Tutorial

6 Cara Membatalkan Top Up ShopeePay Ke Rekening Bank Mudah

Cara Membatalkan Top Up ShopeePay ke rekening sebenarnya cukup mudah dilakukan, hanya dengan memastikan saldo tersebut belum masuk ke akun penerima ShopeePay saja maka transaksi akan dibatalkan

Namun cara membatalkan top up ShopeePay ini hanya bisa dilakukan melalui CS Shopee saja, karena sampai saat ini Shopee belum menghadirkan fitur pembatalan transkasi top up ShopeePay.

Apa Itu Top Up ShopeePay?

Top Up ShopeePay merupakan proses menambahkan dana atau saldo ke akun ShopeePay melalali layanan dompet digital atau rekening bank.

Melalui fitur ini, pengguna dapat memanfaatkan berbagai layanan pembayaran online di Shopee, seperti pembayaran belanja dan melakukan transfer uang kepada sesama pengguna ShopeePay atau rekening bank lainnya.

Untuk melakukan top up Shopeepay, pengguna dapat memilih berbagai metode pembayaran, seperti transfer bank, kartu kredit, atau melalui gerai retal mitra Shopee.

Nah, setelah berhasil melakukan top up, saldo ShopeePay akan bertambah sesuai dengan jumlah yang diisi dan memungkinkan pengguna dengan mudah bertransaksi tanpa perlu menggunakan uang tunai.

Cara Top Up ShopeePay

Cara Top Up ShopeePay
Cara Top Up ShopeePay

Selain untuk membayar belanjaan di Shopee, ShopeePay ini juga bisa kamu manfaatkan untuk pembayaran belanja online di berbagai gerai yang menyediakan layanan ini. Bagi kamu yang belum memahami cara top up ShopeePay, silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini.

Melalui Aplikasi Mobile Banking

Apabila ingin melakukan top up ShopeePay melalui aplikasi mobile banking, silahkan ikuti langkah-langkah selengkapnya dibawah ini.

  • Buka aplikasi Shopee di perangkat hp.
  • Masuk ke menu ShopeePay.
  • Pilih opsi Isi Saldo dan pilih bank tujuan, misalnya Bank BCA OneKlik.
  • Masukkan nominal top up yang diinginkan.
  • Pilih menu Bayar Sekarang dan klik Bayar.
  • Saldo ShopeePay berhasil ditambahkan setelah transaksi berhasil.
Baca Juga :  4 Syarat Pinjaman Online BRI Langsung Cair Tanpa Ribet

Lewat Kartu Debit

Selain itu, setiap pengguna juga bisa melakukan top up ShopeePay melalui kartu kredit dan untuk caranya sendiri cukup mudah, silahkan perhatikan panduan dibawah ini.

  • Masuk ke menu ShopeePay di aplikasi Shopee.
  • Pilih opsi Isi Saldo.
  • Pilih kartu kredit yang diinginkan dan klik Konfirmasi.
  • Masukkan nominal top up dan klik Bayar Sekarang.
  • Masukkan kode OTP lalu klik OK.
  • Saldo ShopeePay berhasil ditambahkan.

Transfer Bank atau Virtual Account

Isi saldo ShopeePay juga bisa dilakukan melalui transfer bank atau virtual account, untuk metodenya cukup mudah langsung saja ikuti tutorial berikut ini.

  • Silahkan masukkan kartu kredit ke ATM.
  • Masukkan PIN ATM kamu.
  • Pilih menu Bayar / Beli > Lainnya > Multi Payment.
  • Masukkan kode perusahaan 89308 dan tekan Benar.
  • Masukkan nomor virtual account yang terdiri dari tiga digit kode bank dan nomor telepon ShopeePay.
  • Lalu klik Benar.
  • Masukkan nominal top up dan klik Ya.
  • Saldo ShopeePay telah ditambahkan dan siap untuk digunakan.

Apakah Top Up ShopeePay Bisa Dibatalkan?

Belakangan ini banyak pengguna Shopee yang bertanya, “Apakah top up ShopeePay bisa dibatalkan?” Jadi, transaksi top up shopeepay yang sudah sukses tidak bisa dibatalkan meski pengguna sudah melaporkan ke pihak Shopee.

Namun, jika top up ShopeePay yang dilakukan sudah pending lebih dari 45 menit, transaksi tersebut bisa dibatalkan. Akan tetapi, proses pembatalan top up ShopeePay ini hanya bisa dilakukan oleh customer service Shopee saja.

Cara Membatalkan Top Up ShopeePay Pending

Cara Membatalkan Top Up ShopeePay Pending
Cara Membatalkan Top Up ShopeePay Pending

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya bahwa cara membatalkan top up ShopeePay hanya bisa dilakukan melalui CS Shopee. Namun pastikan top up yang kamu lakukan belum masuk atau panding minimal 45 menit setelah transaksi dilakukan.

Baca Juga :  2 Cara Mengetahui Baterai Speaker Bluetooth Penuh, Manual Dan Lewat Perangkat Terhubung

Berikut adalah langkah-langkah cara membatalkan top up ShopeePay yang masih pending yang bisa kamu coba, yakni diantaranya :

1. Hubungi CS Shopee

Langkah pertama sebagai cara membatalkan top up ShopeePay yang harus kamu lakukan yaitu mengubungi customer service Shopee. Kamu bisa menghubungi via telepon melalui 08001500702 atau lewat Live Chat.

Namun sebelum menghubungi pihak Shopee, pastikan kamu memiliki bukti riwayat transaksi top up ShopeePay panding. Karena dengan hal ini, akan memudahkan pihak Shopee untuk memproses kendala yang sedang kamu dapatkan.

