Tips

13 Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Saat Dimasak

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Saat Dimasak – Daging kambing memang memiliki bau yang terlalu menyengat daripada jenis daging lainnya. Meski begitu, kamu tidak perlu khawatir karena ada beberapa cara menghilangkan bau daging kambing secara efektif dan cepat yang bisa kamu lakukan dengan mudah.

Seperti yang diketahui, daging kambing atau domba biasa dimasak menjadi berbagai macam olahan masakan. Namun sayangnya, jika tidak pandai dalam mengolah, biasanya membuatnya memiliki tekstur keras atau alot. Bahkan dapat menimbulkan bau prengus, sehingga masakan menjadi kurang lezat.

Penyebab Daging Kambing Bau

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing
Sumber: Pinterest

Walaupun banyak yang menganggap daging kambing begitu enak saat diolah, percayalah jika kamu tak benar-benar tahu caranya, pasti hasilnya kurang memuaskan. Pasalnya, daging kambing sendiri mengeluarkan bau prengus yang disebabkan karena:

  • Adanya Senyawa Volatil

Begitu banyak orang yang berusaha mencari cara menghilangkan bau daging kambing, karena di dalamnya terdapat senyawa Volatil. Sejenis senyawa organik yang mengandung gugus karbonil dan bersifat volatile atau tidak menguap.

Senyawa Volatil yang dimaksud ini termasuk keton, aldehid, flavonoid, lakton, alkaloid, dan fenolik. Setelah itu, asam lemak yang teroksidasi selama proses memasak daging, akan memunculkan aroma khas atau prengus.

  • Feromon Tubuh Kambing

Bau prengus pada daging kambing juga diduga disebabkan karena feromon yang dihasilkan dalam tubuhnya sendiri. Khususnya pada kambing jantan, yaitu sebagai penarik lawan jenis. Dengan begitu, mereka tetap bisa bereproduksi.

Feromon berbau prengus dari kambing jantan, akan menarik perhatian para betina. Membuat mereka terpikat dan bergairah pada kambing jantan, lalu kawin. Oleh sebab itu, daging kambing cenderung bau daripada daging hewan lainnya. Tapi jangan khawatir, karena ada cukup banyak cara menghilangkan bau daging kambing yang bisa dicoba.

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing Secara Efektif

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing
Sumber: Pinterest

Ingin memasak daging kambing, tapi khawatir bau prengus? Tunggu dulu, karena ada banyak cara membuatnya tak bau lagi kok. Lagipula menghilangkan bau prengus pada daging kambing bisa dikatakan sederhana, karena sebagian besar menggunakan bahan-bahan yang mudah didapatkan.

Kamu bisa mengolah daging kambing dan menyantapnya bersama keluarga. Bagaimana menghilangkan bau prengus daging kambing? Ikuti terus pembahasan di bawah ini sampai akhir.

1. Pisahkan Lemak Daging Kambing

Cara menghilangkan bau daging kambing yang pertama adalah memisahkannya dengan bagian lemak. Sebab asam-asam yang terdapat pada lemak tersebut diketahui dapat memunculkan aroma bau prengus.

Jadi, simple saja untuk menghilangkan bau prengus daging kambing, tentu saja dengan langsung memotong dan memisahkan bagian lemaknya sebelum dimasak. Walaupun cara ini tidak akan menghilangkan bau 100 persen, sebab di dalam daging pun masih terkandung lemak.

Lemak tersebut bahkan menjadi sumber bau paling menyengat saat daging dimasak. Semakin sedikit lemak yang meleleh dalam proses memasak, makin sedikit juga aroma yang muncul. Kamu bisa memotong lemak daging kambing ketika masih agak dingin.

Membuang lemak daging kambing termudah adalah dengan cara mengirisnya. Jadi, kamu tinggal masukkan dulu ke dalam lemari es sampai beku. Baru, bisa diiris dengan lebih mudah. Kamu bisa mencoba cara menghilangkan bau daging kambing tersebut.

