Tutorial

11 Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout

Pernahkah kamu mengalami kendala V01 Lazada Error gagal checkout? Jika pernah, maka kamu wajib tahu Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout yang akan kami bahas pada artikel kali ini.

Alasan utama memilih berbelanja online yaitu selain mudah dan praktis karena tidak perlu keluar rumah, penggunanya juga bisa mendapatkan barang yang diinginkan jauh lebih murah dengan penawaran diskon dan promo yang ada.

Namun, terkadang pada saat melakukan pemesanan produk/checkout terjadinya V01 atau error yang mengakibatkan gagal nya proses checkout pada aplikasi Lazada tersebut.

Maka dari itu, pada artikel ini akan dibahas kenapa Lazada gagal checkout dan Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout. Simak panduannya disini.

Sekilas Tentang Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Sekilas Tentang Lazada

Lazada adalah sebuah platform e-commerce yang cukup populer di Asia Tenggara, termasuk Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura dan Vietnam yang didirikan pada tanggal 27 Maret 2012 di Singapura.

Lazada menyediakan berbagai produk seperti elektronik, pakaian, peralatan rumah tangga, kosmetik dan masih banyak lagi.

Mereka juga menawarkan layanan pengiriman dan pembayaran yang beragam, termasuk pembayaran melalui dompet digital (E-wallet).

Apa itu V01 Lazada?

CV01 atau biasa disebut V01 Lazada adalah suatu kendala dimana dalam proses pemesanan produk (Checkout) adanya indikasi penggunaan voucher yang tidak sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku di Lazada.

Mengapa Lazada Bisa Gagal Checkout?

Sebelum membahas cara mengatasi V01 Lazada error gagal checkout, pasti diantara kamu penasaran mengapa Lazada bisa gagal checkout? Hal tersebut pada umumnya wajar-wajar saja.

Karena sistem pada aplikasi tidak selalu berjalan dengan lancar dan normal secara terus menerus, sehingga ada kalanya dimana sistem mengalami tidak bekerja secra optimal atau error.

Berikut rangkuman penyebab mengapa Lazada bisa gagal checkout dan cara mengatasinya, sebagai berikut:

Penyebab Lazada Gagal Checkout Cara Mengatasi
Stok Produk Sudah Habis Carilah produk yang hampir serupa atau tunggu kesediaan produk tersedia kembali.
Informasi Pembayaran Tidak Valid Pastikan kamu sudah memasukkan semua informasi pembayaran dengan benar seperti nomor kartu, tanggal kadaluwarsa dan kode CVV.
Kesalahan Teknis Lakukan refresh pada halaman aplikasi atau pada browser yang digunakan dan pastikan juga koneksi internet sudah stabil.
Metode Pembayaran Tidak Didukung Pastikan metode pembayaran yang dipilih sudah didukung oleh Lazada.
Masalah Alamat Pengiriman Pastikan alamat tujuan pengiriman sudah lengkap seperti nama jalan, nomor rumah, kelurahan, kecamatan, kota dan kode pos.
Baca Juga :  5 Cara Membatasi Hotspot Di HP Samsung Agar Tidak Boros

Kondisi dimana Lazada gagal Checkout biasa ditandai dengan adanya notifikasi gangguan pada sistem dikarenakan sedang bermasalah (error), seperti aplikasi menutup sendiri atau loading terus hingga mengakibatkan notifikasi koneksi tidak stabil.

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout

Setelah mengetahui penyebab Lazada gagal checkout, tentunya kamu ingin tahu pula cara mengatasinya dengan menggunakan beberapa point cara mengatasi V01 lazada error gagal checkout dibawah berdasarkan penyebab diatas.

Berikut ini Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout pesanan lewat browser atau aplikasi.

Ubah Alamat Email Akun Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Ubah Alamat Email Akun Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout yang pertama yaitu dengan mengubah alamat email akun Lazada. Hal ini terlihat sepele bukan? Namun cara ini bisa saja berhasil untuk dapat melakukan checkout produk pilihanmu.

Beberapa alamat email yang tidak mirip dengan nama pada akun atau nama user sering tidak terdeteksi dan terverifikasi. Maka dari itu, gunakan lah alamat email yang sesuai dengan nama akun atau username-mu, agar sistem dapat membaca dan menilai bahwa akun yang kamu gunakan aman dan valid.

Cara ini bisa kamu temukan pada halaman Checkout aplikasi Lazada, klik Faktur & Informasi Kontak, lalu edit dan tambahkan email valid yang benar pada formulir kolom email, tambahkan pula alamat penagihan/pengiriman yang sesuai, kemudian klik Konfirmasi.

