Tips

15 Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing Kesayangan Anda

Makanan yang tidak boleh dimakan Anjing – Memelihara hewan peliharaan seperti anjing adalah hal yang menyenangkan. Tapi sebagai dog lovers, apakah kamu sudah tahu tentang makanan yang tidak boleh dimakan anjing?

Tentu saja sangat penting untuk mengetahui makanan yang tidak boleh dimakan anjing agar anjing-anjing peliharaanmu tetap sehat dan terawat dengan baik.

Makanan yang tidak boleh dimakan Anjing

Untuk para Dog Lovers, apakah kamu tahu kalau tidak semua makanan bisa dimakan oleh anjing?

Mungkin kamu senang berbagi makanan yang sama dengan anjingmu. Tapi ada hal penting yang perlu kamu ketahui, yaitu tidak semua makananmu cocok untuk anjingmu juga.

Ada beberapa makanan yang apabila dimakan oleh anjing akan menimbulkan efek yang tidak baik untuk tubuh anjing, seperti merobek tenggorokan, memicu obesitas, menyebabkan muntah, diare, dan sebagainya.

Berikut ini, kami infokan beberapa jenis makanan yang tidak boleh dimakan anjing.

1. Cokelat – Makanan yang tidak boleh dimakan Anjing

Sumber: Pexels

Cokelat merupakan makanan yang tidak boleh dimakan anjing, dan ini bukanlah mitos belaka.

Cokelat mengandung zat beracun yang disebut methylxanthines, yang bisa menghentikan proses metabolisme anjing. Sedikit saja cokelat, terutama cokelat hitam, masuk ke tubuh anjing, maka dapat menyebabkan diare dan muntah.

Bahkan jumlah yang besar dapat menyebabkan kejang, fungsi jantung tidak teratur, hingga kematian.

Jangan menempatkan cokelat di lokasi yang dapat diakses oleh anjing. Jika anjing kamu terlanjur menelan cokelat secara tidak sengaja, hubungi dokter hewan sesegera mungkin.

Baca Juga :  7 Cara Mengobati Anjing Keracunan Dengan Cepat

2. Keju

Sumber: Pexels

Hal ini berkaitan dengan anjing yang intoleran terhadap laktosa. Sebagian besar anjing mengalami intoleransi laktosa.

Anjing masih bisa makan keju dalam jumlah kecil hingga sedang. Banyak jenis keju yang tinggi lemak, jadi pilihlah keju rendah lemak seperti keju cottage atau mozzarella.

Baca juga: Cara Membuat Makanan Anjing Dari Nasi

3. Kacang Mete

Makanan yang tidak boleh dimakan Anjing
Sumber: Pexels

Mengapa kacang mete menjadi makanan yang tidak boleh dimakan anjing?

Kacang mete baik-baik saja untuk anjing, tetapi sebaiknya dibatasi saja hanya sedikit pada satu waktu, dan jangan diberi garam.

Kacang mete menjadi makanan yang tidak boleh dimakan anjing karena mengandung kalsium, magnesium, antioksidan, dan protein. Terlalu banyak makan kacang mete dapat menyebabkan penambahan berat badan dan kondisi tertentu terkait lemak lainnya.

4. Almond

Sumber: Pexels

Kacang almond menjadi makanan yang tidak boleh dimakan anjing karena dapat menyumbat kerongkongan atau bahkan merobek batang tenggorokan anjing jika tidak dikunyah sepenuhnya.

Bahkan almond asin sangat berbahaya karena dapat meningkatkan retensi air, yang berpotensi fatal bagi anjing yang rentan terhadap penyakit jantung.

5. Kayu Manis

Sumber: Pexels

Meskipun kayu manis sebenarnya tidak beracun bagi anjing, tapi lebih baik menghindarinya.

Kayu manis dan minyaknya dapat mengiritasi bagian dalam mulut anjing, membuatnya tidak nyaman dan sakit. Kayu manis dapat menurunkan gula darah anjing terlalu banyak dan dapat menyebabkan diare, muntah, peningkatan atau penurunan detak jantung, dan bahkan penyakit hati. Jika mereka menghirupnya dalam bentuk bubuk, kayu manis dapat menyebabkan kesulitan bernapas, batuk, dan tersedak.

Jika anjing mengalami muntah, begini cara mengobati anjing muntah. 

6. Bawang Putih

Sumber: Pexels

Makanan yang tidak boleh dimakan anjing sslanjutnya adalah bawang putih. Bawang putih dapat menyebabkan anemia pada anjing, menyebabkan efek samping seperti gusi pucat, peningkatan detak jantung, kelemahan, dan kolaps.

Keracunan dari bawang putih dan bawang bombay mungkin memiliki gejala yang tertunda, jadi jika kamu mencurigai anjingmu telah memakannya, awasi dia selama beberapa hari, tidak hanya setelah dikonsumsi.

Baca Juga :  Kode Penukaran Higgs Domino Hari Ini September 2022

7. Eskrim

Sumber: Pexels

Makanan yang menyegarkan seperti es krim, mengandung banyak gula, jadi sebaiknya jangan berbagi dengan anjing Anda. Juga, beberapa anjing memiliki intoleransi terhadap laktosa.

Untuk menghindari susu sama sekali, bekukan potongan stroberi, raspberry, apel, dan nanas untuk diberikan kepada anjing sebagai suguhan es yang manis.

