Promo Top Up Game Termurah­čśŹ
Tutorial

5 Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Biasanya, para pengguna hp android sering mengalami kendala layar hp tidak bisa disentuh sebagian akibat beberapa faktor yang jadi penyebabnya.

Namun, tak sedikit pula pengguna yang mengetahui hal ini langsung pergi mendatangi konter perbaikan hp terdekat tanpa tau bahwa cara mengatasinya sangat mudah saja.

Untuk alasan tersebut maka kami memberikan solusi berupa penyebab dan cara mengatasi hp tidak bisa disentuh sebagian sebelum pada akhirnya hp tersebut tidak bisa diperbaiki sama sekali dan kamu memutuskan untuk membawanya ke tempat service hp terdekat.

Penyebab Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sebagian

penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian
penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian

Layar atau touchscreen merupakan salah satu bagian terpenting yang sangat sensitif dan rawan rusak pada sebuah hp.

Dikatakan sangat sensitif karena bagian yang satu ini bisa rusak kapan saja bahkan saat kamu sudah menjaganya dengan sebaik mungkin pun bagian ini bisa rusak atau tidak berfungsi begitu saja.

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh biasanya diakibatkan oleh adanya sebuah goresan kecil atau besar yang mengakibatkan layar hp tidak bisa disentuh sebagian atau seluruhnya.

Namun, ada kalanya penyebab tersebut tidak berasal dari goresan pada layar saja melainkan masih ada faktor-faktor lain yang jadi penyebab layar hp tidak bisa disentuh. Apa saja penyebabnya? Berikut daftar penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian atau seluruhnya menurut pandangan para pengguna hp android :

1. Sering Gonta Ganti Charger

hp dicas dengan tiper charger yang berbeda
hp dicas dengan tiper charger yang berbeda

Aktivitas mencharger hp memang wajib kita lakukan setiap hari khususnya pada saat hp tersebut sedang dalam keadaan lowbet.

Namun menggunakan tipe charger yang tidak sesuai dengan tipe bawaan charger hp yang kita miliki bukanlah hal yang tepat.

Banyak pengguna hp android mungkin berpikir bahwa mencharger hp menggunakan charger tipe lain atau tidak sesuai dengan tipe bawaan hp sendiri merupakan hal yang biasa saja dan sangat sering terjadi.

Tanpa mereka sadari bahwa hal tersebut dapat menyebabkan hp menjadi cepat rusak dan itu juga lah yang akan menjadi penyebab utama layar hp tidak bisa disentuh sebagian atau layar rusak total.

Sekilas terlihat memang keduanya tidak memiliki hubungan yang sangat signifikan namun apabila kamu sering menggunakan charger tipe lain pada saat hp lowbet maka itu akan menyebabkan layar hp menjadi cepat panas.

Layar hp menjadi panas disebabkan oleh kurangnya arus yang dibutuhkan oleh charger dalam melakukan pengisian baterai handphone kamu yang sedang lowbet.

Sehingga lambat laun bisa menyebabkan beberapa komponen hp tidak dapat bekerja dengan maksimal sehingga lama kelamaan bisa membuat hp kamu rusak atau mati total.

2. Hp Terjatuh

layar tidak bisa disentuh karena hp terjatuh
sumber gambar : dewailmu.id

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian sering kali berasal dari sebuah benturan misalnya hp kamu tiba-tiba jatuh mengenai lantai, tidak sengaja tersandung dengan dinding dan sebagainya.

Jenis benturan tersebut bisa mengakibatkan kerusakan pada layar hp jika bagian pertama yang mengenainya ialah layar hp kamu.

Oleh sebab itu, perlu tindakan hati-hati setiap kali kamu menggenggam atau membawa hp kemana saja karena layar hp android sangat sensitif dan perlu perhatian khusus dalam kondisi apapun.

3. Tertimpa Benda Berat

layar hp rusak karena tertimpa benda berat
sumber gambar : storage.googleapis.com

Menaruh hp ditas dengan sembarang sudah menjadi kebiasaan buat hampir semua pengguna hp android khususnya para wanita.

Pasalnya menaruh hp pada tas begitu saja merupakan hal yang paling cepat terlintas dipikiran kita. Tanpa kita sadari bahwa pasti ada beberapa benda kecil atau besar yang mungkin saja bisa menimpa layar hp kita saat berada di dalam tas.

Layar hp yang tertimpa benda berat sangat rentan mengakibatkan fungsi layar akan rusak karena layar hp kita tidak sanggup menampung beban apa saja di permukaannya dikarenakan materialnya yang sangat sensitif.

Nah, untuk itulah hal tersebut masuk dalam kategori penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian atau bahkan tidak bisa disentuh seluruhnya.

4. Usia Hp Yang Sudah Rentan Untuk Rusak

Penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian terkadang berasal dari penggunaannya yang sudah sangat lama atau masuk dalam golongan usia tua.

Tak hanya layar hp saja yang tidak bisa disentuh, dampak lain juga bisa terlihat dari baterai yang mudah berkurang padahal sudah sering di charger, keyboard hp yang sering typo sendiri dan sebagainya.

Jadi harap di maklumi saja ya dan silahkan kamu perbaiki sesuai kerusakan yang ada.

