Tutorial

5 Cara Melihat Insight Instagram Orang Lain Tanpa Aplikasi

Cara melihat insight instagram orang lain umumnya bisa kita gunakan sebagai sarana marketing untuk mempromosikan beberapa barang maupun jasa yang kita miliki.

Akan tetapi, cara tersebut nyatanya belum diketahui oleh banyak pengguna instagram karena masih banyak yang beranggapan bahwa cara melihat insight instagram orang lain hanya berlaku untuk akun bisnis saja.

Nah, kali ini kami akan menjelaskan secara detail maksud dari beberapa kalimat diatas. Untuk itu tetap baca dan simak penjelasannya berikut sampai selesai ya.

Sekilas tentang insight instagram

sekilas tentang fitur insight instagram
sekilas tentang fitur insight instagram

Sebelum menuju cara melihat insight instagram orang lain, kita akan membahas sedikit tentang apa itu insight di instagram dan bagaimana cara penggunaannya.

Insight instagram merupakan sebuah fitur bawaan yang disediakan secara gratis bagi seluruh pengguna instagram untuk mengetahui peforma akun instagram mereka.

Selain itu, melalui insight instagram pengguna juga bisa lebih leluasa dalam menganalisa atau melihat berapa banyak jumlah peminat yang suka dengan produk-produk mereka.

Sehingga tak jarang fitur ini digunakan sebagai alat peninjauan kelarisan produk bagi setiap kita yang memutuskan untuk berjualan menggunakan akun instagram pribadi kita.

Disisi lain, fitur ini juga dapat kalian jadikan sebagai sarana marketing untuk mempromosikan seluruh produk atau barang dagangan yang kalian miliki.

Namun memang ketentuan penggunaan fitur ini sedikit berbeda dari fitur-fitur instagram lainnya, sebab jika ingin masuk ke dalam fitur ini kita wajib mengubah akun instagram kita menjadi mode bisnis atau profesional.

Cara melihat insight instagram orang lain

cara melihat insight instagram orang lain dengan mudah
cara melihat insight instagram orang lain dengan mudah

Di dalam sebuah usaha, traffic bukanlah fokus utama bagi kita untuk mengembangkan usaha yang kita miliki melainkan masih ada hal lain yang kita butuhkan.

Seperti melihat kemajuan dari pesaing-pesaing kita dengan produk penjualan yang sama dimana apakah produk yang mereka jual ternyata lebih berkembang dari kita? jika benar apa penyebabnya dan bagaimana solusi untuk mengatasi ketertinggalan yang kita miliki?

Nah, jika sudah demikian maka kita memerlukan langkah-langkah dari cara melihat insight instagram orang lain berikut ini.

Baca Juga :  10 Aplikasi Free 1000 Followers TikTok Aman dan Terpercaya

Tujuannya apa? tujuannya agar kita bisa melihat sejauh mana perkembangan produk yang dijual oleh pesaing dan sejauh mana jangkauan yang berhasil mereka capai sehingga kita bisa memperbaiki cara penjualan kita di instagram nantinya.

Tanpa perlu berlama-lama, inilah tahapan-tahapan yang kamu butuhkan untuk menyelesaikan cara melihat insight instagram orang lain:

1. Cara melihat insight instagram orang lain lewat situs analisa.io

halaman situs analisa.io
halaman situs analisa.io

Jika sebelumnya kamu pernah mendengar bahwa situs analisa bisa digunakan sebagai salah satu situs yang dapat melihat insight akun TikTok.

Maka kamu juga perlu tau bahwa ternyata situs ini juga bisa digunakan sebagai cara melihat insight instagram orang lain juga sobat.

Bisa dibilang situs analisa.io juga merupakan salah satu situs yang mampu menampilkan seluruh data yang kamu perlukan mulai dari followers instagram orang lain, lokasi dan sebagainya dengan sangat lengkap.

Cukup dengan tahapan-tahapan berikut kamu bisa melihat melihat insight instagram orang lain pada situs analisa.io

  • Silahkan buka aplikasi browser atau google di ponsel kamu
  • Masukkan alamat situs analisa.io
  • Setelah halaman situs analisa terbuka maka kamu bisa klik menu instagram analytic yang ada dibagian atas halaman situs analisa.io
  • Jika sudah kamu wajib memilih 3 menu yang ditampilkan seperti profile analytic, hastag analytic dan juga followers analytic
  • Berikutnya, klik saja 3 menu yang ada untuk melihat bagaimana perkembangan pesaing kamu di instagram
  • Lalu masukkan nama akun instagram dari pesaing yang ingin kamu lihat pada kolom tepat di bawah opsi analisis yang telah kamu pilih
  • Langsung saja klik enter jika semuanya sudah selesai
  • Cara melihat insight instagram orang lain lewat situs analisa akan menampilkan perkembangan pesaing kamu nantinya.

