Tutorial

9 Cara Membedakan Emas Asli Dengan Kuningan Wajib Kamu Pahami!

Cara membedakan emas asli dengan kuningan merupakan pengetahuan penting bagi siapa pun yang terlibat dalam perdagangan emas atau berencana untuk membeli perhiasan. Ini merupakan langkah atau kunci utama untuk menghindari penipuan.

Emas dan kuningan meski memiliki warna yang sama, namun keduanya memiliki karakteristik yang berbeda, apabila dicermati secara teliti. Nah, dalam artikel ini, Mocipay akan memberikan panduan tentang cara membedakan emas asli dengan kuningan.

Mengenal Emas dan Kuningan

Apa itu emas dan kuningan
Apa itu emas dan kuningan

Mengenal terlebih dahulu tentang emas dan kuningan, tentu menjadi hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum lanjut mencari tau tentang bagaimana cara membedakan emas asli dengan kuningan.

  • Apa itu Emas dan Kuningan?

Emas merupakan logam mulia yang dikenal karena keindahan kilauannya, kekerasan dan ketahanannya terhadap korosi. Sedangkan kuningan adalah paduan logam yang terbuat dari campuran tembaga (Cu) dan seng (Zn), dengan komposisi tembaga yang lebih tinggi.

Emas sering digunakan dalam pembuatan perhiasan, koin, dan juga barang elektronik karena salah fungsinya sebagai konduktor listrik yang baik. Sedangkan kuningan kerap digunakan dalam pembuatan perhiasan da pembuatan barang-barang dekoratif seperti patung, vas, ukiran, lampu gantung, dan lain-lain.

  • Sifat Emas dan Kuningan

Kedua logam, baik emas maupun kuningan memiliki sifat yang khas. Lebih jelasnya bisa kamu perhatikan berikut ini:

Baca Juga :  5+ Cara Gadai Laptop Di Pegadaian, Mudah dan Praktis!

â—Š Sifat Emas:

  1. Memiliki warna kuning dengan kilauan yang khas
  2. Merupakan logam yang bersifat lunak, yang membuatnya mudah dibentuk
  3. Tahan terhadap korosi. Emas tidak berekasi dengan oksigen, air, dan banyak senyawa lainnya, yang menjadikannya logam yang sangat tahan lama.
  4. Tidak memiliki sifat magnetis, sehingga tidak akan tertarik dan menempel ketika didekatkan dengan magnet
  5. Kerap digunakan sebagai investasi karena nilainya yang tinggi
  6. Memiliki tanda pengenal, misalnya seperti kadar emas (karat)
  7. Emas juga merupakan konduktor listrik yang baik, sehingga menjadi komponen yang digunakan dalam pembuatan alat elektronik.

â—Š Sifat Kuningan:

  1. Memiliki warna kuning yang terlihat sedikit gelap dan kusam
  2. Memiliki tingkat kekerasan yang ketahanan yang tinggi
  3. Bisa berkarat jika terpapar oksigen dan kelembaban (tidak tahan terhadap korosi)
  4. Cenderung lebih sulit dibentuk dari pada emas
  5. Kegunaan yang lebih luas, bisa untuk perhiasan, alat-alat musik dan juga pembuatan dekoratif seperti vas, patung, benda-benda ukiran, dan yang lainnya.

Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan

Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan
Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan

Jika dilihat secara kasat mata, sebenarnya emas dan kuningan hampir terlihat sama. Namun, melalui beberapa tahap pengujian seperti yang akan kami sajikan berikut ini, anda dapat memastikan apakah itu emas asli atau kuningan.

1. Warna dan kilauan

Cara membedakan emas asli dengan kuningan yang pertama dapat anda lihat dari warna dan kilauannya yang khas. Meski sama-sama berwarna kuning, namun emas dan kuningan memiliki perbedaan yang bisa anda perhatikan dengan teliti.

Baca Juga :  5 Cara Login Getcontact Tanpa Aplikasi Dengan Menggunakan Email

Emas asli memiliki warna kuning cerah dan terlihat berkilau. Sedangkan kuningan memiliki warna kuning yang terlihat agak kusam dan tidak berkilau seperti emas.

