Tutorial

5 Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Mengetahui cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan memungkinkan kamu untuk dapat menikmati kuota internet kamu sampai habis tanpa ada sedikit pun yang terbuang sia-sia. Kuota lokal Tri tidak dapat digunakan tentu saja menjadi sebuah masalah yang menjengkelkan, terutama jika kuota yang anda miliki tinggal hanya itu saja.

Penyebab masalah ini bisa beragam. Namun penyebab nya yang paling umum adalah karena lokasi pengguna berada dengan lokasi area yang ditentukan pada kuota tidak sama atau relevan. Namun anda tidak perlu khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan beberapa cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan termasuk untuk mengubah kuota lokal menjadi kuota reguler sehingga kuota lokal kamu bisa digunakan dimana saja. Penasaran? maka gulir layar HP kamu kebawah dan simaklah penjelasan yang kami tampilkan dalam artikel ini!

Apa itu Kuota Lokal Tri?

Kuota lokal Tri
Kuota lokal Tri

Tau kah kamu apa yang dimaksud dengan kuota lokal Tri? Kuota lokal Tri adalah salah satu jenis kuota Tri yang penggunaan memiliki batasan wilayah area atau kota tertentu. Dengan kata lain, kuota lokal Tri ini hanya akan berlaku di tempat dimana kamu membeli atau mengaktifkan nya. Misalnya jika anda melakukan pembelian kuota di Medan, maka kuota tersebut tidak akan dapat digunakan diluar dari wilayah Medan.

Salah satu faktor yang membuat banyak orang lebih berminat membeli paket kuota lokal adalah karena harganya yang relatif lebih terjangkau dibandingkan dengan kuota reguler. Hanya saja, itulah kelemahan dari kuota ini, ketika anda bepergian ke luar kota, apalagi dalam waktu yang lama maka kuota anda tidak akan terpakai sama sekali karena anda berada di luar zona yang telah ditentukan.

Baca Juga :  4 Cara Tembak Axis V3, V4, V5 dan V6 Terbaru 2024

Penyebab Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Sebelum lanjut membahas tentang cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan, penting bagi kamu terlebih dahulu memahami apa saja penyebab yang membuat kuota lokal Tri tidak bisa digunakan. Nah, dibawah ini kami akan menjelaskan beberapa penyebab kuota lokal Tri tidak bisa digunakan.

  • Kuota digunakan diluar area jangkauan kuota

Penyebabnya yang pertama adalah karena penggunaan kuota dilakukan diluar jangkauan area/ zona yang telah ditentukan oleh provider pada kuota Tri yang anda beli tersebut. Oleh karena itu, sebelum membeli kuota internet, sangatlah penting bagi kamu untuk mengetahui detail pembagian kuota yang akan kamu beli tersebut.

  • Sinyal buruk

Selain karena masalah jangkauan area yang tidak sesuai, kuota lokal Tri tidak bisa digunakan juga bisa disebabkan karena kondisi sinyal yang buruk. Misalnya jika anda sedang berada di luar jangkauan sinyal seperti di area pedalaman, atau jika cuaca sedang buruk yang berdampak pada jalannya aliran sinyal.

  • Provider Tri sedang gangguan

Penyebab Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan
Penyebab Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Berikutnya yang menjadi penyebab kuota lokal Tri tidak dapat digunakan juga dapat disebabkan karena provider Tri sedang dalam gangguan, misalnya sedang dilakukan maintenance atau pemeliharaan rutin jaringan. Selain itu, gangguan pada Tri juga bisa datang dari kerusakan yang terjadi pada kabel penghubung atau tower BTS Tri.

  • Masa aktif kuota telah habis

Kuota lokal tidak dapat digunakan juga dapat disebabkan karena masa aktifnya yang telah hangus. Terkadang, banyak orang yang masih memiliki banyak sisa kuota internet, namun mereka tidak menyadari bahwa masa aktifnya dari kuota yang mereka miliki sudah habis.

  • Kartu SIM kadaluwarsa

Penyebab kuota lokal tidak bisa digunakan juga dapat disebabkan karena kartu SIM yang telah kadaluwarsa. Tak hanya memperhatikan masa aktif kuota saja, namun anda juga perlu memastikan kartu SIM anda berada dalam status masih aktif sehingga kuota internet dapat digunakan.

Ketika kartu SIM anda sudah kadaluwarsa, maka tak hanya kuota internet anda saja yang tidak bisa berjalan, namun kegunaan kartu lainnya seperti SMS, telepon juga tidak akan dapat berfungsi normal seperti seharusnya.

  • Masalah pada perangkat yang digunakan

Penyebab terakhir yang membuat kuota Tri tidak bisa digunakan adalah karena adanya kerusakan yang terjadi pada perangkat yang digunakan. Meski kemungkinannya kecil, namun beberapa kerusakan pada perangkat seperti kerusakan pada SIM tray atau tempat SIM card pada HP ataupun kerusakan pada hardware penangkap sinyal juga bisa membuat kuota lokal Tri menjadi tidak bisa digunakan.

Baca Juga :  5 Solusi Lazada Paylater Tidak Tersedia Untuk Order Ini

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan

Nah, anda telah mengetahui beberapa penyebab kuota lokal Tri tidak bisa digunakan. Selanjutnya, disini kami akan membagikan cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan melalui langkah-langkah yang mudah dan sederhana, sehingga gampang untuk anda pahami dan lakukan sendiri.