2. Cara melihat insight instagram orang lain lewat situs instastatistics

halaman situs Instastatistics
halaman situs Instastatistics

Saat situs analisa.io tidak cukup membantu kamu, ada baiknya kamu melanjutkan cara melihat insight instagram orang lain dengan menggunakan situs instastatistics.

Situs instastatistics sebenarnya mempunyai fungsi yang sama seperti situs analisa namun khusus untuk instastatistics kamu perlu mengeluarkan sejumlah biaya berlangganan untuk bisa masuk dan menggunakan situs ini.

Tidak itu saja, yang membedakan situs instastatistics dari situs-situs lainnya yakni situs instastatistics bisa melakukan pengecekan perkembangan akun instagram orang lain yang sudah di private.

Nah, untuk cara melihat insight instagram orang lain lewat situs instastatistics kamu hanya perlu mencantumkan nama akun instagram orang lain dan klik cari untuk melihat seluruh informasi yang kamu butuhkan.

3. Cara melihat insight instagram orang lain lewat situs social tracker

halaman situs social tracker
halaman situs social tracker

Jika kamu mencari situs yang akan menyajikan seluruh data dari pesaing kamu dengan sangat detail atau lengkap

Karena bisa dibilang kalau situs social tracker bisa cek insight youtube, twitter, twitch, instagram, TikTok dan masih banyak lagi.

Baca Juga :  4 Cara Gestun Akulaku Sendiri Tanpa DP Langsung Cair

Keuntungan lain yang bisa kamu terima dari situs social tracker ialah situs ini bisa digunakan secara gratis walaupun dengan mode yang sangat terbatas.

Sama seperti cara melihat insight instagram orang lain lewat beberapa situs sebelumnya, begini langkah-langkah untuk cara melihat insight instagram orang lain menggunakan situs social tracker:

  • Silahkan akses situs socialtracker.io lewat aplikasi browser yang ada di ponsel atau komputer kamu
  • Setelah itu, kamu tinggal menuliskan nama akun yang ingin kamu insight pada kolom yang ada di sebelah kira halaman social tracker
  • Jika sudah tinggal kamu klik enter dan tunggu sampai proses pencariannya selesai
  • Saat nama akun yang kamu cari telah muncul maka kamu bisa klik kolom di bagian tengah menjadi instagram untuk melihat data instagram dari akun tersebut
  • Terakhir, kamu akan melihat perkembangan dari akun tersebut selama beberapa hari terakhir dan berbagai data terkait akun tersebut

4. Cara melihat insight instagram orang lain lewat menu setelan Ig

cara melihat insight instagram lewat menu setelan
cara melihat insight instagram lewat menu setelan

Cara melihat insight instagram orang lain berikutnya bisa kamu lakukan melalui menu setelan yang ada di akun instagram orang lain.

Cara berikut memang agak sedikit berbeda dengan cara-cara sebelumnya, akan tetapi cara melihat insight instagram orang lain melalui icon titik tiga yang ada di halaman awal akun ternyata lebih mudah dibandingkan dari cara lainnya.

Namun kembali lagi sesuai aturan awal, cara ini hanya berlaku kepada setiap pengguna akun instagram bisnis jika tidak maka fitur insight instagram tidak akan muncul sama sekali.

Adapaun cara melihat insight instagram orang lain melalui icon titik tiga yang ada di halaman profil instagram pengguna ialah sebagai berikut :

  • Masuk ke halaman aplikasi instagram yang ada di ponsel kamu
  • Berikutnya, klik kolom pencarian dan masukkan nama pengguna yang ingin kamu insight
  • Setelah itu, klik cari untuk membuka halaman profil pengguna
  • Tetaplah di halaman tersebut dan klik icon titik tiga pada pojok kanan atas halaman
  • Jika akun instagram kamu sudah merupakan akun instagram bisnis maka kamu akan melihat menu get insight instagram disana
  • Klik menu tersebut maka seluruh perkembangan marketing dari akun pengguna akan ditampilkan

5. Cara melihat insight instagram orang lain lewat situs social blade

halaman situs social blade
halaman situs social blade

Cara melihat insight instagram orang lain di urutan terakhir datang dari penggunaan salah satu situs bernama social blade.

