Promo Top Up Game Termurahūüėć
Tips

10 Cara Mengatasi Overthinking yang Tepat dan Baik

Supaya kamu lebih produktif saat bekerja, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi overthinking dengan baik. Tak dapat dipungkiri, overthinking bisa menjadi salah satu penghambat untuk tetap produktif saat bekerja.

Beban pikiran yang berlebihan akan membuat kamu kurang fokus saat sedang di kantor. Alhasil, kamu tidak bisa menyelesaikan pekerjaan dan berpotensi terkena teguran dari atasan.

Lantas, bagaimana cara mengatasi overthinking yang tepat agar bisa lebih produktif? Yuk, simak dan baca sampai habis informasinya di sini, ya!

Apa Itu Overthinking?

Cara mengatasi overthinking
Sumber: Pinterest

Overthinking berasal dari dua kata, yaitu over yang memiliki arti ‚Äúlebih‚Ä̬†dan think yang artinya ‚Äúberpikir‚ÄĚ. Jadi, overthinking bisa diartikan sebagai seseorang yang terbiasa memikirkan sesuatu secara berlebihan.

Overthinking akan membuat seseorang terlalu banyak merenungkan masa lalu mengkhawatirkan masa depan serta segala hal yang belum atau tidak akan terjadi.

Seseorang yang overthinking akan memikirkan setiap masalah kecil sampai menjadi besar dan rumit dari yang sebenarnya terjadi. Akibatnya, tanpa disadari overthinking bisa menguras energi, menghambat dalam pengambilan keputusan, serta mempengaruhi penentuan tindakan.

Kalau dibiarkan, overthinking akan berpengaruh terhadap kesehatan mental seseorang.

Ciri-ciri Overthinking

Cara mengatasi overthinking
Sumber: Freepik

Beberapa orang seringkali tidak menyadari bahwa dirinya sedang overthinking. Oleh sebab itu, berikut ada beberapa ciri overthinking yang bisa kamu ketahui, yaitu:

  • Sering mengkritik diri sendiri
  • Memiliki kekhawatiran berlebih terhadap suatu hal
  • Mudah merasa menyesal setelah melakukan sesuatu
  • Terlalu banyak memikirkan masa lalu dan mengkhawatirkan masa depan yang belum terjadi
  • Sering berandai-andai pada kejadian yang belum terjadi
  • Memikirkan hal sama secara berulang-ulang
  • Hanya fokus pada masalah dan tidak melakukan solusi apapun
  • Sulit membuat keputusan yang pasti
  • Sering merasa lelah dan sulit tertidur karena overthinking lebih aktif pada malam hari.

Kenapa Overthinking Mesti Dihindari?

Cara mengatasi overthinking
Sumber: Freepik

Sebelum mulai membahas cara mengatasi overthinking, kamu harus tahu dulu alasan kenapa hal ini mesti dihindari atau segera diatasi.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Journal of Abnormal Psychology pada tahun 2013, terlalu banyak memikirkan masalah, kesalahan serta kekuranganmu bisa meningkatkan risiko masalah kesehatan.

Biasanya, hal ini akan seringkali dirasakan oleh pekerja saat sedang melakukan kesalahan di kantor. Ketika ada kesalahan yang dilakukan, entah melalui lisan atau tulisan, seseorang akan memikirkan masalah itu dan menimbulkan overthinking.

Bahkan, tak jarang ada yang melakukan kesalahan di kantor, kemudian merasa insecure. Hal itu hanya membuat produktivitas kerjamu menjadi berkurang, lho. Soalnya, kamu selalu terpaku dengan kesalahan tanpa memikirkan solusinya.

Mengurangi overthinking akan membuat kamu bisa menurunkan stres, tidur lebih nyenyak, serta otomatis berpengaruh terhadap positif karir sendiri.

Bayangkan jika kamu dapat mengatasi overthinking dengan baik, maka saat malam, tidurmu akan lebih nyenyak, dan keesokan harinya bisa menyambut pekerjaan dengan positif.

Oleh sebab itu, kamu harus tahu bagaimana cara mengatasi overthinking dengan baik dan tepat.