Ganti Jaringan Internet Pada Ponsel

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout yaitu dengan mengganti jaringan internet pada ponsel. Cara ini dapat kamu lakukan agar sistem pada aplikasi Lazada memproses ulang permintaan atau perintah yang gagal akibat koneksi internet yang buruk.

Kamu bisa mengganti dari jaringan 3G ke 4G, 4G ke 5G atau sebaliknya. Kamu juga dapat memanfaatkan penggunaan jaringan WIFI agar koneksi internet semakin lancar dan stabil.

Selain mengganti jaringan internet pada ponsel, me-refresh koneksi internet juga dapat kamu lakukan dengan Mode Pesawat. Klik Mode Pesawat di pengaturan ponsel agar koneksi-nya menghilang sejenak, tunggu beberapa menit sekitar 5-10 menit, lalu tap lagi untuk mengembalikan koneksi yang lebih segar.

Baca Juga :  11 Cara Mendapatkan Uang 1 Juta dalam Sehari Tanpa Modal

Ubah Alamat Pengiriman dan Nomor Telepon (HP)

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Ubah Alamat Pengiriman dan Nomor Telepon (HP)

Pada platform E-commerce Lazada, Alamat Pengiriman yang sama dengan alamat yang kamu gunakan di akun lazada milikmu lainnya juga akan terdeteksi sebagai duplikat identitas. Mengubah alamat pengirim dapat dilakukan dengan mengisi form seperti Provinsi, Kota/kabupaten, Kecamatan, Kelurahan, nama jalan/ bangunan dan lain sebagainya.

Selain mengubah alamat pengiriman, hal ini juga berlaku untuk nomor telepon (HP) yang sama dengan nomor pada akun lazada lainnya juga akan terdeteksi sebagai tindakan pelanggaran akun. Hal tersebut sudah diatur dalam syarat dan ketentuan Lazada.

Maka, kamu dapat mengganti Nomor Telepon (HP) yang berbeda dengan nomor yang tersedia pada akun lazada lainnya milikmu agar tidak terjadi V01 Lazada Error Gagal Checkout.

Hapus Data dan Cache pada Aplikasi

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Hapus Data dan Cache pada Aplikasi

Menghapus Data dan Cache pada aplikasi Lazada juga dapat dilakukan agar tidak terjadi V01 Lazada Error Gagal Checkout.

Menghapus data dan cache di aplikasi dalam artian adalah akan menampilkan halaman untuk pengguna baru, sehingga kamu lakukan re-login di aplikasi Lazada seperti biasa.

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout cukup mudah untuk dilakukan dengan klik dan tahan pada aplikasi Lazada> pilih Info Aplikasi> klik Penggunaan Pengimpanan. Pada halaman rincian aplikasi pilih Hapus Data dan Hapus Cache untuk menghilangkan semua data pada aplikasi Lazada yang kamu gunakan.

Tunggu Sistem Lazada Normal Kembali

V01 Lazada Error Gagal Checkout biasanya ditandai dengan pemberitahuan adanya Maintenance atau error sehingga tidak ada hal yang dapat kamu lakukan selain menunggu sistem Lazada normal kembali.

Pihak Lazada sendiri akan melakukan update jadwal perbaikan pada sistem-nya secara berkala lewat aplikasi, browser maupun media sosial mereka. Setelah sistem kembali normal, kamu dapat melakukan checkout di aplikasi Lazada seperti biasa.

Menghubungi Customer Care Specialist Lazada pada Fitur Live Chat Aplikasi Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Menghubungi Live Chat Customer Care Specialist Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout berikutnya adalah dengan menghubungi Live Chat Customer Care Specialist Lazada.

Cara mengatasi V01 Lazada error gagal checkout dapat kamu lakukan dengan mengetik kan pada kolom chat dengan perintah “Hubungi Custumer Cervice” lalu sampaikan keluhanmu pada fitur chat seperti misalnya “V01 error gagal checkout“.

Dengan begitu, Customer Care Specialist Lazada akan meminta mu untuk melampirkan screenshot terkait kendala yang kamu alami.

Menghubungi Costumer Care Lazada Via Telepon

Jika masalah kamu tidak ditangani, langkah dari cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout selanjutnya kamu bisa menghubungi pusat bantuan atau Call Center Lazada yang layanan nya tersedia 24 jam untuk melayani semua kendala para penggunanya.

Kamu dapat menghubungi Costumer Care Lazada pada nomor 021-80640090 untuk mengadukan terkait kendala V01 Lazada Error Gagal Checkout. Cara mengatasi V01 Lazada error gagal checkout cukup handal untuk mengatasi setiap kendala yang kamu alami.

