Tutorial

4 Cara Agar Video TikTok Tidak Buram Di Android

Sebelum merekam video TikTok di android, ada baiknya anda pahami cara agar video TikTok tidak buram di android berikut ini.

Sebab masalah video TikTok buram bukanlah masalah baru yang jarang terjadi melainkan hampir setiap pengguna aplikasi hiburan TikTok pasti sudah pernah mengalaminya.

Kira-kira apa saja faktor yang jadi penyebabnya dan bagaimana cara mengatasi masalah video TikTok yang buram agar video TikTok kamu bisa masuk dalam halaman fyp nantinya?

Simak penjelasannya di bawah ini.

Kenapa video TikTok pecah atau buram?

penyebab video TikTok buram
penyebab video TikTok buram

Saat video TikTok yang telah anda upload ternyata buram atau pecah pasti akan menimbulkan rasa jengkel atau marah dalam diri anda bukan?

Apalagi jika sebelumnya anda sudah yakin bahwa video tersebut pasti akan masuk ke halaman fyp TikTok nantinya.

Selain tidak terlihat dengan jelas, video TikTok yang telah anda upload pasti tidak akan mendapatkan like dari pengguna lain bahkan follower-follower baru nantinya.

Lantas, apa saja faktor yang jadi penyebab utama video TikTok menjadi buram bahkan tidak dapat terlihat sama sekali di ponsel android anda?

Umumnya, faktor terbesar yang menjadi penyebab utama tampilan video TikTok menjadi buram atau pecah yakni koneksi internet yang anda miliki kurang stabil.

Dimana hal tersebut tentu akan berdampak pada lemahnya fungsi beberapa aplikasi yang ada di ponsel anda termasuk TikTok sehingga tentu di perlukan lebih banyak lagi kuota internet untuk menjalankan aplikasi tersebut agar kembali ke kondisi yang lebih stabil lagi nantinya.

Disamping turunnya kinerja aplikasi TikTok, koneksi internet yang lemah juga bisa mempengaruhi kualitas video TikTok yang barusan saja anda upload atau anda rekam.

Merekam video TikTok dengan kamera depan juga bisa menjadi penyebab buramnya video TikTok di ponsel anda.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini 5 Cara Cek Unfollow Instagram Tanpa Aplikasi Tambahan

Mengapa? alasannya karena kualitas kamera depan biasanya lebih kecil dibandingkan dengan kamera belakang untuk sebuah ponsel android dan hal ini bisa anda bandingkan dengan penggunaan kamera belakang untuk hasil yang lebih bagus lagi nantinya.

Disisi lain, penggunaan fitur penghemat data bawaan yang ada di ponsel anda juga bisa mendatangkan pengaruh yang cukup besar pada video TikTok yang hendak anda upload nantinya.

Sebab dengan berkurangnya jatah internet yang diterima oleh ponsel anda akan mempengaruhi semua aktivitas yang terjadi di dalamnya termasuk resolusi video TikTok yang diunggah.

Untuk itu, perlu di lakukan sejumlah cara agar video TikTok tidak buram di android di bawah ini.

Cara agar video TikTok tidak buram di android

cara agar video TikTok tidak buram di android
cara agar video TikTok tidak buram di android

Terkait dengan masalah video TikTok yang buram atau bahkan tidak terlihat, kami telah menyajikan beberapa cara agar video TikTok tidak buram di android.

Cara-cara berikut ini sebenarnya berlaku untuk semua tipe atau jenis hp namun tetap di khususkan bagi para pengguna handphone android saja ya sobat.

1. Gunakan alat rekam video yang memadai

Menggunakan atau memilih alat rekam video yang baik ternyata sampai saat ini masih menjadi kunci utama untuk cara agar video TikTok tidak buram di android.

Sebab dengan bantuan alat rekam video seperti tongkat lighting, microphone dan alat rekam video lainnya bisa membantu anda untuk mewujudkan tampilan video TikTok yang lebih terang, tidak terlihat buram dan jelas.

Sedangkan untuk mendapatkan benda-benda tersebut anda bisa mengunjungi peralatan elektronik terdekat atau platform penjualan online seperti shopee, tokopedia dan sebagainya.

Jika anda sudah menggunakan berbagai alat bantu rekam video yang kami maksudkan diatas maka  tampilan video TikTok anda mungkin sedikit lebih baik atau tidak buram lagi.

2. Gunakan kamera belakang saat rekam video di TikTok

gunakan kamera belakang saat rekam video di TikTok
sumber gambar : cdn.idntimes.com

Seperti yang telah kita bahas sebelumnya bahwa salah satu faktor yang bisa membuat video TikTok menjadi buram atau kabur yakni kualitas kamera yang anda miliki.

Sehingga menggunakan kamera belakang untuk menangkap video di TikTok mungkin bisa jadi solusi untuk cara agar video TikTok tidak buram di android selanjutnya.

Namun sebelum merekam video menggunakan kamera belakang, lebih baik anda pastikan terlebih dahulu jumlah piksel kamera yang anda miliki.

Baca Juga :  5 Cara Cek Bantuan Simpel BRI Lewat HP dan Besar Dana Bantuannya

Jika ternyata kamera belakang ponsel android anda mempunyai jumlah piksel yang lebih rendah dibandingkan dengan kamera depan maka sebaiknya anda tidak menggunakan cara cara agar video TikTok tidak buram di android yang satu ini.

Lalu jika ternyata tidak maka silahkan anda gunakan kamera belakang ponsel anda saat sedang rekam video di TikTok.

Perlu anda ketahui juga bahwa teknik pengambilan video dengan sudut angle yang bagus juga bisa menambah ke aesthetic an video TikTok anda.