Baca Juga :  12 Alasan Kenapa Brainly Tidak Bisa Dibuka? Begini Solusi dan Cara Mengatasinya!

2. Lumuri Daging Pakai Garam

Cara menghilangkan bau daging kambing
Sumber: Pexels

Selanjutnya, kamu juga bisa menghilangkan bau daging kambing dengan cara melumurinya pakai garam. Penggaraman daging kambing disebut mampu menghilangkan sebagian darah yang masih tersisa.

Kamu bisa mulai dengan melumuri garam pada setiap sisi daging. Setelah itu, diamkan daging kambing selama kurang lebih 1 jam. Lalu, bilas dulu daging kambing sebelum benar-benar dimasak sesuai menu yang diinginkan.

Ada banyak orang yang tak mengetahui salah satu cara menghilangkan bau daging kambing yang satu ini. Bahkan, sebelum mengolah ada yang langsung mencucinya karena sudah terbiasa.

Padahal nyatanya, kebiasaan ini justru bisa membuat daging kambing keras dan makin bau ketika dimasak. Garam bisa menjadi penetralisir darah yang diduga kuat menjadi penyebab terbesar bau daging kambing.

3. Lumuri Dengan Bumbu

Daging Kambing yang Dilumuri Bumbu
Sumber: Pinterest

Bukan hanya menggunakan garam saja. Kamu juga bisa menghilangkan bau daging kambing dengan cara melumurinya dengan bumbu. Caranya hampir sama dengan saat kamu pakai garam tadi, hanya saja kali ini menggunakan bumbu.

Lalu apa saja bumbu yang digunakan? Dalam cara menghilangkan bau daging kambing kamu bisa menggunakan jenis bumbu-bumbu yang akan digunakan untuk mengolah dagingnya.

Walaupun begitu, pada umumnya bisa menggunakan rempah-rempah seperti cengkeh, bubuk kari, kayu manis, atau lada. Beberapa juga kadang menggunakan kunyit, serai, kemangi, dan ketumbar.

Jika mau yang lebih mudah lagi, setelah kamu siapkan bumbu-bumbu tersebut, rebus langsung daging kambing bersama semua bumbu tersedia. Dengan begitu, daging kambing menjadi lebih empuk dan tidak berbau.

4. Mencuci Daging Kambing

Mungkin sebagian besar dari kamu pernah mendengar cara menghilangkan bau daging kambing yaitu dengan tidak mencucinya. Namun, percaya atau tidak ternyata justru dengan mencuci dipercaya mampu menghilangkan bau prengus daging kambing.

Hal ini karena orang-orang masih beranggapan jika daging kambing dicuci bisa mengeluarkan bau prengus yang makin kuat. Namun, tidak sepemikiran dengan Chef Stefu Santoso, yang menyarankan agar mencuci daging kambing dulu sebelum diolah.

Melansir dari Detik, Chef Stefu mengungkapkan jika daging kambing harus dicuci khususnya yang berasal dari hewan kurban. Sebab, saat perayaan idul Adha tersebut, hewan kurban sering dipotong dan disimpan di tempat-tempat seperti taman, jalanan, atau bahkan di atas terpal.

Oleh sebab itu, bukan hanya untuk menghilangkan bau prengus saja. Mencuci dulu daging kambing hewan kurban juga karena alasan mengurangi bakteri yang menempel pada daging. Jadi, cara menghilangkan bau daging kambing dengan mencucinya terlebih dahulu, sangat masuk akal untuk dicoba.

5. Marinasi Dengan Nanas

Cara lain yang bisa kamu coba untuk menghilangkan bau tak sedap pada daging kambing adalah dengan memarinasinya bersama nanas terlebih dahulu. Potong-potong nanas menjadi bagian yang lebih kecil. Dapat juga diparut agar teksturnya lebih halus.

