Tutorial

12 Penyebab dan Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat

Jika Hp yang digunakan terangkat, jangan langsung bawa ke tempat service. Ketahui dulu penyebabnya dan cobalah simak Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat pada artikel ini.

Tidak ada yang lebih menjengkelkan daripada menemukan layar Hp yang terangkat atau terkelupas dari bodi perangkat. Masalah ini bisa terjadi karena berbagai alasan, mulai dari kesalahan pengguna hingga masalah perangkat keras.

Saat layar Hp ngangkat, kamu tidak perlu  panik dan terburu-buru memperbaikinya dengan membawa ke tempat service, karena yang perlu kamu lakukan  adalah mencari tahu terlebih dahulu apa yang menjadi penyebabnya.

Karena dalam beberapa kasus, layar yang terangkat tidak memerlukan perbaikan apa pun di tempat service. Selain menghemat uang, kamu juga bisa  belajar banyak hal secara otodidak dan lebih berhati-hati saat menggunakan Hp.

Lantas, bagaimana cara mengatasi layar Hp ngangkat tersebut? Yuk, simak pembahasan selengkapnya di bawah ini.

Apa penyebab layar HP bisa lepas?

Secara umum, ada beberapa faktor yang menyebabkan layar Hp ngangkat. Berikut beberapa diantaranya antara lain:

Kerusakan Fisik

Jatuh, terkena tekanan berlebih, atau terkena benturan keras dapat menyebabkan layar ponsel ngangkat. Ini bisa terjadi karena koneksi antara layar dan bagian dalamnya rusak.

Hp Sering Terjatuh

Salah satu faktor yang menyebabkan layar Hp ngangkat adalah karena Hp tersebut sering terjatuh. Ketika terjatuh dan mengenai layar, maka ada kemungkinan LCD Hp tersebut itu akan terkena dampak dari benturan.

Baca Juga :  5 Cara Mendapatkan Kupon TikTok Shop Untuk Pemula

Kelembaban

Paparan air atau kelembaban berlebih dapat merusak komponen internal ponsel dan menyebabkan layar terangkat.

Baterai Gembung

Pasalnya, layar yang terangkat bukan hanya terjadi karena benturan saja. Penyebab layar Hp bisa ngangkat lainnya bisa jadi karena baterai gembung.

Pada umumnya, ukuran komponen ponsel sudah dibuat sesuai dengan ukuran, maka volumenya akan bertambah sehingga mengakibatkan dorongan. Misalnya baterai yang gembung akan memakan ruang.

Pemasangan yang Salah

Kadang-kadang, penggantian layar yang tidak dilakukan dengan benar atau pemasangan yang tidak akurat dapat menyebabkan layar ngangkat.

Lem Pada Hp yang Kurang Kuat

Penyebab layar Hp ngangkat berikutnya adalah karena lem pada Hp yang kurang kuat. Penyebab ini biasanya terjadi ketika smartphone tersebut masih baru dari pabrik.

Karena ini biasanya terjadi ketika Hp dalam keadaan sudah pernah di service. Setelah memperbaiki layar LCD, teknisi servis mungkin menggunakan perekat yang kurang kuat. Jika layar dilepas segera setelah diperbaiki, kemungkinan besar karena perekatnya tidak cukup kuat.

Penyakit Hp

Beberapa model ponsel mungkin memiliki cacat bawaan atau masalah desain yang membuat layarnya lebih rentan terhadap masalah ngangkat.

Tekanan Panas

Suhu yang sangat tinggi, seperti meninggalkan ponsel di bawah sinar matahari secara berlebihan, dapat menyebabkan komponen ponsel meleleh atau mengembang, yang mungkin mengakibatkan layar ngangkat.

Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat

Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat Dengan Mudah
Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat

Setelah mengetahui penyebab layar Hp bisa ngangkat atau lepas, kini saatnya memperbaiki layar tersebut. Cara mengatasi layar Hp ngangkat ini bisa dilakukan di rumah tanpa perlu pergi ke tempat service elektronik.

Baca Juga :  2 Cara Mengembalikan Saldo DANA Yang Salah Kirim

Namun, tetap harus berhati-hati dalam melakukannya ya sobat. Berikut langkah-langkahnya:

Gunakan Lem Perekat Mechanic B7000

Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat Dengan Mudah
Lem Perekat Mechanic B7000

Cara mengatasi layar Hp ngangkat yang pertama adalah dengan menggunakan lem perekat mechanic B7000. Maka dari itu, siapkan lem dan alat perekatnya terlebih dahulu.

Ada banyak jenis perekat yang bisa digunakan seperti double tape merek 3M atau double tape biasa dan lem perekat mechanic B7000.

