Tutorial

8 Cara Mengatasi Indihome LOS Merah Tanpa Bantuan Teknisi

Mengetahui beberapa faktor penyebab dan tips cara mengatasi Indihome LOS merah, sangat penting untuk diketahui bagi para pengguna layanan Indihome tersebut.

Pasalnya ketika terjadi permasalahan modem Indihome LOS berwarna merah, biasanya hal ini akan menyebabkan gangguan internet dan menjadikan aktivitas harian menjadi terganggu. Oleh karena itulah, di ulasan kali ini akan kita ulas secara detail mengenai beberapa faktor penyebab dan tips mudah dalam mengatasi permasalahan Indihome LOS merah.

Faktor Penyebab WiFi Indihome LOS Merah

Ketika mendengar nama Indihome, pasti kebanyakan dari kalangan masyarakat termasuk Anda sendiri tentunya sudah tidak asing lagi dengan salah satu layanan internet populer di Indonesia satu ini, bukan? Ya, Indihome merupakan salah satu penyedia layanan internet yang berasal dari Telkom yang banyak digunakan oleh sebagian besar pengguna internet di Indonesia.

Sebelum kita mengulas mengenai faktor penyebab dan cara mengatasi Indihome LOS merah, ada baiknya Anda mengetahui sedikit mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan internet Indihome berikut ini.

Kelebihan Layanan Internet Indihome Kekurangan Layanan Internet Indihome
Menawarkan akses internet yang cepat dan stabil. Harga provider Indihome dinilai cukup mahal dibandingkan provider internet lain.
Provider Indihome menyediakan kuota unlimited bagi para pengguna. Penggunaan provider Indihome tidak bisa dibawa kemana-mana.
Layanan internet Indihome tidak mengenal mengenai buffering, sehingga nyaman digunakan pengguna. Jaringan internet Indihome sering kali mengalami kendala jika cuaca sedang tidak baik.
Hadir dengan memberikan layanan customer service terbaik.
Sudah didukung dengan penggunaan modem yang serbaguna.

Jika tadi Anda sudah mengenal mengenai kelebihan dan kekurangan dari layanan internet Indihome, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai beberapa faktor yang menyebabkan layanan Indihome LOS berwarna merah.

Pada dasarnya, masalah Indihome LOS berwarna merah sendiri disebabkan karena gangguan pada penggunaan modem itu sendiri. Agar Anda lebih jelas, maka berikut ini ada beberapa hal yang menjadi pemicu terjadinya permasalahan pada Indihome LOS berwarna merah.

  • Kabel Indihome yang putus.
  • Adanya gangguan secara massal pada layanan Indihome.
  • Sedang ada proses maintenance dari provider Indihome.
  • Masalah redaman kabel yang tinggi.
  • Gangguan pada modem yang digunakan pengguna.
  • Faktor cuaca yang sedang tidak baik.
  • Masalah kabel yang longgar.
Baca Juga :  Cara Cepat Menaikkan Level Higgs Domino Dalam 3 Menit

Cara Mengatasi Indihome LOS Merah

Cara Mengatasi Indihome LOS Merah
Cara Mengatasi Indihome LOS Merah

Dari beberapa faktor penyebab terjadinya masalah Indihome LOS berwarna merah di atas, tentunya dibutuhkan perbaikan sesegera mungkin agar koneksi internet bisa berjalan dengan lancar. Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, bagaimanakah cara mengatasi Indihome LOS merah yang mudah dilakukan bagi para pengguna layanan internet Indihome? Untuk Anda di rumah yang ingin tahu cara mengatasi permasalahan tersebut, maka bisa menyimak penjelasan lengkapnya di bawah ini.

1. Lakukan Pengecekan Pada Kabel Indihome

Tips cara mengatasi Indihome LOS merah yang perlu Anda lakukan pertama kali, yakni dengan melakukan pengecekan pada bagian kabel Indihome itu sendiri. Dalam hal ini, Anda bisa mengecek apakah kabel Indihome tersebut mengalami kerusakan atau justru putus karena kondisi tertentu.

Jika Anda mendapati kabel Indihome mengalami kondisi yang terputus, maka bisa segera menghubungi pihak teknisi Indihome untuk mengganti kabel tersebut. Dengan mengganti kabel Indihome yang terputus, maka gangguan internet bisa diatasi dengan sesegera mungkin.

Perlu Anda ketahui, bahwa kondisi kabel Indihome yang terputus satu ini biasanya disebabkan karena beberapa hal seperti kondisi cuaca yang ekstrem, digigit tikus dan lain sebagainya.

