Tutorial

7 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Dan Dimatikan

Mengetahui bagaimana cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan memungkinkan kamu untuk bisa tetap tenang dan tidak panik ketika sedang berada dalam situasi tersebut.

Berada dalam situasi yang mana layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan menjadi moment yang membuat frustasi, kebingungan, dan panik. Faktor yang menyebabkan terjadinya masalah seperti ini bisa karena adanya masalah pada perangkat lunak maupun keras.

Dalam artikel ini kami akan menjelaskan satu per satu penyebab dan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan.

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Memahami apa saja penyebab layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan merupakan hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mencari tau bagaimana cara mengatasinya.

Berikut ini, kami akan menjelaskan beberapa kemungkinan penyebab layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan. Silahkan temukan kemungkinan yang menjadi penyebab perangkat seluler anda tidak bisa disentuh dan dimatikan.

  • Hang atau overheating

Seringkali ditemui banyak pengguna ponsel yang kurang memperhatikan cara pemakaian perangkatnya dengan benar. Misalnya seperti menggunakan ponsel untuk bermain game secara terus menerus tanpa henti akan membuat HP menjadi panas yang bisa berdampak pada kinerja layar menjadi tidak responsif saat di sentuh serta tidak bisa dimatikan sama sekali.

Baca Juga :  5 Cara Top Up PUBG Mobile Murah Dengan Pulsa

Terutama pada perangkat dengan penyimpanan file yang sudah memenuhi kapasitas ruang, situasi seperti ini akan lebih sering terjadi. Itulah mengapa penting untuk memperhatikan perawatan HP, termasuk dalam cara penggunaannya sehari-hari.

  • Layar HP dan tombol power rusak

Penyebab Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan
Sumber: www.newshub.co.nz

Kerusakan pada layar HP dan tombol daya menjadi salah satu faktor utama yang membuat HP tidak bisa disentuh dan dimatikan. Bentuk kerusakan pada layar yang umumnya dapat menghambat ketidakmampuan untuk menyentuh layar adalah kondisi layarnya yang sudah retak, pecah, atau bergaris.

  • Masalah hardware internal

Tak hanya kerusakan pada hardware eksternal seperti layar dan tombol power saja yang dapat mempengaruhi kinerja layar, namun pada perangkat keras bagian dalam (internal) juga bisa menjadi salah satu faktor pemicu utama hilangnya sensitivitas layar dan bahkan bisa juga berpengaruh terhadap fungsi HP secara keseluruhan. Masalah pada komponen internal yaitu seperti kerusakan pada papan sirkuit atau bagian konektor.

  • Bug pada software

Bagian terakhir yang menjadi salah satu penyebab layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan adalah karena adanya bug pada software. Penyebab bug ini dapat disebabkan oleh beberapa hal, seperti menjalankan aplikasi yang terlalu banyak berjalan di latar belakang, ruang penyimpanan yang penuh, cache dan file sampah yang menumpuk.

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Jika anda sudah paham pada beberapa penyebab timbulnya masalah dengan HP yang tidak bisa disentuh dan dimatikan, selanjutnya kami akan menjelaskan cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan, dimulai dari langkah yang sederhana. Yuk silahkan anda simak penjelasan selengkapnya dibawah ini:

Baca Juga :  2 Cara Menggabungkan Foto Dan Video Di Story Instagram
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Namun, yang paling utama dalam cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan adalah anda tidak boleh panikan! Karena itu akan membuat anda menjadi gegabah dalam melakukan suatu tindakan apapun. Tetap optimis dan yakinkan dirimu, pasti HP anda akan bagus kembali.

1. Cara Pertama: Bersihkan Layar

Langkah yang pertama, bisa anda mulai dari cara yang lebih sederhana dulu yaitu dengan membersihkan layar ponsel. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkan layar anda dengan menggunakan kain serat, atau kain yang sedikit basah
  2. Lepaskan kartu SIM dan memory card
  3. Jangan lupa untuk melepaskan juga casing HP
  4. Biarkan ponsel dalam beberapa jam hingga pulih kembali

2. Cara Kedua: Lepas Baterai Ponsel

Menjadi sebuah keberuntungan jika anda masih menggunakan HP yang belum menggunakan sistem baterai tanam. Karena jika terjadi masalah seperti yang dibahas dalam artikel ini, anda bisa mengatasinya dengan mudah hanya dengan mencabut saja baterai ponsel.

