Promo Top Up Game Termurah😍
Aplikasi

4 Cara Mengetahui Aplikasi Dan Layanan Yang Terhubung Ke Akun Gmail

Apakah kamu pernah terpikir untuk mencari cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail milikmu?

Gmail adalah penyedia layanan email yang dikelola oleh Google.

Awalnya memang aplikasi ini hanya diperuntukkan untuk surat elektronik. Namun semakin berkembangannya perusahaan Google, Google menerapkan sistem satu pintu atau satu akun untuk semua. Misalnya dengan satu akun Gmail, kita sudah memiliki penyimpanan Google Drive sebesar 15 GB. Dengan akun Gmail, kita juga otomatis memiliki akun Youtube. Kita juga bisa melakukan sinkronisasi akun Gmail kita dengan Android kita, sehingga kita bisa menikmati Google Apps dengan maksimal.

Coba cek aplikasi di ponselmu sekarang. Berapa banyak aplikasi dan layanan yang kamu gunakan yang terhubung dengan Gmail?

Untuk bisa melihatnya, kamu harus mengerti cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail. Kamu bisa mempelajarinya disini.

Kenapa Perlu Menghubungkan Aplikasi dan Layanan dengan Akun Gmail?

 

Apakah kamu pernah membuka suatu aplikasi atau layanan, lalu diperhadapkan pada pilihan seperti diatas?

Saat membuka aplikasi, kamu diberi pilihan untuk mendaftar langsung di aplikasi atau login dengan Facebook atau Gmail.

Pernahkah kamu bertanya-tanya kenapa aplikasi seperti Tiktok, Whatsapp, Free Fire, Mobile Legend, dll bisa terhubung dengan Gmail sementara aplikasi tersebut bukan produk Google?

Kalau kamu belum pernah mencoba cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail, maka kamu harus mencobanya agar tahu aplikasi mana yang benar-benar harus terhubung ke Gmail dan aplikasi mana yang harus diputus.

Tujuan suatu aplikasi mengijinkan penggunanya login dengan akun Gmail adalah agar aplikasi bisa mendapatkan profil pengguna seperti alamat email, nama depan, nama belakang, jenis kelamin dan lain-lain lewat informasi yang kita masukkan di akun Gmail.

Sebenarnya kita bisa memilih untuk login dengan sign up lewat aplikasi terkait atau mendaftar lewat facebook. Tapi pilihan itu juga mengharuskan kita untuk memasukkan data diri.

Jadi tujuan dari pihak aplikasi mengharuskan penggunanya untuk login dengan Gmail atau yang lainnya adalah untuk mendapatkan informasi penggunanya.

Kalau kamu termasuk orang yang pelupa dan tidak ingin repot mengingat-ingat banyak usernam dan password, maka login aplikasi dengan akun Gmail adalah solusinya.

Dengan login aplikasi dan layanan menggunakan akun Gmail, kamu tidak perlu lagi mengingat username dan password masing-masing akun.

Dalam artikel ini juga akan kita bahas cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail.

Baca juga: 9 Cara Mengunduh Foto Di WA Yang Sudah Lama

Cara Menghubungkan Aplikasi dan Layanan ke Akun Gmail

Setelah melalui berbagai pertimbangan, kamu bisa memilih untuk menghubungkan aplikasi dan layanan ke akun Gmail atau tidak.

Jika kamu memutuskan untuk menghubungkan aplikasi dan layanan ke akun Gmail, lakukan cara berikut:

1. Buka aplikasi atau layanan yang Anda percaya.

2. Di halaman login, ketuk Login dengan Google atau Bergabung dengan Google.

3. Berikan izin hanya jika Anda memercayai aplikasi atau layanan tersebut. Aplikasi atau layanan tersebut juga dapat membuat Anda login secara otomatis saat menggunakannya lagi.

Penting untuk mengetahup aplikasi apa saja yang sudah terhubung ke akun Gmailmu. Kamu harus memperhatikan cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail.

Cara Mengetahui Aplikasi Dan Layanan Yang Terhubung Ke Akun Gmail

Lantas bagaimana cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail?

Kamu perlu mengelola secara berkala aplikasi atau layanan apa saja yang terhubung ke akun Gmail-mu untuk menjaga keamanan data kamu.

Apakah kamu sudah tahu cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail? Kalau belum, baca artikel ini untuk menemukan jawabannya.