2. Cara Mengatasi Indihome LOS Merah dengan Mereset Pengaturan Modem

Mereset pengaturan modem, juga termasuk tips cara mengatasi Indihome LOS merah lain yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan Indihome LOS merah. Cara ini, umumnya memang selalu disarankan oleh pihak provider Indihome jika terjadi kendala jaringan internet yang dialami oleh para pengguna layanan Indihome.

Bahkan menurut pengalaman dari banyaknya pengguna yang sudah mempraktikkan sendiri di rumah, mereset pengaturan modem terbukti ampuh dan sering berhasil. Oleh karena itulah, jika Anda mendapati permasalahan Indihome LOS merah, tidak ada salahnya menerapkan cara mereset pengaturan modem satu ini, agar modem bisa kembali berjalan dengan normal.

Dalam mereset modem Indihome sendiri, biasanya ada dua cara yang bisa Anda lakukan, yakni melalui lubang reset modem ataupun lewat pengaturan modem. Dari kedua cara tersebut, Anda bisa memilih salah satunya yang dinilai paling mudah untuk di praktikkan sendiri di rumah.

3. Melepas Kabel Patch Cord

Melepas Kabel Patch Cord
Melepas Kabel Patch Cord

Cara mengatasi Indihome LOS merah yang juga tidak kalah penting untuk Anda lakukan, yakni dengan melepas bagian kabel patch cord yang umumnya terpasang di modem Indihome. Sebagai informasi penting bagi pengguna provider Indihome yang masih baru, kabel patch cord ini biasanya berwarna kuning dengan kepala konektor nya berwarna biru.

Baca Juga :  6 Cara Mengatasi Jaringan Tri Gangguan Hari Ini

Penggunaan kabel ini, umumnya berguna sebagai salah satu mode pengaturan rute koneksi dari perangkat modem Indihome. Nantinya Anda bisa mengamati sendiri, bahwa di setiap modem Indihome biasanya memiliki kabel dengan kegunaan masing-masing.

Ketika Anda menerapkan cara mengatasi permasalahan provider Indihome LOS merah ini, pastikan kabel ini juga tidak mengalami permasalahan atau bahkan kerusakan. Jika kabel tersebut mengalami permasalahan atau kerusakan, sebaiknya Anda  langsung menghubungi pihak teknisi untuk segera memperbaikinya.

4. Cek Redaman Kabel Modem Indihome

Cek Redaman Kabel Modem Indihome
Cek Redaman Kabel Modem Indihome

Perlu Anda ketahui, bahwa pada provider Indihome biasanya memiliki yang namanya redaman kabel, yang mana jika tidak sesuai akan membuat kualitas sinyal menjadi menurun hingga menyebabkan terjadinya LOS merah. Oleh karena itulah, untuk tips cara mengatasi Indihome LOS merah selanjutnya bisa Anda lakukan dengan mengecek redaman kabel modem tersebut.

Dalam proses pengecekan redaman kabel modem ini, Anda bisa menggunakan alat khusus bernama Optical Power Meter. Akan tetapi jika Anda tidak memiliki alat tersebut, maka bisa melihat nilai redaman kabel modem di halaman login Admin Indihome.

Setelah itu, Anda tinggal pilih tab “Status” dan klik bagian “Optical Information”, dan nilai redaman kabel modem akan langsung muncul di bagian kolom “RX Optical Power”. Apabila nilai redaman kabel model Anda sebesar -27 ke atas, maka segera menghubungi pihak call center Indihome untuk dilakukan perbaikan.

Baca Juga: 12+ Gambar Iklan Produk Minuman Yang Mudah Digambar

5. Setting Modem Indihome ke Mode Default

Berikutnya Anda juga bisa menerapkan cara mengatasi Indihome LOS merah, dengan melakukan setting modem Indihome ke mode default. Untuk melakukan pengaturan pada modem Indihome ke modem default ini, Anda bisa mengikuti beberapa langkah di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan Anda buka situs browser yang terpasang di perangkat ponsel, PC ataupun laptop yang Anda miliki.
  • Jika sudah, maka Anda tinggal mengakses alamat IP sesuai dengan merek modem yang dimiliki. Sebagai contoh merek modem disini, yakni 192.168.1.1.
  • Selanjutnya, Anda tinggal masukkan saja username dan password untuk melakukan proses
  • Nantinya di bagian halaman berikutnya, Anda hanya perlu mengganti pengaturan modem Indihome menjadi mode default untuk mengatasi permasalahan LOS merah.

