Tutorial

13 Penyebab Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul dan Solusinya

Seringkali muncul pertanyaan mengenai Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul. Saat ini tiktok menjadi salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan oleh semua orang. Tiktok diketahui dapat memberikan seputaran informasi mengenai pendidikan, wawasan, hingga sebagai hiburan.

Hal inilah yang membuat tiktok semakin digemari oleh pengguna. Selain itu, pada aplikasi tiktok pengguna bisa berjualan dan mendapatkan penghasilan. Dengan ini, tiktok menjadi salah satu aplikasi yang memberikan keuntungan bagi penggunanya.

Di tiktok juga pengguna bisa mengunggah video berupa kegiatan atau video mengenai ilmu pengetahuan. Tetapi, tak jarang tiktok mengalami gangguan yang dimana komentar tidak muncul. Oleh karena itu, artikel ini akan memberikan penjelasan mengenai Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul. Simak penjelasannya!

Apa Penyebab Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul?

Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul
Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul / Sumber : Iteachandroid

 

Sebagai pengguna tiktok, pastinya terkadang kita memberikan komentar di postingan orang lain atau orang lain yang berkomentar di postingan yang kita unggah. Tetapi ada suatu ketika dimana komentar tiktok tidak muncul padahal pada notif pemberitahuan sudah ada pengguna yang memberikan komentar pada video kita.

Begitu pula dengan sebaliknya, dimana kita memberikan komentar terhadap postingan orang lain tetapi komentar kita tidak muncul pada postingan tersebut. Hal ini tentu menjadi masalah bagi pengguna karena tiktok dianggap tidak memberikan respon yang baik pada saat pengguna menggunakan fitur komentar.

Untuk itu, Kamu wajib tahu apa penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul agar memberikan kelancaran dan tidak terdapat gangguan pada saat akses tiktok. Berikut ini beberapa faktor penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul, antara lain :

1. Fitur Komentar Dinonaktiftkan

Saat fitur komentar dinonaktifkan, sudah pasti komentar tidak akan muncul. Fitur komentar dapat diaktifkan dan dinonaktifkan oleh pengguna. Jika pengguna memilih untuk menonaktifkan komentar, maka komentar tidak akan muncul pada video tiktok yang di unggah.

Baca Juga :  2 Cara Membuat Status Warna Warni di FB Lewat HP Tanpa Aplikasi

2. Komentar Dihapus

Saat Kamu baru saja mengunggah video ke tiktok dan mendapatkan pemberitahuan bahwa seseorang telah memberikan komentar pada video yang Kamu unggah, tetapi pada saat membuka komentar pada video tersebut komentar tidak muncul. Hal ini bisa terjadi karena komentar telah dihapus oleh pengguna yang telah berkomentar pada video Kamu.

3. Filter Komentar

Pada aplikasi tiktok, pengguna juga diberikan kebebasan untuk memfilter komentar dari pengguna lain. Filter komentar biasanya ditandai dengan kata-kata kasar atau kotor yang sifatnya menyinggung. Hal inilah terkadang yang membuat kenapa komentar tiktok tidak muncul.

4. Akun Diblokir Oleh Pemilik Video

Saat Kamu hendak memberikan komentar pada salah satu video di tiktok, komentar akan muncul pada bagian komentar tiktok. Berbeda ketika akun Kamu telah diblokir oleh pemiliki video, ketika pemilik video memblokir akun Kamu, maka komentar yang telah Kamu buat tidak akan muncul.

5. Aplikasi Tiktok Sedang Error

Ada kalanya dimana aplikasi sedang mengalami bug atau error. Saat terjadi error pada aplikasi tiktok, akan membuat akses video tiktok sedikit lebih lambat dan dapat mengakibatkan komentar tidak muncul.