1. Di ponsel atau tablet Android Anda, buka aplikasi Setelan perangkat 》Google 》Akun Google.

Cara Mengetahui Aplikasi Dan Layanan Yang Terhubung Ke Akun Gmail
Cara Mengetahui Aplikasi Dan Layanan Yang Terhubung Ke Akun Gmail

2. Di bagian atas, ketuk Keamanan.

3. Scroll ke bawah ke “Login ke situs lain”, lalu ketuk Login dengan Google.

4. Di bagian “Aplikasi pihak ketiga dengan akses akun”, cari aplikasi atau layanan yang memiliki badge Perlindungan Lintas Akun.

Jika aplikasi atau layanan memiliki badge, aplikasi atau layanan tersebut ikut berpartisipasi dalam Perlindungan Lintas Akun

Baca juga: 2 Cara Withdraw Tokocrypto Dijamin Berhasil

Berhenti login Aplikasi atau Layanan dengan Akun Gmail

Setelah melihat cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail,Β kamu akan memeriksa aplikasi dan layanan apa saja yang terhubung ke akun Gmail milikmu.

Apabila ada aplikasi atau layanan yang kamu curigai tidak aman atau tidak kamu gunakan lagi, kamu boleh memutus akses aplikasi atau layanan tersebut ke akun Gmail milikmu.

Begini cara berhenti login aplikasi atau layanan dengan Akun Gmail:

1. Di ponsel atau tablet Android, buka aplikasi Setelan di perangkat Anda 》Google 》 Kelola Akun Google Anda.

2. Di bagian atas, ketuk Keamanan.

3. Di bagian “Login ke situs lain“, ketuk Login dengan Google.

4. Ketuk aplikasi atau layanan yang ingin Anda hapus Hapus akses.

Hal yang perlu Diperhatikan Sebelum Menghubungkan Aplikasi dan Layanan ke Akun Gmail

Jika kamu memberi pihak aplikasi atau layanan akses ke Akun Google milikmu, maka mereka akan dapat membaca, mengedit, menghapus, atau membagikan informasi pribadi yang sensitif yang ada di ponselmu.

Sebelum memberi pihak ketiga akses ke Akun Google milikmu, kamu harus membaca kebijakan privasi dan pengungkapan keamanan untuk aplikasi atau layanan pihak ketiga tersebut guna mempelajari cara mereka menggunakan data milikmu dan menjaganya tetap aman.

Hindari memberikan akses pada aplikasi atau layanan yang belum ditinjau oleh Google terkait kepatuhan terhadap kebijakan Google, misalnya aplikasi pihak ketiga yang masih dalam pengembangan atau tidak tersedia secara luas.

Hal ini bertujuan untuk menjaga datamu tetap aman. Terlebih saat aplikasi pihak ketiga tersebut meminta akses ke informasi sensitif.

Apabila kamu mendapatkan peringatan saat pihak ketiga meminta akses ke Akun Google milikmu sebaiknya jangan bagikan datamu kecuali kamu memercayai pihak ketiga tersebut.

Baca juga: 5 Cara Menghapus Tag Di Getcontact agar Reputasimu Tetap Terjaga

Produk-produk Google dengan informasi yang sangat sensitif yang patut kamu jaga keamanannya antara lain:

● Gmail: Email dapat berisi nama kontak, korespondensi pribadi, atau dokumen sensitif seperti lampiran salinan laporan medis.

● Foto: Album Google Foto mungkin berisi foto yang tidak ingin dibagikan atau dilihat oleh orang lain, seperti foto keluarga atau salinan dokumen resmi. Selain itu, banyak foto ditandai secara otomatis menurut lokasi dan tanggal.

● Drive: Google Drive dapat berisi file sensitif yang telah diupload, seperti foto pribadi, laporan medis, catatan keuangan, laporan perusahaan, dan presentasi.

● Kalender: Google Kalender dapat memiliki informasi penting tentang rutinitas sehari-hari dan acara pribadi, seperti lokasi, tamu, dan deskripsi janji temu atau rapat.

● Kontak: Google Kontak dapat mencakup nama, nomor telepon, alamat, dan detail kontak orang yang dikenal.

Penting: Pihak ketiga juga dapat meminta akses ke data sensitif di produk lain, misalnya: YouTube, Google Ads, dan Google Fit.

Setelah membaca pentingnya melindungi informasi sensitif diatas, semoga kamu semakin aware dengan keamanan data di ponsel dan perangkat lain yang terhubung kw Google, dan juga menerapkan cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail.

Baca juga: 4 Cara Memasukkan Voucher Telkomsel, Kuota Langsung Aktif

Kesimpulan

Demikianlah informasi mengenai aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail termasuk juga tentang cara mengetahui aplikasi dan layanan yang terhubung ke akun Gmail.

 

Back to top button