Tutorial

10 Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Kartu SIM hilang layanan merupakan kendala yang kerap dialami pengguna, karenanya sangat penting mengetahui cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan untuk semua operator.

Kartu SIM yang tiba-tiba kehilangan layananan pastinya menimbulkan kekesalan untuk semua pengguna, apalagi disaat sedang berselancar di media sosial maupun saat melakukan panggilan seluler. Lantas bagaimana cara mengatasi kartu sim tidak ada layanan ini? lebih jelasnya simak pembahasan berikut!

Beberapa Penyebab Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Ketika kamu melihat kartu sim tidak ada layanan, ini mengutarakan jaringan seluler tidak tersedia pada kartu SIM yang sedang kamu pakai.

Sebelum kita memasuki cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan, sangat perlu mengetahui penyebab kartu SIM yang digunakan tidak terhubung dengan jaringan seluler. Berikut fakotr yang mendasari hilangnya jringan seluler pada

  • Bug sistem operasi
  • Kartu SIM rusak
  • Tembaga di kartu sim kotor
  • Terlalu banyak aplikasi yang berjalan
  • Jangkauan jaringan lemah
  • Cache yang menumpuk

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan sebenarnya sangat mudah, asal kerusakan bukan dari SIM card maupun sistem smartphone yang kamu gunakan. Berikut beberapa cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan:

Bongkar Pasang Kartu SIM

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan
Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan

Jika kartu SIM yang digunakan tidak memiliki layanan hal pertama yang bisa kamu lakukan adalah memeriksa kartu. Seperti yang kita ketahui kerusakan pada sim card membuatnya akan hilang layanan.

Lantas bagaimana cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan ini? segeralah periksa sim card dan pastikan pemasangan fisik SIM dan chip terkoneksi sempurna agar terbaca sistem smartphone.

Baca Juga :  4 Cara Cek Paket Nelpon Telkomsel Melalui SMS, Dial dan MyTelkomsel

Cek Kondisi Kartu SIM dan Slot Kartu

Salah satu penyebab kartu SIM yang kamu gunakan tidak ada layanan karna chip yang tidak terbaca, hal ini bisa saja karena kotoran dan kerusakan pada kuningan maupun slot kartu.

Agar terkoneksi dengan jaringan semula segera bersihkan sim card dan slot kartu, gunakan tisu dan bersihkan dengan lembut agar tidak merusak chip kartu. Jika kerusakan pada chip maupun slot kartu tidak ada cara lain kecuali service dan gunakan slot kartu baru.

Aktifkan Mode Pesawat

cara mengatasi kartu SIM tidak ada jaringan
cara mengatasi kartu SIM tidak ada jaringan

Salah satu cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan dengan mengaktifkan sementara mode pesawat, karena mode ini akan memperkuat sinyal agar lebih stabil. Alasan layanan hilang karena sinyal yang melemah, jadi tidak salah untuk mengaktifkan mode pesawat untuk mengoptimalkan kinerja memulihkan jaringan.

Untuk mengembalikan layanan, silahkan aktifkan mode pesawat melalui penjelasan dibawah:

  1. Pada smartphone temukan panel yang memuat beberapa opsi
  2. Cari dan aktifkan mode pesawat
  3. Tunggu sebentar lalu matikan mode pesawat
  4. Sekarang periksa jaringan seluler kamu.

Coba Kartu SIM di Ponsel Lain

Sudah memperbaiki sim card dan mengaktifkan mode pesawat namun layanan belum juga tersedia? silahkan kaji hal-hal lain yang membuat jaringan selulermu hilang.

Perlu dipahami kerusakan pada sistem smartphone besar pengaruhnya pada layanan yang tidak tersedia, untuk memastikan hal tersebut silahkan coba kartu SIM pada ponsel lain ataupun mencoba kartu baru kedalam ponsel, nantinya kamu akan mengetahui masalah apakah pada kartu atau HP.

Restart Ponsel

Jika kerusakan pada ponsel kamu bisa memulai ulang untuk memulihkan layanan. Seringkali pengguna tidak sadar ponsel yang aktif 24 jam membuat sistem kewalahan melakukan semua perintah yanng diberikan, akibatnya tidak ada respon dan hilangnya layanan yang seharusnya digunakan.

Baca Juga :  10 Cara Mencairkan Limit Home Credit Ke Rekening Bank, Hitungan Menit Langsung Cair!

Disamping itu sangat penting restart HP secara berkala agar dapat membantu perangkat berjalan lebih cepat, dengan begitu kamu tidak mendapat masalah layanan hilang maupun kelambatan sistem lainya.

Ada pembahasan 9 Cara Mengatasi Kartu Telkomsel Tidak Ada Layanan yang cocok untuk kamu baca dan simak di halaman berikutnya.

Ganti Pengaturan Sinyal

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan bisa juga dengan mengalihkan pengaturan SIM sementara, jika saat ini kamu menggunakan layanan 4G silahkan gunakan jaringan 3G sampai layanan benar-benar pulih, setelah mendapat layanan kembalikan layanan ke 4G seperti biasanya.