6. Tidak Memiliki Koneksi Internet

Ketika mengakses aplikasi tiktok, dibutuhkan koneksi internet yang stabil. Jika Kamu tidak memiliki koneksi internet, sudah dipastikan bahwa Kamu tidak bisa mengakses video di tiktok dan komentarpun tidak bisa muncul. Oleh karena itu, pastikan menggunakan jaringan internet yang lancar dan stabil.

Cara Mengatasi Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul

Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul1
Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul / Sumber : Kompas.com

 

Setelah mengetahui beberapa penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul, pastinya dibutuhkan juga bagaimana cara mengatasi kenapa komentar tiktok tidak muncul.

Baca Juga : Cara Mengambil Gaji Tiktok 1000 Followers, Mudah untuk Pemula!

Bagi sebagian pengguna, komentar tiktok bisa mempengaruhi ketenaran dan membuat video tiktok semakin mudah untuk fyp. Hal inilah yang membuat pengguna senang jika video yang diunggah mendapatkan komentar. Selain itu, mendapatkan komentar yang positif bisa meningkatkan semangat bagi pengguna untuk mengunggah video tiktok.

Baca Juga :  Kenapa Capcut Tidak Ada Template? Ini Penyebab & Solusinya

Untuk itu, berikut ini beberapa cara mengatasi kenapa komentar tiktok tidak muncul yang wajib Kamu ketahui, diantaranya :

  • Periksa Koneksi Internet

Hal pertama yang dapat dilakukan sebagai cara mengatasi kenapa komentar tiktok tidak muncul adalah dengan memeriksa koneksi internet. Karena syarat utama agar bisa mengakses tiktok adalah harus memiliki koneksi internet yang stabil. Jika koneksi internet tidak ada, sudah otomatis komentar tidak muncul dan tidak bisa akses aplikasi tiktok.

  • Mengecek Pengaturan Komentar

Seperti yang dijelaskan di atas bahwa salah satu penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul adalah karena pengaturan komentar yang dinonaktifkan. Untuk itu, Kamu bisa mengubah pengaturan komentar agar bisa melihat komentar. Selain itu, jangan lupa untuk nonaktifkan fitur komentar spam dan pemilihan kata, agar semua komentar bisa muncul.

  • Login Ulang Ke Aplikasi Tiktok

Cara mengatasi kenapa komentar tiktok tidak muncul selanjutnya adalah dengan melakukan login ulang ke aplikasi tiktok. Hal ini berguna untuk merefresh ulang aplikasi agar kinerja aplikasi bisa lebih stabil.

  • Hapus Cache Aplikasi

Penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul bisa terjadi karena cache aplikasi yang sudah penuh. Saat aplikasi memiliki cache yang sudah bertumpuk, akan membuat aplikasi menjadi lebih lambat dari biasanya. Untuk itu, Kamu dapat mengatasi komentar yang tidak muncul dengan menghapus cache aplikasi.

  • Kirim Ulang Komentar

Jika Kamu ingin mengomentari postingan atau unggahan video pengguna lain di aplikasi tiktok tetapi komentar tidak muncul, Kamu dapat mengatasinya dengan ketik dan kirim ulang komentar. Bisa saja pada saat Kamu mengirimkan komentar pertama jaringan sedang tidak stabil, jadi Kamu bisa mengulang komentar.

  • Update Aplikasi Tiktok

Salah satu penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul adalah bisa saja karena pengguna tidak mengupdate aplikasi. Saat menggunakan suatu aplikasi, sangat penting untuk update aplikasi ke versi terbaru. Hal ini berguna untuk menghindari gangguan atau bug pada aplikasi.

  • Re-Install Ulang Aplikasi Tiktok

Jika sudah melakukan beberapa cara mengatasi kenapa komentar tiktok tidak muncul di atas tetapi tetap saja belum bisa memunculkan komentar, Kamu bisa re-install ulang aplikasi tiktok.