Berikut langkah-langkah yang boleh anda ikuti:

  1. Keluarkanlah terlebih dahulu SIM dan memory card
  2. Setelah itu lepaskanlah baterai ponsel
  3. Biarkan hingga 30 menit
  4. Pasang kembali dan aktifkan ponsel

3. Cara Ketiga: Cabut Pelindung Layar

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan
Sumber: bukamatanews.id/ Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan

Jika penyebab masalah kemungkinan bersumber dari pelindung layar yang sudah rusak, maka cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan yang berikutnya bisa anda lakukan dengan melepaskan pelindung layar tersebut.

Cara melepas pelindung layar adalah sebagai berikut:

  1. Bersihkanlah terlebih dahulu layar ponsel anda
  2. Cungkil salah satu ujung pelindung layar dengan menggunakan kuku
  3. Lepaskan pelindung layar secara perlahan dengan hati-hati

4. Cara Keempat: Restart Ponsel

Terkadang, segala jenis masalah pada perangkat seluler bisa terpecahkan dengan mudah hanya dengan merestart ponsel. Cara restart ponsel yang tidak bisa disentuh dan dimatikan dapat kamu lakukan dengan mengikuti langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Tekan tombol power beberapa saat hingga muncul menu untuk merestart
  2. Pilih restart dengan menggunakan tombol volume
  3. Tunggu perangkat memulai ulang dan hidup kembali
Baca Juga :  6 Cara Melihat Aplikasi yang Disembunyikan di HP VIVO

5. Cara Kelima: Reboot HP Menggunakan Tombol Power dan Volume up

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh dan Dimatikan/ www.digitaltrends.com

Jika dengan merestart tidak berhasil memulihkan kembali HP anda, maka lanjut ke cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan yang selanjutnya yaitu dengan mereboot perangkat atau mengembalikan ke setelan pabrik, menggunakan kombinasi tombol power dan volume bawah. Berikut, langkah-langkahnya yang bisa anda ikuti:

  1. Tekan tombol power dan volume up secara berbarengan
  2. Akan muncul pilihan untuk reboot perangkat dengan kalimat yang berbeda pada setiap ponsel. Beberapa pilihan yang biasa muncul adalah seperti “recovery now/ reboot system now/ wipe data/ factory reset
  3. Silahkan konfirmasi reboot dengan menekan tombol “OK” menggunakan tombol volume untuk melakukan navigasi
  4. Tunggulah beberapa saat hingga proses reset berjalan
  5. Setelah proses reset selesai. Selanjutnya tab menu restart
  6. Maka dalam beberapa saat HP anda akan kembali ke pengaturan pabrik/ semula saat perangkat baru dibeli

Namun perlu diingat, tindakan ini akan menghapus file dan data yang tersimpan termasuk juga aplikasi yang terpasang di ponsel anda.

6. Cara Keenam: Biarkan Baterai sampai Habis

Tak perlu ambil pusing ketika mengalami perangkat tidak bisa disentuh dan dimatikan. Cukup anda biarkan saja ponsel anda hingga kehabisan baterai. Setelah baterai habis, isilah daya kembali, maka kondisi HP anda akan kembali pulih seperti biasa.

7. Cara Ketujuh: Bawa perangkat ke Tukang Service HP

Apabila beberapa langkah diatas tidak berhasil memulihkan kembali HP anda, maka cara mengatasi HP tidak bisa disentuh dan dimatikan yang terakhir kami sarankan yaitu dengan membawa HP ke tukang service HP atau orang yang lebih berpengalaman dibidangnya. Biaya yang diperlukan untuk perbaikan dapat berbeda-beda, tergantung pada tingkat kerusakan ponsel anda.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Dan Dimatikan
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Dan Dimatikan

Dalam menghadapi kendala terkait layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan, hal utama yang harus diingat adalah “tidak boleh panik” Mulailah dengan meninjau kira-kira dimana letak kerusakannya agar bisa melakukan diagnostik lebih lanjut. Jika akar permasalahannya sudah ketemu, barulah kamu melakukan beberapa langkah-langkah dalam cara mengatasi layar HP tidak bisa disentuh dan dimatikan yang telah kami jelaskan diatas.

Back to top button