Tutorial

5 Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai IPhone ke 100%

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ke 100 kini menjadi salah satu pencarian populer khususnya bagi pengguna setiap HP iPhone.

Penurunan kesehatan baterai iPhone merupakan hal yang sangat wajar bisa terjadi. Pasalnya, setelah beberapa lama penggunaan, baterai iPhone mungkin akan mengalami penurunan kapasitas yang dapat mengurangi umur baterai dan waktu pemakaian perangkat.

Jika kamu ingin mengembalikan kesehatan baterai iPhone kamu ke 100%, ada beberapa tindakan yang harus dilakukan.

Namun perlu diingat bahwa tidak ada jaminan baterai akan kembali seperti baru, tergantung pada kondisi dan usia baterai. Dalam kasus yang parah, solusi terbaik yang dapat dilakukan yaitu mengganti baterai yang baru.

Penyebab Kesehatan Battery Health iPhone Menurun Drastis

Baterai bukanlah komponen abadi dan memiliki masa pemakaiannya sendiri sebelum perlu diganti ke yang baru. Jadi penurunan Kesehatan Beterai iPhone merupakan hal yang sangat wajar bisa terjadi.

Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Menurun
Penyebab Kesehatan Baterai iPhone Menurun

Selain dampak dari penggunaan, ada beberapa hal yang menjadi faktor penyebab kesehatan baterai iPhone lebih cepat menurun, seperti :

  • HP terlalu panas dan dibiarkan terus menyala.
  • Di charger terlalu lama hingga melebihi batas waktu pengisian daya.
  • Terlalu banyak membuka aplikasi sekaligus dalam jangka waktu yang pendek.
  • Mengisi daya baterai dibawah 20% atau diatas 80%. Normalnya pengisian ulang daya 30% dan tidak boleh di charger jika baterai masih tersisa 80%.
  • Menggunakan Wireless atau Fast Charging yang dapat membuat baterai iPhone menjadi lebih panas.Tips Menjaga Kesehatan Baterai Iphone.
  • Charger yang digunakan bukan produk asli Apple.
  • Terbungkus pelindung saat mengisi daya.
  • Bermain game saat perangkat sedang di charger.

Semua dampak atau penyebab kesehatan battery Health iPhone menurun diatas diambil dari pengalaman pengguna iPhone sendiri. Jadi agar kesehatan baterai kamu tetap terjaga, hindari hal-hal yang telah dijelaskan tersebut.

Apakah Kesehatan Baterai iPhone Bisa Dikembalikan?

Seperti yang kita ketahui bahwa baterai iPhone termasuk salah satu bagian yang sangat sensitif pada perangkat tersebut. Jika kesehatan pada baterai sudah tidak terjaga lagi, maka akan mempengaruhi kinerja perangkat yang digunakan.

Banyak orang yang menanyakan “apakah kesehatan baterai iPhone bisa dikembalikan?” jawabannya tidak bisa, kesehatan baterai iPhone tidak dikembalikan seperti semula.

Baca Juga :  9+ Cara Mempercepat Kode Verifikasi WA Yang Lama: Mudah, Cepat, Dan Dijamin Berhasil!

Namun perlu dicatat bahwa, kesehatan yang dimaksud yaitu dalam ruang lingkup menjaga, bukan mengembalikan BH iPhone seperti baru pertama kali dibeli.

Lalu bagaimana cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100? Simak informasi penjelasannya dibawah ini.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ke 100

Kesehatan baterai iPhone tergantung bagaimana cara kamu merawat benda tersebut saat ini. Hampir keseluruhan pengguna iPhone mengeluh karena battery health tiba-tiba menurun.

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ke 100
Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ke 100

Penurunan kesehatan baterai iPhone merupakan hal yang lumrah terjadi. Pasalnya, hal ini bisa terjadi karena imbas dari pemakaian smartphone yang wajar.

Bagi kamu pengguna setia iPhone, sebaiknya pahami beberapa cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% dengan mudah.

1. Gunakan Charger iPhone Original

Cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100 yang pertama bisa kamu coba yaitu dengan menggunakan charger iPhone original atau asli.

Pasalnya, charger original memenuhi standart keselamatan dan kualitas yang ditetapkan oleh produsen iPhone, sehingga dapat mengurangi resiko kerusakan pada baterai atau perangkat.

Selain itu, dengan menggunakan charger original akan membuat arus yang masuk jadi lebih stabil. Untuk itu hindari mengisi ulang daya menggunakan charger iPhone KW pada smartphone kamu.