Situs social blade memang selalu di sandingkan dengan aplikasi youtube sebab situs ini memang biasanya digunakan untuk melihat sejauh mana perkembangan akun youtube seseorang.

Akan tetapi tak ada ubahnya dengan situs-situs sebelumnya, social blade ternyata tetap mendukung untuk melihat perkembangan atau data dari akun instagram seseorang.

Baca Juga :  5 Cara Menaikkan Limit Lazada Paylater Pengguna Baru

Salah satu data yang mungkin bisa kamu lihat jika menggunakan situs ini yakni kamu bisa melihat jumlah followers atau pengikut instagram dari si pemilik akun, kamu bisa melihat jumlah komentar rata-rata untuk setiap postingan nya, jumlah like dan masih banyak lagi.

Sedangkan untuk langkah-langkah penggunaannya, kamu bisa ikuti tahapan-tahapan berikut ini:

  • Awali tahapan dengan membuka aplikasi web browser yang ada di ponsel kamu
  • Jika sudah, kamu bisa ketik halaman socialblade.com dan enter untuk membuka page situsnya
  • Kemudian, daftarkan akun social blade kamu terlebih dahulu dengan klik menu registrasi
  • Lalu masukkan alamat email yang kamu miliki beserta passwordnya
  • Langkah selanjutnya, konfirmasi pendaftaran akun melalui email yang kamu gunakan
  • Setelah proses konfirmasi selesai, silahkan kamu kembali ke halaman utama social blade
  • Pada halaman social blade, kamu wajib mengganti logo youtube menjadi logo instagram untuk memulai proses insight akun instagram
  • Sekarang masukkan username akun instagram yang ingin kamu lihat perkembangannya
  • Tunggu beberapa saat dan data akan ditampilkan

Itulah 5 cara melihat insight instagram orang lain yang bisa kamu lakukan kapan saja, terkait cara tersebut kami ingin menekankan kepada kamu bahwa hanya akun bisnis yang bisa mendapatkan fitur tersebut bukan akun instagram biasa ya sobat.

Fitur-fitur yang ada pada insight instagram

Saat kamu sedang mengakses fitur insight instagram, kamu pasti pernah melihat beberapa menu seperti profile visit, next story, top locations dan sebagainya.

Lantas apakah kamu sudah mengetahui fungsi atau kegunaan dari fitur-fitur tersebut? jika belum maka silahkan kamu lihat penjelasan terkait fitur-fitur insight instagram berikut ini:

Fitur Insight Funsgsi Fitur
Profile visit fitur yang biasa digunakan untuk melihat jumlah data kunjungan dari followers kamu maupun followers dari pengguna instagram lain.
Swipe up link fitur yang berfungsi untuk mengidentifikasi siapa saja pengguna yang telah membuka link tautan yang kamu sematkan pada setiap story instagram milikmu.
Next story fitur yang berfungsi  untuk melihat data pengguna yang hanya melewati link yang telah kamu sematkan di akun instagram kamu.
Top locations fitur instagram yang di khususkan bagi pengguna akun bisnis dan profesional untuk melihat tayangan nama-nama lokasi atau negara yang paling banyak dilihat saat ini.
Gender fitur instagram yang digunakan untuk melihat data pengguna instagram terkait jenis kelamin yang di milikinya.

Nah, itulah beberapa fitur yang ada pada menu insight instagram beserta dengan kegunaannya. Jika kamu merasa kamu membutuhkan salah satu fitur yang ada disana mari segera ubah akun instagram milikmu menjadi akun bisnis maupun profesional.

Penutup

Cara Melihat Insight Instagram Orang Lain
Cara Melihat Insight Instagram Orang Lain

Dari seluruh penjelasan terkait cara melihat insight instagram orang lain sampai dengan penjelasan terkait fitur-fitur yang tersedia apakah sudah cukup membantu pemahaman kamu tentang fitur insight instagram.

Apabila sudah cukup membantu maka kamu bisa praktikkan caranya melalui ponsel maupun PC yang kamu miliki dan jangan lupa untuk baca artikel terkait informasi menarik lainnya hanya di halaman blog mocipay ya sobat.

Back to top button