Peluang Usaha

Modal Minim! Ini 7 Cara Jual Pulsa Dan Token Listrik

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik saat ini bisa dikatakan gampang-gampang susah namun jika kamu berniat serius menjalaninya, usaha ini bisa menjadi peluang bisnis yang cukup menggiurkan.

Pasalnya cara jual pulsa dan token listrik cukup mudah dilakukan meskipun dengan modal yang pas-pasan.

Meskipun bukan model usaha yang baru, menjadi agen pulsa dan token listrik dimasa sekarang selalu dibutuhkan dan pasti tidak ada matinya, karena seperti yang kita tahu kedua produk ini selalu ada pembelinya.

Nah, teruntuk pemula yang ingin memulai usaha ini wajib mengetahui cara jual pulsa dan token listrik dengan modal minim. Kebetulan mimin bahas caranya di bawah ini berdasarkan pengalaman sendiri dan orang lain.

Mengapa Harus Pulsa dan Token Listrik

Sebelum mengetahui cara jual pulsa dan token listrik, penting untuk mengetahui alasan mengapa kamu harus menjual produk pulsa dan token listrik dan tidak produk digital lainnya.

Seperti yang dibahas di awal alasan utama produk ini menjadi produk utama yang kamu jual tentunya karena produk ini tidak pernah sepi pembeli, dan cara menjualnya cukup mudah walau dengan modal yang minim.

Kedua, dizaman yang serba canggih sekarang mendapatkan suplier pulsa dan token listrik dengan harga termurah sangat mudah jika tahu tips dan trik nya.

Terakhir adalah menjual produk pulsa ini tidak terlalu sulit karena transaksi bisa online atau pun secara langsung jika kamu kebetulan memiliki warung atau toko.

Tips Jual Pulsa dan Token Listrik Dengan Modal Minim

Nah jika sudah mengetahui alasan mengapa kamu harus menjual produk pulsa dan token listrik, berikut ini mimin berikan tips dan trik cara jual pulsa dan token listrik khusus pemula.

1. Pelajari Produk Pulsa dan Token Listrik

Pertama adalah mempelajari produk yang kamu jual, hal ini sangat penting karena ini merupakan dasar bagi mereka yang ingin memulai berjualan yaitu mempelajari barang yang mereka perjual belikan.

Terkhusus untuk produk pulsa kamu harus tahu setiap provider penyedia pulsa, untuk saat ini yang terkenal ada beberapa penyedia seperti :

  • Telkomsel
  • XL/Axis
  • Tri/Indosat
  • Fren, dsb
Baca Juga :  25K Followers Tiktok Dapat Uang Berapa? Berikut Penjelasannya!

Kamu juga harus mengetahui jenis pulsa yang kamu jual apakah itu reguler atau transfer, perbedaannya terletak pada harganya karena pulsa transfer biasanya dijual lebih murah karena tidak memperpanjang masa aktif kartu.

Kemudian untuk produk Token listrik juga hampir sama, terdapat 2 jenis yang bisa kamu jual yaitu token listrik Pascabayar dan Prabayar. Perbedaan keduanya terletak pada cara pengisiannya saat pembeli melakukan pembelian.

Untuk listrik pascabayar kamu akan membayar tagihan listrik mereka setiap bulannya sedang token listrik prabayar pembayarannya langsung karena jenis produk ini sejenis pulsa digital yang di input ke meteran listrik yang biasa dikenal dengan kode token listrik.

2. Manajemen Anggaran

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik
Manajemen Anggaran

 

Tips selanjutnya dari cara jual pulsa dan token listrik adalah membuat manajemen anggaran yang detail, ini lebih ke pembukuan sederhana yang membantu kamu dalam menghitung uang keluar dan masuk saat kamu berjualan.

Manajemen anggaran sangat penting karena ini akan sangat membantu kamu untuk memaksimalkan keuntungan dengan baik dan teratur, sehingga kamu dapat mengembangkan usaha kamu menjadi lebih besar.

Adapun cara melakukannya sekarang sudah cukup mudah, kamu bisa membuatnya dengan daftar melalui Microsoft Excel atau aplikasi seperti Jurnal ku.

2. Berikan Harga Lebih Murah

Harga merupakan hal yang paling penting dalam berjualan, terutama jika ingin menarik pembeli tetap. Maka dari itu jika kamu pemula yang ingin mempelajari cara jual pulsa dan token listrik kamu harus tampil beda dengan pesaing lain.

Untuk itu kamu bisa memberikan harga yang lebih murah dibandingkan pesaing kamu, namun penting untuk memperhatikan margin harga yang tidak terlalu murah agar kamu tetap bisa memaksimalkan keuntungan.

