Tutorial

3 Cara Mengetahui Pin ATM Dari Nomor Kartu ATM BRI, BCA dan BNI

Banyak orang yang bertanya-tanya adakah cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM. Oleh karena itulah, untuk menjawab pertanyaan tersebut pada kesempatan ini kami akan memberikan informasi mengenai adakah cara untuk mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM.

Cara Mengetahui Pin ATM Dari Nomor Kartu ATM

Cara Mengetahui Pin ATM Dari Nomor Kartu ATM
Cara Mengetahui Pin ATM Dari Nomor Kartu ATM

Perlu Anda ketahui hingga sekarang ini belum ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM. Sebab, nomor yang berada pada kartu ATM sendiri tidak ada kaitannya dengan nomor PIN Anda. Sebab pada dasarnya nomor yang berada di depan kartu ATM hanya berfungsi sebagai penanda atau identitas dari seorang nasabah.

Meskipun masih belum ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM, masih banyak cara lain untuk mengetahui PIN dari ATM. Jadi, bagi Anda yang lupa PIN dari ATM tidak perlu panik, sebab Anda masih tetap bisa mengetahui PIN dari ATM Anda. Nah, adapun cara lain untuk mengetahui PIN selain dari cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM adalah sebagai berikut:

1. PIN BNI

PIN BNI
PIN BNI

Cara pertama untuk mengetahui PIN ATM pertama ini berlaku bagi Anda yang memiliki tabungan di Bank BNI. Namun seperti yang telah disampaikan sebelumnya, pada ATM BNI pun juga masih belum ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM.

Untuk mengetahui PIN dari BNI yang lupa Anda bisa melakukannya dengan menghubungi call center dari BNI. Untuk mengetahui PIN ATM BNI melalui call center dari BNI sendiri sebenarnya cukup mudah. Namun, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan untuk bisa mengetahui PIN ATM BNI melalui call center.

Adapun, langkah-langkah yang perlu Anda lakukan agar bisa mengetahui PIN ATM BNI melalui call center adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka aplikasi kontak yang berada di ponsel atau perangkat Anda. Setelah itu, tekan nomor (021) 68888 atau 150046 dan kemudian panggil.
  • Tunggu hingga panggilan Anda dijawab oleh customer service dari bank BNI. Setelah panggilan Anda dijawab segera katakan tujuan Anda telepon adalah untuk mengetahui atau mengganti PIN dari ATM BNI karena lupa.
  • Pada umumnya nanti, sebelum petugas mengabulkan permintaan Anda untuk mengganti nomor PIN, Anda akan diberikan beberapa pertanyaan yang bertujuan untuk memverifikasi bahwa itu memang benar Anda. Karena itu, usahakan Anda menjawab semua soal yang diberikan benar tanpa ada yang salah sama sekali.
  • Setelah proses verifikasi dilakukan petugas menganggap bahwa itu memang benar Anda, maka selanjutnya Anda akan dimintai nomor PIN baru yang akan dipakai untuk menggantikan nomor PIN yang lama. Pastikan Anda mencatat dan menghafalkan nomor PIN yang baru agar tidak lupa lagi nomor PIN.
  • Setelah proses penggantian nomor PIN dilakukan oleh petugas, maka PIN baru telah aktif dan dapat dipakai. Nah untuk memastikan PIN tersebut memang sudah bisa digunakan atau belum, silakan coba gunakan di ATM dekat tempat tinggal Anda.
Baca Juga :  Cara Mengetahui Siapa yang Save Nomor Kita di Getcontact Terbaru 2024

2. PIN BRI

PIN BRI
PIN BRI

ATM BRI pun hingga sekarang masih belum ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM. Meskipun begitu bagi Anda pemilik ATM BRI masih ada cara yang bisa Anda lakukan untuk mengetahui PIN ATM BRI yang lupa. Untuk caranya sendiri sangatlah mudah sebab Anda hanya harus menelepon call center.

