TipsReview

Kenapa Laptop Tidak Bisa Dimatikan? Berikut 7 Penyebab & Solusinya

Pernah mengalami laptop tidak bisa dimatikan? Apakah sebenarnya yang menjadi penyebab kenapa laptop tidak bisa dimatikan? hmm gak usah khawatir ya sobat Mocipay! Karena dalam artikel ini kami akan menampilkan kenapa laptop tidak bisa dimatikan dan bagaimana cara mengatasinya.

Laptop adalah sebuah komputer portabel yang mudah dibawa kemana-mana. Di era teknologi digital seperti sekarang ini laptop merupakan salah satu kebutuhan manusia terutama untuk para pekerja kantoran/ perusahaan, untuk pendidikan, dan lain sebagainya.

Namun seiring dengan pemakaiannya, laptop sering mengalami berbagai masalah salah satunya adalah tidak bisa dimatikan. Hal tentu menjadi sebuah masalah yang meresahkan bagi para penggunanya. Nah, apasih sebetulnya yang alasan dibalik kenapa laptop tidak bisa dimatikan? Simak ulasannya dalam artikel ini!

Cara Mematikan Laptop

Sumber: winpreso.com

Sebelum membahas lebih dalam mengenai “kenapa laptop tidak bisa dimatikan” kami akan menampilkan terlebih dahulu penjelasan terkait cara mematikan laptop.

Ada beberapa cara yang bisa kamu lakukan sebagai cara mematikan laptop dengan mudah. beberapa cara yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Melalui menu Shutdown di Windows

Cara yang pertama adalah cara yang paling umum digunakan oleh para pengguna laptop yaitu melalui menu shutdown di windows. Untuk mematikan laptop dengan menggunakan menu shutdown di windows ada beberapa langkah untuk anda ikuti, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Langkah pertama, klik menu “Start” di bagian pojok kiri bawah layar
  2. Kemudian klik ikon “Power
  3. Selanjutnya pilih opsi “Shutdown” maka laptop anda akan matikan dalam beberapa saat
  • Dengan menekan tombol “Alt + F4”

  1. Pastikan semua aplikasi telah ditutup
  2. Tekan tombol Alt + F4 secara bersamaan pada keyboard laptop anda
  3. Lalu klik drop-down pada menu yang muncul
  4. Setelah itu pilih opsi “Shutdown
  5. Selesai!
  • Kombinasi Windows + X

  1. Sebelum mematikan laptop, pastikan terlebih dahulu tidak ada lagi aplikasi yang berjalan
  2. Lalu tekan secara bersamaan tombol “Windows + X” pada keyboard
  3. Maka akan tampil beberapa opsi
  4. Silahkan pilih dan klik pada opsi “Shudt Down” diikuti dengan menekan tombol “Enter
  5. Dalam beberapa saat laptop akan mati dengan sendirinya
  • Kombinasi tombol Ctrl + Alt + Del

  1. Langkah pertama, sama seperti pada cara lainnya yaitu pastikan terlebih dahulu tidak ada lagi aplikasi yang berjalan
  2. Lalu tekan kombinasi tombol Ctrl+Alt+Del secara bersamaan
  3. Maka akan muncul beberapa pilihan pada tampilan layar laptop anda
  4. Pilihlah pada menu “Shutdown
  5. Lalu tekan “Enter
  6. Maka Laptop anda akan mati secara otomatis
  • Dengan menggunakan Run

  1. Silahkan periksa apakah masih ada aplikasi yang masih sedang berjalan
  2. Lalu tekan tombol “Windows + R” secara bersamaan
  3. Maka jendela “Run” akan tampil
  4. KetikShutdown” pada kolom yang terlihat pada pop up Run
  5. Kemudian tekan “Enter
  6. Laptop akan mati dengan sendirinya
Baca Juga :  Cara Setting Opsi Pengembang Untuk Game Untuk HP Android

Note: Itulah beberapa cara untuk mematikan laptop dengan mudah. Jika laptop anda tidak bisa dimatikan maka anda bisa mencoba 4 cara lainnya yang telah kami tampilkan. Perlu untuk anda ketahui ” Hindarilah mematikan laptop melalui tombol power” Banyak orang yang sepele dan ingin yang instan, mematikan laptop dengan menekan lama pada tombol power. Padahal cara instan ini memiliki dampak yaitu file OS Windows bisa rusak secara perlahan jika dilakukan terus menerus.

Apa yang Terjadi jika Laptop Tidak Bisa Dimatikan?

Salah satu dampak yang paling umum terjadi apabila laptop tidak dimatikan adalah berkurang nya performa dan kualitas baterai laptop anda. Karena laptop yang tidak dimatikan akan mati sendiri ketika baterai nya sudah habis. Kondisi seperti ini apabila berlangsung terus menerus dapat mempengaruhi baterai laptop anda menjadi rusak dan kembung.

kenapa Laptop tidak Bisa Dimatikan

Kenapa Laptop tidak bisa dimatikan
Kenapa Laptop tidak bisa dimatikan

Terdapat beberapa alasan yang menjadi penyebab kenapa laptop tidak bisa dimatikan. Diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Adanya program atau aplikasi yang masih berjalan

Salah satu penyebab yang paling umum dari masalah kenapa laptop tidak bisa dimatikan adalah karena adanya program atau aplikasi yang masih berjalan di latar belakang. Karena itu perlu bagi anda untuk memastikan semua aplikasi sudah tertutup, dengan demikian laptop akan mudah untuk dimatikan.