Sebagai contoh untuk produk pulsa melalui agen atau pun aplikasi saat ini dijual dengan untuk 200-500 perak/nominal nya maka kamu bisa memberikan margin harga 1-2%.

Contoh untuk pulsa Rp 10.000 di aplikasi online dijual seharga Rp 10.250 kamu bisa menjual dengan harga Rp 11.000. Tentunya harga ini lebih murah ketimbang penjual lain namun kamu tetap bisa untung, hal ini berlaku untuk token listrik maupun produk digital lainnya.

Setelah menghitung setiap harga dan margin keuntungan dengan rapi, kamu tinggal membuat list produk pulsa dan token listrik semenarik mungkin sebelum melakukan penjualan.

3. Promosi Online dan Offline

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik
Promosi Produk

Unsur paling penting selanjutnya sebelum mulai cara jual pulsa dan token listrik terutama pemula adalah promosi. Pelajari jenis promosi yang cocok untuk usaha kamu bila perlu kombinasi kan promosi online dan offline.

Kamu bisa memanfaatkan setiap media sosial yang kamu punya untuk menyebarkan promosi produk yang kamu jual dalam hal ini adalah produk pulsa dan token listrik, buatlah banner promosi semenarik mungkin agar pembeli tertarik untuk berkunjung dan membeli.

Baca Juga :  11 Game Penghasil Saldo DANA Tercepat

Promosi lainnya yang bisa kamu gunakan adalah menyebarkan brosur atau membuat spanduk ukuran kecil di depan rumah/toko atau titik-titik penting yang terjangkau banyak orang.

Dengan rutin melakukan promosi kamu pasti akan mendapatkan pembeli, ini adalah garansi dari mimin ya.

4. Konsisten Menjalankan Usaha

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik
Konsisten Menjalankan Usaha

Biasanya untuk pemula dengan modal minim, memulai cara jual pulsa dan token listrik pastinya tidak mudah perlu niat dan menjalaninya secara konsisten.

Maka dari itu penting untuk membangun mental yang gigih dan pantang menyerah untuk memulai jenis usaha ini, karena di awal-awal pasti kamu belum menemukan pembeli tetap dan target harian, minggu hingga bulanan belum tercapai.

Dengan menumbuhkan semangat dan perasaan positif setiap hari saat menjalankan usaha ini, 100% kamu akan bisa konsisten mengembangkannya dengan cepat.

Cari tahu Juga 15 Usaha Ternak Yang Menguntungkan: Modal Sedikit Keuntungan Melimpah!

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik Dengan Modal Minim

Setelah mengetahui 4 tips awal dari cara jual pulsa dan token listrik di atas saatnya kamu melakukan tindakan pertama yaitu memulai berjualan.

Namun sebelum itu kamu harus mengetahui suplier yang menyediakan produk pulsa dan token listrik dengan harga termurah. Karena yang kamu jual adalah produk digital maka kamu perlu aplikasi pihak ketiga yang menyediakannya yang disebut suplier.

1. Pilih Aplikasi Terbaik

Di bawah ini mimin berikan 2 aplikasi termurah dan terbaik yang bisa kamu jadikan suplier untuk melancarkan rencana kamu memulai cara jual pulsa dan token listrik ini.

  • Aplikasi Mocipay

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik
Pulsa dan Token Listrik di Aplikasi Mocipay

Mocipay merupakan aplikasi yang pertama kali meluncur pada tahun 2019 di bawah naungan CV.Mocipay Digital Indonesia. Saat ini sudah memiliki unduhan lebih dari 500 ribu pengguna di playstore dengan rating cukup tinggi.

Aplikasi ini menjual berbagai produk digital mulai dari pulsa, paket, saldo E-Wallet, tagihan PPOB hingga top up game dengan harga sangat terjangkau.

Kelebihan aplikasi ini disamping harganya yang murah adalah pelayanannya yang berkualitas dan kecepatan transaksi yang memuaskan, Maka dari itu mimin menyarankan kamu memilih aplikasi Mocipay sebagai suplier kamu untuk memulai cara jual pulsa dan token listrik.

