Tutorial

8 Cara Mengatasi WiFi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet Di Android

Mengetahui bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android merupakan langkah penting yang harus diketahui untuk memastikan kelancaran dalam menjelajah di dunia internet setiap waktu.

Dalam era dimana konektivitas menjadi bagian integral dari kehidupan sehari-hari, penggunaan WiFi menjadi salah satu cara paling efektif untuk dapat terhubung dengan internet dengan harga yang cukup terjangkau namun sudah bisa digunakan oleh beberapa orang.

Namun kadang-kadang muncul beberapa masalah, seperti salah satunya yaitu WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android. Masalah ini dapat menyebabkan kekesalan atau bahkan frustasi, terutama saat kita sedang dalam deadline mengerjakan sesuatu hal.

Namun sekarang anda tidak perlu lagi khawatir. Karena dalam artikel ini kami akan membahas tentang cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android. Postingan kami ini akan membantu anda untuk mengatasi segala permasalahan yang sedang anda hadapi terkait penggunaan WiFi.

Penyebab WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android

Memahami terlebih dahulu apa penyebab timbulnya masalah terkait WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android merupakan langkah awal yang tidak dapat diabaikan sebelum lanjut mencari tau bagaimana cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android.

Penyebab WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android
Penyebab WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android

Ada beberapa hal yang menjadi pemicu masalah WiFi terhubung ke Android, tapi tidak ada akses internet. Berikut kami jelaskan sejumlah penyebabnya yang paling umum:

1. Jaringan WiFi overload

Penyebab yang pertama dapat disebabkan karena jaringan yang terhubung ke WiFi terlalu banyak atau overload. Perlu diketahui bahwa WiFi memiliki batas kapasitas jaringannya masing-masing sesuai dengan kecepatan/ Mbps WiFi.

Banyaknya jumlah pengguna yang terhubung ke WiFi secara bersamaan melebihi kapasitas yang disarankan, akan menyebabkan menurun nya kualitas WiFi atau koneksi menjadi tidak stabil bahkan tidak ada akses internet sama sekali.

Baca Juga :  3 Cara Membuat Per Di Word Dengan Cepat dan Mudah

2. Masalah router atau modem

Router merupakan salah satu perangkat penting yang berfungsi untuk mengelola lalu lintas antar jaringan dengan meneruskan paket data ke alamat IP yang dituju.

Inilah yang membuat beberapa perangkat bisa terhubung ke internet. Namun, kadang-kadang perangkat ini dapat mengalami masalah teknis yang membuat akses internet menjadi bermasalah atau terputus.

3. Sinyal WiFi lemah

Sinyal WiFi Lemah
Sumber: 3.bp.blogspot.com

Penyebab berikutnya yang memicu masalah WiFi terhubung tapi tidak ada akses di Android adalah karena sinyal WiFi yang lemah. Sinyal WiFi lemah biasanya disebabkan karena perangkat Android berada di jangkauan yang jauh dari router.

4. Tagihan WiFi belum dibayar

Akses internet tidak tersedia padahal WiFi terhubung dapat juga disebabkan karena tagihan WiFi yang belum dibayar. Perlu untuk ketahui bahwa penyedia layanan WiFi secara otomatis akan memutuskan jaringan apabila pelanggan belum melunasi tagihan bulanan. Itulah mengapa penting untuk mencatat kapan jatuh tempo pembayaran WiFi agar terhindar dari masalah pemutusan jaringan.

5. Konflik IP dan DNS

WiFi terhubung tapi tidak ada internet di Android dapat juga di picu oleh adanya konflik yang terjadi pada IP dan DNS pada pengaturan jaringan WiFi di perangkat Android yang digunakan.

6. Terdapat gangguan pada Android yang digunakan

Adanya gangguan pada perangkat Android yang digunakan juga bisa menyebabkan masalah WiFi tidak ada akses internet. Masalah yang dimaksud disini adalah seperti adanya bug atau pun masalah sistem operasi perangkat.

