Tutorial

3 Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal

Gagal saat registrasi kartu Indosat ? Jangan khawatir, karena disini kami akan menjelaskan cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal beserta penyebabnya. Registrasi kartu telah berlaku sejak tahun 2017, namun masih saja kerap kita temui pengguna yang mengalami kendala gagal dalam proses registrasi.

Tentu hal tersebut disebabkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah salah format dalam memasukkan data. Sering kali pengguna kartu prabayar keliru memasukkan format karena setiap provider memiliki format registrasi yang berbeda-beda. Apalagi jika seorang pengguna memiliki beberapa kartu dengan banyak provider seperti Telkomsel dan juga Indosat.

Tak hanya itu saja, masih ada beberapa faktor lainnya yang bisa menyebabkan gagal nya proses registrasi kartu. Nah sebelum membahas lebih lanjut penyebab dan cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal, mari simak pentingnya registrasi kartu terlebih dahulu.

Kenapa Harus Registrasi Kartu ?

Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal
Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal

Registrasi kartu merupakan langkah yang harus dilakukan saat ingin menggunakan kartu baru. Peraturan registrasi kartu telah diberlakukan sejak tahun 2017 dan sudah tercantum dalam Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika nomor 14 tahun 2017.

Adapun peraturan Registrasi kartu ini dimaksudkan supaya identitas dari setiap pengguna sistem operator seluler dapat terhubung secara langsung dengan data kependudukan nasional. Hal ini bertujuan untuk mengurangi tindak kejahatan dalam hal penipuan serta penyalahgunaan identitas yang sedang marak pada saat itu.

Dengan adanya peraturan tersebut, membuat sebagian orang mencari tahu ketentuan dan cara meregistrasi kartu yang benar. Dalam meregistrasi diharuskan mencantumkan NIK dan juga nomor Kartu Keluarga yang telah terdaftar di DUKCAPIL sebagai identitas untuk melakukan registrasi kartu.

Lantas bagaimana jika proses registrasi yang dilakukan gagal? Berikut penyebab dan cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal dilakukan.

Baca Juga :  4 Cara Convert Pulsa ke OVO Minimal 10 Ribu

Penyebab dan Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal

Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal
Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal

Registrasi kartu Indosat yang gagal bisa disebabkan karena beberapa faktor, diantaranya :

Data Tidak Valid

Proses registrasi kartu umumnya menggunakan identitas diri seperti KTP ataupun data pada Kartu Keluarga. Nah, pada tahap ini, menjadi penyebab gagal nya proses registrasi ialah kesalahan dalam memasukkan data atau nomor dari kartu keluarga yang digunakan untuk meregistrasi kartu belum terdaftar di DUKCAPIL.

Jika benar kendala nya pada nomor kartu keluarga, maka cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal ialah pengguna kartu Indosat harus mengurusnya terlebih dahulu agar dapat melakukan peregistrasian kartu. Hal ini cukup penting dipertimbangkan karena hampir semua provider menetapkan proses registrasi sebelum menggunakan kartu baru.

Salah Format Registrasi

Penyebab berikutnya yang membuat proses registrasi kartu gagal ialah kesalahan dalam penulisan format registrasi. Biasanya setiap provider kartu prabayar memiliki format registrasi yang berbeda-beda, baik itu Telkomsel, XL, Axis, dan juga Indosat.

Cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal karena salah format ialah meregistrasi ulang kartu dengan format yang benar. Umumnya, setiap provider kartu mencantumkan format registrasi kartu baru pada bungkus Simcardnya. Jadi sebelum memulai proses registrasi ulang, pastikan kembali format yang benar agar registrasi tidak gagal berulang.

Nomor Salah Catat

Selanjutnya salah penulisan nomor juga dapat mempengaruhi proses registrasi kartu. Data yang salah tidak akan bisa diproses oleh sistem Indosat karena Identitas yang dimasukkan tidak terdeteksi.

Cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal adalah lakukan pengecekan ulang pada nomor yang telah dimasukkan sebelum mengkonfirmasi registrasi.

Pemakaian NIK Sudah Melebihi Batas

Batas penggunaan nomor NIK ditetapkan hanya untuk registrasi 3 kartu saja. Jika sudah melebihi batas yang ditetapkan maka nomor NIK tersebut sudah tidak bisa digunakan lagi untuk meregistrasi kartu baru.

Jika demikian, cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal selanjutnya yaitu unreg kartu sebelumnya yang sudah tidak digunakan lagi. Cara unreg kartu Indosat bisa dilakukan dengan menekan *123*4444# lalu klik “Panggil” atau “OK“. Kemudian pilih opsi UNREG, dan selesaikan proses Unreg selanjutnya hingga selesai.

Baca Juga :  2 Cara Pinjam Uang di Home Credit Secara Online dan Offline Bagi Pemula

Terjadi Masalah Jaringan

Proses registrasi bisa dilakukan sendiri melalui SMS ataupun Website. Kedua cara tersebut tentunya membutuhkan jaringan yang stabil agar bisa memproses pengajuan registrasi.

Apabila jaringan di lokasi kamu tidak bagus, wajar saja jika registrasi kartu gagal. Cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal karena masalah jaringan ialah dengan berpindah lokasi untuk mendapatkan jaringan yang lebih stabil. Selanjutnya lakukan registrasi ulang dengan cara yang benar.