2. Isi Ulang Baterai Sebelum 0%

Ternyata bukan rumor, mengisi daya baterai iPhone dari 0% dapat merusak perangkat atau ponsel yang sedang digunakan. Dalam beberapa kasus, menunggu sampai baterai habis sebelum diisi ulang bisa merusak baterai.

Hal ini akan mempercepat pengikisan kapasitas baterai iPhone dan komponen pada perangkat juga akan terancam rusak.

Isi Ulang Baterai Sebelum 0%
Isi Ulang Baterai Sebelum 0%

Masalah mengisi daya menjadi bagian terpenting untuk menjaga kesehatan baterai.Bukan hanya untuk iPhone saja, namun untuk semua perangkat smartphone keseluruhan.

Jadi sebelum baterai iPhone belum habis total, sebaiknya lakukan pengisian daya secepatnya hingga baterai terisi sepenuhnya.

3. Melakukan Kalibrasi

Khusus untuk pengguna iPhone seri iOS 14.5, kamu bisa mengembalikan kesehatan baterai iPhone yang digunakan melalui fitur kalibrasi kesehatan baterai.

Fitur tersebut akan melakukan kalibrasi atau mendeteksi secara otomatis apabila laporan kesehatan baterai tidak akurat. Fitur ini dapat digunakan untuk pengguna iPhone seri 11 ke atas.

Melakukan Kalibrasi
Melakukan Kalibrasi

Jika ingin melakukan kalibrasi baterai iPhone agar cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100%, ikuti langkah-langkah berikut ini.

  • Isi daya beterai iPhone hingga terisi penuh 100%.
  • Cabut sambungan kabel charger dari HP iPhone kamu.
  • Gunakan smartphone tersebut hingga baterai habis dan mati total.
  • Isi kembali baterai hingga penuh.
  • Gunakan smartphone tersebut hingga baterai habis dan mati total, dan isi kembali baterai hingga penuh. Ulangi proses tersebut hingga tiga kali.
  • Setelah selesai, maka proses kalibrasi telah berhasil dilakukan.
Baca Juga :  5 Cara Membatasi Hotspot Di HP Samsung Agar Tidak Boros

Meskipun proses kalibrasi memakan waktu yang cukup lama, jika proses kalibrasi ini dilakukan dengan baik dan benar maka kondisi kesehatan baterai akan kembali 100%.

4. Ganti dengan Baterai Baru

Apabila sudah melakukan ketiga cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% diatas namun tidak ada perubahan sama sekali, alternatif terakhir yang dapat kamu lakukan yaitu dengan mengganti baterai iPhone dengan yang baru.

Tetapi jangan pernah meremehkan penggantian baterai, karena jika sampai salah membeli maka smartphone kamu yang akan menjadi taruhan nya.

Apabila kamu ingin upgrade baterai iPhone ke yang baru karena cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% sudah tidak tertolong lagi, pastikan untuk mendapatkan pengganti dari toko aksesoris atau service center resmi Apple.

Perlu di catat, penggantian baterai iPhone baru sedikit menguras kantong. Meskipun demikian barang atau produk asli lebih mahal karena kualitasnya tidak perlu di ragukan.

Hindari memberi baterai yang murah dan tidak asli, karena kerusakan baterai akan lebih cepat dan kesehatan baterai juga tidak dapat dijaga dengan baik.

Berapa Lama BH iPhone Menurun?

Umumnya Battery Health (BH) 100% berkurang 99% setelah 3 bulan pemakaian. Selanjutnya akan berkurang >1% disetiap bulannya jika kamu aktif menggunakan perangkat tersebut.

Battery Health (BH) akan semakin lama berkurang jika sudah mencapai 85%. Untuk menghindari pengurangan BH yang signifikan, sebaik nya hindari melakukan isi daya dibawah 20%.

Manfaatkan trickle charger dan pelajari terkait cyclecount agar kamu bisa mengetahui kondisi baterai iPhone yang sedang digunakan saat ini.

Kemudian, hindari menggunakan smartphone saat kondisi HP sedang di charger agar kesehatan baterai tidak berkurang atau menurun drastis.

Berapa Persen Battery Health iPhone Harus Diganti?

Agar tidak merusak komponen smartphone yang digunakan, sebaiknya ketahui berapa persen battery health iPhone baru bisa diganti.