2. Berat dan kepadatan

Emas asli memiliki tingkat kepadatan dan berat yang lebih tinggi dibandingkan dengan kuningan. Hal ini dapat di uji dengan melemparkan emas dan kuningan secara bersama-sama. Lalu bandingkanlah bobot keduanya, kuningan cenderung lebih ringan saat dilempar.

3. Lihat perbedaan ketika digoreskan ke keramik

Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan
Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan/ wikihow.com

Cara membedakan emas asli dengan kuningan yang berikutnya dapat dilihat saat fisik keduanya di goreskan ke keramik. Jika emas asli, maka akan meninggalkan bekas keemasan pada keramik. Sedangkan kuningan, apabila digoreskan ke keramik, akan meninggalkan bekas seperti kehitaman.

4. Aroma material

Cara membedakan emas asli dengan kuningan yang ke empat ini, bisa kamu lihat setelah menggoreskan emas dan kuningan tadi ke keramik. Setelah di gosokkan ke keramik, cobalah dekatkan penciuman anda ke fisik keduanya. biasanya kuningan akan mengeluarkan bau logam. Sedangkan emas tidak akan meninggalkan bau apa pun.

5. Kekerasan fisik

Emas asli memiliki sifat fisik yang lebih lunak sehingga mudah dibentuk. Berbeda dengan kuningan, sifatnya lebih keras yang membuatnya sulit untuk dibentuk.

Namun hal ini hanya bisa kamu tes pada fisik emas dan kuningan yang sudah dibentuk menjadi perhiasan. Pada bentuk batangan mungkin akan lebih sulit.

6. Uji dengan cairan asam

Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan
Cara Membedakan Emas Asli dengan Kuningan/ wikihow.com

Berikutnya, ada juga cara membedakan emas asli dengan kuningan yang dapat kamu lakukan dengan melakukan uji reaksi kimia menggunakan cairan asam.

Salah satu sifat paling menonjol dari emas adalah ketahanannya terhadap korosi atau oksidasi. Emas tidak bereaksi dengan oksigen, air, atau banyak senyawa kimia lainnya, sehingga menjadikannya logam yang sangat tahan lama.

Baca Juga :  4 Cara Mengetahui Judul Lagu Dari Video Instagram, Sangat Mudah

Sifat ini membuatnya tidak bereaksi apapun ketika diteteskan dengan cairan asam. Sedangkan kuningan cenderung akan bereaksi dan berubah warna apabila diteteskan dengan cairan asam.

7. Uji dengan Magnet

Untuk mengetahui apakah itu emas asli atau kuningan anda bisa coba menggunakan bantuan magnet. Emas asli tidak bersifa magnetik, sehingga tidak akan menempel jika didekatkan dengan magnet.

Berbeda dengan logam kuningan, apabila didekatkan ke magnet, maka ia akan tertarik dan menempel ke magnet. Ini merupakan cara yang banyak digunakan orang-orang untuk mengetes keaslian emas mereka.

8. Tulisan atau cap

Lanjut ke cara membedakan emas asli dengan kuningan yang berikutnya yaitu dengan memperhatikan tulisan atau cap pada fisik kedua logam. Pada emas asli biasanya akan terdapat tulisan yang menunjukkan kadar emas (karat), misalnya 24K.

Sedangkan pada kuningan biasanya pada permukaannya akan terdapat cap dengan kata ‘brass’ Namun perlu diketahui bahwa cara ini hanya bisa dilakukan pada bentuk emas batangan.

9. Harga

Cara membedakan emas asli dengan kuningan yang terakhir dapat dilihat dengan membandingkan harga keduanya. Emas sebagai logam mulia memiliki harga yang jauh lebih mahal dibandingkan dengan logam kuningan. Itulah mengapa emas dijadikan sebagai investasi jangka panjang!

Kesimpulan

Cara Membedakan Emas Asli Dengan Kuningan
Cara Membedakan Emas Asli Dengan Kuningan

Setelah melihat beberapa cara membedakan emas asli dengan kuningan, sekarang anda jadi menyadari bahwa membedakan emas asli dengan kuningan bukanlah langkah yang sulit jika tau apa yang harus dicari atau teknik yang harus dilakukan.

Back to top button