Tutorial

4 Cara Membersihkan Nama Di OJK Lengkap Dengan Tipsnya

Cara Membersihkan Nama Di OJK dapat dilakukan dengan dua metode yaitu dengan melunasi cicilan kredit dan membuat laporan ke pihak bank atau lembaga keuangan terkait. Metode ini bisa dilakukan apabila nasabah sudah melunasi tagihan yang tersedia.

Sebagai alternatif, nasabah bisa melakukan negosiasi kepada pihak kreditur. Proses negosiasi ini bisa dilakukan apabila jumlah tagihan atau kredit sudah hampir lunas dan ini tidak selalu berhasil dilakukan.

Apa Itu BI Checking atau SLIK OJK?

Apa Itu BI Checking atau SLIK OJK
Apa Itu BI Checking atau SLIK OJK

BI Checking atau Sistem layanan keuangan (SLIK) OJK adalah mekanisme yang digunakan oleh Bank Indonesia dalam rangka memverifikasi untuk melakukan pengecekan terhadap riwayat kredit seseorang, seperti pinjaman.

Tujuan utama dari BI Checking adalah untuk memastikan integritas sistem keuangan dan melindungi bank serta lembaga keuangan lainnya dari risiko kredit yang tinggi.

Proses ini memastikan keterbukaan informasi dalam industri keuangan dan membantu mencegah penyalahgunaan pinjaman serta meningkatkan keamanan sistem keuangan secara keseluruhan.

Penyebab Seseorang Masuk ke Daftar Blacklist BI Checking

Penyebab Seseorang Masuk ke Daftar Blacklist BI Checking 
Penyebab Seseorang Masuk ke Daftar Blacklist BI Checking

Secara umum, seseorang masuk ke dalam daftar blacklist BI Checking disebabkan oleh nasabah yang tidak membayar cicilan kredit atau pinjaman. Pasalnya, ketidakmampuan dalam pembayaran kepada bank atau lembaga keuangan pemberi pinjaman dapat berdampak negatif pada skor kredit.

Dampak yang biasa diterima oleh nasabah ketika tidak melakukan pembayaran atau terlambat melunasi cicilan kredit yaitu mendapatkan skor kredit yang cukup tinggi.

Baca Juga :  Cara Melihat Password Facebook Sendiri Di Hp Terbaru

Karena fakta nya, keterlambatan pembayaran cicikan akan memperburuk riwayat kredit di mata bank atau lembaga keuangan terkait. Risiko blacklist juga akan semakin tinggi apabila nasabah tidak dapat melunasi tagihan sama sekali.

Jika nasabah sudah masuk ke dalam daftar blacklist, pengajuan kredit ke bank dan lembaga keuangan lain akan semakin sulit dilakukan meski sudah melakukan cara membersihkan nama di OJK.

Apakah Bisa Membersihkan Nama di OJK?

Sampai saat ini masih banyak pertanyaan tentang “Apakah bisa membersihkan nama di ojk?” Blacklist BI Checking bisa dibersihkan apabila nasabah sudah melunasi kredit atau utang yang masih tersedia saat ini.

Karena bank dan lembaga keuangan lain memberikan ketentuan yang ketat pada setiap nasabah yang melakukan pinjaman. Nasabah juga bisa melakukan negosiasi dengan pihak kredit untuk membersihkan blacklist BI Checking dengan catatan, cicilan yang tersedia sudah hampir lunas.

Cara Membersihkan Nama Di OJK

Cara Membersihkan Nama Di OJK
Cara Membersihkan Nama Di OJK

Ada empat metode cara membersihkan nama di OJK agar pengajuan pinjaman selanjutnya di setujuin dan skor kredit meningkat. Salah satunya yaitu dengan melunasi semua kredit atau utang yang masih tertinggal.

Namun sebelum melakukan membersihkan nama di OJK atau blacklist BI Checking ada beberapa dokumen yang harus persiapkan terlebih dahulu, seperti :

  • Fotocopy KTP
  • Fotocopy NPWP (jika ada)
  • Fotocopy bukti pembayaran cicilan kredit
  • Fotocopy bukti pembayaran tagihan kartu kredit (jika ada)
  • Fotocopy bukti pembayaran pinjaman online yang belum lunas (jika ada)

Jika beberapa dokumen tersebut bisa dilengkapi, berikut cara membersihkan nama di OJK yang bisa kamu coba dengan mudah dan praktis.

Baca Juga :  5 Cara Memperbaiki Video Yang Terbalik Menggunakan Aplikasi

1. Lunasi Kredit atau Utang

Cara membersihkan nama di OJK pertama yaitu dengan melunasi kredit atau utang masih tersisa/tertungga. Karena jika masih memiliki pinjaman di suatu bank, maka kamu tidak akan bisa memperoleh pinjaman dari bank lain.