  • Terdapat masalah pada driver

Driver merupakan perangkat lunak yang memungkinkan laptop anda dapat berkomunikasi dengan baik dengan perangkat keras. Adanya gangguan pada driver juga bisa menyebabkan laptop tidak bisa dimatikan. Driver yang rusak atau tidak terinstal dengan benar dapat menyebabkan kendala pada saat mencoba untuk mematikan laptop.

  • Adanya masalah pada perangkat keras

Masalah seperti ini biasanya terjadi pada laptop yang sudah digunakan dalam jangka waktu yang sudah cukup lama/ umur laptop sudah tua. Pada laptop yang sudah tua, salah satu perangkat keras yang sering bermasalah terdapat pada baterai laptop. Jika baterai rusak atau sudah tidak bisa diisi ulang, dapat menyebabkan laptop menjadi tidak responsif dan tidak bisa dimatikan.

  • Masalah pada sistem operasi

Masalah seperti ini kerap terjadi pada pengguna yang jarang melakukan refresh pada saat menggunakan laptop. Kebiasaan tersebut akan berpengaruh pada sistem operasi yang lama-kelamaan menjadi rusak atau tidak berfungsi sehingga menimbulkan berbagai dampak salah satunya adalah laptop tidak bisa dimatikan.

  • Disebabkan oleh adanya serangan virus atau malware

Kenapa Laptop tidak bisa dimatikan

Penyebab dari kenapa laptop tidak bisa dimatikan yang berikutnya adalah disebabkan oleh adanya virus atau malware. Virus atau malware yang menyebar melalui sistem operasi dapat mengganggu fungsi normal dari laptop yang menyebabkan beberapa masalah salah satunya menjadikan laptop tidak bisa dimatikan. Kondisi ini dapat terjadi apabila virus atau melware sudah merusak sistem operasi atau memblokir proses shutdown pada laptop.

  • Masalah pada BIOS

BIOS adalah perangkat lunak yang terdapat pada motherboard laptop dan berfungsi sebagai komponen laptop yang mengontrol seluruh perangkat keras komputer. BIOS memiliki peranan untuk mengatur input dan output data di sistem operasi. Jika terdapat masalah pada BIOS maka akan menyebabkan laptop menjadi tidak responsif sehingga tidak bisa dimatikan.

Baca Juga :  Lazada Tidak Bisa COD? 10 Cara Mengatasi Akun Lazada Tidak Bisa COD

Cara Mengatasi Laptop Tidak Bisa Dimatikan

Sumber: cdn1.katadata.co.id

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab dari “kenapa laptop tidak bisa dimatikan” pada pembahasan selanjutnya kami akan menunjukkan beberapa “cara mengatasi laptop tidak bisa dimatikan“. Tanpa berlama-lama lagi, langsung saja cek beberapa caranya dibawah ini!

Penyebab Solusi/ Cara Mengatasi
Adanya program atau aplikasi yang masih berjalan Pastikan untuk menutup semua program dan aplikasi sebelum beranjak mematikan laptop anda.
Terdapat masalah pada driver Perbarui semua driver dalam perangkat anda dengan versi terbaru.
Adanya masalah pada perangkat keras Cobalah untuk mencabut baterai laptop anda, dan menekan tombol power selama beberapa detik. Setelah itu pasang kembali baterai laptopnya.
Masalah pada sistem operasi Cara pencehagannya adalah seringlah merefresh laptop saat akan menggunakan. Namun jika laptop anda sudah mengalami masalah tidak bisa dimatikan maka solusinya adalah cobalah untuk merestart laptop terlebih dahulu lalu cobalah untuk mematikannya kembali.
Disebabkan oleh adanya serangan virus atau malware Pastikan untuk menjalankan program antivirus dan memindai laptop anda secara berkala.
Masalah pada BIOS Memperbarui BIOS dengan versi terbaru. Jika tidak memiliki keahlian dalam melakukannya, sebaiknya anda membawa laptop ke teknisi yang berpengalaman untuk menghindari kemungkinan masalah menjadi lebih parah.

Namun Jika semua metode yang telah kami tunjukkan tidak berhasil untuk bisa mematikan laptop kembali, maka solusi terakhirnya adalah Membawa laptop ke bagian teknisi atau tukang servis komputer. Biaya memperbaiki kerusakan pada laptop biasanya bervariasi tergantung dari parahnya kondisi kerusakan pada laptop.

Penutup

Kenapa Laptop Tidak Bisa Dimatikan
Kenapa Laptop Tidak Bisa Dimatikan

Nah itulah beberapa penyebab dari kenapa laptop tidak bisa dimatikan beserta cara memperbaikinya. Mengingat laptop merupakan salah satu benda elektronik yang sangat kita  butuhkan untuk menyelesaikan berbagai pekerjaan, maka akan hal yang sangat menggelisahkan tentunya jika terdapat masalah pada laptop salah satunya masalah terkait laptop tidak bisa dimatikan.

Baca Juga :  5 Solusi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini

Oleh karena itu, semoga dengan kami membuat artikel ini dapat membantu sobat untuk memperbaiki kerusakan pada laptop. Akhir kata kami ucapkan Terimakasih dan selamat mencoba.

Back to top button