Selanjutnya tinggal lumurkan nanas tersebut pada setiap sisi daging lalu diamkan beberapa saat. Daging kambing bisa kamu diamkan mulai dari 10 hingga 30 menit. Walaupun begitu, kamu harus perhatikan jika proses marinasi daging kambing tidak boleh terlalu lama. Sebab dapat membuat daging kambing mudah hancur.

Faktanya, cara menghilangkan bau daging kambing sebenarnya sudah begitu umum. Jika kamu mau yang lebih mudah, nanas bahkan bisa langsung diparut lalu dibalurkan pada daging kambing.

Sebagai informasi saja, getah nanas yang tajam dinilai mampu melunakkan daging kambing, sehingga tidak alot ketika dikonsumsi. Ternyata bukan itu saja, karena nanas juga dikenal efektif menghilangkan aroma amis atau prengus pada daging tersebut.

6. Tidak Mencucinya

Berbanding terbalik dengan cara sebelumnya, banyak orang yang percaya jika aroma tidak sedap pada daging kambing bisa dihilangkan dengan tidak mencucinya. Walaupun kamu terbiasa mencuci daging kambing, tidak ada salahnya untuk mencoba cara ini.

Kamu juga bisa menggunakan cara menghilangkan bau daging kambing ini saat sudah tidak ada ide lagi atau daging tetap mengeluarkan aroma prengus yang mengganggu. Normalnya, daging memang harus dicuci dulu sampai bersih sebelum diolah menjadi macam-macam masakan.

Baca Juga :  Sunscreen Wardah SPF 30 Untuk Umur Berapa! Ini Faktanya

Tapi, beberapa orang sudah membuktikan jika ternyata mencuci daging kambing sebelum diolah justru membuat teksturnya makin alot. Selain itu, bau prengus dan amis juga keluar semakin tajam. Lalu bagaimana solusi terbaik untuk mengatasi masalah tersebut?

Kamu bisa langsung rebus saja daging kambing tanpa mencucinya dulu. Jangan lupa untuk membuang air sisa rebusan dagingnya. Baru setelah daging kambing selesai direbus, silahkan gunakan untuk memasak berbagai hidangan. Satu lagi sebelum direbus, ada baiknya pisahkan bagian daging kambing yang terlihat kotor.

7. Lumuri Jeruk Nipis

Ada lagi salah satu cara menghilangkan bau daging kambing yang dikenal cukup ampuh. Apalagi kalau bukan melumurinya jeruk nipis. Semua orang sudah tahu jika jeruk nipis dikenal punya banyak manfaat khususnya untuk mengolah daging kambing.

Jeruk nipis tidak hanya ampuh untuk membunuh bakteri pada daging tersebut. Bahan masakan ini juga diduga kuat sangat efektif untuk membantu melunakkan serta mengurangi bau amis dan prengus daging kambing.

Untuk caranya sangat mudah sekali, dan pasti semua orang bisa melakukannya. Kamu tinggal melumuri daging kambing mentah dengan air perasan jeruk nipis. Sebelumnya, peras jeruk nipis dulu sampai mengeluarkan sarinya. Pastikan semua bagian sudah terlumuri dengan sempurna.

Jika sudah, diamkan daging kambing selama kurang lebih setengah atau 1 jam. Setelah itu, kamu bisa mulai mengolah daging menjadi berbagai olahan makanan yang lezat. Sudah banyak yang membuktikan jika cara menghilangkan bau daging kambing ini sangat ampuh sehingga kamu harus mencobanya.

8. Bungkus Dengan Daun Pepaya

Dedaunan juga ternyata bisa membantu melunakkan sekaligus mengatasi bau prengus pada daging kambing. Misalnya daun pepaya yang dipercaya mengandung sebuah enzim dan bisa dimanfaatkan untuk membuat daging kambing lebih empuk.