Biasanya BH iPhone harus diganti jika sudah 80%. Hal tersebut dikarenakan battery health 80% adalah batas maksimal yang baik. Jika lebih rendah dari yang disarankan, sebaiknya ganti baterai iPhone kamu secepatnya.

Mengapa? pasalnya, saat berada di bawah 80% biasanya baterai akan mengalami beragam masalah yang cukup serius meskipun sudah mencoba cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100.

Baca Juga :  6 Penyebab dan Solusi Jaringan Telkomsel Lemot

Umumnya, jika kemampuan penyimpanan daya berkurang secara pesat, sistem operasional akan mengirim status baterai “Servis” pada menu pengaturan iPhone. Saat status tersebut muncul, pengguna disarankan untuk melakukan penggantian baterai secepatnya.

Tips Menjaga Kesehatan Baterai iPhone

Kesehatan baterai menjadi jajaran paling utama yang wajib diperhatikan, khususnya bagi pengguna setia HP iPhone. Hal ini untuk menghindari pencarian cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% lagi.

Bagi kamu yang baru saja membeli perangkat ini atau baru mengganti baterai iPhone baru, perhatikan tips berikut agar kesehatan baterai iPhone tetap awet dan pemakaiannya tahan lama.

Berikut adalah beberapa tips nya :

  • Kurangi kecerahan layar atau gunakan Mode Daya Rendah untuk menghemat penggunaan baterai.
  • Hindari panas berlebih pada iPhone.
  • Jangan mengisi daya iPhone melalui sembarangan sumber.
  • Jika benar-benar tidak diperlukan, isi daya iPhone hingga sekitar 80% saja.
  • Hapus aplikasi yang sudah tidak digunakan atau diperlukan lagi untuk mengurangi beban kinerja iPhone.

Apabila kamu berhasil menerapkan beberapa tips menjaga kesehatan baterai iPhone diatas pada HP kamu, dapat dipastikan BH iPhone akan terjaga dan jangka pemakaian lebih lama.

Harga Baterai iPhone Terbaru di iBox

Jika ternyata semua cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% diatas sudah dilakukan namun tidak ada perubahan sama sekali maka dengan mengganti baterai baru menjadi solusi terbaik.

Tetapi pastikan baterai iPhone dibeli dari toko resmi Apple, agar cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% tidak terulang lagi.

Berikut daftar harga baterai iPhone lengkap berdasarkan tipe HP yang dirangkum langsung dari situs toko online, seperti iBox, yakni diantaranya :

Tipe iPhone Harga Baterai (iBox)
iPhone 7 Rp460.000
iPhone7 plus Rp510.000
iPhone 8 Rp510.000
iPhone 8 plus Rp610.000
iPhone SE 2 Rp610.000
iPhone X Rp610.000
iPhone XR Rp660.000
iPhone XS Rp710.000
iPhone XS Max Rp760.000
iPhone 11 Rp860.000
iPhone 11 Pro Rp910.000
iPhone 11 Pro Max Rp960.000
iPhone 12 Rp1.000.000
iPhone 12 Mini Rp1.000.00
iPhone 12 Pro Rp1.000.000
iPhone 12 Pro Max Rp1.000.000
iPhone 13 Rp1.200.000
iPhone 13 Pro Rp1.300.000
iPhone 13 Pro Max Rp1.360.000
iPhone 14 Rp1.480.000
iPhone 14 Pro Max Rp2.550.000

Untuk daftar ganti baterai iPhone di iBox berlaku untuk masa garansi selama 6 bulan saja. Jika ingin mencari masa garansi diatas 6 bulan, kamu bisa mencoba layanan service iColor.

Postingan Menarik Lainnya : 8 Penyebab dan Solusi Baterai HP Cepat Habis Padahal Tidak Dipakai

Akhir Kata

Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ke 100%
Cara Mengembalikan Kesehatan Baterai Iphone ke 100%

Secara umum tidak ada cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% layaknya baterai baru. Untuk mengembalikan kesehatan baterai seperti semula, solusinya hanya dengan mengganti baterai iPhone baru.

Agar baterai bisa tahan lama, sebaiknya hindari faktor penyebab kesehatan battery health iPhone menurun drastis.

Semoga informasi cara mengembalikan kesehatan baterai iPhone ke 100% ini bermanfaat bagi kamu dan sampai bertemu di informasi selanjutnya. Selamat Mencoba!

Back to top button