Promo Top Up Game Termurahūüėć
Peluang Usaha

17 Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Sebenarnya, ada banyak peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan sekaligus menjanjikan untuk kamu coba. Beberapa peluang usaha bisa memberikan kamu omzet hingga belasan juta setiap bulannya. Hal ini dikarenakan tidak terlalu banyak pesaing saat kamu mencoba mendirikan usaha rumahan tersebut.

Mungkin, beberapa orang menganggap bahwa kehidupan di desa terdengar membosankan. Sudah cukup sering kamu mendengar ada banyak anak-anak muda yang meninggalkan desa untuk mencari pekerjaan di kota.

Padahal, ada banyak sumber daya alam yang bisa dimanfaatkan untuk dijual di desa sebagai peluang usaha rumahan menguntungkan. Usaha rumahan ini bisa kamu pasarkan secara online maupun offline agar menjangkau banyak konsumen secara luas.

Sehingga, setiap bulannya kamu bisa mendapatkan keuntungan yang melimpah. Ditambah lagi, beberapa peluang usaha rumahan ini cukup menjanjikan sebagai bisnis jangka panjang.

Rekomendasi Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menjanjikan dan Menguntungkan

Nah, berikut ada beberapa rekomendasi peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan sekaligus menjanjikan untuk jangka panjang, yaitu:

1. Produk Hasil Ternak

Tak hanya identik dengan pertanian, desa juga identik dengan hasil peternakannya yang melimpah ruah. Bahkan, bidang pertanian dan peternakan seringkali menjadi dua hal yang tidak bisa terpisahkan.

Jika ingin membuka usaha rumahan di desa pada bidang peternakan, kamu mesti melakukan survey mengenai peternakan itu sendiri. Cobalah untuk melihat ternak hewan apa yang bisa kamu olah di desa, misalnya, telur ayam, bisnis telur asin, ayam potong, jual hewan ayam, sapi, kambing, bebek dan lainnya. Bahkan, kamu bisa menjadi peternak susu sapi maupun pengolah keju yang bergizi, pembuat yoghurt dan masih banyak lagi.

Tentunya, ide usaha produk hasil ternak di desa bisa memberikan keuntungan yang besar untuk kamu. Terutama jika kamu menjualnya ke kota dan dapat mengimpor ke luar negeri, sudah pasti omzet bulanan yang didapatkan bisa mencapai hingga belasan sampai ratusan juta.

2. Produk Makanan Olahan

Peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan berikutnya adalah membuat produk dari makanan olahan. Seperti yang kamu tahu bahwa desa memiliki banyak bahan makanan yang melimpah untuk diolah menjadi berbagai macam produk makanan enak, lezat dan menarik.

Ada berbagai macam produk makanan olahan rumahan di desa yang bisa kamu pilih, seperti membuat asinan, keripik, manisan dan berbagai macam olahan lainnya. Selain dijual di rumah untuk dibeli oleh tetangga sekitar, kamu bisa menjual makanan olahan ini secara online. Jadi, konsumen yang menyukai produk makanan olahan dari bisnismu semakin luas.

3. Warung Sembako

peluang usaha rumahan di desa
Sumber: Harapan Rakyat

Warung sembako bisa menjadi salah satu ide peluang usaha rumahan di desa yang bisa kamu lakukan. Untuk bisa membuka bisnis warung sembako, pastikan kamu memanfaatkan koneksi dengan para petani maupun peternak di desa.

Di warung sembako, kamu bisa menjual berbagai macam kebutuhan sembako atau harian masyarakat, seperti beras, sayuran, buah-buahan, telur dan bahan sembako lainnya.

Dengan membeli bahan sembako dari para petani dan peternak, kamu akan mendapatkan harga yang lebih ekonomis. Ditambah lagi, semua bahan sembako itu bisa didapatkan dengan kualitas tinggi. Sehingga, warung sembako yang kamu buka dapat dikunjungi oleh banyak masyarakat di desa maupun sekitar desa tempat tinggal.

4. Jual Pupuk dan Pestisida Organik

Pupuk dan pestisida organik bisa dibuat dari limbah pertanian maupun peternakan. Tentunya, limbah pertanian maupun peternakan itu bisa kamu dapatkan dengan mudah, terutama untuk kamu yang tinggal di pedesaan.