Jika kamu memilih aplikasi ini kamu bisa mengikuti cara di bawah ini untuk melakukan pengisian pulsa maupun token listrik pembeli kamu, berikut caranya :

  1. Download aplikasi Mocipay kemudian lakukan pendaftaran akun.
  2. Isi data pendaftaran dengan valid menggunakan nomor ponsel dan email aktif.
  3. Lakukan verifikasi akun, jika sudah masuk ke dalam aplikasi hal pertama yang kamu lakukan adalah melakukan pengisian saldo.
  4. Menariknya di aplikasi mocipay deposit saldo bisa mulai dari Rp.10.000 sehingga cocok untuk mereka yang memiliki modal minim.
  5. Pilih metode pembayaran yang kamu inginkan dan lakukan panduan pembayaran dengan benar hingga saldo berhasil masuk.
  6. Jika sudah memiliki saldo kamu bisa melakukan pengisian pulsa atau token listrik pembeli kamu pada menu yang tersedia.
  7. Input nomor Ponsel atau No ID Token atau ID tagihan listrik pembeli kamu lalu pilih nominal yang akan dibeli.
  8. Terakhir klik beli dan masukkan PIN transaksi, tunggu transaksi berhasil dalam beberapa detik.
Baca Juga :  7 Tips Menjadi Reseller Skincare Terbaik

Mudah bukan? tunggu apalagi langsung download aplikasinya di ponsel kamu!

  • Aplikasi Mitra Top Up

Alternatif lainnya jika aplikasi Mocipay tidak bisa digunakan atau sedang Maintenance, kamu bisa mencoba Mitra TopUp. Hampir sama dengan aplikasi terdapat lebih dari 500 produk digital termasuk pulsa dan token listrik.

Harga dan variasi jumlah nominal yang tersedia juga sangat lengkap, dari segi kecepatan transaksi dan pelayanannya juga berkualitas. Berikut langkah membeli pulsa dan token listrik di aplikasi Mitra TopUp :

  1. Jika belum memiliki aplikasi ini di ponsel kamu, Download dan daftar akun terlebih dahulu.
  2. Pastikan menggunakan Nomor WA dan email aktif agar tidak terkendala saat verifikasi akun.
  3. Masuk ke dalam aplikasi dan lakukan pengisian saldo melalui fitur top up saldo, pilih metode pembayaran yang diinginkan.
  4. Ikuti panduan pembayaran hingga saldo berhasil masuk ke dalam aplikasi.
  5. Cari menu Pulsa dan Tagihan untuk membeli pulsa dan token listrik.
  6. Input nomor hp dan ID token atau tagihan listrik pada kolom yang tersedia lalu pilih nominal pulsa atau token listrik yang akan dibeli.
  7. Selanjutnya klik beli sekarang dan tunggu transaksi diproses beberapa saat.
  8. Selesai.

Menariknya di aplikasi Mitra TopUp kamu bisa juga mengisi saldo akun dengan pulsa loh, jadi jika ada pulsa berlebih kamu bisa mengkonversi menjadi saldo akun.

2. Kombinasikan Jualan Online dan Offline

Cara Jual Pulsa dan Token Listrik saat ini bisa dilakukan dengan 2 cara yaitu online dan offline, nah untuk mempercepat usaha kamu berkembang adalah mengkombinasikan keduanya.

Untuk penjualan langsung kamu bisa memulainya dari rumah atau toko, mulailah dengan menjual ke teman, keluarga atau orang terdekat agar toko kamu mulai dikenal.

Selanjutnya kamu juga bisa mencoba cara jual pulsa dan token listrik secara online melalui media sosial dan pembayaran dilakukan pembeli juga secara online melalui transfer atau sejenisnya.

Hal penting yang perlu diperhatikan adalah jangan memberikan kasbon/hutang kepada pembeli kamu, karena seperti pengalaman mimin dan penjual pulsa/token listrik dengan memberikan kasbon dan hutan akan mempengaruhi manajemen anggaran kamu.

Seperti yang diketahui untung dari penjualan ini tidaklah banyak maka dari itu perlu memutar modal dengan cepat dan hutang sangat mempengaruhi hal ini, Keuntungan utama dari jenis usaha ini adalah meningkatkan kuantitas pembeli.

3. Berikan Pelayanan Terbaik

Memberikan pelayanan terbaik merupakan faktor paling penting untuk memuluskan cara jual pulsa dan token listrik ini.

Kebetulan untuk tips ini sudah banyak tersedia di internet kamu tinggal melakukan improvisasi dan mempraktikkan nya saat berjualan.

Kesimpulan

Cara Jual Pulsa Dan Token Listrik
Cara Jual Pulsa Dan Token Listrik

Cara jual pulsa dan token listrik khusus pemula dengan modal minim yang mimin ulas di atas mungkin jika kamu lakukan dengan langkah yang tepat agar membantu mengembangkan bisnis kamu dengan cepat. Sebagai saran, selalu tumbuh kan semangat dan perasaan positif saat memulai bisnis ini dan jangan lupa berdoa. Terakhir selamat Mencoba!

Back to top button