Tutorial

8 Cara Mempercepat Jaringan Indosat, Browsing Langsung lancar

Cara mempercepat Jaringan Indosat saat ini menjadi pencarian yang sangat populer khususnya bagi pengguna provider Indosat yang ada di Indonesia.

Indosat merupakan salah satu provider telekomunikasi terbesar di Indonesia yang menyediakan layanan jaringan seluler dan juga internet.

Namun, terkadang pengguna Indosat mengalami masalah dengan kecepatan jaringan yang lama ketika sedang melakukan browsing maupun membuka aplikasi yang membutuhkan jaringan internet.

Meskipun hal tersebut terjadi, akan tetapi ada beberapa langkah yang dapat dilakukan agar jaringan Indosat yang digunakan kembali stabil dan lancar. Untuk informasi selengkapnya, simak penjelasan dibawah ini.

Cara Mempercepat Jaringan Indosat Ooredoo

Mempercepat jaringan Indosat menjadi hal yang sangat penting dilakukan, karena jaringan yang cepat dan stabil dapat memberikan pengalaman internet yang lebih baik bagi pengguna.

Ada beberapa cara mempercepat jaringan Indosat yang dapat kamu lakukan dengan mudah tanpa harus menganti ke perangkat yang baru. Berikut cara mempercepat jaringan Indosat, diantaranya :

1. Setting Jaringan 4G

Cara mempercepat jaringan Indosat yang pertama yaitu dengan mengganti jaringan ke 4G LTE. Karena saat ini jaringan 4G LTE Indosat lebih lancar dibandingkan jaringan 3G atau 2G.

Namun pastikan terlebih dahulu perangkat atau lokasi keberadaan kamu saat ini sudah mendukung jaringan 4G LTE dari Indosat.

Setting Jaringan 4G
Setting Jaringan 4G

Berikut cara mengubah settingan jaringan 4G, diantaranya :

  • Buka menu Pengaturan di perangkat.
  • Cari opsi Jaringan Seluler.
  • Pilih Mode Jaringan atau Preferensi Jaringan.
  • Klik 4G atau LTE untuk mengaktifkan ke jaringan 4G pada perangkat.
Baca Juga :  Cara Reset Hp Infinix Semua Tipe 2024

2. Pastikan Jaringan Lancar

Secara umum, kualitas kecepatan jaringan seluler diperoleh dari kondisi sinyal yang baik atau lancar. Maka jaringan Indosat akan lebih lancar jika sinyal yang diterima oleh perangkat cukup kuat.

Untuk itu cobalah untuk berpindah tempat atau mencari lokasi yang lebih terbuka untuk memperkuat sinyal. Apabila sebelumnya kamu mengaktifkan jaringan 4G, akan tetapi caringan yang di terima menjadi lemot, silahkan ubah ke jaringan 3G agar akses jaringan yang di dapatkan lebih stabil.

3. Refresh Jaringan

Meskipun sudah berpindah ke tempat atau ke lokasi yang berbeda untuk memperoleh jaringan yang lancar, namun tidak ada pengaruhnya sama sekali, cobalah refresh jaringan kamu.

Karena melakukan refresh jaringan secara otomatis akan mengganti alamat IP perangkat. Biasanya penggantian IP akan mempercepat jaringan.

Refresh Jaringan
Refresh Jaringan

Untuk cara mempercepat jaringan Indosat melalui refresh jaringan dapat dilakukan dengan 2 cara, yaitu :

  • Mode Pesawat – Untuk melakukan cara ini, kamu bisa mengaktifkan mode pesawat pada perangkat selama beberapa detik, kemudian mematikannya kembali.
  • Disconnect Data Seluler – Matikan data seluler kemudian connect data seluler kembali dalam beberapa saat dan lihat perubahannya.

4. Hapus Cache dan Data Aplikasi

Menghapus cache dan data aplikasi merupakan salah satu cara mempercepat jaringan Indosat. Terkadang cache dan data yang terkumpul pada aplikasi bisa menghambar kinerja perangkat, termasuk kinerja jaringan.

Oleh karena itu, menghapus cache secara berkala dapat membantu meningkatkan kinerja perangkat dan akan membantu mempercepat jaringan Indosat yang sedang digunakan.

Untuk cara mempercepat jaringan Indosat dengan menghapus cache dan data aplikasi, yakni diantaranya sebagai berikut.

  • Buka aplikasi Pengaturan atau Setting pada ponsel.
  • Gulir kebawah, pilih opsi menu Aplikasi.
  • Pilih Manajemen Aplikasi.
  • Cari aplikasi yang cache atau data aplikasi nya ingin dihapus.
  • Klik Penggunaan Penyimpanan.
  • Hapus Cache aplikasi yang berada di bagian kiri layar.
Baca Juga :  Cara Beralih ke Akun Pribadi Instagram Terbaru 2024

5. Restart HP

Performa Hp akan menjadi lemot apabila sistem operasi dan perangkat kelebihan beban. Hal ini akan mempengaruhi kinerja ponsel untuk menangkap sinyal Indosat.