Cara Mengatasi Overthinking yang Tepat Agar Lebih produktif

Cara mengatasi overthinking
Sumber: Freepik

Ada beberapa cara mengatasi overthinking yang bisa kamu lakukan dengan tepat untuk meningkatkan produktivitas, diantaranya:

1. Fokus Pada Solusi

Cara mengatasi overthinking bisa kamu lakukan dengan fokus terhadap solusi. Menurur Forbes, memikirkan masalah saja tidak akan membantumu, tetapi memikirkan solusi dari masalah akan sangat membantu kamu nantinya.

Jangan biarkan pikiranmu mengarah kepada masalah yang terjadi pada dirimu. Sebisa mungkin, alihkan untuk memikirkan solusi terbaik.

Tanyakan pada diri sendiri langkah seperti apa yang bisa dilakukan untuk segera menyelesaikan masalah. Daripada terus menerus menanyakan tentang masalah yang terjadi, lebih baik kamu mencoba untuk mencari solusi yang bisa dilakukan.

2. Perbanyak Berpikir Positif

Mengubah cara berpikir pada suatu peristiwa maupun kejadian tertentu dapat mengurangi kamu untuk selalu overthinking.

Misalnya, saat di kantor, kamu berpapasan dengan bosmu namun tidak disapa olehnya. Ketika peristiwa itu terjadi, jangan sampai berpikiran kalau bosmu tidak menyapa karena dia tidak suka dengan kinerjamu, ya.

Ubahlah cara berpikir kepada hal-hal yang lebih positif. Contohnya, mungkin saja bosmu tidak menyapa karena ia sedang sibuk dan terbutu-buru untuk masuk ke ruangannya.

3. Berhenti Jadi Perfeksionis

Kebanyakan orang merasa overthinking karena merasa dirinya kurang dalam menyelesaikan setiap pekerjaan. Misalnya, merasa kurang cerdas, kurang rapi, kurang bagus serta perasaan kurang lainnya.

Hal itu akan menimbulkan overthinking karena kamu percaya bahwa hasil pekerjaanmu menjadi kurang bagus.

Oleh sebab itu, cara mengatasi overthinking yang tepat adalah dengan berhenti jadi perfeksionis. Terkadang, mampu menyelesaikan pekerjaan dengan tepat waktu menjadi pilihan baik daripada harus menyelesaikannya sesempurna mungkin.

4. Alihkan Pada Kebahagiaan

Cara menghentikan overthinking agar bisa lebih produktif adalah dengan memikirkan hal-hal yang hanya membuatmu bahagia. Misalnya, menulis, menggambar, bermain musik, membaca dan hobi-hobi lainnya yang akan membuatmu dapat melupakan masalah.

Cara mengatasi overthinking ini memang dinilai cukup ampuh. Contohnya, saat kamu sedang mengalami overthinking karena pekerjaan di kantor, sebaiknya pikirkan bahwa nanti sata pulang ke rumah, kamu akan menggambar atau membaca buku.

Selain itu, kamu dapat mengalihkan pikiran dengan cara mengambil cuti dan liburan agar mengurangi beban pikiran yang berlebihan tersebut. Sehingga, pikiranmu akan kembali fresh dan hanya dipenuhi oleh perasaan yang bahagia saja.

5. Awali Hari dengan Baik

Cara mengatasi overthinking selanjutnya adalah memulai hari dengan baik dan penuh kebahagiaan.

Saat bangun pagi, kamu dapat menyiram tanaman atau langsung sarapan. Kalau ada waktu, mungkin kamu bisa olahraga sejenak sebelum sarapan, lalu mandi dan berangkat kerja.

Cara ini cukup ampuh dalam membuang pikiran-pikiran negatif yang saat malam hinggap di kepalamu.

Selain itu, ketika kamu mampu mengawali hari dengan baik, tandanya kamu sudah siap untuk bekerja.

6. Fokus Pada Masa Sekarang

Saat mengalami overthinking, kamu akan cenderung memikirkan banyak hal buruk yang akan menimpamu di masa depan.

Jika kau mengalami pemikiran seperti itu, disarankan untuk menyadari bahwa kamu sebenarnya tidak bisa memprediksi apa saja yang akan terjadi di masa depan.

