Tips

Kenapa Akun IG Tidak Bisa di Private? Ini 5 Penyebab dan Solusinya!

Kenapa Akun IG tidak bisa di private salah satu kendala yang seringkali dicari tau oleh warga Instagram. Mengunci akun sudah menjadi tren terkini di kalangan Instagram agar tidak di lihat oleh publik.

Selain menguntungkan, mengunci akun juga dapat dilakukan dengan mudah. Walau begitu beberapa pengguna tidak berhasil mengunci akun setelah mencoba, lantas mencari tau kenapa akun ig tidak bisa di private.

Ikuti pembahasan ini untuk menemukan berbagai alasan yang mendasari kenapa akun IG tidak bisa di private oleh si pemilik.

Alasan Kenapa Akun IG Tidak Bisa di private

Alasan Kenapa Akun IG Tidak Bisa Di private
Alasan Kenapa Akun IG Tidak Bisa Di private

Instagram sebagai aplikasi sosial media terpopuler hadir memberikan fitur dan kontrol terbaik bagi penggunanya. Seperti mengubah akun menjadi private untuk membatasi konsumsi publik akan konten yang anda bagikan.

Pengguna memiliki kendali penuh terhadap privasi mereka, sehingga mereka dapat mengontrol siapa yang dapat melihat foto, video dan cerita yang dibagikan. Adapun orang lain di luar batas kontrol tersebut hanya dapat melihat pembaharuan setelah disetujui oleh pemilik akun.

Mengingat banyaknya manfaat yang ditawarkan, sangat banyak yang tertarik mengubah akun mereka namun tidak semua bisa melakukanya. Ada dua alasan kenapa Akun IG tidak bisa di private, diantaranya adalah:

1. Menggunakan Akun Bisnis

Penyebab kenapa akun IG tidak bisa di private adalah jenis akun yang dikelola oleh pelanggan. Sudah sejak lama Instagram menetapkan kebijakan yang membatasi akun bisnis agar tidak di atur menjadi pribadi.

Bukan tanpa alasan kenapa akun ini tidak bisa di privasi oleh pengguna, karena sesuai prinsip bisnis yang memanfaatkan Instagram sebagai wadah yang terbuka kepada calon konsumen. Dengan fitur ini, anda mungkin mengelola akun bisnis lebih baik dan sebagai peluang untuk berinteraksi dalam ranah Instagram.

Baca Juga :  Cek Tagihan PDAM Intan Banjar Online Via Aplikasi MOCIPAY

2. Masalah Teknis

Penyebab kenapa akun IG tidak bisa di private yaitu kegagalan teknis dalam memuat permintaan pengguna. Saat instagram mengalami masalah teknis akan banyak  pengguna yang kesulitan untuk mengakses platform tersebut.

Biasanya kendala tersebut seperti  sulit masuk dan mengakses akun, gagal memuat konten, gagal mengirim pesan dan komentar hingga fitur-fitur aplikasi tidak bekerja maksimal.

Itulah kedua alasan kenapa akun IG tidak bisa di private oleh pengguna. Dari kedua penyebab diatas, menggunakan akun bisnis adalah kendala yang paling sering ditemukan. Nah, bagaimana cara mengatasi akun yang tidak bisa di privasi? Simak berikut!

Cara Mengatasi Akun Instagram Tidak Bisa di Private

Setelah mengetahui dua alasan yang menyebabkan kenapa akun IG tidak bisa di private pemilik akun, saatnya kamu mengetahui dua cara untuk mengatasi masalah tersebut.

  • Beralih ke Akun Pribadi

Beralih ke Akun Pribadi
Beralih ke Akun Pribadi

Seperti yang sudah Mocipay jelaskan untuk menjawab kenapa akun IG tidak bisa di private, jenis akun yang dikelola pengguna salah satu penyebab tidak bisa mengubah akun menjadi privasi. Untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat mudah, cukup alihkan akun bisnis menjadi pribadi.

Di bawah ini panduan lengkap untuk mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi Instagram:

  1. Silahkan buka aplikasi Instagram yang akan di ubah ke pemakaian pribadi
  2. Setelah itu pergi ke memu profil akun
  3. Lalu setelahnya klik pengaturan dan privasi
  4. Untuk mengubah akun bisnis menjadi akun pribadi pilih fitur dan kontrol bisnis
  5. Tab pada “ubah jenis akun” dan pilih ke akun pribadi
  6. Konfirmasi ” beralih ke akun pribadi”, setelah itu akun anda berhasil di alihkan.
  • Menunggu Perbaikan

Cara mengatasi akun Instagram tidak bisa di private oleh pengguna karena masalah teknis Instagram ialah menunggu sampai perubahan tersebut selesai dilakukan. Karena Instagram merupakan aplikasi sosial media populer, kebutuhan dan akses pengguna semakin banyak yang terkadang menyebabkan overload server.