5. Terkena Air

Hp yang pernah terkena air juga bisa menjadi penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian karena air yang masuk bisa merusak aliran listrik yang ada pada hp

Sehingga tidak menutup kemungkinan bahwa layar hp khususnya mesin hp tidak bisa berfungsi seperti semestinya.

Cara Mengatasi Layar Hp Tidak Bisa Disentuh Sebagian

cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian
cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian

Jika kamu mendapati layar ponsel mu tiba-tiba tidak bisa disentuh sebagian atau seluruhnya. Maka sebelum kamu bergegas pergi ke tempat service hp terdekat ada baiknya kamu mencoba cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian berikut ini.

Siapa tau cara berikut bisa mengembalikan kondisi layar hp kamu seperti sebelumnya. Berikut rekomendasi cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian :

1. Restart HP

Cara mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian bisa kamu mulai dengan merestart hp kamu terlebih dahulu.

Merestart hp diyakin dapat memuat ulang sistem kerja hp seperti sedia kala. Jadi tidak ada salah nya jika kamu mencoba cara ini terlebih dahulu.

Tahapan cara restart hp untuk mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian ialah tekan tombol power hp dalam hitungan beberapa detik sampai pada kondisi mati

Kemudian tunggu selama 3-5 menit, lalu coba hidupkan kembali dan cek layar dengan menyentuhnya secara bertahap.

2. Tekan Tombol Power Berulang

Mengatasi layar hp tidak bisa disentuh sebagian bisa teratasi hanya dengan menekan tombol power secara berulang.

Tahapan caranya sama seperti saat kamu mencoba menyalakan layar hp ketika tidak sedang digunakan dalam beberapa menit saja.

Kamu bisa melakukan cara ini berulang sebanyak 5-10 kali. Biasanya semakin banyak percobaan yang kamu lakukan maka kemungkinan layar akan berfungsi kembali semakin besar.

3. Bersihkan Layar Hp

Rajin membersihkan hp merupakan salah satu faktor yang dapat menambah usia hp serta dapat menjaga kondisi hp agar selalu terlihat baru setiap harinya.

Tak hanya bagian dalam hp saja, bagian luar permukaan hp pun harus selalu kamu bersihkan. Khususnya layar hp karena layar hp yang kotor rentan mengalami goresan-goresan kecil pada setiap permukaannya.

Untuk itu, perlu pengecekan dan pembersihan menggunakan alat khusus pembersih layar hp setiap saat.

4. Perhatikan Kondisi Anti Gores/Tempered Glass

Penggunaan anti gores atau tempered glass yang terlalu tebal juga bisa menjadi faktor layar hp tidak bisa disentuh sebagian.

Karena ketebalan tersebut mengakibatkan reaksi layar untuk sentuhan jari kita menjadi tidak berfungsi karena layar kesulitan untuk mendeteksi penekanan yang kita lakukan terhadap layar.

Tak hanya kondisi termpered glass yang terlalu tebal, kondisi anti gores yang sudah tidak layak pakai juga bisa jadi penyebab sensitivitas layar hp berkurang.

Sehingga layar hp menjadi tidak bisa disentuh sebagian. Oleh karena itu, ada baiknya kamu segera menggantinya anti gores hp kamu apabila kamu mendapati kondisi tersebut.

5. Bersihkan RAM Pemakaian Pada Ponsel

Kita tau bahwa sistem pada hp juga mempunyai peranan penting pada layar atau touchscreen hp. Karena apabila sistem yang ada pada ponsel rusak atau tidak berfungsi maka itu bisa mempengaruhi tingkat kinerja bagian lainnya seperti layar.

Salah satu sistem yang ada pada hp ialah RAM. RAM pada sebuah hp memiliki kapasitas tertentu dan apabila kapasitas yang dimiliki telah berlebih atau sangat penuh maka kinerja sistem yang lainnya bisa menurun drastis.

Hal tersebut bisa kamu buktikan dengan melihat kinerja beberapa aplikasi yang mungkin tidak bisa berproses dengan cepat, terjadinya loading lambat saat kamu sedang melakukan beberapa pencarian sekaligus di browser.

Bahkan bisa menyebabkan layar hp kamu juga tidak bisa merespon apapun dengan cepat atau biasa dikatakan lelet.

Jadi ketika kamu mendapati layar hp tidak bisa disentuh sebagian, mari coba untuk bersihkan penggunaan RAM pada ponsel terlebih dahulu.

Namun jangan lupa untuk mencadangkan data-data penting yang ada didalamnya agar tidak hilang begitu saja.

Kesimpulan

Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian
Cara Mengatasi Layar HP Tidak Bisa Disentuh Sebagian

Sekilas mengenai penyebab layar hp tidak bisa disentuh sebagian dan cara mengatasinya membawa kita pada satu kesimpulan dimana kesimpulan tersebut ialah penyebab layar hp yang tidak bisa disentuh sebagian tidak selalu berasal dari kerusakan pada layar hp tersebut

Melainkan bisa berasal dari turunnya kinerja komponen atau bagian lainnya yang ada pada hp. Sehingga perlu dilakukan pengecekan semua bagian pada hp terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melakukan perbaikan pada teknisi hp.

Back to top button