Tutorial

Pasti Bisa! Begini Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Pada masa tertentu kita diharuskan mengelola keuangan sebaik mungkin, seperti cara mengatur uang 200 ribu seminggu yang sulit bahkan mustahil untuk sebagian orang.

Kebutuhan pokok semakin bertambah begitupun dengan harga barang yang melonjak belakangan ini. Ketika menyadari hal tersebut, banyak dari kita yang berjaga-jaga dengan teknik saving dan mengurangi pengeluran satu bulan penuh.

Hidup dengan 200 ribu seminggu bukan mustahil, namun tidak semua orang bisa melakukanya. Karena itu, semua orang wajib memiliki kemampuan mengelola keuangan dengan baik, yakni dengan mendata segala kebutuhan pokok dalam 7 hari penuh.

Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Cara mengatur uang 200 ribu seminggu bisa anda terapkan meskipun masing-masing kita punya kebutuhan dan gaya hidup yang berbeda-beda. Hal ini pastinya sepadan dengan wilayah tempat tinggal anda, dimana harga barang dan transportasi juga berbeda.

Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu
Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Hidup dengan uang 200 ribu seminggu mungkin mustahil bagi sebagian orang yang ingin berhemat, namun tidak salah untuk mencobanya. Berikut perhitungan uang 200 ribu dalam seminggu sebagai langkah memanajemen keuangan dengan bijak:

  • Rp200.000/7 hari= Rp28.571/perhari
  • Jadi, 28 ribu rupiah adalah jumlah uang yang harus anda keluarkan dalam sehari.

Mungkinkah anda hidup dengan nominal tersebut? Sebenarnya uang 28 ribu perhari bisa kurang atau lebih. Maksudnya selalu ada kebutuhan tak terduga yang harus kamu prediksikan dan tidak mungkin dibutuhkan tiap hari.

Nah, untuk anda yang kesulitan menyeimbangkan antara pemasukan dan pengeluaran silahkan baca dan pahami cara mengatur uang 200 ribu seminggu berikut ini:

Baca Juga :  7 Cara Menggabungkan Foto Dan Video dalam Satu Frame

Cukupkan Pangan dalam Seminggu

Cara mengatur uang 200 ribu seminggu yang dapat anda terapkan adalah mencukupkan pangan sebagai kebutuhan pokok dahulu.

Anda bisa membuat daftar kebutuhan makanan sebelum hari pertama dalam rencana seminggu, yang pasti dalam cara mengatur uang 200 ribu dalam seminggu anda wajib mengolah makanan sendiri, agar lebih hemat.

Membuat daftar menu makanan (food Preparation) Anda dapat memulai berhemat dan mengelola uang 200 ribu dengan membuat daftar makanan yang akan dimasak dalam seminggu, pilihlah menu yang variatif dan masih dalam tahapan terjangkau
Rencanakan belanja mingguan Setelah membuat daftar menu makanan, pastikan anda membelanjakan bahan masakan secara bersamaan. Dengan demikian anda mengetahui sisa uang yang dipakai untuk kebutuhan lain.
Membawa bekal Jika sudah berbelanja, anda harus memanajemen waktu untuk mengolahnya menjadi asupan setiap hari. Pastikan membawa bekal makanan jika anda beraktivitas atau bekerja di luar rumah.
Mengganti Camilan Dalam menu makanan seminggu, anda bisa membelanjakan camilan jadi atau bahan mentah untuk diolah. Dengan demikian pengeluaran perhari akan tertata.

Mengurangi Kebiasaan Pesan Makanan Online

Mengurangi Kebiasaan Pesan Makanan Online
Mengurangi Kebiasaan Pesan Makanan Online

Sedikit banyaknya kita memiliki sifat kosumtif, yakni tidak mampu menahan hasrat berbelanja dalam bentuk makanan, pakaian dan perlengkapan lain.

Oleh karena itu, dalam cara mengatur uang 200 ribu seminggu sobat dianjurkan agar mendisiplinkan diri dari kebiasaan pesan makanan online. Kebutuhan pangan anda sebaiknya diolah sendiri jika benar-benar ingin berhemat.

Memang, adakanya anda dengan olahan tangan sendiri dan memutuskan memesan makanan online. Padahal jika dikalkukasikan, memesan makanan online membuat anda membayar dua kali lipat dari olahan dapur alhasil anggaran melebihi tafsiran.

Baca Juga :  8+ Cara Cek Tagihan PDAM Yang Sudah Dibayar Dengan Mudah dan Praktis!

Selain berhemat, sobat Mocipay bisa menambah tabungan denganĀ 4 Aplikasi Yang Menghasilkan Uang Bagi Pelajar Tanpa Mengundang Teman

Kurangi Menggunakan Kendaraan Bermotor

Kurangi Menggunakan Kendaraan Bermotor
Kurangi Menggunakan Kendaraan Bermotor

Cara mengatur uang 200 ribu seminggu selanjutnya adalah mengurangi penggunaan kendaraan bermotor jika memungkinkan. Anda bisa berjalan kaki atau bersepeda jika jarak tempuh bisa dijangkau.

