Tutorial

5 Format dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Benar

Zaman sekarang ini, masih ada sebagian besar orang tua, wali ataupun siswa yang terkadang masih kebingungan mengenai tata cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar, baik itu untuk jenjang SD, SMP maupun SMA.

Jika Anda di rumah termasuk salah satu orang yang masih bingung dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah, maka sebaiknya perlu menyimak ulasan lengkap di artikel berikut. Dengan demikian, maka Anda akan lebih mudah membuat surat izin tidak masuk sekolah sesuai dengan keperluan yang sedang dialami.

Format dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Tepat

Format dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Tepat
Format dan Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah yang Tepat

Bagi setiap siswa yang menempuh pendidikan di sekolah tertentu, umumnya memiliki yang namanya kewajiban dalam mematuhi peraturan sekolah yang sudah ditetapkan di dalamnya. Akan tetapi seiring dengan berjalannya waktu, terkadang masih banyak siswa yang sering kali menyepelekan dan kurang memperhatikan mengenai peraturan sekolah tersebut. Salah satu contoh yang paling sering terjadi disini, yakni mengenai penggunaan surat izin tidak masuk sekolah.

Pada dasarnya, setiap siswa yang terpaksa harus abses karena alasan / kepentingan tertentu, sudah seharusnya untuk mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah kepada pihak sekolah. Yang mana dalam pembuatan surat tersebut, harus sesuai dengan format dan tata cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar.

Dengan adanya surat izin tidak masuk sekolah tersebut, maka pihak sekolah akan mengetahui alasan ketidakhadiran siswa tersebut dan membebaskan dari semua sanksi atau hukuman yang ditetapkan. Oleh karena itulah, penting bagi Anda untuk membuat surat izin tidak masuk sekolah jika sedang sakit ataupun karena keperluan mendesak lainnya.

Dengan membuat surat izin tidak masuk sekolah, maka Anda akan terhindar dari sanksi atau hukuman dari pihak sekolah. Sebelum kita membahas mengenai format dan tata cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar, ada baiknya Anda menyimak beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah di tabel keterangan berikut ini.

Contoh Surat Izin Tidak Masuk Sekolah Keterangan
Surat izin tidak masuk sekolah karena sakit. Surat izin yang dibuat karena kondisi seseorang sedang sakit, dan membutuhkan istirahat yang cukup.
Surat izin tidak masuk sekolah karena penyakit. Surat izin yang dibuat, apabila seseorang sedang menderita suatu penyakit tertentu dan tidak memungkinkan untuk berangkat sekolah.
Surat izin tidak masuk sekolah karena menghadiri acara pernikahan sanak saudara. Surat izin yang dibuat, jika seseorang harus menghadiri acara pernikahan saudara seperti misalnya kakak kandung.
Surat izin tidak masuk sekolah dengan melampirkan surat keterangan dari dokter. Surat izin yang dibuat dengan melampirkan surat keterangan dari dokter.
Surat izin tidak masuk sekolah karena kecelakaan. Surat izin tidak masuk sekolah yang dibuat, apabila seseorang mengalami kecelakaan dan harus menjalani perawatan intensif di rumah sakit.
Surat izin tidak masuk sekolah karena harus menjalani rawat inap di rumah sakit. Surat izin yang dibuat, jika seseorang menderita penyakit yang tidak terlalu parah, akan tetapi perlu menjalani rawat inap di rumah sakit selama beberapa hari.
Surat izin tidak masuk sekolah dari pihak wali ataupun bapak / ibu kost. Surat izin yang dibuat oleh wali seperti bapak / ibu kost, jika seseorang tinggal di luar kota dan jauh dari orang tua.
Surat izin tidak masuk sekolah karena  ada keperluan penting. Surat izin tidak masuk sekolah, yang bisa dibuat jika seseorang sedang ada keperluan penting yang tidak bisa ditinggalkan.
Surat izin tidak masuk sekolah karena  acara keluarga. Surat izin yang dibuat, apabila seseorang harus menghadiri acara keluarga di waktu tertentu.
Surat izin tidak masuk sekolah karena ada kegiatan. Surat izin tidak masuk sekolah, yang dibuat jika seseorang sedang ada kegiatan di luar sekolah dan tidak bisa ditinggalkan.
Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Headset Bluetooth Mati Sebelah dengan Mudah: Pasti Berhasil!

