Tutorial

Cara Daftar Shopee Food Driver 2024, Cek Syaratnya Disini Terbaru

Apakah kamu sedang mencari peluang untuk menambah penghasilan dengan fleksibel waktu kerja? Cara Daftar Shopee Food Driver merupakan penting yang wajib diketahui.

Karena dengan mengetahui cara daftar shopee food driver akan memudahkan kamu untuk melengkapi formulir pendaftaran online dan menyiapkan dokumen yang diperlukan.

Nah, berikut ini akan Mocipay rangkum langkah demi langkah terkait proses pendaftarannya lengkap dengan tips nya pada artikel ini, langsung saja yuk simak penjelasan ini sampai selesai ya!

Syarat Daftar Shopee Food Driver

Nah, Shopee juga memberikan syarat pada setiap pengguna yang ingin mendaftarkan Shopee Food Driver. Adapun beberapa syarat dan dokumen yang harus dipenuhi, meliputi :

  • Usia minimal 17 tahun dan maksimal 65 tahun.
  • Email aktif dan nomor ponsel aktif
  • Kartu keluarga (KK).
  • Memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) yang masih aktif.
  • SIM C yang masih berlaku.
  • Memiliki STNK dengan tahun pembuatan kendaraan 2014.
  • SKCK atau Surat Keterangan Catatan Kepolisian, jika tidak memiliki bisa dilengkapi setelah pendaftaran.
  • Bukut Tabungan Bank (BNI/BRI/BCA/Mandiri/Seabank) yang memiliki nama pemilik rekening yang sama dengan KTP terdaftar.

Cara Daftar Shopee Food Driver 2024

Cara Daftar Shopee Food Driver 2024
Cara Daftar Shopee Food Driver 2024

Nah, apabila syarat diatas dapat dipenuhi maka cara daftar Shopee Food Driver dapat dilakukan dengan mudah. Agar permintaan pendaftaran segera di ACC, pastikan formulir yang diberikan dilengkapi dengan benar.

Selain itu, kamu juga harus memahami Kode Etik Mitra ShopeeFood Driver yang berlaku selama melakukan pekerjaan tersebut. Berikut cara daftar Shopee Food Driver :

Upload Foto KTP
Upload Foto KTP
  • Jika semua ketentuan Kode Etik Mitra Pengemudi ShopeeFood dapat dipenuhi, centang kolom Setuju Lalu klik Kirim.
Centang kolom Setuju Lalu klik Kirim. 
Centang kolom Setuju Lalu klik Kirim.
  • Tunggu beberapa saat tim Shopee akan melakukan pengecekan.
  • Setelah disetujui, kunjungi kantor Shopee sesuai domisili dengan membawa semua dokumen pendaftaran yang dilakukan secara online. Pastikan dokumen yang disertakan adalah asli dan tidak mengalami kerusakan.
  • Kamu akan diminta untuk download aplikasi ShopeeFood Driver dan melakukan aktivasi melalui alamat email kamu.
  • Tunggu hingga aktivasi akun dari tim Shopee selesai.
  • Cara Daftar Shopee Food Driver berhasil dilakukan dan akun telah diaktifkan.
Baca Juga :  5 Cara Menyembunyikan Aplikasi Di HP Realme Semua Tipe

Cara Menggunakan Aplikasi Shopee Food Driver

Jika cara daftar Shopee Food Driver sudah di aktivasi dan akun sudah bisa digunakan, maka mitra pengemudi sudah bisa menerima pesanan dari customer melalui aplikasi tersedia. Untuk menggunakan aplikasi Shopee Food Driver, ikuti langkah-langkah dibawah ini :

  • Langkah pertama, silahkan klik “Log In” pada aplikasi Shopee Food Driver.
  • Masukkan nomor ponsel yang telah terdaftar sebagai mitra pengemudi.
  • Lalu klik Berikutnya.
  • Isi kode keamanan untuk melanjutkan dan pilih OK.
  • Jika kode keamanan tidak terbaca, silahkan klik Muat Ulang.
  • Setelah berhasil, kamu akan menerima kode verifikasi (OTP) melalu SMS.
  • Masukkan kode OTP tersebut dan klik Berikutnya.
  • Aplikasi Shopee Food Driver dapat digunakan untuk menerima pesanan dari customer.