Bersihkan Cache Ponsel

Cache HP merupakan salah satu penyebab kartu SIM tidak ada layanan, secara sederhana cache memang bermanfaat bagi kita untuk menemukan situs-situs yang dijangkau sebelumnya.

cara mengatasi kartu SIM tidak ada jaringan
cara mengatasi kartu SIM tidak ada jaringan

Akan tetapi terlalu banyak cache akan membuat sistem lebih lambat dari biasanya sampai kehilangan layanan, karena itusilahkan bersihkan cache ponselmu.

Membersihkan cache bisa juga dilakukan pada menu IManager, karena aplikasi ini berfungsi untuk melakukan pemeliharaan pada memori, baterai dan menghapus cache maupun virus yang dipindai sistem.

  1. Buka Imanager pada handphone
  2. Tunggu beberapa saat sampai handphone dioptimalkan
  3. Pilih opsi pembersihkan ruang kemudian klik bersihkan semua
  4. Sekarang periksa apakah layanan sudah tersedia atau belum

Selain IManager, menghapus cache bisa dilakukan pada menu pengaturan, cukup temukan aplikasi lalu hapus cache aplikasi yang paling rentan dibuka, dengan begitu cache yang menumpuk bisa diatasi.

Cari Manual Jaringan

Seperti yang sudah dijelaskan salah satu penyebab kartu tidak ada layanan karna kondisi geografis. Hal ini biasa terjadi disaat membeli jenis layanan yang belum pernah kamu coba sebelumnya, karena tidak semua jaringan stabil pada titik-titik tertentu.

Lantas bagaimana cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan? mengatasi hal iniĀ  bisa dilakukan dengan mencari jaringan secara manual, kamu bisa pindah lokasi daerah yang mendukung sinyal kuat kartu provider yang digunakan.

Hubungi CS Provider

Cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan tahap berikutnya dengan menghubungi customer service operator seluler yang kamu gunakan.

Baca Juga :  Cara Mengetahui Pemilik Email Gmail Dengan Mudah

Jaringan seluler yang hilang bisa saja karena karena gangguan provider, kamu bisa menunggu sampai jaringan pulih dengan rentan waktu yang tidak bisa dipastikan, namun jika kegagalan terus menerus pada satu sim card silahkan hubungi customer service terkait.

Membawa Ketempat service

Sudah berupaya mengatasi kerusakan namun layanan tak kunjung tersedia? percayakan penanganan pada ahlinya.

Ada beberapa kerusakan yang tidak bisa kamu atasi, seperti chip kartu yang tidak terdeksi maupun slot yang sudah usang. Jika kerusakan karena sim card sebaiknya bawa ke outlet provider terdekat nantinya cs akan membantu mendeteksi masalah, jika fatal dan tidak bisa digunakan kamu bisa menggunakan kartu baru dengan nomor yang lama sesuai dengan syarat dan ketentuan berlaku.

Apabila kesalahan pada smartphone maupun slot kartu baiknya kamu bawa pada ahlinya, kamu akan diberitahu penyebab kerusakan dan opsi ini membutuhkan biaya yang tidak bisa ditentukan, tergantung masalah pada HP.

cara Deskripsi
1. Restart Ponsel Restart dapat membantu dalam me-refresh koneksi ponsel Anda dengan jaringan.
2. Cek Area Layanan Pastikan Anda berada di area yang memiliki sinyal yang cukup. Jika Anda berada di area yang memiliki sinyal rendah atau tidak ada sinyal, hal ini bisa menjadi penyebabnya.
3. Cek Pengaturan Jaringan Pastikan ponsel Anda diatur pada mode jaringan yang tepat. Misalnya, jika ponsel Anda mendukung 4G tetapi Anda berada di area yang hanya mendukung 3G, Anda mungkin perlu mengubah pengaturan jaringan Anda.
4. Coba Kartu SIM di Ponsel Lain Untuk memastikan masalah ini tidak disebabkan oleh kartu SIM itu sendiri, cobalah masukkan kartu SIM Anda ke ponsel lain dan lihat apakah masalahnya masih terjadi.
5. Kontak Layanan Pelanggan Jika semua upaya di atas tidak berhasil, hubungi layanan pelanggan operator Anda. Mungkin ada masalah pada jaringan mereka atau kartu SIM Anda perlu diganti.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan
Cara Mengatasi Kartu SIM Tidak Ada Layanan

Nah, itulah beberapa penyebab dan cara mengatasi kartu SIM tidak ada layanan, perhatikan juga update OS HP karena update sangat perlu untuk memperbaiki sistem yang rusak dan besar dampaknya pada jaringan seluler yang digunakan.

Itulah informasi yang bisa Mocipay bagikan, semoga pembahasan ini bermanfaat bagi pembaca. Kunjungi kami untuk melihat toutorial, list harga dan artikel lain yang mungkin kamu butuhkan.

Back to top button