Tutorial

4 Cara Melihat Kembali View Once di Whatsapp Terbaru 2024

Ingin tahu bagaimana Cara Melihat Kembali View Once di Whatsapp? Tidak perlu khawatir, karena kamu telah menemukan artikel yang tepat saat ini.

Whatsapp merupakan aplikasi chatting yang memungkinkan setiap penggunanya untuk mengirim pesan teks, foto, maupun gambar. Namun seiring dengan perkembangannya, kini platform tersebut telah mengupdate beberapa fitur nya.

Salah satu fitur unggul yang banyak digunakan oleh penggunanya yaitu view once, dimana fitur tersebut memungkinkan penggunanya menghapus foto atau video secara otomatis hanya dalam satu kali dilihat saja sehingga penerima pesan tidak dapat membukanya kembali jika file tersebut di close.

Nah, bagi kamu yang ingin mengetahui cara melihat kembali view once di Whatsapp silahkan ikuti pembahasan dibawah ini ya!

Apa Itu View Once Whatsapp?

Apa Itu View Once Whatsapp
Apa Itu View Once Whatsapp

View Once merupakan salah satu fitur unggalan yang ada di Whatsapp yang berfungsi untuk menghapus file foto atau video secara otomatis hanya dalam satu kali dilihat saja. View Once termasuk fitur yang baru saja di rilis oleh Whatsapp.

Fitur ini akan bekerja secara otomatis ketika pengguna mengaktifkannya dan dapat dinonaktifkan kembali jika sudah tidak ingin dimanfaatkan.

Jadi bagi kamu yang ingin mengirim foto atau video penting hanya dalam satu kali dilihat saja, maka fitur ini akan menjadi solusi terbaik yang bisa kamu manfaatkan. Untuk caranya sendiri cukup mudah, cukup dengan memilih file yang akan dikirim maka pesan akan tersampaikan.

Nama Aplikasi WhatsApp Messenger
Rating 4.2
Jumlah Download 5B+
Link Download id=com.whatsapp&hl=en-ID

Manfaat Menggunakan View Once Whatsapp

Berbagai manfaat yang bisa kamu dapatkan ketika menggunakan view once Whatsapp, salah satunya adalah privasi yang lebih aman. Oleh sebab itu tidak perlu heran lagi jika banyak orang yang mencari cara melihat kembali view once di Whatsapp.

Berikut beberapa manfaat yang paling umum ketika menggunakan fitur view once di Whatsapp, yakni diantaranya :

Baca Juga :  9 Cara mengirim Chip Higgs Domino Di iPhone 2022
Manfaat Menggunakan View Once WA Deskripsi 
Privasi yang lebih Baik Fitur View Once memungkinkan pengguna mengirim foto atau video yang hanya dapat dilihat sekali oleh penerima untuk menjaga privasi pengguna.
Konten Eksklusif Dapat mengirim konten eksklusif atau rahasia yang hanya akan dilihat sekali oleh penerima.
Penghematan Ruang Penyimpanan Pesan dengan fitur View Once secara otomatis terhapus setelah dilihat, mengurangi penggunaan ruang penyimpanan di ponsel penerima.
Keamanan Tambahan Fitur ini memberikan tingkat keamanan tambahan  dalam situasi-situasi tertentu, mencegah akses berulang terhadap konten sensitif.
Kontrol Konten yang lebih Baik Kamu memiliki kontrol yang lebih besar atas konten yang dibagikan dan dapat memastikan hanya dilihat sekali oleh penerima.

Cara Menggunakan View Once di Whatsapp

Sebenarnya untuk menggunakan view once di Whatsapp bukanlah hal yang sulit untuk dilakukan dan setiap orang bisa melakukan.

Namun bagi beberapa pengguna yang belum mengenali fitur view once ini akan merasa kesulitan untuk mengakses dan menggunakannya sehingga memerlukan panduan yang lebih lengkap lagi.

Cara Menggunakan View Once di Whatsapp
Cara Menggunakan View Once di Whatsapp

Jadi bagi kamu yang belum mengetahui bagaimana cara menggunakan view once di Whatsapp ikut langkah-langkah dibawah ini.