Kartu Belum Terdaftar

Beberapa pengguna mengalami kendala gagal registrasi kartu Indosat karena nomor kartunya yang belum terdaftar. Untuk mengetahui nomor kartu Indosat sudah terdaftar atau belum, kamu bisa mengecek nya langsung pada situs https://myim3.indosatooredoo.com/ceknomor.

Selain itu, mungkin ada beberapa kendala lain yang membuat kartu Indosat baru kamu tidak bisa digunakan. Cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal demikian tentunya hanya dengan mengunjungi langsung gerai Indosat atau layanan online CS Indosat.

Cara Registrasi Kartu Indosat

Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal
Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal

Untuk menghindari kegagalan dalam proses registrasi, berikut ini kami sajikan cara registrasi kartu Indosat yang benar agar proses berhasil :

Cara Registrasi Kartu Indosat Melalui SMS

Cara registrasi kartu Indosat pertama kali bisa dilakukan melalui SMS. Berikut langkah-langkahnya :

  • Miliki Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) yang telah terdaftar di Dukcapil
  • Buka aplikasi pesan pada perangkat Kamu
  • Ketik Pesan dengan format: REG<spasi>NIK#Nomor KK#. Misalnya REG 123456789789#7894561323#
  • Kirim SMS tersebut ke nomor 4444.
  • Jika data yang kamu masukkan benar, maka kamu akan menerima notifikasi SMS bahwa proses registrasi kartu Indosat berhasil.

Cara Registrasi Kartu Indosat Melalui Website

Cara registrasi kartu Indosat berikutnya bisa dilakukan melalui website resmi dari Indosat. Berikut langkah-langkahnya :

  • Kunjungi website https://www.indosatooredoo.com pada perangkat yang kamu gunakan
  • Pilih menu Aktivasi Kartu Perdana pada beranda untuk masuk ke laman registrasi
  • Masukkan nomor kartu Indosat yang ingin didaftarkan dan pastikan kartu tersebut telah terpasang pada Handphone
  • Klik opsi Registrasi, lalu tunggu kode verifikasi melalui SMS
  • Apabila sudah diterima, masukkan kode verifikasi pada kolom yang tersedia di website Indosat sebelumnya
  • Selanjutnya masukkan NIK dan nomor KK pada kolom yang disediakan
  • Klik Verifikasi dan kartu Indosat kamu langsung di proses.
Baca Juga :  8 Cara Mendapatkan Barang Gratis Di Akulaku

Setelah melakukan langkah-langkah diatas, maka kamu akan mendapatkan konfirmasi bahwa “proses registrasi kartu Indosat telah berhasil“. Namun, jika notifikasi yang masuk menyatakan bahwa “registrasi tidak bisa diproses, atau Nomor NIK dan KK tidak bisa digunakan lagi” maka kamu harus segera mengecek apakah penggunaan NIK dan KK sudah melebihi batas.

Contact Center Indosat

Apabila kedua cara diatas belum berhasil dilakukan, maka cara registrasi yang terakhir ialah dengan menghubungi Contact center Indosat. Caranya juga cukup mudah, kamu hanya perlu menghubungi 185 atau 021 3000 3000, konfirmasi kendala registrasi kartu yang gagal pada CS.

CS Indosat akan membantu proses registrasi kartu Indosat. Sebelum itu, lengkapi beberapa data yang dibutuhkan seperti Nomor KTP, dan juga Nomor kartu keluarga untuk kebutuhan peregistrasian kartu.

Ciri-Ciri Kartu Indosat yang Rusak/Tidak Bisa Registrasi Deskripsi
Jam operasional Kerusakan fisik seperti patah, retak, atau aus pada kartu.
Kelipatan nominal Perubahan bentuk kartu yang tidak semestinya, bisa mengindikasikan kerusakan.
Mesin ATM penuh Bagian permukaan kartu yang mengelupas atau pecah dapat menghancurkan fungsi kartu.
Kartu tidak aktif Kontak pada kartu yang kotor atau terkorosi dapat menyebabkan masalah konektivitas.
Tidak ada koneksi Meskipun kartu dimasukkan dengan benar, ponsel tidak dapat membaca kartu dengan baik.
Kesalahan jumlah uang Kesulitan mengakses layanan, seperti gangguan sinyal atau koneksi data yang buruk.
Uang kotor atau rusak Kartu memiliki pita magnetik yang bisa rusak, menyebabkan kesalahan pembacaan data.
Tidak ada struk setoran Kartu tidak dapat terbaca atau terdeteksi oleh mesin ATM atau perangkat lainnya.
Limit setoran harian Ponsel menampilkan pesan kesalahan terkait kartu saat mencoba menggunakannya.
Gangguan sistem Kartu mengalami kesulitan dalam proses otentikasi atau pengenalan saat digunakan.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal
Cara Mengatasi Registrasi Kartu Indosat Yang Gagal

Itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi registrasi kartu Indosat yang gagal. Untuk menghindari kegagalan berulang, pastikan memahami beberapa syarat utama registrasi kartu yaitu memiliki nomor KTP dan juga Kartu keluarga yang telah terdaftar DUKCAPIL serta belum melebihi batas penggunaan.

Semoga pembahasan diatas bermanfaat, dan bisa menjawab kebingungan sobat ketika selalu gagal saat melakukan registrasi.

Back to top button