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan
Cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan

Berikut beberapa cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan:

  • Gunakan kuota pada lokasi yang sesuai

Cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan yang pertama yaitu dengan memperhatikan penggunaan kuota agar digunakan pada lokasi yang sesuai dengan yang telah ditentukan pada paket kuota. Itulah mengapa penting bagi anda memperhatikan detail pembagian kuota internet terlebih dahulu sebelum melakukan pembelian.

  • Ubah kuota lokal Tri menjadi kuota Reguler

Berikutnya, cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan yaitu dengan mengubah kuota lokal Tri tersebut menjadi kuota reguler. Bagaimanakah cara mengubah kuota lokal Tri menjadi reguler? Caranya cukup mudah! Langsung saja simak beberapa langkah-langkahnya berikut ini:

  1. Downloadlah terlebih dahulu aplikasi Bima+ di perangkat anda
  2. Jika sudah berhasil terinstall, langsung saja masuk ke aplikasinya
  3. Klik daftar, jika anda belum memiliki akun
  4. Setelah berhasil anda daftarkan akun Bima+ anda, maka anda akan diarahkan ke halaman utama Bima+
  5. Pada beranda aplikasi, kliklah menu “Paket internet
  6. Kemudian, pilih “Paket saya
  7. Selanjutnya, pilihlah kuota lokal yang ingin anda ubah menjadi kuota reguler
  8. Lalu pilihlah opsi “ubah ke kuota reguler
  9. Ikutilah petunjuk yang tampil pada layar sampai kuota lokal anda berhasil diubah menjadi kuota reguler. Setelah kuota berhasil diubah ke kuota reguler, maka anda sudah bisa bebas menggunakan kuota dimana saja, asalkan sinyal mendukung.
  • Gunakan fake GPS

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan
Fake GPS Location

Cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan yang selanjutnya adalah dengan menggunakan fake GPS. Aplikasi ini memungkinkan pengguna untuk mengatur sendiri lokasinya sesuai dengan keinginannya. Dibawah ini adalah beberapa langkah-langkah dalam cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan melalui aplikasi fake GPS.

  1. Pertama, dapatkan dan download terlebih dahulu aplikasi “Fake GPS Location” dari Google play store
  2. Jika sudah berhasil terpasang, langsung saja masuk ke aplikasinya. pastikan lokasi HP anda aktif
  3. Setelah berada di halaman aplikasi, selanjutnya pilihlah lokasi yang anda inginkan sesuai dengan lokasi kuota lokal Tri anda
  4. Kemudian, kliklah menu “Apply” yang berada di pojok kanan bawah
  5. Maka dalam beberapa saat lokasi di HP anda secara otomatis akan berubah mengikuti lokasi yang anda buat tadi
  6. Selesai. Kini kuota lokal anda sudah bisa digunakan untuk menjelajah internet.
  • Beralih ke penggunaan jaringan WiFi

Selanjutnya, ada juga cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan yakni dengan beralih ke penggunaan jaringan WiFi. Anda bisa meminta teman anda untuk menghidupkan hotspot portabel di HP nya, lalu anda sambung kan ke Wifi HP anda. Selain itu, anda juga bisa mencari tempat-tempat tertentu yang menyediakan WiFi, misalnya seperti cafe.

  • Lakukan pembelian kuota baru

Terakhir yang akan kami tampilkan adalah cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan dengan membeli kuota baru. Jika beberapa cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan yang telah kami tampilkan diatas tidak membantu, maka alternatif terbaik yang dapat kami sarankan yaitu dengan melakukan pembelian kuota reguler agar dapat digunakan di semua area, terlebih jika anda sedang bepergian.

Baca Juga :  Panduan Cara Beli Pulsa Di Livin Mandiri Dengan Mudah

Kesimpulan

Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan
Cara Mengatasi Kuota Lokal Tri Tidak Bisa Digunakan
No Cara Mendapatkan Kuota Gratis Tri
1 Unduh Aplikasi Resmi Tri
2 Ikuti Program Promosi dan Event Tri
3 Beli Paket Internet yang Tawarkan Bonus Kuota Gratis
4 Daftar sebagai Pelanggan Baru Tri
5 Gabung di Komunitas Tri untuk Informasi Terbaru
6 Aktifkan Layanan Tri Lainnya yang Menawarkan Bonus Kuota
7 Ikuti Sosial Media Tri untuk Informasi Terkini
8 Daftarkan Nomor Teman untuk Bonus Kuota Teman
9 Ikuti Program Referral Tri (jika tersedia)
10 Pantau Penawaran Spesial di Aplikasi MyTri

Itulah beberapa cara mengatasi kuota lokal Tri tidak bisa digunakan. Dengan mengikuti langkah-langkah diatas, anda dapat mengatasi masalah ketika kuota lokal Tri anda tidak bisa digunakan. Jangan ragu untuk menghubungi layanan pelanggan atau pihak operator Tri, jika kuota lokal anda tidak bisa digunakan sementara anda berada di lokasi yang sesuai dengan zona kuota. Demikian yang dapat kami bagikan. Semoga dapat dipahami dan bisa membantu sobat khususnya pengguna kartu Tri.

Back to top button