story ubah dahulu pengaturan profil dari akun publik menjadi akun private.

Baca Juga :  10 Cara Login Lazada Tanpa Aplikasi Secara Online
Cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story
Cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story

Hal ini dilakukan agar pengguna lain tidak dapat melihat pembaharuan yang kamu lakukan, maksud dari pengguna lain adalah akun yang tidak mengikuti kamu di instagram akan dibatasi.

Untuk mengubah akun publik menjadi private cukup mudah, lakukan langkah-langkah berikut:

  • Buka instagram dan pergi pada akun kamu
  • Klik garis tiga yang ada di pojok kanan atas halaman dan pilih pengaturan
  • Pada opsi pengaturan klik privasi dan perhatikan akun privat
  • Sekarang ubah pengaturan akun dengan mengaktifkan tanda privat tersebut.

2. Ubah Pengaturan Story

Setelah mengubah akun menjadi private, hal yang harus kamu lakukan sebagai cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story dengan mengubah pengaturan story.

Cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story
Ubah Pengaturan Story

Mengapa demikian? karena tajuk kita adalah cara membuat sorotan instagram tanpa membuat story maka pengguna harus membatasi user lain melihat update yang dilakukan. Berikut cara mengubah pengaturan story dengan mudah:

  1. Pergi ke instagram dan klik akun kamu
  2. Klik ikon garis tiga dan pilih pengaturan
  3. Sekarang klik privasi dan pilih cerita
  4. Disini kamu bisa mengatur privasi story dan sembunyikan dari pengguna lain, tandai teman yang tidak bisa melihat cerita kamu lalu klik selesai.

3. Upload Story

Nah, setelah memastikan bahwa akun sudah diprivate dan mengatur privasi cerita, praktikkan cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story dengan mengunggah foto dan video sebagai story terbaru.

Tentu sobat sudah tahu bagaimana cara menuangkan foto dan video kedalam story instagram, jika sudah nantinya cerita akan disembunyikan dari pengguna yang lain sesuai pengaturan story yang telah dibuat.

4. Tambahkan Story ke Sorotan

Setelah story diterbitkan, tambahkan kedalam sorotan. Untuk menambahkan sorotan kedalam story cukup mudah, pada story klik ikon titik tiga lalu klik sorotan.

Cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story
Tambahkan Story ke Sorotan

Setelah 24 jam story akan hilang dan kamu bisa mengaktifkan kembali pengaturan profil dan akun kamu. Untuk mengaktifkan masih sama, pergi ke pengaturan akun lalu nonaktifkan pengaturan privasi dan story seperti sedia kala.

Baca Juga :  3 Cara Menghapus Chat WA agar Tidak Bisa Dilacak Terbaru 2024

Cara Menghilangkan Judul Sorotan Instagram

Setelah memahami sepenuhnya bagaimana cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story, saat ini Mocipay akan berbagi cara untuk menghilangkan judul sorotan.

Seperti yang kita ketahui foto maupun video sorotan instagram harus memiliki judul, apabila pengguna tidak melampirkan judul maka kumpulan cerita kamu akan dinamai sorotan. Ternyata, ada cara lain menghilangkan judul dan menjadikannya tanpa nama.

Cara menghilangkan judul sorotan instagram
Cara menghilangkan judul sorotan instagram

Untuk menghilangkan judul sorotan pengguna membutuhkan bantuan pihak ketiga untuk membuat teks kosong, berikut caranya:

  1. Buka browser empthycharacter.com lalu gulir kebawah untuk melihat copy to clipboard/ menyalin ke clipboard
  2. Sekarang masuk kedalam aplikasi instagram kamu
  3. Selanjutnya klik profil dan pilih sorotan yang ingin dihilangkan judulnya
  4. Klik tombol titik tiga pada pojok kanan bawah layar dan pilih edit sorotan
  5. Tempel karakter kosong yang sudah disalin pada kolom judul lalu tandai selesai
  6. Sorotan tanpa judul selesai dibuat.

Artikel menarik lainya Cara Menggabungkan Foto dan Video di Story Instagram

Langkah Deskripsi
1. Buka pengaturan story Dari profil Anda, klik ikon tiga garis di pojok kanan atas dan pilih “Pengaturan”. Cari dan pilih “Pengaturan Story”.
2. Sembunyikan story dari pengikut Pilih opsi “Sembunyikan Story Dari” dan kemudian pilih semua pengikut Anda.
3. Buat dan posting story Anda Sekarang, kembali ke beranda dan buat story seperti biasa. Kemudian, posting story tersebut.
4. Tambahkan ke sorotan Setelah memposting, klik di bagian bawah layar pada “Sorotan” untuk menambahkan story Anda ke salah satu sorotan.
5. Hapus pembatasan Kembali ke “Pengaturan Story” dan hapus semua pengikut dari daftar “Sembunyikan Story Dari”.

Kesimpulan

Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story
Cara Membuat Sorotan di Instagram Tanpa Membuat Story

Kini kamu sudah memahami bagaimana cara membuat sorotan di instagram tanpa membuat story terlebih dahulu. Bersamaan dengan itu, kami lampirkan cara menghilangkan judul sorotan instagram agar akunmu lebih aesthetic dan menarik.

Mungkin itu saja informasi tentang sorotan instagram yang dapat Mocipay bagikan, saya ucapkan terimakasih kepada teman yang sudah menyempatkan diri membaca artikel ini dan semoga memberikan manfaat, sekian.

Back to top button