Jika Anda tertarik mencoba cara ini untuk mengetahui PIN ATM BRI, pastikan pulsa Anda cukup untuk melakukan panggilan ini. Nah, untuk cara lengkapnya mengetahui PIN ATM BRI melalui call center Anda bisa menyimak informasinya di bawah ini:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan jika ingin mengetahui PIN ATM BRI adalah dengan menghubungi call center-nya di 14017 atau 1500017. Tunggu selama beberapa saat hingga nantinya call center akan menjawab panggilan yang Anda lakukan.
  • Setelah call center menjawab panggilan Anda, katakan dengan jelas bahwa tujuan Anda menghubungi call center tersebut adalah untuk mengetahui dan mengganti nomor PIN dari ATM BRI Anda.
  • Nantinya petugas call center akan memberikan Anda beberapa pertanyaan untuk memverifikasi bahwa yang melakukan panggilan memang benar Anda selaku pemilik ATM. Jika nantinya Anda dapat menjawab semua pertanyaan tersebut maka permintaan Anda untuk mengganti nomor PIN akan disetujui
  • Anda nantinya akan dimintai nomor yang akan digunakan sebagai nomor PIN baru ATM BRI tersebut. Kemudian petugas call center akan memproses penggantian nomor PIN baru sesuai yang Anda inginkan.
  • Setelah proses pergantian nomor PIN berhasil dilakukan, maka seharusnya Anda sudah bisa menggunakan PIN baru tersebut. Namun bila ternyata PIN baru tersebut masih belum dapat digunakan maka Anda bisa melaporkan nya ke call center.

Baca Juga: 10 Aplikasi Nonton Anime Sub Indo Gratis Dan Hemat Kuota

3. PIN BCA

PIN BCA
PIN BCA

Sama seperti ATM dari bank lainnya, hingga kini belum ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM BCA. Jika Anda ingin mengetahui PIN dari ATM BCA ada dua cara yang dapat Anda lakukan, yaitu dengan mendatangi Bank BCA secara langsung atau menghubungi call center yang ada.

Baca Juga :  9 Cara Belanja 0 Rupiah di Shopee 2024 Untuk Pengguna Baru dan Pengguna Lama

Namun kebanyakan orang lebih memilih cara kedua untuk mengetahui nomor PIN dari kartu ATM BCA. Sebab, menghubungi call center untuk mengetahui PIN dari ATM BCA jauh lebih mudah dibandingkan dengan harus datang langsung ke bank BCA. Nah, untuk cara mengetahui PIN ATM BCA melalui call center Anda bisa melihat informasinya di bawah ini:

  • Pertama Anda harus melakukan panggilan ke call center BCA yaitu 500888 atau bisa juga (021) 235-88000. Tetapi sebelum menghubungi call center BCA pastikan pulsa Anda masih cukup untuk melakukan panggilan tersebut.
  • Setelah petugas menjawab telepon Anda, segera katakan niatan Anda untuk mengetahui nomor PIN serta mengganti nomor PIN ATM BCA Anda. Katakan niat Anda dengan jelas dan agar tidak terlalu lama durasi panggilan yang lakukan. Sebab durasi telepon yang terlalu lama akan membuat biaya panggilan semakin banyak.
  • Sebelum mengabulkan keinginan Anda mengganti PIN, Anda akan diminta terlebih dahulu menjawab pertanyaan oleh petugas call center. Tujuan dari dilakukannya sesi tanya jawab tersebut adalah sebagai proses verifikasi. Karena itulah, jangan sampai Anda salah menjawab pertanyaan tersebut atau permintaan Anda untuk mengganti PIN ATM tidak akan dikabulkan.
  • Setelah proses verifikasi selesai, Anda akan dimintai PIN baru yang akan dipakai untuk menggantikan PIN ATM BCA yang baru. Setelah itu, pihak call center akan mengganti PIN ATM BCA sesuai dengan yang Anda inginkan.

Cara Agar Tidak Lupa PIN

Meskipun masih belum ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui cara agar tidak melupakan PIN ATM. Sebab dengan mengetahui hal ini Anda tidak mengalami masalah karena melupakan PIN ATM. Untuk agar tidak lupa PIN ATM ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan. Adapun, cara agar tidak melupakan PIN ATM adalah seperti di bawah ini:

1. Gunakan Kombinasi Yang Mudah Dihafalkan

Cara pertama yang bisa Anda lakukan agar tidak melupakan nomor PIN ATM adalah dengan membuat PIN dengan kombinasi yang tidak rumit agar mudah bagi Anda menghafalkannya. Untuk membuat PIN yang kombinasinya mudah diingat ada beberapa trik yang bisa Anda coba.

Seperti misalnya menggunakan hari penting sebagai PIN, menggabungkan hari penting dengan seseorang yang penting, atau pun yang lainnya. Pastikan, nomor PIN tersebut ada kaitannya dengan diri sendiri atau orang yang penting bagi Anda.

