TutorialTips

6 Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Cara mengatasi meteran listrik sering jeglek kerap dicari oleh orang-orang yang kerap mengalami kendala listrik terputus. Meteran listrik yang sering jeglek tentu sangat mengganggu aktivitas manusia. Pasalnya ada banyak kegiatan sehari-hari yang memerlukan aliran listrik seperti aktivitas di perkantoran maupun berbagai pekerjaan rumah tangga.

Umumnya meteran listrik sering jeglek karena pemakaian daya listrik yang berlebihan, namun ternyata tidak hanya itu saja. Untuk itu, mari kenali lebih lanjut penyebab meteran listrik sering jeglek lalu cara mengatasi meteran listrik sering jeglek.

Kenapa Meteran Listrik Sering Jeglek ?

Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek
Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Sebelum lanjut ke topik utama yaitu membahas cara mengatasi meteran listrik sering jeglek, kami menjelaskan terlebih dahulu macam-macam penyebab yang membuat meteran dirumah sering jeglek.

Penggunaan Listrik Yang Berlebih

Setiap gedung ataupun rumah biasanya memiliki kapasitas Amper yang dibatasi menggunakan alat meteran yaitu MCB. Apabila setiap peralatan yang menggunakan listrik digunakan secara bersamaan maka akan menyebabkan MCB turun karena tidak sanggup menerima beban.

Berikut batas MCB pada kWh meter yang perlu dipahami

  1. kWh meter 450 VA : 2 Ampere
  2. kWh meter 900 VA : 4 Ampere
  3. kWh meter 1300 VA : 6 Ampere
  4. kWhh meter 2200 VA : 10 Ampere
  5. Dst

Dengan memahami jumlah KWH diatas kalian akan lebih mudah mengetahui kapasitas listrik yang bisa digunakan.

MCB Rusak

MCB yang rusak atau melemah juga bisa menjadi penyebab seringnya meteran listrik jeglek. Pada MCB terdapat bagian yang disebut Bimetal Strip yang berperan untuk mendorong pelatuk ke posisi off saat penggunaan daya listrik tinggi.

Bimetal strip akan bekerja berdasarkan arus yang mengalir pada plate bimetal tersebut. Semakin besar arus yang mengalir, maka  semakin panas MCB dan berubah posisi mendekati pelatuk ON-OFF pada MCB sehingga MCB jeglek ketika terjadi beban lebih.

Baca Juga :  3 Cara Tukar Poin Telkomsel dengan Pulsa Terbaru 2024

Korsleting/Arus Bocor

Penyebab meteran listrik sering jeglek berikutnya karena adanya korsleting. Kabel listrik yang sudah tua dapat menyebabkan masalah bagi MCB. Dimana MCB berperan untuk memutus arus apabila terdeteksi adanya gangguan pada kabel listrik.

Selain itu, tetesan air juga dapat membuat aliran listrik korsleting. Kalian bisa perhatikan setiap sudut rumah barang kali ada bagian tertentu yang mengalami kebocoran. Untuk masalah seperti ini sebaiknya segera diatasi guna menghindari dampak yang lebih merugikan.

Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek
Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Setelah mengenal penyebab-penyebab meteran listrik sering jeglek, maka kami akan menyajikan cara mengatasi meteran listrik sering jeglek. Ada berbagai cara mengatasi meteran listrik sering jeglek yang bisa kalian lakukan, namun cara-cara dibawah ini wajib kalian coba setelah mengetahui penyebab masalahnya.

Dengan begitu, cara mengatasi meteran listrik sering jeglek berikut dapat menjadi solusi atas masalah tersebut.

Ganti MCB

Penggunaan elektronik tidak terlalu banyak namun MCB dirumah sering jeglek tentu yang harus kalian lakukan ialah mengecek MCB tersebut. Apalagi jika MCB yang kalian gunakan sudah tua sehingga kerap mengalami gangguan seperti kabel yang sudah tua. Untuk mengganti MCB hanya bisa dilakukan oleh petugas PLN, silahkan hubungi pihak PLN dan sampaikan kendala terkait.

Korsleting

Apabila meteran listrik jeglek lalu kalian menghidupkannya lagi setelah mencabut beberapa alat elektronik yang tersambung listrik normal kembali mungkin masalahnya bukan korslet. Namun jika sudah dihidupkan lagi dan meteran listrik kembali jeglek mungkin memang mengalami korsleting.

Untuk kondisi seperti ini, cara mengatasi meteran yang sering jeglek ialah mencoba satu persatu menyalakan alat elektronik yang sebelumnya dicabut, apa bila ada satu alat elektronik yang kalian nyalakan membuat jeglek lagi artinya penyebab meteran listrik jeglek adalah alat elektronik yang mengalami gangguan.

Baca Juga :  Wajib Tahu! 1000 Koin Snack Video Berapa Rupiah? Ini Perhitungannya
No Bahaya dari Meteran Listrik Sering Jeglek
1 Kebakaran akibat hubungan arus yang tidak stabil
2 Kerusakan pada peralatan elektronik dan listrik
3 Resiko kesehatan akibat peningkatan radiasi
4 Peningkatan resiko terjadi hubungan pendek
5 Gangguan pada perangkat listrik di rumah
6 Potensi overvoltase dan kerusakan pada peralatan
7 Gangguan pada sistem keamanan listrik rumah
8 Peningkatan biaya energi karena kerugian daya
9 Resiko keamanan kebocoran listrik pada alat elektrik
10 Peluang kehilangan data pada peralatan elektronik

Kurangi Beban Pemakaian Listrik

Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek
Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Apabila penyebab meteran listrik kalian jeglek karena kelebihan penggunaan daya listrik, maka solusi pertama yang bisa dilakukan ialah dengan mengurangi atau mencabut beberapa alat yang tersambung ke aliran listrik sehingga penggunaan meteran akan menjadi normal.