Untuk mengaplikasikannya, tinggal bungkus daging kambing mentah dengan daun pepaya, boleh sambil sedikit diremas-remas. Daun pepaya sebetulnya bisa dengan mudah ditemukan dimana-mana. Namun, apabila kamu masih kesulitan menyediakan daun pepaya juga tak perlu khawatir.

Jenis dedaunan lain seperti daun jambu atau daun jati juga mampu dimanfaatkan sebagai cara menghilangkan bau daging kambing yang efektif. Tinggal siapkan saja beberapa lembar dedaunan tersebut sebagai pembungkus daging kambing mentah lalu cuci hingga bersih.

Untuk waktu pembungkusan sendiri pun tidak terlalu lama. Kamu boleh membungkus daging kambing mentah dengan salah satu dedaunan tersebut selama kurang lebih satu jam saja. Walaupun semakin lama biasanya justru baunya makin hilang.

Yuk, baca juga artikel tentang 9 Cara Membuat Makanan Anjing Dari Nasi Dengan Benar disini, ya.

9. Balur Dengan Cuka Apel

Masih cukup mirip dengan jeruk nipis. Cuka apel pun nyatanya bisa sangat ampuh untuk mengurangi bau prengus yang mengganggu pada daging kambing. Jika kamu selalu sedia cuka apel di rumah, ini saat yang tepat menggunakannya.

Cara menghilangkan bau daging kambing dengan cuka apel adalah tinggal lumurkan langsung ke setiap bagiannya. Dijamin, bau tak sedap, prengus, amis, atau apalah itu semua bisa hilang. Bonusnya, daging kambing bisa makin juicy serta menyimpan rasa manis yang samar.

Cocok apabila kamu ingin mengolah daging kambingnya menjadi olahan steak. Tentang berapa lama harus merendam lumuran cuka apel dengan daging kambing, kira-kira satu jam sudah cukup.

Walaupun saat direndam semalaman pun sebetulnya tidak menjadi masalah. Sebab, semakin lama direndam bersama lumuran cuka apel, bau juga bisa hilang maksimal. Cuka apel ini bisa digunakan jika kamu tidak memiliki jeruk nipis di rumah.

10. Rebus Dengan Lobak

Kamu mungkin belum tahu jika salah satu cara menghilangkan bau daging kambing adalah dengan merebusnya bersama lobak. Sebelum mengolahnya menjadi aneka sajian lezat, kamu dapat lebih dulu merebus daging kambing dengan potongan lobak secukupnya.

Baca Juga :  5+ Cara Melihat ID Telegram Orang Lain Yang Disembunyikan

Untuk waktu perebusan yang tepat, setengah jam saja sebenarnya sudah cukup. Sebagai informasi saja, lobak dikenal memiliki kadar kolin yang paling rendah. Sedangkan sebaliknya, justru kadar kolin yang tinggi ternyata mampu membuat senyawa pada daging mengeluarkan bau tidak sedap.

Dari sini dapat diartikan jika lobak yang mempunyai kadar kolin rendah cenderung ampuh untuk menghilangkan bau tidak sedap pada daging kambing. Jika sudah 30 menit, daging kambing rebusan lobak tadi boleh dikeluarkan. Setelah itu tiriskan dulu sebelum mulai mengolahnya menjadi berbagai hidangan istimewa.

11. Rendam Dengan Susu

Siapa sangka, jika salah satu cara menghilangkan bau daging kambing adalah dengan menggunakan susu. Adakah yang suka menyimpan atau mengkonsumsi susu setiap hari? Susu bukan hanya segar sebagai minuman kesehatan terbaik.

Faktanya, susu juga bisa digunakan untuk menetralisir bau tidak sedap yang dikeluarkan oleh daging kambing. Bukan hanya cairan asam seperti cuka apel atau jeruk nipis saja. Susu bisa sangat ampuh menghilangkan bau amis pada daging kambing.