2. Sampaikan Kendala Yang Dihadapi

Setelah terhubung dengan petugas customer service Shopee, cara membatalkan top up ShopeePay selanjutnya yaitu menyampaikan kendala yang sedang kamu alami sehingga ingin membatalkan transaksi tersebut.

Jadi pastikan kamu memberikan alasan yang logis dan kuat, agar pihak Shopee bisa membantu menangani kendala yang sedang kamu dapatkan.

3. Minta Saran Pada CS

Setelah permasalahan disampaikan, jangan ragu untuk meminta saran atau solusi pada petugas. Apabila memiliki pertanyaan tambahan selain cara membatalkan top up ShopeePay, kamu bisa menanyakannya sesegera mungkin untuk mendapatkan informasi yang lebih valid.

4. Tunggu CS Melakukan Verifikasi Data

Cara membatalkan top up ShopeePay yang pending terakhir adalah menunggu CS melakukan pengecekan terkait kendala yang telah kamu sampaikan. Pasalnya, pembatalan transfer bisa diproses apabila transaksi yang dilakukan belum sukses dan dana ShopeePay belum ditambahkan.

Biasanya petugas akan meminta kamu untuk menunggu selama 2 x 24 jam hari kerja untuk melakukan pengecekan. Apabila kendala yang kamu dapatkan diterima, maka akan muncul notifikasi top up ShopeePay telah dibatalkan dan dana telah dikembalikan.

Cara Transfer ShopeePay ke Rekening Bank

Apabila saldo yang ada di ShopeePay kamu terlalu banyak, kamu bisa memindahkannya kembali ke rekening bank.Pasalnya, ShopeePay memungkin setiap pengguannya untuk mengirim saldo ShopeePay melalui layanan yang telah disediakan.

  • Buka aplikasi Shopee kamu.
  • Masuk ke menu ShopeePay.
  • Pilih opsi Transfer dan klik Bank / Virtual Account.
  • Klik Tambahkan Rekening / Virtual Account Baru.
  • Masukkan Nama Bank, No. Rek/Virtual Account, dan Klik Lanjutkan.
  • Otomatis akan muncul nama pemilik rekening.
  • Silahkan masukkan jumlah transfer dan klik Lanjutkan.
  • Masukkan PIN ShopeePay.
  • Saldo ShopeePay berhasil dikirim dan siap untuk digunakan.
Baca Juga :  Storysaver Instagram Downloader: Cara Menggunakan dan Fitur Andalan

Penyebab Top Up ShopeePay Tidak Bisa Dibatalkan

Penyebab Top Up ShopeePay Tidak Bisa Dibatalkan
Penyebab Top Up ShopeePay Tidak Bisa Dibatalkan

Meski sudah melakukan semua cara membatalkan top up ShopeePay diatas dengan benar, namun besar kemungkinan langkah tersebut akan gagal jika kamu tidak memenuhi ketentuan yang telah ditetapkan oleh pihak Shopee.

Beberapa faktor penyebab top up ShopeePay tidak bisa dibatalkan meski sudah melaporkan ke pihak customer service yaitu sebagai berikut.

Transaksi Sudah Berhasil

Cara membatalkan top up ShopeePay akan ditolak apabila transaksi yang dilakukan sudah berhasil dan jumlah saldo yang telah di top up sudah ditambahkan ke akun ShopeePay.

Pasalnya, sesuai ketentuan yang diberlakukan, dimana setiap pengguna berhak mengajukan permintaan pembatalan transaksi apabila sudah melewati batas ketentuan dan pengguna tidak bisa membatalkan top up ShopeePay jika saldo sudah ditambahkan.

Dokumen Pendukung Tidak Valid

Apabila kamu melaporkan transaksi top up ShopeePay yang ingin dibatalkan, biasanya akan diminta dokumen pendukung sebagai bukti yang akurat agar kendala yang kamu sampaikan segera di proses.

Nah, setelah petugas melakukan pengecekan terkait dokumen yang kamu lampirkan dan ternyata tidak valid, maka petugas akan menolak laporan yang telah kamu berikan.

Batas Waktu

Biasanya Shopee akan memberikan batas waktu komplain terhadap transaksi yang masih pending. Dimana waktu komplain bisa diajukan apabila transaksi top up ShopeePay pending sudah lebih dari 45 menit.

Apabila kamu menyampaikan kendala yang terjadi sebelum waktu yang ditentukan, pihak Shopee akan menyuruh kamu untuk menunggu selama waktu yang telah ditentukan. Jika setelah komplain transaksi masih pending, kamu akan disuruh menghubungi CS Shopee kembali.

Cara Membatalkan Transfer ShopeePay ke Akun Lain

Cara membatalkan transaksi top up ShopeePay ke akun lain juga dapat dilakukan dengan mudah dan praktis, karena hanya dengan menunggu saldo di refund selama 1 x 24 jam maka saldo akan dibatalkan otomatis.

Namun, proses pembatalan ini hanya berhasil dilakukan apabila saldo belum berhasil masuk ke akun ShopeePay pengguna lain.

Bukan hanya itu saja, saldo juga akan ditahan jika nomor handphone penerima belum terdaftar di aplikasi Shopee atau fitur ShopeePay belum diaktifkan sebelumnya.

Postingan Menarik Lainnya : 8 Cara Mengatasi Ongkir Yang Mahal di Shopee Terbaru 

Akhir Kata

Cara Membatalkan Top Up ShopeePay
Cara Membatalkan Top Up ShopeePay

Dari pembahasan cara membatalkan top up ShopeePay diatas dapat disimpulkan bahwa, proses refund dana bisa berhasil dilakukan apabila dana belum sampai ke akun ShopeePay penerima dan nomor handphone penerima belum terdaftar di aplikasi Shopee atau fitur ShopeePay belum diaktifkan sebelumnya.

Back to top button