Setelah mencabut beberapa alat elektronik yang tersambung, lanjutkan dengan mengganti posisi MCB dari Off menjadi ON. Agar kondisi seperti ini tidak terulang lagi, pahami jumlah maksimal batas penggunaan listrik di MCB kalian, sehingga selanjutnya dapat memperhitungkan jumlah alat yang bis digunakan. Jika jumlah alat yang tersambung ke listrik tidak bisa dikurangi, sebaiknya tingkatkan kapasitas daya listrik pada MCB yang digunakan.

Lakukan Pengaduan Listrik ke PLN 

Selain mencabut elektronik yang mengalami gangguan, cara mengatasi meteran listrik sering jeglek akibat korsleting adalah dengan mengajukan keluhan melalui aplikasi PLN Mobile, melalui virtual assistant yang tersedia di website resmi PLN, maupun melalui akun media sosial PLN. 

Layanan pengaduan listrik tidak dipungut biaya, kalian hanya membutuhkan koneksi internet saja. Petugas PLN akan menghubungi kamu untuk mendapatkan informasi lengkap mengenai mati listrik yang terjadi. Selanjutnya petugas akan melakukan pengecekan, apabila kendala termasuk golongan serius, maka petugas akan turun kelapangan untuk memperbaiki masalah tersebut.

Gunakan Inverator

Inverator juga disebut automatic slow start yang berperan untuk mengurangi lonjakan pertama saat alat elektronik pertama kali dihidupkan. cara mengatasi meteran listrik sering jeglek menggunakan inverator juga cukup mudah yaitu menyambung kan alat elektronik yang akan dipakai pada Inverator, dan inverator di sambung kan ke aliran listrik.

Baca Juga :  7 Penyebab dan Cara Mengatasi Token Listrik Terblokir

Pasang Stabilizer

Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek
Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Seperti yang sudah di jelaskan sebelumnya bahwa salah satu penyebab meteran listrik sering jeglek adalah penggunaan daya listrik yang berlebihan. Cara mengatasi meteran sering jeglek akibat kendala berikut bisa kalian terapkan dengan memasang Stabilizer. Stabililizer adalah alat yang dapat menetralkan tegangan listrik. Dengan alat ini, penggunaan daya listrik akan lebih efisien .

Cara Membuat Pengaduan Pada Pihak PLN

Ada banyak kendala listrik yang tidak bisa diatasi oleh masyarakat (Bukan Petugas PLN) seperti kendala meteran listrik yang sering jeglek. Oleh sebab itu, PLN menyediakan layanan pengaduan kendala yang dapat di akses selama 24 jam tanpa tidak dibebankan biaya.

Untuk menghubungi PLN sebenarnya ada banyak kontak resmi seperti media sosial Facebook, Instagram, twitter, email, panggilan telepon, serta melalui aplikasi PLN Mobile nya langsung.

Berikut kami lampirkan cara mudah membuat pengaduan pada layanan PLN.

Pengaduan PLN Via Aplikasi PLN Mobile

Cara pertama untuk mengajukan pengaduan pada bisa dilakukan melalui Aplikasi resmi PLN. Langkah-langkahnya juga cukup mudah, dengan cara :

  • Unduh aplikasi PLN Mobile pada App Store atau Google Play Store.
  • Loginkan aplikasi kemudian buka menu “Pengaduan.”
  • Pilih jenis pengaduan yang ingin kamu sampaikan.
  • Kemudian masukkan ID Pelanggan/No.Meter dan tekan tombol “Konfirmasi” lalu klik “YA“.
  • Jika ada deskripsi laporan atau terdapat foto masalah listrik maka bisa dilampirkan. Setelah itu klik “Kirim Pengaduan
  • Kamu akan menerima Nomor Laporan dengan format: Gxxxxx.
  • Kalau kamu tidak tahu berapa nomor ID-nya, tunjukkan lokasi lewat maps yang tersedia. Tentukan di mana lokasinya kemudian pilih “Konfirmasi”.

Pada aplikasi PLN Mobile kalian juga dapat melakukan berbagai aktivitas seperti pengisian token, pembayaran tagihan listrik, pengecekan riwayat kwh pemakaian listrik, dan lainnya.

Pengaduan PLN Via Telepon

Layanan berikutnya yang dapat kalian gunakan untuk mengajukan pengaduan ialah call center PLN via panggilan telepon 123.

Caranya cukup mudah, hanya menggunakan telepon, kamu sudah bisa menyampaikan pengaduan ke nomor 123. Petugas customer service akan memberi solusi dan arahan sesuai pengaduanmu terkait kendala listrik. Namun, untuk mengakses melalui Telepon kalian harus memiliki pulsa yang untuk menghubungi karena layanan akses ini berbayar.

Akhir Kata

Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek
Cara Mengatasi Meteran Listrik Sering Jeglek

Itulah cara mengatasi meteran listrik sering jeglek yang bisa kalian coba. Semoga pembahasan diatas dapat membantu kendala meteran listrik yang sedang sobat alami.

Back to top button