  • Buka aplikasi Whatsapp pribadi di perangkat ponsel kamu.
  • Pilih orang yang akan dikirim pesan view once.
  • Tentukan file yang akan dikirim seperti foto atau video.
  • Setelah itu, klik ikon 1 yang berada di sudut kanan bawah hingga menampilkan notifikasi foto disetel untuk sekali lihat.
  • Lalu klik tombol Kirim Pesan.
  • Maka pesan view Once di Whatsapp berhasil dilakukan.

Apakah View Once di Whatsapp dapat Dilihat Kembali?

Sebelum memasuki pembahasan inti terkait cara melihat kembali view once di Whatsapp sebaiknya cari tahu terlebih dahulu apakah fitur view once yang ada di Whatsapp ini bisa dilihat kembali.

Tahukah kamu, secara umum view once di WA tidak dapat dilihat kembali dengan cara manual. Artinya, masih ada cara melihat kembali view once di Whatsapp tetapi harus menggunakan bantuan tambahan lainnya.

Hal tersebut dikarenakan fitur view once di Whatsapp ini didesain khusus untuk melihat file foto atau video hanya satu kali lihat saja maka file telah dikirim tidak akan bisa dilihat kembali atau hilang secara otomatis.

Cara Melihat Kembali View Once di Whatsapp

Belakangan ini cara melihat kembali view once di Whatsapp kembali menjadi perbincangan yang besar bagi setiap penggunanya.

Baca Juga :  5 Cara Menghubungi Kurir J&T yang Membawa Paket Kita

Hal tersebut bukanlah tanpa alasan, pasalnya banyak pengguna yang penasaran dengan file foto atau video yang telah dikirim oleh teman maupun keluarga tersebut namun tanpa sengaja room chat tersebut di close ke menu utama.

Untuk menangguli hal ini bisa terjadi lagi, sebaiknya perhatikan beberapa cara melihat kembali view once di Whatsapp dengan mudah dan praktis, yaitu sebagai berikut.

1. Melalui Fitur atau Aplikasi Rekam Layar

Solusi untuk cara melihat kembali view once di Whatsapp yang pertama bisa kamu coba yaitu dengan memanfaatkan fitur atau aplikasi rekam layar yang banyak tersedia di Play Store atau App Store.

Melalui Fitur atau Aplikasi Rekam Layar
Melalui Fitur atau Aplikasi Rekam Layar

Cara cukup efektif untuk dilakukan, terlebih jika orang yang mengirimkan pesan tersebut berupa file video. Sehingga membutuhkan durasi yang relatif panjang. Perlu di catat, untuk melihat kembali view once di Whatsapp, pastikan kamu belum membuka chat yang telah dikirim.

Berikut langkah-langkah untuk cara melihat kembali view once di Whatsapp melalui bantuan fitur atau aplikasi rekam layar yang dimiliki.

  • Pastikan aplikasi yang dimiliki sudah diberikan izin akses.
  • Buka fitur atau aplikasi rekam layar yang telah dimiliki.
  • Klik ikon mulai.
  • Buka file video yang baru saja dikirim oleh teman atau keluarga kamu.
  • Tunggu hingga cuplikan video view once yang dikirim selesai direkam.
  • Lalu klik Simpan.
  • Secara otomatis rekaman video pada view once di whatsapp berhasil disimpan, buka kembali galeri kamu untuk memastikan file video tersebut berhasil di rekam.

2. Menggunakan ScreenShot Layar

Alternatif lain yang dapat dilakukan untuk cara melihat kembali view once di Whatsapp yaitu dengan memanfaatkan fitur Screenshot layar di perangkat atau dengan menggunakan layanan yang memiliki screen shoot layar.

Menggunakan ScreenShot Layar
Menggunakan ScreenShot Layar

Namun untuk melakukan cara ini, pastikan kamu juga tidak membuka pesan view once yang telah dikirim terlebih dahulu, karena pesan view once di WA hanya dapat dilihat satu kali saja.