Baca Juga :  9 Merk Baja Ringan Terbaik & Berkualitas Tinggi

Meskipun begitu, kamu bisa menunggu sampai proses perbaikan selesai. Biasanya maintenance pada aplikasi-aplikasi besar lebih cepat mengingat kebutuhan dan pelayanan yang sudah maksimal.

  • Menghubungi Pusat Layanan Instagram

Apabila kamu sudah menggunakan Instagram secara pribadi namun akun tetap tidak bisa di private, silahkan hubungi pusat layanan Instagram. Layanan ini akan menginformasikan kendala seputar akun yang kamu kelola, termasuk saat tidak bisa mengubah akun ke privasi.

Ada beberapa cara untuk menghubungi pihak Instagram, silahkan kamu salah satu opsi yang menurut kamu lebih mudah:

  • Nomor telepon: 650-543-4800
  • Email: support@instagram.com
  • Bantuan di menu profil. Profil > tiga garis sejajar > pengaturan dan privasi > bantuan.

Bagaimana Cara Privasi Akun Instagram?

Bagaimana Cara Privasi Akun Instagram?
Bagaimana Cara Privasi Akun Instagram?

Setelah menjawab alasan kenapa akun IG tidak bisa di private, di halaman ini sahabat Mocipay akan menemukan tata cara privasi akun. Apabila akun sudah beralih ke pribadi, maka kamu bisa mengubah pengaturan privasi agar informasi lebih terlindungi, lakukan dengan langkah-langkah berikut.

  1. Buka aplikasi Instagram di ponsel kamu
  2. Pergi ke profil lalu pilih tiga garis sejajar di pojok kanan atas
  3. Lanjutkan memilih “pengaturan dan privasi”
  4. Pada opsi pengaturan dan privasi cari privasi akun
  5. Setelah ketemu, pilih dan aktifkan akun privat seperti pada gambar.

Sama halnya mengubah akun publik menjadi privasi, kamu dapat mengembalikan akun publik dengan langkah-langkah yang sama.

Bacaan menarik untuk kamu Cara Agar Tidak Terlihat Online di Instagram Terbaru 2023

Keuntungan Menggunakan Akun Instagram Private

Melalui halaman ini kamu sudah mengetahui kenapa akun Instagram tidak bisa di private pengguna akun bisnis. Jika tidak ingin akun di lihat oleh publik, alihkan akun menjadi pribadi.

Baca Juga :  9 Cara Mengatasi Akun BRImo Terblokir Tanpa ke Bank

Dengan banyaknya yang mencari tau kenapa akun Instagram tidak bisa di private, tidak sedikit yang penasaran apa saja keuntungan mengatur privasi akun Instagram. Ternyata cukup banyak, lho. Ini beberapa keuntungan mengubah akun menjadi private.

Keuntungan Deskripsi singkat
Privasi akun Mengaktifkan akun privat Instagram berarti mengunci akun dari pengguna yang tidak saling berteman. Dengan begitu, kamu dapat mengontrol siapa saja yang dapat melihat profil dan konten untuk memberikan privasi yang tinggi.
Kontrol pengikut Berbeda dengan akun publik, pada akun privat mewajibkan pengguna untuk mengonfirmasi apabila seseorang ingin mengikuti mereka. Sehingga akun private lebih baik memberikan kendali yang lebih besar, baik menyetujui atau menolak pengikut baru.
Keamanan informasi Alasan ini seringkali digunakan oleh warna Instagram saat mengunci akun mereka. Informasi pribadi akun akan lebih terlindungi, dengan kata lain hanya yang diizinkan yang dapat melihat informasi akun secara lengkap.
Sangat dibutuhkan sebagian besar orang Bagi mereka yang menggunakan Instagram sebagai wadah hiburan, memang lebih tertarik menggunakan akun private. Apapun aktivitas yang kamu lakukan, sedikit banyaknya orang lain tidak akan mengetahui pemilik akun atau yang mengoperasikanya.
Filter komentar Private akun memungkinkan kamu dapat mengontrol siapa saja yang memberikan komentar pada unggahanmu. Dengan begitu, kamu dapat membatasi komentar buruk atau yang tidak ingin terlihat.

Kesimpulan

Kenapa Akun IG Tidak Bisa di Private
Kenapa Akun IG Tidak Bisa di Private?

Kini kamu sudah mengetahui alasan kenapa akun IG tidak bisa di Private, karena memang jenis akun pribadi lah yang bisa menggunakan fitur ini. Ada alasan kenapa instagram tidak mengizinkan pengelolaan privasi pada akun bisnis maupun kreator, salah satunya adalah tujuan akun untuk berbisnis dan berkreasi yang memerlukan interaksi di dalamnya.

Semoga penjelasan di atas bermanfaat bagi sabahat Mocipay, Terima kasih.

Back to top button