TipsTutorial

5 Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo : Wajib anda ketahui!

Brimo kamu tidak bisa didaftarin? Gak usah khawatir! Intip dulu yuk beberapa penyebab tidak bisa daftar Brimo dalam artikel ini.

Brimo merupakan suatu aplikasi mobile banking yang memudahkan para pengguna BRI untuk dapat bertransaksi, salah satunya yaitu untuk melakukan transfer ke berbagai Bank lain maupun E-wallet tanpa harus pergi ke ATM. Dengan fungsinya yang demikian membuat orang-orang tertarik dan ingin menggunakan Brimo di Handphonenya. Dengan adanya aplikasi Brimo menjadikan segala urusan transaksi berada di genggaman kita!

Namun tak sedikit orang yang mengalami masalah saat sedang mendaftarkan akun Brimonya yang tidak berhasil. Sebenarnya apakah penyebab tidak bisa daftar Brimo? Jika kamu penasaran, langsung saja ikuti artikel ini sampai tuntas!

Sekilas tentang Brimo

Sebelum mengulas lebih dalam terkait Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo, terlebih dahulu kami akan menampilkan sekilas tentang Brimo yang perlu untuk kamu ketahui.

Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo
Brimo

BRImo merupakan sebuah e-banking yang memudahkan para nasabah BRI untuk melakukan berbagai kegiatan transaksi tanpa harus ke ATM maupun ke kantor cabang BRI. Dengan adanya aplikasi Brimo, memudahkan para nasabah untuk bertransaksi seperti melakukan transfer, melakukan top-up ke berbagai dompet digital, melakukan pembayaran, dll kapan dan dimana pun hanya dengan menggunakan ponsel.

Hal itu tentu sangat menguntungkan bukan? karena disaat kita ada keperluan mendadak yang berhubungan dengan transaksi, kita tidak harus memaksakan diri untuk pergi ke ATM maupun bank BRI. Hanya bermodalkan SmartPhone, anda sudah bisa melakukan berbagai transaksi secara online. Terutama untuk para pebisnis yang kesehariannya berurusan dengan yang namanya transaksi, aplikasi Brimo ini tentu akan sangat membantu.

Cara Daftar Brimo

Pada umumnya pendaftaran akun Brimo dapat dilakukan melalui dua cara, yakni: dengan mendatangi langsung Bank BRI atau bisa juga dengan melakukannya sendiri dirumah. Adapun beberapa keperluan yang harus anda siapkan sebelum melakukan pendaftaran akun Brimo adalah seperti: KTP, nomor HP, email yang aktif serta nomor kartu debit BRI yang terlihat pada kartu ATM anda.

Baca Juga :  Cek Tagihan PDAM Makassar 2024: Cashback 75%

Nah, jika sudah lengkap langsung saja simak beberapa langkah-langkah dalam cara daftar Brimo berikut ini:

  • Cara daftar Brimo melalui Bank BRI

Sumber: pict.sindonews.net

Cara daftar Brimo yang pertama kami tampilkan adalah dengan mendatangi langsung bank BRI. Cara ini memang sudah banyak ditinggalkan semenjak adanya cara baru untuk mendaftarkan Brimo yaitu secara online. Namun, barangkali kamu ingin mendaftarkan Brimo kamu dengan menggunakan cara ini, maka berikut ini kami tampilkan beberapa langkah-langkahnya:

  1. Siapkan beberapa berkas yang dibutuhkan seperti KTP, buku tabungan dan juga kartu ATM. Sebagai tambahan nya siapkan juga email dan nomor HP kamu yang aktif
  2. Kunjungi Bank BRI terdekat
  3. Ambil nomor antrian
  4. Jika sudah giliran anda, silahkan sampaikan tujuan anda yang ingin mendaftar akun BRImo
  5. Ikuti prosedur sesuai arahan customer service yang melayani anda sampai selesai
  • Cara daftar Brimo melalui HP sendiri tanpa harus ke Bank

Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo

Cara daftar Brimo yang kedua dapat dilakukan sendiri tanpa harus menghabiskan waktu dan tenaga untuk datang langsung ke bank BRI. Cara ini tentunya merupakan cara yang paling banyak digunakan oleh banyak orang untuk mendaftarkan BRImo mereka. Untuk kamu yang ingin juga menggunakan cara ini, langsung saja perhatikan beberapa langkah-langkah di bawah ini:

  1. Langkah yang pertama adalah pastikan aplikasi BRImo sudah terpasang di smartphone anda
  2. Jika sudah, sekarang silahkan masuk ke aplikasinya
  3. Klik pada kolom “Belum punya akun
  4. Kemudian klik “Daftar
  5. Berikan izin pada BRImo untuk dapat mengambil/ mengakses gambar, merekam audio/ video pada perangkat
  6. Lalu silahkan lakukan foto e-KTP dan foto selfie memegang KTP serta isilah data berupa nama lengkap, NIK, tanggal lahir (sesuai dengan yang di KTP), dan nama ibu kandung. setelah itu tekan Lanjutkan
  7. Kemudian bubuhkan tanda tangan anda pada kolom yang disediakan
  8. Langkah selanjutnya masukkan 16 digit nomor kartu debit BRI/ 16 digit angka yang tercantum di ATM BRI anda
  9. Lalu masukkan nomor HP dan email anda yang aktif pada kolom yang disediakan > tekan lanjutkan
  10. Maka anda akan dikirimi SMS berisi kode OTP sebanyak 6 digit. Silahkan masukkan kode OTP dengan benar (Pastikan nomor HP yang anda tautkan memiliki pulsa agar bisa menerima kode OTP)
  11. Kemudian anda akan diminta perekaman wajah selama beberapa detik. Silahkan lakukan sesuai permintaan
  12. Tunggu sistem untuk melakukan proses verifikasi
  13. Lalu pada langkah berikutnya silahkan buat username dan password anda (buatlah password yang aman dan tidak gampang ditebak orang lain, hindari juga penggunaan tanggal lahir sebagai password)
  14. Jika sudah berhasil. Cobalah lakukan login dengan menggunakan username dan password yang sudah anda buat sebelumnya
  15. Selamat! registrasi selesai. Kini anda bisa menikmati kemudahan berbagai kegiatan transaksi dalam satu aplikasi.
Baca Juga :  5+ Cara Menghapus Voucher Lazada Yang Sudah Dikumpulkan

Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo

Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo

Anda telah mengetahui sekilas mengenai gambaran Brimo beserta cara pendaftaran akunnya. Sekarang, kami akan menunjukkan penyebab tidak bisa daftar Brimo yang saat ini sedang kamu cari-cari.

Nah, tanpa berlama-lama lagi langsung saja simak beberapa Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo berikut ini:

  • Tidak memiliki pulsa yang cukup untuk bisa menerima kode OTP

Seperti yang telah kami sebutkan sebelumnya dalam langkah-langkah daftar Brimo, agar kode OTP bisa masuk ke nomor anda, maka anda harus memastikan tersedianya pulsa di dalam kartu SIM anda. Tanpa kode OTP tersebut anda tidak akan bisa melanjutkan pendaftaran Brimo hingga selesai.

  • Nomor kartu debit/ ATM salah

penginputan nomor kartu ATM yang salah juga dapat menjadi penyebab tidak bisa daftar Brimo. Oleh karena itu anda harus memastikan angka yang anda masukkan pada kolom pengisian nomor debit sesuai dengan yang tertera pada kartu ATM anda.

  • Nomor HP dan email tidak aktif

Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo yang berikutnya adalah nomor HP dan email yang anda tautkan sudah tidak aktif. Kode OTP akan dikirimkan melalui nomor HP maupun email yang telah anda masukkan sebelumnya. Sehingga apabila nomor HP maupun email anda sudah tidak aktif maka anda tidak akan bisa menerima kode OTP untuk melanjutkan proses pendaftaran Brimo.

  • Kartu ATM sudah tidak aktif lagi

Kartu ATM yang sudah tidak aktif lagi juga bisa menjadi salah satu Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo. Kartu ATM dinonaktifkan secara otomatis oleh pihak BRI disebabkan oleh berbagai hal seperti salah satunya yaitu karena adanya aktivitas transaksi yang mencurigakan, kartu ATM sudah kadaluarsa, dll.

  • Hasil foto KTP dan gambar diri dengan KTP yang terlihat buram

Seperti yang telah disebutkan pada langkah-langkah untuk mendaftarkan akun Brimo, anda akan diminta untuk melakukan foto e-KTP dan juga foto selfie sambil memegang KTP. Apabila hasil gambar yang kamu unggah terlihat buram dan kurang jelas maka akan membuat verifikasi gagal karena data anda tidak bisa dibaca dengan jelas.

Baca Juga :  12 Cara Mengatasi Cv02 Lazada Voucher Tidak Valid

Solusi untuk Masalah Tidak Bisa Daftar Brimo

Setelah anda mengetahui beberapa penyebab tidak bisa daftar Brimo, sekarang kami akan menampilkan beberapa solusi dari masing-masing penyebab tidak bisa daftar Brimo yang telah kami sebutkan diatas.

Penyebab Solusi
Tidak memiliki pulsa yang cukup untuk bisa menerima kode OTP Pastikan anda memili pulsa dalam kartu SIM yang anda tautkan ke akun BRImo minimal Rp 10.000, supaya anda bisa menerima kode OTP
Nomor kartu debit/ ATM salah Coba masukkan kembali nomor kartu debit anda dengan teliti. Lakukan pemeriksaan sebelum mengonfirmasi atau menekan “OK/ tombol Lanjutkan”
Nomor HP dan email tidak aktif Pastikan nomor HP dan Email yang anda tautkan ke akun BRImo anda merupakan nomor HP dan email yang aktif
Kartu ATM sudah tidak aktif lagi Pastikan kartu ATM anda masih aktif. Jika anda tidak merasa kartu ATM anda dinonaktifkan karena adanya suatu aktivitas mencurigakan, maka kemungkinan disebabkan karena kartu anda memang yang sudah kadaluarsa. Tanggal kadaluarsa kartu ATM biasanya tertera pada setiap kartu fisik ATM.
Hasil foto KTP dan foto selfie dengan KTP yang terlihat buram Hasil gambar yang terlihat kurang jelas akan membuat sistem sulit untuk membaca dan memverifikasi data anda. Oleh karena itu, pastikan hasil gambar KTP beserta foto selfie anda dengan KTP terlihat jelas, terang dan tidak pecah.

Akhir Kata

Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo
Penyebab Tidak Bisa Daftar Brimo

Nah, itulah beberapa penyebab tidak bisa daftar Brimo beserta masing-masing solusinya. Dari beberapa informasi dan penjelasan yang telah kami tampilkan diatas tentunya anda telah mengetahui kemungkinan alasan yang menjadi penyebab kenapa Brimo anda tidak bisa anda daftarkan. Oleh karena itu, kami berharap semoga beberapa solusi yang kami telah tunjukkan dapat membantu sobat pengguna BRI.

Back to top button