Untuk melihat kembali view once di Whatsapp menggunakan fitur ini cukup mudah, berikut adalah langkah-langkah cara melihat kembali view once di Whatsapp :

  • Buka aplikasi Whatsapp di ponsel kamu.
  • Klik pesan view once yang baru saja dikirim.
  • Kemudian, Buka pesan view once di Whatsapp tersebut.
  • Aktifkan atau screen shot foto atau gambar yang telah dikirim.
  • Lalu buka Galeri ponsel kamu untuk melihat hasilnya.
  • Pesan view once di Whatsapp berhasil di Screen Shot.

3. Meminta Kirim Ulang Pesan

Jika sudah terlanjur membuka pesan view once di Whatsapp, itu artinya kamu tidak akan bisa membuka kembali pesan tersebut karena pesan yang telah dikirim hanya bisa dibuka sekali.

Baca Juga :  7 Cara Mengosongkan Memori Tanpa Menghapus Aplikasi

Maka solusi yang paling efektif bisa kamu lakukan yaitu meminta orang tersebut mengirim ulang pesan view once di Whatsapp. Namun perlu dicatat, solusi ini hanya berguna bagi orang yang mau secara sukarela untuk mengirimnya kembali.

Apabila orang yang telah mengirim pesan once di Whatsapp tersebut merupakan orang yang tidak menyukai kamu atau musuh kamu, dapat dipastikan pesan view once yang telah dikirimkan tidak akan bisa kamu lihat kembali.

Penyebab Fitur View Once tidak Muncul di Whatsapp

Beberapa pengguna menyadari akan tidak munculnya fitur view nce yang ada di Whatsapp, sehingga mereka tidak bisa mengirimkan pesan yang bersifat rahasia.

Hal ini tentu disebabkan oleh beberapa hal dan yang paling umum yang menjadi penyebabnya adalah versi Whatsapp yang tidak terbaru. Sedangkan untuk penyebab lainnya, perhatikan pembahasan dibawah ini.

1. Versi Aplikasi

Fitur aplikasi Whatsapp diperkenalkan dalam pembaharuan terbaru Whatsapp. Jika kamu masih menggunakan versi yang lebih lama dari aplikasi, maka dapat pastikan fitur ini mungkin belum tersedia di Whatsapp yang digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan kamu telah memperbaharui Whatsapp ke versi terbaru melalui Play Store atau App Store.

2. Inkompatibilitas Perangkat

Beberapa perangkat kemungkinan tidak mendukung hadirnya fitur View Once di Whatsapp. Hal tersebut dikarenakan keterbatasan teknis atau spesifikasi perangkat keras yang digunakan.

Untuk mengatasi hal tersebut, pastikan perangkat ponsel yang kamu gunakan memenuhi persyaratan minimum yang diperlukan untuk menggunakan fitur View Once.

3. Pemeliharaan Sistem atau Maintenance

Ketika Whatsapp melakukan pemeliharaan rutin atau pembaharuan sistem, beberapa fitur mungkin tidak tersedia atau mengalami penundaan dalam pembaharuan yang dilakukan.

Selama sistem periode pemeliharaan atau maintenance, Whatsapp dapat memutuskan untuk menonaktifkan atau membatasi akses terhadap fitur tertentu, termasuk fitur View Once. Biasanya, hal ini dilakukan untuk memastikan kinerja dan keandalan sistem secara keseluruhan.

Di dalam hal ini, maka kamu hanya perlu menunggu hingga pemeliharaan selesai dan fitur tersebut tersedia kembali setelahnya.

Artikel Menarik Lainnya : 6 Cara Agar Whatsapp Tidak Terlihat Online Dan Mengetik Paling Mudah

Kesimpulan

Cara Melihat Kembali View Once di Whatsapp
Cara Melihat Kembali View Once di Whatsapp

Itulah beberapa cara melihat kembali view once di Whatsapp yang bisa kamu coba jika ingin mendapatkan kembali foto atau video yang dikirimkan untuk keperluan penting.

Namun sebelum melakukan cara melihat kembali view once di Whatsapp diatas, pastikan pesan yang telah dikirim oleh pengguna tersebut belum dibuka. Seperti yang telah diketahui bahwa, pesan view once WA hanya bisa dilihat sekali saja,

Semoga informasi cara melihat kembali view once di Whatsapp ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button