3. Pastikan koneksi internet dalam keadaan stabil

Memilih koneksi internet yang tepat merupakan salah satu cara agar video TikTok tidak buram di android yang bisa anda lakukan saat ini.

Memang memilih koneksi internet membutuhkan proses yang cukup ribet karena anda wajib menggunakan kartu yang memiliki jaringan yang cukup di daerah anda

Bukan hanya itu, anda juga wajib mencari tau titik sinyal terbaik di sekitar anda agar proses rekaman video di TikTok tidak terkendala.

Akan tetapi jika saat merekam video di TikTok ternyata kedua cara tersebut tidak berfungsi maka anda bisa menggantinya dengan menggunakan wifi, tethering hotspot dan sebagainya.

4. Matikan fitur data saver di aplikasi TikTok anda

Jika penyebab video TikTok menjadi buram berasal dari fitur data saver yang ada di ponsel anda yang ternyata aktif maka segera matikan fitur tersebut dengan tahapan berikut ini.

Tujuannya agar setiap video TikTok yang anda ambil melalui halaman aplikasi TikTok tidak akan buram dan akan tetap bagus nantinya.

Berikut langkah-langkah menonaktifkan fitur data saver di aplikasi TikTok:

  • Buka aplikasi TikTok yang ada di ponsel anda
  • Klik menu profil dan klik icon titik tiga yang ada di sudut kanan atas halaman
  • Saat masuk ke menu settings dan privacy pilih menu data saver/penghemat data
  • Klik tombol bulat ke kiri untuk menonaktifkannya
  • Silahkan unggah kembali video ke TikTok anda

Itulah 4 cara agar video TikTok tidak buram di android yang wajib anda coba untuk mengubah tampilan video TikTok anda menjadi lebih menarik, indah dan tentunya bisa terlihat dengan jelas oleh siapa saja.

Cara membuat video menjadi HD tanpa aplikasi

cara membuat video dengan kualitas HD
cara membuat video dengan kualitas HD

Apabila cara agar video TikTok tidak buram di android yang sebelumnya ternyata tidak cukup membantu anda untuk menambah kualitas video TikTok anda

Baca Juga :  5 Cara Menghilangkan Coretan Di Status WA Orang Lain paling Mudah

Maka anda bisa gunakan cara membuat video menjadi HD tanpa aplikasi berikut ini:

  1. Buka aplikasi browser anda dan ketik pencarian online converter
  2. Kemudian, pilih menu video converter dan klik select target format
  3. Lalu tentukan format video yang anda inginkan
  4. Selanjutnya, klik kolom choose file dan upload file anda atau anda juga bisa memasukkan tautan dari video yang hendak anda upload di TikTok nantinya
  5. Atur resolusi video menjadi HD dan ubah pengaturan lainnya jika di butuhkan
  6. Klik start conversion untuk mulai mengubah kualitas video menjadi HD
  7. Download untuk menyimpan video yang telah di ubah

Setelah seluruh tahapan diatas selesai dengan baik maka video yang telah di download bisa anda unggah di akun TikTok anda dan dijamin hasilnya pasti bisa terlihat maksimal atau tidak buram.

Aplikasi Pembuat Video Tiktok menjadi HD

Jika cara yang telah dijelaskan di atas masih belum berhasil, maka kita perlu menggunakan bantuan dari aplikasi, aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat Video Tikttok menjadi HD cukup banyak, namun disini Mocipay akan menyarankan menggunakan Aplikasi Venlow.

Venlow
Venlow

Download Aplikasi Venlow

Nama Aplikasi Venlow – Pembuat Status Video
Developer ZipoApps
Ukuran 18 MB
Rating 4,5
Link PlayStore VENLOW
Tips Agar Video TikTok Tidak Buram di Android Penjelasan
Pastikan Koneksi Internet Stabil Koneksi internet yang lambat atau tidak stabil dapat menyebabkan buffering saat memutar video. Pastikan Anda terhubung ke jaringan Wi-Fi yang baik atau memiliki sinyal data seluler yang kuat. Jika koneksi Anda buruk, video mungkin akan buram.
Tutup Aplikasi Lain Aplikasi lain yang berjalan di latar belakang dapat mengganggu kinerja TikTok. Tutup aplikasi yang tidak Anda gunakan untuk mengalokasikan lebih banyak sumber daya perangkat kepada TikTok.
Perbarui Aplikasi TikTok Pastikan aplikasi TikTok Anda diperbarui ke versi terbaru. Pembaruan perangkat lunak dapat memperbaiki masalah kompatibilitas dan meningkatkan kinerja secara keseluruhan.
Hapus Cache dan Data TikTok Cache dan data yang terakumulasi dalam aplikasi TikTok dapat memengaruhi kinerja. Anda dapat membersihkannya dari pengaturan Android Anda. Buka “Pengaturan” > “Aplikasi” > “TikTok” > “Penyimpanan” dan pilih “Hapus Cache” dan “Hapus Data.”
Matikan Efek Visual yang Berlebihan Efek visual yang berlebihan dalam video TikTok, seperti filter yang rumit atau efek khusus, dapat mempengaruhi kinerja. Gunakan efek dengan bijak dan hindari yang terlalu berat.

Penutup

Cara Agar Video TikTok Tidak Buram Di Android
Cara Agar Video TikTok Tidak Buram Di Android

Dengan seluruh cara agar video TikTok tidak buram di android tersebut kini anda bisa merekam video bahkan mengupload video di TikTok tanpa takut terlihat kabur, tidak terlihat jelas dan sebagainya.

Mari gunakan tahapan cara agar video TikTok tidak buram di android sepuasnya sesuai kebutuhan anda dan semoga bermanfaat.

Back to top button