Jika tadi kita sudah mengenal beberapa contoh surat izin tidak masuk sekolah, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai tips cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar. Secara umum, pembuatan surat izin tidak masuk sekolah sendiri sangat mudah dibuat oleh semua kalangan. Hanya saja, dalam proses pembuatan surat izin tidak masuk sekolah tersebut, Anda perlu mengetahui beberapa format penting di dalamnya.

Karena alasan itulah, di bawah ini akan kita bahas secara lebih mendalam mengenai tips cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar yang bisa Anda praktik kan sendiri di rumah. Sehingga jika Anda sewaktu-waktu harus izin sekolah karena sakit atau karena keperluan tertentu, maka sudah bisa membuat surat izin tidak masuk sekolah dengan baik dan benar.

  • Tentukan Tujuan Pengiriman Surat yang Dibuat

    Tentukan Tujuan Pengiriman Surat yang Dibuat
    Tentukan Tujuan Pengiriman Surat yang Dibuat

Salah satu tips penting dalam menerapkan cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar, yakni pastikan Anda tahu tujuan pengiriman surat yang dibuat tersebut. Sebab seperti yang kita ketahui bersama, bahwasanya setiap surat umumnya memiliki tujuan pengiriman surat di dalamnya. Pada bagian tujuan pengiriman surat ini, akan kita ketahui siapa penerima surat izin tidak masuk sekolah yang Anda buat nantinya.

Apakah tujuan pengiriman surat tersebut diberikan kepada pihak kepala sekolah, wali kelas, guru mata pelajaran atau pihak lain yang bersangkutan. Adapun dalam penulisan tujuan pengiriman surat sendiri, Anda perlu memperhatikan penulisan kata “Kepada”. Jika dalam penulisan surat izin tidak masuk sekolah, Anda menggunakan kata “Kepada”, maka Anda tidak perlu lagi menggunakan kata “Yth.” dan begitu pun sebaliknya.

Baca Juga :  6 Cara Top Up PUBG dengan Pulsa Telkomsel di Mocipay, Codashop dan Duniagames

Baca Juga: Rincian Biaya Uji Lab Kosmetik Berdasarkan Jenis Pengujian

  • Berikan Alasan Izin Tidak Masuk Sekolah yang Jelas

Dalam tips cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar berikutnya, biasanya akan ada alasan yang melatarbelakangi kenapa seseorang tidak bisa hadir di sekolah tersebut. Oleh karena itulah, pastikan ketika Anda membuat surat izin tidak masuk sekolah, tuliskan alasan izin tidak masuk sekolah yang jelas dan rinci.

Beberapa alasan yang biasanya digunakan dalam pembuatan surat izin tidak masuk sekolah antara lain seperti sakit, acara keluarga, kecelakaan ataupun beberapa alasan lain. Ketika menuliskan alasan dalam penerapan cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar, Anda sebaiknya menyampaikan alasan tersebut dengan jelas dan masuk akal. Sebab, hal inilah yang nantinya akan menentukan apakah surat izin yang Anda buat tersebut diterima atau tidak oleh pihak sekolah.

  • Cantumkan Tanggal dan Tempat Pembuatan Surat

    Cantumkan Tanggal dan Tempat Pembuatan Surat
    Cantumkan Tanggal dan Tempat Pembuatan Surat

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda cantumkan dalam penerapan cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, yaitu mengenai tanggal dan tempat pembuatan surat. Bisa kita lihat, bahwasanya di setiap surat biasanya sering kali dilampirkan tanggal dan tempat pembuatan surat.

Dengan melampirkan keterangan ini pada surat izin tidak masuk sekolah, maka akan memudahkan bagi penerima surat untuk mengetahui kapan dan dimana surat itu dibuat. Maka dari itulah, pastikan Anda untuk mencantumkan keterangan tanggal dan tempat pembuatan surat tersebut. Sehingga, surat yang dibuat akan sesuai dengan penerapan pembuatan surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar.