Apabila ingin memilih peluang usaha rumahan berjualan pupuk dan pestisida organik, kamu bisa bekerjasama dengan para petani dan peternak di desa masing-masing.

Tawarkan dirimu sebagai penampung dari limbah pertanian serta peternakan mereka. Dengan senang hati, para petani maupun peternak pasti akan memberikan limbah tersebut kepada kamu. Kemudian, produk pupuk maupun pestisida organik itu bisa kamu tawarkan lagi kepada para petani di desa.

5. Budidaya Ikan Cupang

Peluang usaha rumahan di desa
Sumber: CNN Indonesia

Peluang usaha rumahan di desa berikutnya yang bisa kamu pertimbangkan ada budidaya ikan cupang. Perlu kamu tahu bahwa ikan cupang seringkali dipilih sebagai ikan hias maupun ikan aduan. Ikan cupang cepat berkembang biak, bahkan setiap pasang ikan cupang bisa menghasilkan hingga 500 ekor ikan cupang baru.

Selain itu, perawatan ikan cupang cukup mudah kamu lakukan. Untuk pakannya, kamu harus perlu memberikan cacing maupun jentik nyamuk.

Ikan cupang bisa kamu pasarkan dengan harga mulai dari Rp 200.000 – Rp 10.000.000 tergantung corak warna yang dimilikinya.

6. Budidaya Tanaman Hias

Peluang usaha rumahan di desa menguntungkan
Sumber: Okezone Economy

Desa menjadi suatu kawasan yang cocok untuk mengembangkan hobimu dalam budidaya tanaman hias. Sebab, budidaya tanaman hias sebagai peluang usaha rumahan di desa cukup menjanjikan dan menguntungkan bagi kamu.

Pilih jenis tanaman hias yang akan menjadi fokus usahamu nanti. Pastikan bahwa iklim di tempat kamu tinggal cocok untuk melakukan budidaya tanaman hias tersebut.

Tanaman hias yang kamu budidayakan di rumah bisa dijual secara offline maupun online. Asalkan kamu menguasai teknik pengemasan yang tepat supaya tanaman hias yang dikirimkan bisa tetap utuh dan tidak rusak hingga sampai di tempat tujuan.

Kalau sudah begitu, jualan tanaman hias di rumahmu pun bisa terus laris manis, walaupun posisi jualan ada di desa.

7. Pulsa dan Kebutuhan Internet Lainnya

Ide jualan rumahan di desa selanjutnya yang cukup menjanjikan adalah jualan pulsa dan kebutuhan internet lainnya.

Di desa, masih banyak masyarakat yang suka membeli pulsa, kuota, maupun membeli token listrik secara offline ke agen maupun counter pulsa. Hal ini berbanding terbalik dengan orang-orang kota yang lebih nyaman membeli pulsa dan kebutuhan internet lainnya secara online.

Jualan pulsa serta kebutuhan internet di desa tentu akan sangat menguntungkan. Sebab, hampir setiap orang sudah memiliki smartphone, sehingga agar bisa terus menggunakan HP tersebut, orang-orang pun selalu mengisi pulsa atau kuota mereka.

Terlebih, jualan pulsa, kuota, voucher game hingga token listrik tidak membutuhkan modal banyak, lho. Kamu bisa memulai dengan modal seadanya dulu atau bergabung menjadi agen pulsa terpercaya, seperti di Mocipay.

8. Bengkel Motor

Salah satu moda transportasi yang sering digunakan di desa adalah motor. Jika kamu memiliki ketertarikan dengan bidang otomotif, terutama motor, maka hal ini bisa menjadikan peluang usaha rumahan kamu di desa.

Kamu dapat mulai membuka bengkel motor dengan variasi layanan menarik, seperti steam motor, spare part motor, jok motor sampai ban.

Jika bengkel motor yang kamu miliki di desa terlihat lengkap dan menawarkan harga terjangkau, maka peluang usaha ini pun bisa menguntungkan untukmu karena akan banyak dikunjungi oleh banyak orang nantinya.

9. Jualan Sayur

Peluang usaha rumahan di desa
Sumber: Daya Id

Jualan sayur bisa kamu pertimbangkan sebagai peluang usaha rumahan di desa. Apalagi jika kamu memiliki perkebunan sayur yang cukup luas, maka bisa menjual berbagai jenis sayuran secara langsung. Selain tampak segar karena baru dipetik dari kebunnya, jualan sayur dari hasil kebun sendiri akan memberikan keuntungan besar.

