Ragam

Receive At Inbound Station Artinya Pada Status Pengiriman JNE, Ini Penjelasannya!

Ketika status pengirimana JNE menunjukkan Receive At Inbound Station Artinya paket telah diterima di agen atau cabang terdekat. Dalam proses pengiriman, ini adalah langkah awal dimana paket tiba ditempat yang disetujui dan siap untuk di proses selanjutnya.

Saat status pengiriman tersebut muncul, umumnya paket akan diteruskan ke alamat pengirim paling lambat 2 x 24 jam. Apabila melewati waktu yang ditetapkan telah lewat, kamu bisa menghubungi Customer Service JNE melalui Call Center atau Email resmi JNE.

Sekilas Tentang JNE

Sekilas Tentang JNE
Sekilas Tentang JNE

JNE (Jalur Nugraha Ekakurir) merupakan salah satu perusahaan ekspedisi barang terbesar di Indonesia yang bermarkas di Jakarta. oleh PT. Tiki Jalur Nugraha Ekakurir. Berkat jaringan dan jangkauan area distribusinya yang luas, JNE mencakup 83.000 kota, termasuk kabupaten, desa, dan pulau terluar.

Dirangkum dari situs resmi JNE, jasa kirim ini menawarkan tiga layanan yang dapat digunakan untuk mengirim barang, yakni JNE Reguler (REG), Ongkos kirim ekonomis (OKE), dan JNE Kargo.

Ketiga layanan pengiriman ini memiliki sistem berbeda terutama dalam waktu pengiriman, berat paket, dan ongkos kirim. Namun

Receive At Inbound Station Artinya Apa?

Sebagai layanan jasa kirim populer, JNE sampai saat ini berkembang diseluruh penjuru di Indonesia. Sebagai pengguna jasa kirim ini, tentu kamu sudah tidak asing lagi dengan status pengiriman “Receive at inbound station”. 

Receive At Inbound Station Artinya Apa
Receive At Inbound Station Artinya Apa

Nah, bagi kamu yang mendapatkan status pengiriman tersebut tentu bertanya-tanya Receive at inbound station artinya apa? Jika diterjemahkan Receive at inbound station artinya “diterima di agen atau cabang terdekat”.

Jadi paket yang dipesan dari kota pengirim sudah sampai di agen JNE alamat penerima (tingkat kecamatan). Setelah status pengiriman Receive at inbound station artinya muncul, paket akan diteruskan ke alamat pengirim paling lambat 2 x 24 jam.

Baca Juga :  15 Usaha Ternak Yang Menguntungkan: Modal Sedikit Keuntungan Melimpah!

Setelah Receive at inbound station artinya muncul akan di dahului status pengiriman processed at sorting center yang berarti paket sedang di proses di pusat penyortiran. Apabila paket sudah diterima agen JNE, akan diteruskan ke alamat tujuan yang akan ditandai dengan status With delivered courier.

Istilah Lain Pada Status Pengiriman JNE

Setelah memahami istilah Receive at inbound station artinya dan jadwal pengiriman setelah status pengiriman tersebut muncul, berikut beberapa istilah lain pada status pengiriman JNE yang wajib dipahami untuk memudahkan kamu mengetahui keberadaan paket yang dikirim selanjutnya :

  • On-Process : paket sedang di proses JNE.
  • On-Transit : paket sedang transit khusus untuk pengiriman antar pulau.
  • Shipment received by JNE Countr office at (nama kota) : paket sudah diantar pengirim dan diterima agen JNE terdekat (Kota Medan).
  • Shipment Picked up by JNE Courir : paket sudah dijemput kurir dan akan diantar ke agen selanjutnya.
  • Shipment forwarded to destination : paket masih dalam proses untuk dikirimkan ke agen kabupaten dan diteruskan ke agen kecamatan.
  • Received at origin gateway : paket sudah diterima di gudang JNE dan akan dikirimkan sesuai jalur masing-masing.
  • Processed at sorting center : paket sedang diproses di penyortiran untuk memisahkan dan mengumpulkan paket berdasarkan kota tujuan yang sama.
  • Box delay : paket sedang tertunda.
  • Bad address : kuris JNE tidak menemukan alamat tujuan.
  • Hold request by shipper : pengiriman ditahan atas permohonan pengirim dan penerima.
  • Received at sorting center : paket telah tiba di pusat penyortiran.
  • Receiced at inbound station : paket telah diterima di sub agen JNE tingkat kecamatan.
  • Departed from transit : paket berada di gudang tertentu dan sedang dijadwalkan ke kota tujuan.
  • Received at warehouse : paket sudah sampai di gudang kota tujuan dan akan dikrimkan ke agen di tingkat kabupaten.
  • Force majeure JNE : tidak ada kurir yang bekerja karena hari libur.
  • Closed once delivery attempt : sudah diantarkan oleh kurir namun paket tidak diterima, dijadwalkan di hari berikutnya.
  • Pending undel : terjadi penundaan atau delay pengiriman.
  • With delivery courer : paket sedang diantarakan kurir ke alamat tujuan.
  • Invalid bag status : kesalahan tas kurir, paket mungkin tertukar.
  • Destination correction : koreksi alamat tujuan.
  • Ho hold for further instructions : pengiriman ditahan JNE dan menunggu instruksi selanjutnya.
  • Delivered to : paket berhasil diterima (nama tercantum).
Baca Juga :  10 Rekomendasi Merk Mesin Potong Rumput 4 Tak Terbaik

Berapa Lama Waktu Transit JNE

Biasanya waktu transit JNE kurang lebih 1 hari selama jam kerja berlangsung. Namun proses transit ini bisa berubah-ubah tergantung kebijakan dan fasilitas logistik disetiap tempat.