7. Gangguan pada ISP (layanan penyedia WiFi)

Penyebab WiFi terhubung tapi tidak ada internet di Android yang terakhir kemungkinan disebabkan oleh adanya gangguan pada layanan pusat penyedia WiFi (ISP). Gangguan ini dapat bersumber dari sedang terjadi suatu kerusakan pada penghubung WiFi atau bisa juga karena sedang dilakukan pemeliharaan rutin jaringan WiFi.

Penyebab Lain Jaringan Wi-Fi Error Keterangan
Masalah koneksi internet Gangguan pada koneksi internet dari penyedia layanan atau router yang terputus
Kekuatan sinyal lemah Jarak yang jauh dari router atau gangguan fisik dapat menyebabkan sinyal Wi-Fi menjadi lemah
Konflik IP address Duplikasi alamat IP dalam jaringan dapat menyebabkan konflik dan gangguan koneksi
Masalah pada router Perangkat keras atau konfigurasi router yang bermasalah dapat menyebabkan ketidakstabilan jaringan
Overload jaringan Terlalu banyak perangkat yang terhubung ke jaringan dapat menyebabkan overloading jaringan
Perangkat lunak antivirus Pengaturan firewall atau perangkat lunak antivirus yang terlalu ketat bisa memblokir koneksi Wi-Fi
Interferensi sinyal Gangguan dari perangkat elektronik atau sumber sinyal lainnya dapat mengakibatkan interferensi pada jaringan Wi-Fi
Perangkat Wi-Fi kadaluwarsa Router atau perangkat Wi-Fi yang sudah tua dan perlu diganti
Kesalahan konfigurasi Pengaturan yang salah pada router atau perangkat penghubung lainnya bisa menjadi penyebab kesalahan jaringan
Gangguan lingkungan Gangguan dari faktor luar seperti cuaca ekstrem atau interferensi dari jaringan Wi-Fi tetangga
Baca Juga :  11 Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout

Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android

Setelah mengetahui beberapa penyebab WiFi terhubung tapi tidak ada internet di Android, mari kita lanjut ke pembahasan yang berikutnya yaitu cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android.

Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android
Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android

Jika anda sedang mengalami masalah “WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android”  anda bisa melakukan beberapa langkah berikut yang mungkin akan membantu anda untuk memperbaiki masalah tersebut.

1. Restart Router WiFi dan Perangkat Android

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android yang pertama bisa anda mulai dengan me-restart router WiFi dan perangkat Android yang digunakan. Langkah ini kerap dapat membantu mengatasi berbagai permasalahan yang muncul, termasuk masalah akses internet yang tidak ada padahal WiFi terhubung.

Selain itu, untuk mengatasi barangkali masalah timbul dari perangkat Android yang digunakan seperti penggunaan sistem operasi, maka cobalah untuk memeriksa sistem operasi perangkat anda. Segera perbarui ke versi yang terbaru jika sistem operasi yang digunakan telah kadaluarsa.

Perhatikan juga bagian penyimpanan perangkat, pastikan tidak kepenuhan, serta hapus cache dan sampah yang mungkin telah menumpuk di penyimpanan perangkat anda. Langkah ini akan membantu kinerja ponsel menjadi lebih bagus dan lancar tanpa bug.

2. Pastikan tagihan WiFi telah dilunasi

Memastikan tagihan WiFi dilunasi secara rutin juga dapat menjadi salah satu cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android.

Cobalah untuk memeriksa kapan jatuh tempo pembayaran tagihan WiFi anda. Segera lunasi apabila sudah melewati batas pembayaran yang telah ditentukan, maka jaringan WiFi anda akan normal kembali.

3. Putuskan dan sambungkan kembali WiFi

Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android
Cara Mengatasi WiFi Terhubung tapi Tidak Ada Akses Internet di Android

Berikutnya, cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android juga dapat dilakukan dengan memutuskan lalu menyambungkan kembali WiFi.

Cobalah lupakan jaringan WiFi anda yang bermasalah tersebut dan hubungkan kembali dengan memasukkan kembali kata sandi. Langkah ini dapat membersihkan konfigurasi yang mungkin sedang bermasalah baik pada perangkat Android maupun WiFi.

Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan Aplikasi Whatsapp yang Terhapus, Wajib Coba!

4. Periksa pengaturan IP

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya pada beberapa penyebab masalah WiFi terhubung tapi tidak ada internet di Android, salah satunya adalah karena adanya konflik pada IP dan DNS.

Maka cobalah untuk mengubah pengaturan IP pada perangkat Android dari otomatis ke statis ataupun sebaliknya. Caranya adalah buka pengaturan WiFi di perangkat Android anda > pilih jaringan WiFi > lalu atur jaringan.

5. Aktifkan dan matikan kembali mode pesawat

Langkah selanjutnya dalam cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android yaitu dengan mengaktifkan lalu mematikan kembali mode pesawat. Terkadang langkah ini cukup efektif untuk mengatasi berbagai permasalahan dalam perangkat Android, termasuk salah satunya masalah jaringan internet.

6. Periksa perangkat yang terhubung ke WiFi

Memeriksa perangkat yang terhubung ke WiFi juga bisa menjadi salah satu cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android. Pastikan agar jaringan yang tersambung ke WiFi tidak sampai overload.

Pertimbangkan untuk menggunakan kata sandi agar dapat mengelola perangkat yang terhubung ke WiFi anda. Atau tingkatkan kecepatan/ Mbps WiFi agar memungkinkan untuk terhubung dengan perangkat yang lebih banyak.

7. Test WiFi menggunakan perangkat lainnya

Cobalah untuk melakukan test dengan menggunakan perangkat lain, apakah dapat terhubung ke WiFi dan bisa mengakses internet. Langkah ini akan membantu anda untuk mengetahui apakah masalah bersumber dari router atau dari perangkat Android yang digunakan.

8. Hubungi Call Center WiFi

Cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android yang terakhir adalah menghubungi call center WiFi sesuai dengan layanan atau merk yang anda gunakan. Adukan kendala anda pada mereka dan tanyakan apakah memang sedang ada gangguan yang terjadi pada jaringan WiFi mereka.

Pihak layanan mereka akan memberikan bantuan pada anda. Jika perlu, mereka juga bisa mengirimkan team mereka untuk meninjau langsung ke lokasi anda dan mengecek serta melakukan perbaikan pada sumber penyebab munculnya masalah.

Rekomendasi WiFi Murah, Bagus, Internet Lancar!

Rekomendasi WiFi Murah, Bagus, Internet Lancar
Sumber: kliktangerang.com

Mendapatkan WiFi murah dan bagus sehingga internetan lebih lancar namun tetap bisa menghemat merupakan impian semua orang. Oleh karena itu, selain menjelaskan tentang cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android, dalam artikel ini kami juga akan membagikan beberapa rekomendasi WiFi yang berkualitas tapi murah, sehingga internetan lebih lancar namun tetap hemat biaya!

Berikut beberapa rekomendasi WiFi terbaik tapi murah, bikin internetan lebih lancar:

  1. WiFi Indihome
  2. MNC Play
  3. Biznet
  4. Orbit Telkomsel
  5. iConnet
  6. Firstmedia

Akhir Kata

Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet Di Android
Cara Mengatasi Wifi Terhubung Tapi Tidak Ada Akses Internet Di Android

Itulah beberapa cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android yang dapat anda ikuti. Dengan adanya upaya dan pemecahan masalah yang tepat, kita dapat memastikan bahwa perangkat Android kita tetap terhubung dengan internet tanpa kendala yang tidak diinginkan.

Setelah mengetahui sejumlah cara mengatasi WiFi terhubung tapi tidak ada akses internet di Android seperti yang telah kami jelaskan diatas, anda akan terbantu untuk dapat memecahkan segala permasalahan terkait akses internet dari WiFi yang tidak berjalan. Dengan demikian, anda bisa memastikan untuk mendapatkan pengalaman berselancar dan menjalankan aplikasi yang membutuhkan akses internet tanpa hambatan.

Back to top button