6. Jauhkan Router dari Perangkat Elektronik Lain

Tahukah Anda, bahwa penempatan router yang dinilai terlalu dekat dengan benda elektronik lain di rumah, ternyata bisa menyebabkan terjadinya gangguan pada koneksi internet. Ini tentu merupakan hal yang wajar terjadi, dikarenakan permasalahan tersebut biasanya terjadi karena adanya gangguan pada elektromagnetik.

Baca Juga :  7 Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Muncul di Metode Pembayaran

Yang mana, kondisi inilah yang kemudian akan sangat memengaruhi kualitas pengantar data internet yang Anda gunakan sehari-hari. Sehingga, kondisi itulah yang kemudian akan menyebabkan munculnya permasalahan pada modem Indihome mengalami LOS merah.

Maka dari itulah untuk tips cara mengatasi Indihome LOS merah yang bisa Anda lakukan, yakni sebaiknya menjauhkan router dari benda-benda elektronik lain di rumah Anda. Dalam hal ini, ada baiknya bagi Anda untuk memasang modem dengan cara ditempel di dinding rumah agar lebih aman dan tidak menyebabkan masalah LOS merah pada modem Indihome.

7. Matikan dan Nyalakan Modem Indihome

Matikan dan Nyalakan Modem Indihome
Matikan dan Nyalakan Modem Indihome

Tidak banyak orang yang tahu, bahwa mematikan dan kemudian menyalakan kembali modem Indihome, ternyata merupakan salah satu cara mengatasi Indihome LOS merah yang wajib dilakukan oleh para pengguna layanan Indihome.

Bahkan tidak sedikit pengguna provider Indihome sering kali diminta oleh para teknisi melakukan cara ini, dikarenakan memang sudah terbukti ampuh dalam mengatasi permasalahan tertentu. Termasuk halnya, yakni dalam mengatasi permasalahan Indihome LOS merah.

Apabila Anda ingin menerapkan cara ini dalam mengatasi permasalahan Indihome yang LOS merah, maka perlu menyimak panduannya dengan benar. Beberapa langkah dalam mematikan dan menyalakan modem Indihome yang benar, bisa Anda lihat di penjelasan berikut ini.

  • Tips yang perlu Anda lakukan pertama kali, yakni silahkan cek pada bagian belakang modem. Nantinya, Anda akan melihat tombol power di modem tersebut.
  • Selanjutnya, Anda hanya perlu menekan bagian tombol power tersebut (On / Off) sekali untuk mematikannya.
  • Setelah itu, Anda tunggu selama beberapa saat sampai modem Indihome benar-benar mati.
  • Jika modem sudah dalam kondisi mati, maka Anda bisa menyalakan kembali dengan menekan tombol power (On)
  • Sebagai catatan penting, pastikan jika Anda sudah menghidupkan kembali modem tersebut, maka perlu menunggu selama beberapa saat sampai fungsi modem berjalan normal seperti sedia kala.

8. Hubungi Call Center Indihome

Hubungi Call Center Indihome
Hubungi Call Center Indihome

Apabila dari ketujuh cara mengatasi Indihome LOS merah di atas tidak juga mendapatkan hasil yang memuaskan, maka cara terbaik yang bisa Anda lakukan yakni dengan menghubungi pihak call center Indihome tersebut.

Bisa dikatakan, ini merupakan cara paling ampuh yang akan menjadikan permasalahan Indihome LOS merah berhasil diatasi dengan mudah dan cepat. Menurut pengalaman dari pengguna Indihome, beberapa permasalahan Indihome LOS merah yang biasanya hanya bisa diatasi oleh pihak teknisi yakni karena kabel terputus, masalah pada perangkat modem dan gangguan dari pusat.

Dalam menghubungi pihak call center Indihome sendiri, Anda bisa melakukan beberapa cara sesuai dengan keinginan dan kebutuhan. Baik itu dengan menggunakan layanan call center, media sosial yang dimiliki (Twitter, Facebook), email atau bisa juga dengan menggunakan aplikasi myIndihome.

Cara Mengatasi Indihome LOS Merah Tanpa Bantuan Teknisi
Cara Mengatasi Indihome LOS Merah Tanpa Bantuan Teknisi

Apabila semua cara mengatasi Indihome LOS merah di atas sudah Anda praktikkan sendiri di rumah, maka sebaiknya perlu melakukan perawatan dengan langkah-langkah sederhana. Yang mana, perawatan ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni untuk meminimalisir terjadinya permasalahan Indihome LOS merah.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button