Berapa Lama Aktivasi Akun Shopee Food Driver?

Jadi setelah melalui semua proses cara daftar Shopee Food Driver diatas, akun tidak akan langsung aktif karena tim Shopee harus melakukan aktivasi akun terlebih dahulu.

Dikutip dari laman resmi Shopee. bahwa proses aktivasi akun ini membutuhkan waktu 3-5 hari kerja setelah kamu melengkapi semua persyaratan dokumen pendaftaran.

Tim Shopee akan mengirimkan notifikasi ke email atau nomor handphone terkait yang telah dilengkapi pada formulir pendaftaran sebelumnya. Jika aktivasi berhasil, kamu bisa mengunjungi kantor cabang Shopee untuk mengambil perlengkapan atribut driver.

Biaya Daftar Driver Shopee Food

Untuk pendaftaran menjadi driver Shopee Food gratis, namun untuk mendapatkan atribut seperti jaket, helm, tas delivery, dan masker kamu harus membayarnya. Biaya atribut ini sebenar Rp500 ribu.

Tetapi Shopee memberikan layanan kredit kepada driver baru, dimana kamu hanya perlu membayar Rp150 ribu diawal dan sisanya dapat dicicl sebanyak 50 kali dengan harga 7 ribu per hari.

Jika proses pembayaran telah dilunasi, seluruh atribut akan menjadi hak milik mitra pengemudi sepenuhnya. Akun mitra pengemudi ShopeeFood juga akan diaktivasi maksimal tiga hari kerja dari waktu pengambilan atribut.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Touchscreen Tidak Berfungsi Sebagian

Berapa Gaji Shopee Food Driver?

Jadi gaji driver Shopee Food ini tergantung berapa total tarif yang diterima oleh pengemudi ditambah dengan intensif yang diberikan.

Oleh karena itu, semakin banyak pesanan dari pelanggan dan durasi kerja dijalan oleh pengemudi, maka semakin besar peluang untuk mendapatkan tarif yang lebih besar.

Meskipun beberapa pengemudi Shopee Food bisa meraup pendapatan sebesar Rp100 ribu dalam sehari, namun hanya sedikit di antara nya mereka yang berhasil mencapai diangka Rp200 ribu per hari.

Penyebab Pendaftaran Shopee Food Driver Ditolak

Meski sudah melakukan cara daftar Shopee Food Driver dengan benar dan memenuhi syarat yang diberikan, tidak menutup kemungkinan pendaftaran kamu ditolak oleh tim Shopee. Jika pendaftaran ditolak, itu berarti ada masalah yang terjadi dan harus diatasi.

Adapun beberapa faktor penyebab mengapa pendaftaran Shopee Food Driver ditolak, yaitu sebagai berikut.

  • Pada saat proses pendaftaraan online calon mitra tidak memberikan data yang benar, seperti alamat, nomor ponsel, dan usia yang membuat perbedaan ketika tim Shopee melakukan validasi ulang data yang telah dimasukkan.
  • Syarat tidak lengkap atau data SKC, pemilik rekening, tidak sesuai dengan data yang ada pada KTP.
  • Adanya masalah sistem sehingga tidak dapat mengakses beberapa data yang dimasukkan oleh calon mitra untuk sementara. Akibatnya, banyak calon mitra yang tidak menerima panggilan dari Shopee Food.

Cara Mengatasi Tidak Menerima Panggilan Registrasi ShopeeFood

Sebagai calon mitra yang ingin bergabung ke layanan ini tentu merasa bingung akibat tidak adanya panggilan registrasi dari tim Shopee untuk melakukan wawancara. Jika hal ini terjadi pada kamu, ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, :

Menghubungi Call Center Shopee Food

Menghubungi Call Center Shopee Food di 1500 adalah metode pertama yang bisa kamu coba apabila tidak menerima panggilan registrasi. Setelah terhubung ke tim Shopee, kamu bisa sampaikan masalah yang dialami, yaitu tidak menerima panggilan registrasi dan sampaikan sudah brapa lama waktu saat mendaftar.

Biasanya tim akan melakukan pemeriksaan terlebih dahulu untuk memvalidasi kembali apakah benar kamu sudah melakukan pendaftaran dan belum merima panggilan wawancara.