Berikut langkah mudah cara mengatasi layar Hp ngangkat menggunakan lem perekat mechanic B7000:

  • Langkah pertama, beli lem perekat mechanic B7000 yang tersedia di toko online atau Klik Disini.
  • Bersihkan bagian kotoran atau debu yang menumpuk di sekitar tepi layar hp.
  • Gunakan kain mikrofiber atau kertas tisu yang lembut untuk membersihkannya.
  • Bersihkan bagian tepi layar dengan hati-hati.
  • Pastikan membersihkan dengan lembut dan tidak menggunakan tekanan yang terlalu kuat agar tidak merusak layar atau komponen lainnya.
  • Oleskan perlahan lem perekat mechanic B7000 pada bagian tepi layar Hp. Oleskan secara merata.
  • Gunakan sarung tangan untuk menghindari lem terkena tangan.
  • Jika sudah, tutup layar hp dan sesuaikan merata.
  • Tahan hingga beberapa saat hingga layar Hp merekat kuat.
  • Kini layar Hp sudah menyatu dan bisa digunakan lagi.
  • Selesai.

Membawa ke Tempat Service

Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat Dengan Mudah
Membawa ke Tempat Service

Cara mengatasi layar Hp ngangkat yang kedua yaitu dengan membawa ke tempat service. Cara ini mungkin lebih baik dilakukan karena sudah ditangani langsung oleh ahlinya.

Mengganti Baterai Hp

Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat Dengan Mudah
Mengganti Baterai Hp

Seperti yang sudah dijelaskan diawal, salah satu penyebab layar Hp bisa ngangkat lainnya bisa jadi karena baterai gembung.

Ketika layar Hp terangkat karena baterainya yang mengembang, tentu saja cara mengatasi layar Hp ngangkat untuk memperbaikinya dengan mengganti Baterai Hp agar kembali seperti semula.

Baca Juga :  8 Cara Mengatasi Lupa Sandi Privasi Dan Enkripsi Aplikasi Vivo Dengan Mudah

Periksa Sensor Proximity

Beberapa hp dilengkapi dengan sensor proximity yang berfungsi untuk mendeteksi apakah hp sedang digunakan untuk panggilan telepon.

Jika sensor proximity ini terganggu atau rusak, bisa menyebabkan layar hp ngangkat secara tidak sengaja saat hp berada dalam panggilan.

Nah, untuk cara mengatasi layar Hp ngangkat bisa dilakukan dengan memeriksa apakah ada debu atau kotoran yang menumpuk di sekitar sensor tersebut, dan bersihkan dengan hati-hati jika perlu.

Kenapa layar HP tiba-tiba terangkat sendiri?

Ada banyak alasan terjadinya ghost touch atau layar Hp terangkat sendiri. Beberapa alasannya mungkin karena menggunakan pelindung layar yang buruk sehingga membuat kotoran atau air masuk di antara layar pelindung, terjadi kesalahan pada perangkat lunak dan sensitivitas layar ponsel terlalu panas atau dingin.

LCD lepas di lem pakai apa?

Jika lem lepas, maka lem yang bisa digunakan adalah lem perekat mechanic B7000 dan E8000 untuk merekatkan LCD atau layar Hp yang terangkat atau lepas.
Perekat tersebut memiliki keunggulan yakni antara lain mudah digunakan, anti air, anti getaran dan bisa cepat kering di suhu ruangan apa pun.

Berapa harga lem layar HP?

Dilansir dari beberapa sumber marketplace, kisaran harga lem HP bisa berbeda-beda berdasarkan ukurannya. Namun secara umum kisaran harga lem layar HP adalah mulai dari Rp2.400 hingga Rp30.000.

Artikel Menarik Lainnya Mengenai Layar Hp

Akhir Kata

Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat
Cara Mengatasi Layar Hp Ngangkat

Nah, itulah tadi beberapa penyebab layar Hp ngangkat dan cara mengatasinya yang bisa kamu terapkan untuk memperbaiki sendiri dengan mudah.

Masalah dengan layar hp yang ngangkat atau terangkat secara tidak sengaja bisa sangat mengganggu, namun dengan mengikuti langkah-langkah cara mengatasi layar Hp ngangkat seperti yang telah dijelaskan di atas, dapat mencoba mengatasi masalah tersebut sendiri dengan mudah.

Pastikan untuk melakukan pemeriksaan yang teliti dan hati-hati, dan jika masalahnya tetap berlanjut, jangan ragu untuk meminta bantuan dari ahli teknisi. Semoga artikel ini bermanfaat dalam mengatasi masalah dengan layar hp yang ngangkat. Selamat mencoba!

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button