Selain itu, lama waktu transit paket JNE juga berpengaruh terhadap jenis layanan yang dipilih serta jarak tempuh antar kota asal penerima paket. Jika jenis layanan JNE Express yang dipilih, kemungkinan waktu transit akan lebih cepat dibandingkan jenis layanan lainnya.

Jadi semakin bagus jenis layanan pengiriman yang dipilih dan semakin dekat jarak kota penerima paket dari pengirim, maka semakin cepat proses transit.

Jadwal Operasional Pengiriman Paket JNE

Meski sudah mengetahui Receive at inbound station artinya apa, kemungkinan kamu juga ingin mengetahui jadwal pengiriman paket yang dilakukan oleh JNE untuk memudahkan dalam menyelidiki perkiraan perjalanan paket dari awal hingga tujuan.

Berikut jam operasional pengiriman paket JNE agar status transit pengiriman Receive at inbound station artinya apa selanjutnya lebih mudah dipahami.

Operasional Hari Kerja Jam Kerja
Kantor JNE
  • Senin – Jumat
  • Sabtu
  • Minggu
  • 08.00 – 19.30 WIB
  • 08.00 – 15.00 WIB
  • 08.00 – 14.-00 WIB
Agne, Sub, dan Gerai Senin – Jumat 08.00 – 17.00
JNE REG
  • Senin – Jumat
  • Sabtu
  • 08.30 – 17.00 WIB
  • 08.30 – 13.00 WIB
JNE YES Senin – Minggu 08.00 – 23.59 WIB
JNE OKE Senin – Minggu 08.00 – 23.59 WIB

Cara Mengajukan Komplain ke JNE Lewat Call Center Regional

Status pengiriman Receive at inbound station belum juga berganti setelah 5 hari sesuai jadwal transit yang diperkirakan. Ini tentu akan membuat penerima paket merasa kesal terutama jika barang yang dikirim sangat dibutuhkan.

Baca Juga :  Wajib Tahu! Ini Ciri-Ciri WA Kita Diarsipkan

Lewat Call Center Regional

Lewat Call Center Regional JNE
Lewat Call Center Regional JNE

Untuk mendapatkan informasi lebih lanjut atau ingin melakukan follow up paket, kamu bisa mengajukan komplain melalui Call Center Regional. Namun pastikan cek resi terlebih dahulu untuk memudahkan CS melakukan pengecekan.

Regional  Nomor Telepon 
Medan 061-30003888
Banda Aceh 0651-27411
Bandung 022-86023222
Batam 0778-5705333
Bekasi 021-80616000
Cilacap 0282-546700
Cikarang 021-50901221
Jakarta (Kelapa Gading) 021-4513352
Jakarta (Casablanca) 021-83794516
Jakarta (Matraman) 021-8502388
Jakarta (S.Parman) 021-5323223
Jakarta (Pasar Minggu) 021-22379278
Jakarta (Tomang45) 021-5665262
Jambi 0741-31388
Karawang 0815-4630353
Malang 0341-344672
Palembang 0711-3035099
Solo 0271-6776800
Yogyakarta 0274-4605800

Melalui Email

Untuk mengajukan komplain ke JNE Express jika status paket masih Receive at inbound station artinya, kamu bisa mengirimkan email melalui customercare@jne.co.id.

Saat mengajukan komplain kamu harus mengirimkan resi terkait barang yang belum sampai dan sudah melebihi estimasi yang diperkirakan. Berikut adalah contohnya :

Contoh Email Kompain ke CS JNE
Contoh Email Kompain ke CS JNE

Postingan Menarik Lainnya : Arti Departed From Transit Gateway Jakarta di JNE Reguler dan Express

Kesimpulan

Receive At Inbound Station Artinya
Receive At Inbound Station Artinya

Jadi dari pembahasan diatas dapat disimpulkan bahwa, Receive at inbound station artinya diterima di agen atau cabang terdekat. Setelah status pengiriman tersebut muncul, paket akan diteruskan ke alamat pengirim paling lambat 2 x 24 jam. Nah, apabila status pengiriman tersebut belum juga berubah setelah waktu yang diperkirakan, kamu bisa mengajukan melalui opsi yang disarankan, yakni melalui Call Center atau Email JNE. Namun pastikan keterlambatan bukan karena libur nasional, karena JNE tidak beroperasi diwaktu libur.

Back to top button