Kalau hanya memikirkan hal itu saja, kamu akan kehilangan waktu saat ini dengan sia-sia, lho.

Lebih baik fokus saja untuk masa sekarang dan lakukan semua hal dengan produktif. Dengan begitu, hasil yang akan kamu lakukan di masa ini akan berdampak baik untuk masa depan.

7. Bersyukur

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kebanyakan orang merasa overthinking karena menganggap diri mereka masih kurang dalam segala hal.

Untuk mengatasi overthinking ini, kamu harus perbanyak bersyukur dengan apa yang sudah didapatkan hingga saat ini.

Daripada terus fokus dengan kekurangan yang kamu miliki, lebih baik terus asah skill atau kemampuan agar bisa menunjang karier di masa depan.

8. Perhatikan Bagaimana Cara Kamu Berpikir

Cara mengatasi overthinking yang penting untuk dilakukan berikutnya adalah memperhatikan bagaiman cara kamu berpikir.

Overthinking merupakan suatu pemikiran yang dilakukan tanpa sadar karena sudah terbiasa. Sehingga, kamu harus menyadarinya dan berusaha untuk tidak berpikiran negatif lagi untuk ke depannya.

Setiap kali kamu merasa cemas, ragu, stres hingga depresi, berhentilah sejenak dan lihat situasi yang sedang dialami. Kemudian, perhatikan bagaimana kamu akan merespon.

Dengan melakukan hal ini, kebiasaan overthinking-mu akan mulai berkurang dan bisa menjalani kehidupan dengan produktif. Tentu saja, setelah overthinking tidak ada dalam pikiran, kamu dapat menikmati hidupmu dengan tenang dan penuh rasa syukur.

9. Terima Usaha Terbaikmu

Rasa takut yang menyebabkan overthinking biasanya terjadi karena perasaan yang menganggap bahwa kamu belum merasa cukup. Baik itu dalam hal kepintaran, dedikasi maupun kerja keras.

Apabila ini terjadi dalam dirimu, ada baiknya untuk mengatasi perasaan overthinking itu dengan menerima setiap usaha yang telah kamu lakukan semaksimal dan sebaik mungkin.

Ingatlah, kesuksesan bisa bergantung pada hal-hal yang tidak bisa kontrol. Jadi, tanamkan dalam diri sendiri bahwa kamu sudah melakukan yang terbaik dalam setiap pekerjaan.

Dengan begitu, kecenderungan untuk melakukan overthinking akan ikut berkurang.

10. Ubah Pandanganmu Terhadap Rasa Takut

Perlu kamu tahu bahwa beberapa kasus menyatakan bahwa overthinking terjadi karena rasa takut yang berlebih. Saat fokus terhadap hal negatif, kamu akan lebih mudah untuk menjadi seseorang yang tidak produktif.

Rasa takut yang dapat menyebabkan overthinking cukup beragam. Hal itu dapat terjadi karena kegagalan di masa lalu, rasa takut untuk mencoba hingga kejadian lainnya.

Apapun itu, kamu harus tetap ingat bahwa kegagalan yang pernah dialami sebelumnya akan terus kamu dapatkan lagi setiap saat. Cobalah untuk berpikir bahwa setiap kegagalan yang terjadi dapat menjadi sarana pembelajaran agar bisa lebih baik lagi ke depannya.

Baca juga informasi tentang 17 peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan di sini, ya.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Overthinking
Cara Mengatasi Overthinking

Cara mengatasi overthinking di atas bisa kamu coba dan lakukan pada diri kamu sendiri. Ingatlah, overthinking tidak akan membantu kamu untuk menyelesaikan suatu masalah. Justru, hal ini hanya akan membuatmu masuk ke dalam masalah yang lainnya, lho.

Oleh sebab itu, tekadkan dalam diri sekuat tenaga untuk bisa mengatasi overthinking agar mampu menjalani hidup dengan penuh ketenangan.

Itulah informasi seputar cara mengatasi overthinking yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jangan sampai overthinking menguasai dirimu yang berharga dan membuat hidupmu berantakan, ya.

Back to top button