Baca juga: Minuman Terfavorit Di Dunia

8. Kacang Macadamia

Sumber: Pexels

Ini adalah makanan paling beracun untuk anjing. Kacang macadamia, bagian dari keluarga Protaceae, dapat menyebabkan muntah, peningkatan suhu tubuh, ketidakmampuan berjalan, dan kelesuan. Lebih buruk lagi, mereka dapat mempengaruhi sistem saraf. Jangan pernah memberi kacang macadamia pada anjing Anda.

9. Alpukat

Makanan yang tidak boleh dimakan Anjing
Sumber: Pexels

Tanaman alpukat mengandung zat bernama persin yang terdapat pada daun, buah dan bijinya dan dapat menyebabkan muntah dan diare pada anjing.

Alpukat mungkin bagus untuk hampir semua hal, tetapi tidak bagus untuk makanan anjing Anda.

Baca juga: Cara menghilangkan kutu anjing

10. Anggur

Sumber: Pexels

Makan buah yang tampaknya tidak berbahaya ini (baik dalam bentuk segar maupun kering), ternyata dapat menyebabkan gagal ginjal pada anjing. Astaga!

11. Kafein

Sumber: Pexels

Kafein mengandung stimulan yang beracun bagi anjing. Meskipun Anda dapat menikmati secangkir kopi pagi, anjing Anda harus tetap menggunakan air yang sudah terbukti benar. Jangan memberi makanan yang tidak boleh dimakan anjing pada anjing kesayangan Anda.

12. Jagung Rebus

Makanan yang tidak boleh dimakan Anjing
Sumber: Pexels

Ternyata jagung rebus berpotensi fatal jika dimakan oleh anjing Anda. Meskipun biji jagung bisa dicerna oleh anjing, tongkolnya dapat menyebabkan penyumbatan pada usus anjing Anda.

13. Pemanis Buatan

Makanan manis yang kita konsumsi seringkali di campur dengan pemanis buatan yang disebut Xylitol yang menyebabkan pelepasan insulin dalam tubuh kita. Namun, jika anjing Anda mencerna salah satu makanan manis ini, mereka dapat mengalami hypoglycemia yang terkait dengan gagal hati dan gangguan pembekuan darah. So, lebih teliti lagi ya, guys.

Baca juga: Cara mengobati anjing keracunan

14. Alkohol

Sumber: Pexels

Alkohol berdampak besar pada anjing bahkan dalam dosis kecil. Minuman tersebut tidak hanya menyebabkan keracunan seperti yang terjadi pada manusia, tetapi juga dapat menyebabkan penyakit, diare, dan bahkan kerusakan sistem saraf pusat.

Baca Juga :  11 Daftar Menu Masakan Sehari-hari Yang Sederhana Dalam Seminggu

15. Tulang yang dimasak

Memberi anjing Anda tulang mentah untuk di kunyah memang bagus, tetapi hindari tulang yang dimasak dengan cara apa pun. Ini dapat dengan mudah pecah dan dalam jumlah banyak menyebabkan sembelit atau paling buruk, perforasi usus yang bisa berakibat fatal.

Itulah 15 makanan yang tidak boleh dimakan anjing.

Baca juga: Cara merawat anak anjing tanpa induk

Hal Lain yang Perlu diperhatikan ketika memelihara Anjing

• Lakukan perawatan dasar terhadap anjing seperti mengajak olahraga, melatih, menyediakan tempat tidur yang layak, memberi air yang cukup, menjauhkan dari anak-anak, dll.

• Kebiri anjing anda. Mengebiri anjing tidak hanya mencegah kotoran yang tidak diinginkan tetapi juga dapat mencegah tumor dan masalah kesehatan lainnya.

• Vaksinasi anjing anda. Anjing harus mendapatkan vaksinasi tahunan dan pengobatan cacing dan kutu secara teratur.

• Biasakan bersosialisasi. Ingat, anjing Anda juga membutuhkan kehidupan sosial.

• Kendalikan anjing anda. Awasi anjing Anda setiap saat karena anjing dapat dengan mudah dikejutkan oleh kebisingan dan melakukan hal tak terduga.

Kesimpulan

Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing
Makanan yang Tidak Boleh Dimakan Anjing
Makanan Lainnya yang Tidak Boleh Diberikan kepada Anjing deskripsi
Cokelat Mengandung zat theobromin yang beracun bagi anjing dan dapat menyebabkan masalah jantung, kejang, dan bahkan kematian.
Anggur dan Kismis Dapat menyebabkan kerusakan ginjal pada anjing.
Bawang dan Bawang Putih Mengandung senyawa yang dapat merusak sel darah merah anjing dan menyebabkan anemia.
Alkohol Bahaya bagi sistem saraf anjing dan dapat menyebabkan keracunan fatal.
Makanan Berlemak Tinggi Terlalu banyak lemak dapat menyebabkan masalah pencernaan dan obesitas pada anjing.
Tulang Ayam atau Ikan Kecil Tulang kecil dapat retak dan menyebabkan cedera pada saluran pencernaan anjing.
Makanan Manis dan Kue Kandungan gula dan bahan kimia dalam kue tidak aman bagi anjing.
Susu dan Produk Susu Kebanyakan anjing tidak dapat mencerna laktosa, yang dapat menyebabkan gangguan pencernaan.
Kafein Seperti kopi dan minuman berkafein lainnya, dapat berdampak negatif pada sistem saraf anjing.
Xylitol (Pemanis Buatan) Ditemukan dalam banyak permen karet dan makanan manis, dapat menyebabkan peningkatan insulin dan keracunan pada anjing.

Demikianlah 15 makanan yang tidak boleh dimakan anjing agar anjing Anda terhindar dari berbagai penyakit berbahaya.

Rujukan: People Foods Dogs Can and Can’t Eat

Back to top button