Setelah itu, tim akan memberikan solusi atau meminta kamu untuk menunggu beberapa hari agar tim melakukan pemeriksaan ulang.

Baca Juga :  4 Cara Menggunakan Kuota Lokal Telkomsel Di Daerah Lain

Mengunjungi Kantor Layanan Shopee Food

Jika ingin menanyakan tim Shopee Food secara langsung, calon mitra bisa mengunjungi food service office Shopee di kota masing-masing. Namun sebelum mengunjungi kantor Shopee Food, silahkan pantau jam kerjanya agar informasi yang ingin ditanyakan tidak tertunda dan teratasi.

Keuntungan Daftar Shopee Food Driver

Keuntungan Daftar Shopee Food Driver 
Keuntungan Daftar Shopee Food Driver

Beragam keuntungan yang akan diterima ketika kamu bergabung menjadi mitra pengemudi di Shopee Food, salah satunya adalah untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Adapun keuntungan lain dari cara daftar Shopee Food driver, yaitu :

  • Fleksibel Waktu – Mitra pengemudi dapat memilih jam kerja sendiri yang memungkinkan untuk bekerja sesuai jadwal pribadi. Ini sangat ideal bagi orang-orang yang sedang mencari pekerjaan sampingan atau yang memiliki komitmen lain.
  • Penghasilan Tambahan – Sebagai driver Shopee Food, kamu memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang cukup signifikan, tergantung pada jumlah pesanaan yang diantar.
  • Intensif Menarik – ShopeeFood sering menawarkan berbagai intensif dan bonus bagi driver, terutama selama jam sibuk atau si event khusus yang dapat meningkatkan total penghasilan dari sebelumnya.
  • Peluang Kerja Luas – ShopeeFood adlaah salah satu platform pengantaran makanan yang sedang berkembang, sehingga terdapat banyak peluang untuk menerima pesanan di berbagai area.
  • Pembayaran Cepat – Proses pembayaran untuk driver biasanya lebih cepat dan efisien, sehingga memungkinkan untuk mitra pengemudi mendapatkan uang yang telah dihasilkan dalam waktu yang relatif singkat.

Tips Berhasil Daftar Shopee Food Driver

Agar cara daftar Shopee Food Driver tidak sia-sia dilakukan dan tim Shopee segera melakukan verifikasi data, kamu bisa simak tips dan trik berhasil daftar ShopeeFood Driver dibawah ini.

  •  Pastikan kamu memenuhi semua syarat yang ditetapkan oleh Shopee Food, seperti batas usia, KTP yang masih berlaku, SIM C, dan memiliki Buku Tabungan kepemilikian pribadi.
  • Siapkan dokumen yang diperlukan, mulai dari KTP, SIM, SKCK, dan Kartu Keluarga (KK).
  • Pastikan memenuhi Kode Etik Mitra Pengemudi ShopeeFood.
  • Lakukan verifikasi ulang ke kantor cabang Shopee yang ada di kota masing-masing.
  • Aktifkan akun Shopee Food kamu agar bisa menerima pesanan dan pastikan memahami cara menggunakan aplikasi untuk mengambil dan mengantarkan pesanan secara efisien.
  • Pahami wilayah operasional agar lebih membantu dalam mengantarkan pesanan dengan lebih cepat.

Artikel Menarik Lainnya : 4 Cara Mengganti Nomor Akun Shopee Yang Sudah Tidak Aktif

Kesimpulan

Cara Daftar Shopee Food Driver
Cara Daftar Shopee Food Driver

Jadi cara daftar Shopee Food Driver ini dilakukan melalui beberapa tahan, yakni secara online dan dengan mengunjungi kantor cabang Shopee secara langsung untuk melakukan proses registrasi. Metode ini berhasil dilakukan apabila calon mitra telah menerima panggilan registrasi Shopee Food.

Apabila tidak menerima panggilan registrasi lebih dari waktu yang telah ditentukan, kamu bisa menghubungi tim Shopee Food atau mengunjungi food service office Shopee untuk meminta keterangan terkait cara daftar Shopee Food driver yang telah dilakukan.

Selamat Mencoba!

Back to top button