Nah, adanya pinjaman atau utang yang belum terbayar kan akan membuat nama kamu terdaftar di OJK dan memiliki rating kredit yang tidak baik. Karena bank memiliki syarat pinjaman, dimana peminjam harus bebas dari utang.

2. Lakukan Negosisasi dengan Pihak Kreditur

Biasanya beberapa lembaga menerima negosiasi dengan pihak kreditur, ini termasuk cara membersihkan nama di OJK dengan mudah. Proses negosiasi ini bisa dilakukan apabila jumlah tagihan atau kredit sudah hampir lunas dan alasan yang diberikan bisa diterima oleh kreditur.

Jika negosiasi diterima, pihak kreditur akan memberikan keringanan berupa perpanjangan tenor untuk meringankan cicilan yang akan dilakukan selanjutnya.

3. Buat Laporan ke Pihak OJK

Jika hutang sudah dilunasi sepenuhnya biasanya akan ada proses verifikasi dan penghapusan nama dari daftar Blacklis BI Checking atau SLIK OJK. Umumnya, proses ini hanya membutuhkan waktu beberapa minggu dan bulan tergantung kebijakan dari masing-masing lembaga terkait.

Namun apabila namun kamu belum juga bersih dari OJK setelah hampir 1 tahun, sebaiknya laporkan ke lembaga terkait agar nama bersih dari OJK. Karena hal ini sangat berpengaruh terutama bagi kamu yang ingin melakukan pinjaman selanjutnya di bank lain.

4. Menunggu Proses Penghapusan Nama dari Daftar OJK

Setelah melunasi semua utang dan pinjaman, kamu bisa memantau skor kredit yang dimiliki. Cara membersihkan nama di OJK terakhir yaitu dengan menunggu proses penghapusan nama dari daftar Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya biasanya ini membutuhkan waktu beberapa minggu hingga bulan.

Baca Juga :  3 Tahap Cara Melihat Virtual Account DANA, Lengap Kode Virtual Account Bank

Berapa Lama Nama Bersih dari OJK Setelah Pelunasan?

Berapa Lama Nama Bersih dari OJK Setelah Pelunasan
Berapa Lama Nama Bersih dari OJK Setelah Pelunasan

Durasi yang dibutuhkan untuk membersihkan skor BI Checking biasanya berbeda-beda untuk setiap individu. Beberapa nama nasabah akan bersih dalam dalam hitungan bulan, namun ada juga yang membutuhkan waktu dalam hitungan tahun.

Setelah kredit atau cicilan sudah dilunasi, pihak bank atau lembaga akan menerbitkan Surat Keterangan Lunas (SLK). Dokumen tersebut dapat digunakan sebagai bukti sah bahwa semua tunggakan cicilan sudah dilunasi sehingga cara membersihkan nama di OJK berhasil dilakukan.

Jadi selama menunggu skor BI Checking berubah, nasabah bisa menggunakan surat tersebut untuk keperluan administrasi yang dibutuhkan atau sebagai cara membersihkan nama di OJK.

Untuk itu perlu dicatat, BI Checking tidak bisa bersih sendiri, artinya BI Checking hanya bisa dibersihkan apabila nasabah sudah melunasi cicilan sepenuhnya.

Tips Mempercepat Proses Membersihkan Nama Dari Blacklist BI Checking

Nah, agar proses verifikasi dan penghapusan nama dari blacklist BI Checking segera diperbaharui, ada beberapa tips yang bisa kamu coba dengan mudah dan praktis, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Pastikan dokumen yang dilampirkan sudah lengkap dan sesuai dengan persyaratan yang diminta.
  • Pastikan membayar cicilan sebelum tanggal jatuh tempo
  • Ambil kredit sesuai dengan kemampuan keuangan yang kamu miliki.
  • Hindari mengajukan permohonan penghapusan nama jika masih memiliki tunggakan pembayaran pinjaman online atau cicilan kredit.
  • Pahami batas penggunaan kredit yang akan memperburuk skor kredit kamu di masa yang mendatang.
  • Hindari mengajukan permohonan penghapusan nama jika belum melakukan pembayaran pinjaman online atau cicilan kredit yang sudah jatuh tempo.
  • Hindari mengajukan permohonan penghapusan nama apabila masih memiliki tagihan kartu kredit yang belum dibayar.

Postingan Menarik Lainnya : 6 Aplikasi Jual Beli Saham Terbaik di Indonesia, Terdaftar di OJK!

Akhir Kata

Cara Membersihkan Nama Di OJK
Cara Membersihkan Nama Di OJK

Dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa blacklis BI Checking bisa dibersihkan apabila nasabah sudah melunasi cicilan kredit yang dilakukan. Setelah semua tagihan sudah dilunasi pihak bank atau lembaga akan menerbitkan Surat Keterangan Lunas (SLK). Durasi yang dibutuhkan untuk membersihkan skor BI Checking biasanya berbeda-beda untuk setiap individu tergantung riwayat pembayaran yang dilakukan sebelumnya.

Back to top button