Apabila lokasi bekerja tidak memungkinkan anda berjalan kaki dan bersepeda, anda bisa menggunakan motor atau kendaraan umum yang paling ramah di kantong.

Sebenarnya kebutuhan bensin kendaraan ini bisa anda anggarkan di luar uang 200 ribu. Silahkan isi bensin full tank di awal atau siapkan anggaran di luar uang mingguan.

Kurangi Pengeluaran Saat Hangout

Nongkrong di kafe menjadi gaya hidup yang tidak bisa lepas dari kehidupan modern ini. Jadi sisa belanja mingguan bisa dimanfaatkan untuk hangout bersama teman.

Cara mengatur 200 ribu seminggu dengan hangout bisa-bisa saja, silahkan pilih kafe atau tempat yang affordable. Anda bisa mengisi perut dari rumah sebelum di kafe, nanti anda cukup membeli kudapan atau minuman ringan untuk mengemat pengeluaran.

Memanfaatkan Diskon

Memanfaatkan Diskon
Memanfaatkan Diskon

Tahap terakhir dalam cara mengatur uang 200 ribu seminggu dengan memanfaatkan diskon. Apabila sobat ingin mengelola dan memperbaiki manajemen saving dengan anggaran 200 ribu, tidak akan lepas dari keinginan belanja.

Lalu bagaimana caranya mengatasi hasrat belanja dengan dana yang sudah dianggarkan? tentu saja memanfaatkan diskon adalah solusinya. Jika ada harga murah kenapa tidak dipergunakan, klaim atau tunggu sampai momen diskon datang.

Hal yang Perlu Diperhatikan Ketika Mengelola Uang 200 Ribu Seminggu

Uang salah satu alat penukaran yang selalu di cari manusia untuk memenuhi kebutuhan. Entah karena ingin berhemat atau menyesuaikan penghasilan, tidak sedikit yang menelusuri cara hidup dengan pengeluaran yang rendah.

Baca Juga :  13 Cara Menghilangkan Kutu Anjing Secara Alami Dan Permanen

Nah, ketika menerapkan cara mengatur uang 200 ribu seminggu, anda perlu menyisihkan dana darurat dan memperhatikan beberapa hal berikut:

Anggarkan Kebutuhan Bulanan dan Mingguan

Anggarkan Kebutuhan Bulanan dan Mingguan
Anggarkan Kebutuhan Bulanan dan Mingguan

Cara mengatur uang 200 ribu seminggu hanya bisa berhasil jika sahabat sudah menganggarkan penghasilan dalam sebulan. Maksudnya anda wajib memanajemen uang dan menentukan bagian yang tidak harus ditebus dengan uang 200 ribu tersebut.

Dana 200 ribu ini sebaiknya anda gunakan untuk memenuhi kebutuhan pangan, transportasi dan biaya tak terduga yang bersifat ringan. Sisanya bisa sobat gunakan untuk berbelanja atau hangout jika memungkinkan.

Diluar kebutuhan tersebut, anda dituntut untuk membuat anggaran bulanan seperti biaya listrik, air, bensin, pendidikan, dana darurat nominal yang besar dan sebagainya.

Untuk pulsa dan kuota internet, anda bisa berhemat dengan Mocipay, aplikasi penyedia pulsa dan kuota internet termurah.

Terapkan Konsep Bertahan Hidup

Terkadang hidup dengan uang 200 ribu seminggu bukanlah pilihan, namun upaya menyetarakan pendapatan bulanan mereka. Anda bisa menerapkan konsep bertahan hidup meskipun tujuan awal adalah menabung.

Untuk bertahan hidup, artinya anda hanya perlu makan, minum dan bernafas. Jadi, tidak ada kebutuhan sekunder dan tersier didalamnya. Berarti anda perlu mengolah makanan untuk memenuhi rasa lapar.

Jika menggunakan teknik tersebut, maka food preparation 200 ribu diatas memiliki sisa yang bisa anda alokasikan untuk jajan ataupun hangout.

Selalu Ikut Aturan dan Komitmen

Selalu Ikut Aturan dan Komitmen
Selalu Ikut Aturan dan Komitmen

Selalu ikut komitmen dan aturan salah satu kunci mengatur uang 200 ribu seminggu. Di awal cara berhemat memang sulit dilakukan, karena banyak kebiasaan konsumtif yang perlu anda hilangkan.

Setelah terbiasa dan memperoleh keuntungan saving, cara mengatur uang 200 ribu seminggu ini mudah dan nyaman dijalani. Anda pasti terbiasa dengan gaya hidup minimalis.

Akhir Kata

 Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu
Cara Mengatur Uang 200 Ribu Seminggu

Cara mengatur uang 200 ribu seminggu diatas mungkin berhasil apabila anda komitmen dan fokus pada tujuan berhemat. Jadi uang 200 ribu yang Mocipay bahas disini mengarah pada kebutuhan pokok dan transportasi anda dalam seminggu, yang berarti anda harus mengesampingkan kebutuhan sekunder.

Semoga penjelasan diatas cukup dan membantu anda mengelola keuangan dengan bijak. Terimakasih sudah membaca hingga akhir, nantikan kami di topik berikutnya!

Back to top button