Baca Juga :  5 Cara Investasi Emas Di DANA Agar Untung, Dijamin Cuan

Update Aplikasi Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Update Aplikasi Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout bisa jadi disebabkan karena kamu belum melakukan update aplikasi Lazada di Play Store maupun App Store.

Maka, pastikan kamu selalu cek dan lakukan update aplikasi Lazada secara berkala untuk dapat memastikan fitur-fitur di aplikasi berjalan dan berfungsi dengan baik.

Reboot (Mulai Ulang) Ponsel

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Reboot (Mulai Ulang) Ponsel

Jika masalah kamu masih belum selesai, mari kita gunakan cara mengatasi V01 Lazada error gagal checkout dengan memulai ulang atau Reboot pada Ponsel.

Cara ini sebenarnya masih kurang efektif, namun bisa kamu lakukan saja siapa tau bisa berhasil dan kamu bisa checkout lagi di aplikasi Lazada.

Caranya cukup mudah, cukup menekan tombol On/Off secara lama dan pilih Mulai Ulang atau Reboot.

Paksa Berhenti (Force Close) Aplikasi Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Paksa Berhenti (Force Close) Aplikasi Lazada

Jika setelah kamu bersihkan data, cache, dan koneksi internet kamu baik-baik saja, tetapi aplikasi Lazada masih juga tidak dapat melakukan pemesanan produk (checkout), tindakan berikutnya yang bisa kamu lakukan adalah melakukan Force Close (paksa berhenti) pada aplikasi.

Sebab ketika kamu keluar dari aplikasi Lazada hanya dengan menekan tombol back (kembali), maka aplikasi tersebut sebenarnya tidak benar-benar keluar. Kamu bisa lihat sendiri di recent apps.

Untuk dapat menutup aplikasi secara sempurna, silahkan pilih dan tekan lama pada aplikasi Lazada> pilih Info Aplikasi> pilih Paksa Berhenti (Force Close).

Install Ulang Aplikasi Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout
Install Ulang Aplikasi Lazada

Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout yang terakhir adalah dengan hapus dan install ulang aplikasi Lazada. Dengan kamu install ulang aplikasi, maka secara otomatis aplikasi Lazada yang kamu gunakan adalah yang terbaru.

Tips Agar Tidak Terjadi Gagal Checkout Lazada

Layaknya seperti aplikasi belanja online lainnya seperti Tokopedia atau Shopee, kamu perlu melakukan tindakan untuk mengantisipasi agar kegiatan belanja kamu tidak terganggu di aplikasi Lazada.

Berikut beberapa tips agar tidak terjadi gagal Checkout Lazada, antara lain sebagai berikut ini:

  1. Jangan melakukan Refund pesanan secara terus-menerus.
  2. Hindari pelanggaran akun Lazada.
  3. Jangan menggunakan 1 identitas untuk beberapa akun di aplikasi Lazada.
  4. Follow akun Media Sosial Lazada untuk mendapatkan informasi update terkait kapan adanya sistem mereka melakukan Maintenance.
  5. Update secara berkala aplikasi Lazada.
  6. Jangan lupa untuk membersihkan cache aplikasi Lazada secara berkala.
  7. Lakukan checkout pada saat koneksi atau jaringan internet stabil.

Artikel Lain Terkait Lazada Disini ↓↓

12 Cara Mengatasi Permintaan Gagal Ada Indikasi Aktivitas Akun Yang Tidak Sesuai (V99) Lazada
10 Penyebab Lazada Error Hari Ini Serta Cara Mengatasinya
10 Cara Mendapatkan Gratis Ongkir di Lazada Tanpa Minimal Pembelian
7 Cara Mengatasi Lazada Paylater Tidak Muncul di Metode Pembayaran

Penutup

Cara Mengatasi V01 Lazada
Cara Mengatasi V01 Lazada

Sekian dulu pembahasan dan ulasan tentang Penyebab Lazada Gagal Checkout dan 11 Cara Mengatasi V01 Lazada Error Gagal Checkout yang mudah dan praktis untuk kamu ikuti serta beberapa tips agar tidak terjadi gagal checkout Lazada.

Kami mohon maaf jika ada salah kata dalam penulisan ataupun dari rangkuman diatas yang kurang tepat. Kamu juga dapat membagikan informasi dan panduan pada artikel ini dengan cara klik tombol Share dibawah ini. Selamat mencoba!

Juanda Sidabutar

Manusia biasa yang senang menulis, bermusik, berkelana, dan suka iseng.
Back to top button