Namun, jika kamu tidak memiliki perkebunan sendiri, maka bisa membeli ke tempat lain, seperti pasar. Usaha jualan sayuran sangat menjanjikan, sebab banyak masyarakat desa yang enggan pergi ke pasar hanya untuk membeli sayuran dalam jumlah sedikit.

Jadi, saat kamu memutuskan untuk menjual sayuran di desa, tetangga maupun masyarakat desa pun menjadi lebih terbantu.

10. Pengisian Bahan Bakar Mini

Seperti yang kamu tahu, di desa masih terasa sulit menemukan SPBU maupun tempat pengisian bensin. Melihat potensi ini, kamu bisa membuka tempat pengisian bahan bakar mini yang sekarang sudah banyak di kota-kota besar.

Tentunya, mobilitas masyarakat di desa juga sudah cukup tinggi, sehingga usaha rumahan ini akan menjanjikan untuk kamu lakukan.

Hanya saja, kamu harus memiliki modal yang cukup besar karena untuk membuka SPBU mini, diperlukan modal puluhan hingga ratusan juga. Namun, keuntungan yang didapatkan per bulannya pun akan sangat besar. Asalkan kamu membuat SPBU mini di lokasi yang strategis.

11. Tempat Sewa Wifi

Ide peluang usaha rumahan di desa yang bisa kamu lakukan selanjutnya adalah membuat tempat sewa wifi.

Jaringan telekomunikasi di desa dan kota memiliki perbedaan yang lumayan jauh dari sisi infrastruktur. Sulitnya untuk mendapatkan akses internet di desa dapat kamu manfaatkan dengan menghadirkan layanan wifi murah.

Dijamin, pasti bakal banyak orang yang datang ke tempatmu untuk sekadar membuka media sosial maupun bermain game online.

Dengan harga 2 ribu seharian untuk akses wifi, kamu bisa mendapatkan keuntungan besar setiap minggunya. Apalagi jika orang-orang yang datang ke tempat wifi selalu banyak. Kamu tidak perlu khawatir untuk membayar tagihan wifi perbulannya karena sudah bisa dibayarkan dari hasil sewa tempat wifi sendiri.

12. Pengrajin Kayu

Peluang usaha rumahan di desa
Sumber: Kompas

Jika kamu hobi membuat kerajinan maupun perabotan dari kayu, menjadi pengrajin kayu bisa menjadi salah satu solusi peluang usaha rumahan di desa yang menjanjikan.

Ada beberapa daerah dari Indonesia, seperti Jepara yang terkenal akan pengrajin kayunya yang handal dan bisa menciptakan berbagai macam produk berkualitas.

Walaupun kamu bukan berasal dari Jepara, usaha menjadi pengrajin kayu tetap bisa dilakukan, kok. Apalagi jika desa tempat tinggalmu memiliki banyak kayu di kebun para petani. Kamu bisa membeli kayu tersebut, lalu dijadikan untuk membuat berbagai macam produk berkualitas tinggi.

Kamu dapat memberikan harga yang terjangkau untuk masyarakat desa. Meski harganya terjangkau, kamu masih tetap mendapatkan omzet yang besar, lho.

13. Pangkas Rambut

Bisnis rumahan di desa yang bisa kamu pertimbangkan berikutnya adalah membuka usaha pangkas rambut. Jasa pangkas rambut memang masih belum terlalu banyak di pedesaan, sehingga dapat menjadi usaha yang cukup menjanjikan karena pesaingnya masih sedikit.

Namun, sebelum memulai usaha pangkas rambut, pastikan kamu mempelajari skill memotong rambut yang baik terlebih dahulu. Tujuannya agar para pelanggan yang datang ke pangkas rambut milikmu tidak kecewa dengan menggunakan jasa kamu.

Apabila hasil potong rambut terlihat bagus sesuai keinginan pelanggan, jasa pangkas rambut milikmu pasti akan langsung dipercaya oleh banyak orang. Bahkan, bisa mendapatkan pelanggan tetap dalam waktu cepat.

14. Fotocopy

Di pedesaan, pasti ada banyak anak-anak sekolah yang terkadang mencari tempat fotocopy-an untuk menyelesaikan tugas mereka. Seperti yang diketahui, hanya ada sedikit tempat fotocopy di desa, sehingga mereka harus pergi ke kota untuk menyelesaikan tugas tersebut.