  • Berikan Alamat Tujuan Surat

Tidak hanya mengenai tanggal dan tempat pembuatan surat saja, alamat tujuan surat juga penting untuk Anda cantumkan ketika menerapkan cara membuat surat izin tidak masuk sekolah. Hampir sama seperti kegunaan dari pemberian tanggal dan tempat pembuatan surat, adanya keterangan alamat tujuan surat ini juga akan memudahkan penerima surat untuk mengetahui tujuan surat itu dibuat.

Baca Juga :  4 Cara Merekam Percakapan Telepon Tanpa Aplikasi

Untuk menuliskan alamat tujuan surat sendiri, Anda bisa menuliskan alamat sekolah itu sendiri. Sebagai contoh jika Anda bersekolah di Jalan Mekar Sari, maka Anda tinggal tuliskan saja alamat sekolah tersebut di bagian surat izin tidak masuk sekolah. Dengan demikian, maka pihak penerima tahu bahwa surat yang Anda buat memang ditujukan untuk sekolah tersebut.

  • Tuliskan Isi Surat dengan Bahasa Jelas dan Sopan

    Tuliskan Isi Surat dengan Bahasa Jelas dan Sopan
    Tuliskan Isi Surat dengan Bahasa Jelas dan Sopan

Hal yang tidak kalah penting untuk Anda perhatikan ketika akan menerapkan cara membuat surat izin tidak masuk sekolah, yakni tuliskan isi surat dengan bahasa yang jelas dan sopan. Dalam kaitannya dengan hal tersebut, isi surat biasanya akan menjelaskan secara lebih detail mengenai alasan kenapa Anda tidak masuk sekolah di waktu tersebut.

Disini, Anda bisa menuliskan bagian isi surat dengan menggunakan bahasa yang singkat, jelas dan sopan untuk memudahkan pembaca memahami isi surat tersebut. Adapun sebelum menuliskan isi surat, pastikan Anda sudah menuliskan bagian salam pembuka, kalimat pembuka surat, isi surat dan salam penutup surat. Dan yang terpenting, jangan lupa Anda tuliskan nama pengirim surat tersebut beserta dengan tanda tangan pengirim surat.

Apa Saja Hal yang Perlu Diperhatikan dalam Pembuatan Surat Izin Tidak Masuk Sekolah?

Apabila Anda sudah memahami beberapa tips cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar di atas, maka selanjutnya Anda perlu mengetahui beberapa hal penting di dalamnya. Dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah, penting bagi Anda untuk memperhatikan beberapa hal di antaranya seperti berikut.

  1. Dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah, pastikan Anda menggunakan jenis kertas HVS. Hal ini bukan tanpa alasan dilakukan, yakni agar surat izin tidak masuk sekolah yang dibuat terlihat lebih rapi dan juga sopan.
  2. Selanjutnya, pastikan juga agar dalam membuat surat izin tidak masuk sekolah tidak ada yang namanya coretan di kertas HVS tersebut. Apabila ada kesalahan dalam penulisan, maka sebaiknya Anda mengganti kertas dengan yang baru. Hindari juga penggunaan alat seperti tipe-X untuk meralat tulisan di kertas HVS.
  3. Ketika membuat surat izin tidak masuk sekolah, usahakan Anda menulis dengan tangan dan menggunakan bolpoin berwarna hitam.
  4. Adapun hal penting lainnya yang perlu Anda perhatikan baik-baik, yakni pastikan membuat surat izin tidak masuk sekolah dengan menggunakan amplop. Ini dilakukan dengan tujuan, agar surat izin tidak masuk sekolah yang dibuat lebih terlihat rapi dan sopan.
Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah
Cara Membuat Surat Izin Tidak Masuk Sekolah

Demikianlah tadi penjelasan penting bagi Anda mengenai beberapa tips cara membuat surat izin tidak masuk sekolah yang baik dan benar. Dengan mengetahui informasi tersebut, maka Anda bisa langsung mempraktikkan cara pembuatan surat izin tidak masuk sekolah sesuai dengan format penulisan yang tepat.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button