Tetapi untuk install ulang aplikasi, pengguna diharapkan mengingat data login seperti email atai nomor Hp yang digunakan untuk login aplikasi tiktok sebelumnya, password, username, dan beberapa data penting yang digunakan pada aplikasi tiktok. Karena jika pengguna lupa beberapa data login tersebut, akan membuat akun tiktok sebelumnya hilang dan terpaksa pengguna harus menggunakan akun baru.

Baca Juga :  3 Cara Mengembalikan HP Ke Setelan Pabrik melalui Langkah-langkah Mudah dan Sederhana!

Bagaimana Cara Mengaktifkan Komentar di Tiktok?

Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul2
Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul / Sumber : The Atlantic

 

Mungkin bagi sebagian pengguna masih banyak yang belum mengetahui bagaimana cara mengaktifkan komentar di tiktok. Agar pengguna bisa mendapatkan komentar dari video yang telah diunggah, pengguna wajib mengaktifkan komentar.

Jika Kamu belum mengetahui bagaimana cara mengakifkan komentar di tiktok, Kamu dapat mengikuti beberapa langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka aplikasi tiktok di smartphone Kamu.
  2. Ketuk menu Profil pada bagian bawah halaman.
  3. Klik tanda 3 garis yang berada pada pojok kanan atas.
  4. Pilih Pengaturan dan Privasi.
  5. Lanjutkan dengan ketuk Privasi, lalu pilih Komentar.
  6. Kemudian Kamu bisa melakukan filter komentar dengan memilih siapa saja yang dapat mengomentari video Kamu.
  7. Jika ingin membuat pilihan Semua Orang, Kamu hanya perlu ketuk pilihan Semua Orang maka komentar akan muncul setiap kali ada pengguna yang memberikan komentar pada video yang Kamu unggah.
  8. Selesai!

Apakah Komentar di Tiktok Bisa Dihapus?

Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul3
Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul / Sumber : Kiat On

 

Saat pengguna merasa terganggu dengan komentar yang diberikan pada postingan atau video yang diunggah, pengguna dapat menghapus komentar. Adapun cara untuk menghapus komentar tiktok adalah dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Artikel Menarik Lainnya : 9 Cara Jadi Seleb TikTok Untuk Pemula 2023

  1. Buka aplikasi tiktok.
  2. Pilih komentar yang akan di hapus dengan menekan dan tahan komentar.
  3. Kemudian, pilih Hapus untuk menghilangkan komentar tersebut.
  4. Selesai!

Selain itu, pengguna juga bisa menghapus komentar dengan memilih hingga 100 komentar. Jika Kamu mendapatkan begitu banyak komentar di tiktok dan ingin menghapus komentar tersebut, Kamu dapat hapus komentar secara massal dengan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  1. Buka aplikasi tiktok.
  2. Putar video yang mendapatkan banyak komentar tersebut.
  3. Ketuk tombol Komentar di samping video.
  4. Ketuk tombol Filter di bagian atas.
  5. Pilih komentar yang akan di hapus.
  6. Ketuk Hapus untuk menghilangkan massal komentar yang mengganggu.
  7. Selesai!

Kesimpulan

Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul
Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul

Memberikan komentar atau diberikan komentar antar sesama pengguna aplikasi tiktok merupakan hal yang wajar. Hal ini merupakan bentuk tanggapan atas video yang di unggah oleh pengguna. Dengan bertukar komentar juga pengguna bisa menjalin hubungan baik dengan sesama pengguna aplikasi tiktok.

Tetapi, jangan sampai salah menggunakan komentar pada aplikasi tiktok. Sebaiknya memberikan komentar dan tanggapan positif. Jangan memberikan tanggapan yang sifatnya menyinggung.

Oleh karena itu, Jika Kamu telah memberikan komentar dan diberikan komentar oleh sesama pengguna tetapi komentar tidak muncul, Kamu dapat membaca penyebab kenapa komentar tiktok tidak muncul di atas.

Demikianlah informasi mengenai Kenapa Komentar Tiktok Tidak Muncul. Semoga artikel ini dapat membantu dan bermanfaat ya!

Back to top button