Melakukan restart Hp juga akan membersihkan sistem operasi dan menutup aplikasi yang sedang berjalan secara background sehingga akan mempercepat jaringan Indosat.

Dengan melakukan restart, perangkat pun akan memuat ulang sistem dan aplikasi dari awal, sehingga akan membantu menghilangkan masalah kecepatan jaringan Indosat yang disebabkan oleh penggunaan aplikasi yang tidak berjalan dengan baik.

6. Gunakan Aplikasi Penguat Jaringan

Memanfaatkan aplikasi penguat jaringan juga merupakan bentuk cara memperkuat jaringan Indosat yang sedang digunakan saat ini. Bukan hanya untuk provider Indosat saja, menggunakan aplikasi penguat sinyal pun berlaku untuk provider lain.

Aplikasi Penguat Jaringan
Aplikasi Penguat Jaringan

Beberapa aplikasi penguat jaringan yang dapat mempercepat jaringan yaitu Speed Booster, Net Optimizer, 4G LTE Network Booster dan lain sebagainya. Rekomendasi aplikasi tersebut dapat kamu cari di Play Store maupun App Store.

7. Ganti Settingan APN Indosat

APN (Access Point Name) Indosat adalah pengaturan yang digunakan perangkat mobile untuk menghubungkan ke jaringan seluler dan dapat mempengaruhi kualitas dan kecepatan koneksi internet.

Jika settingan APN Indosat pada perangkat tidak sesuai atau bermasalah, maka akan menyebabkan masalah kecepatan jaringan atau bahkan masalah koneksi yang tidak stabil.

Bukan hanya itu saja, settingan APN yang tidak tepat juga dapat memblokir akses jaringan internet pada perangkat yang sedang digunakan saat ini.

Untuk cara mempercepat jaringan Indosat melalui settingan APN Indosat, ikuti langkah berikut iini.

  • Buka menu Setting atau Pengaturan pada perangkat.
  • Pilih Pengaturan Jaringan Seluler.
  • Pilih SIM yang akan diatur settingan APN.
  • Lalu pilih Nama Titik Akses atau Nama Titik Poin (APN).
  • Pada halaman APN< tambahkan settingan dengan cara klik ikon ‘+‘. Ingat jangan pernah merubah settingan APN yang sudah ada.
  • Berikut settingan APN Indosat untuk Jaringan 4G.
Baca Juga :  10+ Cara Menonaktifkan Paket Telkomsel Terbaru 2024
Nama APN Indosat Super 4G LTE
APN Ite
Proxy Kosongkan 
Port Kosongkan 
Username  Indosat
Password Indosat
Server Kosongkan 
MMSC Proxy Kosongkan 
MMSC Port Kosongkan 
MMC 510
MNC 01
APN Protokol ipv4
  • Terakhir, Klik Aktifkan untuk mengaktifkan settingan APN yang baru.

8. Menggunakan Perangkat Yang Lebih Bagus

Menggunakan perangkat yang lebih bagus dengan spesifikasi yang lebih tinggi juga dapat membantu meningkatkan kinerja jaringan Indosat. Karena setiap perangkat memiliki tingkat kemampuan sintal yang berbeda-beda.

Menggunakan Perangkat Yang Lebih Bagus
Menggunakan Perangkat Yang Lebih Bagus

Jadi untuk mempercepat jaringan Indosat, kamu bisa menggunakan perangkat yang lebih tinggi spesifikasinya. Agar kinerja ponsel lebih baik dan jaringan pun lebih lancar.

Cara Setting APN Indosat si iPhone

Selain untuk pengguna Android, kamu juga bisa memperbaharui settingan APN internet Indosat di iPhone. Jika dibandingkan dengan Android, untuk mengubah pengaturan APN iPhone sangatlah mudah. Berikut caranya :

  • Buka menu Setting di perangkat iPhone.
  • Cari opsi Cellular.
  • Pilih menu Cellukar Data Network.
  • Kemudian klik Pengaturan LTE (Opsional).
  • Klik ubah pengaturan LTE (Opsional) untuk mengatur APN di iPhone.
  • Pilih pengaturan APN dan aktifkan pengaturan yang telah di simpan.

Postingan Menarik Lainnya : Cara Mengetahui Kode Voucher Indosat Yang Rusak dari Nomor Serial Number

Kesimpulan

Cara Mempercepat Jaringan Indosat
Cara Mempercepat Jaringan Indosat

Demikian beberapa cara mempercepat jaringan Indosat yang dapat kamu coba untuk memulihkan kembali koneksi internet yang sedang digunakan saat ini untuk browsing. Pastikan semua cara diatas sudah dicoba agar jaringan Indosat kamu kembali stabil lagi.

Semoga informasi cara mempercepat jaringan Indosat ini bermanfaat dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button