Sebab, nomor PIN yang masih berkaitan dengan diri sendiri atau orang yang disayangi akan jauh mudah untuk diingat dibandingkan dengan menggunakan angka acak untuk PIN. Hal ini akan semakin parah jika angka acak yang Anda pilih tersebut tidak memiliki pola sama sekali. Tentunya akan sulit bagi Anda untuk menghafal kan nomor PIN ATM tersebut.

2. Catat PIN

Cara selanjutnya yang juga patut Anda lakukan agar tidak melupakan nomor PIN adalah dengan mencatat nya. Mencatat nomor PIN adalah cara termudah dan juga paling efektif untuk mencegah Anda melupakan nomor PIN dari ATM Anda. Hanya saja, jika Anda berniat menggunakan cara ini, ada beberapa hal yang perlu Anda perhatikan.

Baca Juga :  4 Cara Beli Paket SMS Telkomsel 2024: Harian, Mingguan, Bulanan

Seperti misalnya, Anda harus memastikan kertas atau buku yang digunakan untuk mencatat jangan sampai diketahui orang lain. Selanjutnya apabila Anda mencatat nomor PIN di aplikasi ponsel, maka pastikan untuk mengunci aplikasi tersebut agar tidak ada orang yang bisa membukanya.

3. Pakai Pin Yang Sama

Cara agar tidak melupakan PIN terakhir yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan PIN yang sama. Namun cara ini hanya berlaku bagi Anda yang memiliki lebih dari satu rekening dan kartu ATM. Menggunakan PIN yang sama untuk semua kartu ATM yang Anda miliki tentunya akan mencegah Anda dari melupakan PIN ATM.

Dengan begitu Anda memiliki risiko yang sangat kecil untuk mengalami pemblokiran akun yang diakibatkan karena lupa nomor PIN ATM. Karena itulah bagi Anda yang memiliki lebih dari satu kartu ATM tidak ada salahnya untuk mencoba cara satu ini agar tidak lupa nomor PIN ATM.

Cara Mengetahui PIN ATM Saat Lupa PIN Deskripsi
Hubungi pihak bank anda Anda dapat menghubungi layanan pelanggan atau cabang terdekat untuk meminta bantuan dan prosedur pemulihan PIN
Gunakan layanan ATM mandiri Anda biasanya memerlukan nomor kartu dan verifikasi identitas lainnya untuk menggunakan layanan ini. Pastikan untuk mengikuti petunjuk yang ada di mesin ATM.
Aplikasi mobile banking Anda harus masuk ke akun anda dan mencari opsi untuk mengatur ulang atau mereset PIN ATM melalui aplikasi tersebut
Kunjungi kantor cabang Jika anda tidak dapat melakukan reset PIN melalui telepon, ATM mandiri atau aplikasi mobile banking, anda dapat mengunjungi kantor cabang bank secara langsung
Hindari mencatat PIN secara terbuka Untuk menghindari lupa PIN dimasa depan, selalu hindari mencatat atau menyimpan PIN ATM secara terbuka atau bersamaan dengan kartu ATM anda.

Mengapa Cara Mengetahui PIN ATM Dari Nomor Kartu ATM Tidak Ada?

Cara Mengetahui Pin ATM Dari Nomor Kartu ATM
Cara Mengetahui Pin ATM Dari Nomor Kartu ATM

Seperti yang telah disampaikan sebelumnya, cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM, sebab pada dasarnya nomor yang berada pada kartu ATM hanyalah berupa identitas dari pemilik kartu. Selain itu, alasan lainnya mengapa tidak ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM adalah berkaitan dengan keamanan.

Jika sampai ada cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM, ini tentunya sangat membahayakan dan merugikan pemilik ATM ketika ATM miliknya hilang dan berpindah tangan ke orang lain. Sebab, orang asing yang memiliki ATM tersebut dapat leluasa melakukan apa pun yang diinginkannya dengan ATM tersebut termasuk mengambil uang tabungan si pemilik ATM. Karena itulah sangat wajar jika bank tidak menciptakan cara mengetahui PIN dari nomor kartu ATM.

Nah, kami harap penjelasan di atas bisa menjawab pertanyaan Anda mengenai cara mengetahui PIN ATM dari nomor kartu ATM. Semoga informasi yang kami sampaikan tersebut dapat berguna serta menambah wawasan Anda.

Kontributor Mocipay

Tulisan Dari Kiriman Pengguna. Tidak Mewakili Pandangan Dari Redaksi Mocipay
Back to top button