Selain itu, daging kambing yang direndam dengan cairan susu juga terbukti lebih empuk. Kamu bisa mulai dengan menyiapkan daging kambing mentah yang belum diolah. Lalu campurkan dengan larutan susu murni. Tunggu sekitar 30 menit hingga 1 jam, dan bau prengus daging kambing dijamin hilang.

12. Hilangkan Bau Dengan Jahe

Jahe ternyata juga cukup ampuh dijadikan sebagai cara menghilangkan bau daging kambing. Fakta membuktikan jika jahe mempunyai kandungan tertentu yang dapat membantu menghilangkan bau amis daging secara efektif.

Jadi mulai sekarang, kamu harus memanfaatkan bumbu masak tersebut dengan baik. Tidak hanya untuk memasak dan membuat minuman penyegar tenggorokan saja. Kamu juga bisa menggunakannya sebagai bahan penetralisir bau prengus pada daging kambing.

Untuk caranya pun sangat mudah sekali. Cukup ambil saja beberapa buah jahe lalu haluskan. Setelah itu langsung oleskan jahe yang dihaluskan tersebut pada semua bagian daging kambing sampai rata.

Sebagai catatan penting saja, jika kamu membuat masakan semur, maka cara menghilangkan bau daging kambing yang satu ini sebaiknya tidak dipilih. Pasalnya, parutan jahe justru bisa merusak cita rasa masakan tersebut.

13. Rendam Dengan Air Kelapa

Punya air kelapa di rumah? Jangan hanya mengolahnya untuk bahan dasar membuat minuman saja. Air kelapa nyatanya juga bisa kamu manfaatkan untuk menghilangkan bau amis dan prengus yang sering keluar dari daging kambing. Sudah banyak yang mencoba membuktikan sendiri cara ini.

Lagipula sepertinya tidak terlalu sulit untuk menemukan air kelapa karena dijual bebas di pasaran. Di sini yang perlu kamu lakukan adalah hanya menyiapkan air kelapa muda secukupnya. Setelah itu, ambil daging kambing lalu rendam menggunakan air kelapa tersebut, lalu tunggu sampai 30 menit. Air kelapa muda tidak hanya menghilangkan bau pada daging kambing saja, tapi juga sekaligus membuatnya lebih empuk.

Tips Penjelasan
Rendam dengan Air Garam Sebelum memasak daging, Anda dapat merendamnya dalam air garam selama beberapa menit. Air garam membantu menghilangkan bau amis dari daging. Setelah merendam, bilas daging dengan air bersih sebelum dimasak.
Gunakan Jeruk Nipis atau Lemon Jeruk nipis atau lemon memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan bau daging. Anda bisa memarut kulit jeruk nipis atau lemon, atau mencampurkan air jeruk nipis atau lemon dengan daging dan biarkan selama beberapa menit sebelum mencuci dan memasak daging.
Rendam dengan Air Baking Soda Baking soda (soda kue) juga dapat membantu menghilangkan bau daging. Rendam daging dalam air yang telah dicampur dengan sedikit baking soda selama beberapa menit. Pastikan untuk membilas daging dengan air bersih setelahnya.
Gunakan Cuka Cuka memiliki sifat asam yang dapat membantu menghilangkan bau amis. Anda bisa mencampurkan cuka dengan air dan merendam daging dalam campuran ini. Setelah merendam, bilas daging dengan air bersih.
Rendam dalam Susu Merendam daging dalam susu selama beberapa waktu juga dapat membantu mengurangi bau amis. Susu memiliki sifat yang dapat menetralkan bau daging.

Kesimpulan

Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing
Cara Menghilangkan Bau Daging Kambing

Itu dia tadi beberapa cara menghilangkan bau daging kambing yang ampuh dan menggunakan bahan-bahan sederhana. Mulai sekarang, tidak perlu khawatir saat membuat olahan daging kambing. Untuk menghilangkan aroma tak sedapnya, kamu bisa gunakan salah satu cara di atas.

Back to top button