Nah, hal ini bisa menjadi peluang usaha rumahan di desa yang dapat kamu lakukan. Cukup sediakan modal untuk membeli mesin fotocopy dan satu komputer saja, kamu sudah bisa membuka jasa fotocopy. Selain itu, kamu bisa menambah layanan jasa print, menyediakan berbagai macam alat tulis sekolah dan keperluan ATK lainnya.

Jika tempat jasa fotocopy yang kamu miliki ramai dengan berbagai layanan tersedia, maka orang-orang pun akan tertarik untuk datang ke tempatmu. Berikan harga yang bersahabat untuk para pelajar di desa, sehingga jasa fotocopy milikmu akan menjadi langganan bagi mereka.

Tenang saja, kamu masih bisa mendapatkan keuntungan dari jasa fotocopy, lho.

15. Jual Telur Online

Semua orang pasti tahu apa itu telur, kan? Hasil ternak ini banyak dikonsumsi dan dipakai untuk kebutuhan sehari-hari. Mulai dari untuk olahan makanan, olahan masakan, hingga pembuatan bolu, kue dan produk olahan lainnya.

Dikarenakan telur banyak dibutuhkan oleh orang-orang, kamu bisa membuka usaha jual telur secara online, lho. Tentunya, berjualan secara online akan membuat kamu bisa mendapatkan omzet lebih banyak karena penjualan yang laris manis.

Kamu bisa menawarkan telur di media sosial maupun WhatsApp dan menyediakan layanan COD sekitaran daerah tempat tinggal kamu saja.

Peluang usaha rumahan di desa ini bisa menjadi salah satu bisnis jangka panjang yang tidak akan mati sampai kapanpun. Jadi, kamu bisa memilihnya sebagai usaha rumahan yang menguntungkan. Apalagi jika kamu memelihara ayam petelur sendiri, maka keuntungan yang didapatkan pun akan semakin besar.

16. Jual Ayam Potong Online

Selain jual telur, kamu bisa membuka usaha jual ayam potong secara online sebagai peluang usaha rumahan di desa.

Jual ayam potong online akan menjadi salah satu peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan dan cukup menjanjikan, walaupun kamu membuka bisnis ini di pedesaan. Kamu dapat menjualnya secara online untuk mendapatkan pelanggan yang lebih luas.

Menariknya, usaha jual ayam potong online akan selalu mendapatkan pelanggan karena daging ayam banyak dibutuhkan. Jadi, kamu bisa menjadikan sebagai bisnis yang menguntungkan sekaligus menjanjikan untuk jangka panjang.

17. Jasa Menjahit

Jasa menjahit menjadi usaha yang tidak pernah padam dari masa ke masa, karena menjahit menjadi kebutuhan utama dalam membuat pakaian.

Bagi kamu yang memiliki skill di bidang menjahit, maka bisa mulai mencoba buka usaha menjahit di rumah. Tentunya, peluang usaha jasa menjahit cukup besar karena terkadang ada beberapa masyarakat yang tidak bisa mengecilkan atau memotong pakaian mereka sendiri.

Oleh karena itu, jasa menjahit sangat dibutuhkan untuk membuat pakaian yang akan dikenakan mereka menjadi pas dan lebih baik.

Kamu dapat memberikan harga mulai dari Rp 20 ribu tergantung tingkat kesulitan jahitan masing-masing. Kamu juga bisa mulai melakukan promosi di media sosial agar jasa menjahit yang kamu buka di rumah dapat diketahui oleh banyak orang.

Buat kamu yang sedang mencari peluang usaha harian, yuk cek 12+ Peluang Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari disini, ya.

Kesimpulan

Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan
Peluang Usaha Rumahan di Desa yang Menguntungkan

Masih banyak peluang usaha rumahan di desa yang bisa kamu lakukan. Namun, beberapa peluang usaha di atas bisa menjadikan inspirasi sekaligus ide yang baik untuk kamu pilih sesuai kemampuan dan modal yang dimiliki masing-masing.

Itulah informasi seputar rekomendasi peluang usaha rumahan di desa yang menguntungkan dan menjanjikan untuk kamu pilih. Jadi, mana peluang usaha yang akan kamu lakukan untuk mendapatkan penghasilan di desa?

Back to top button