Tutorial

10 Cara Cek HP Xiaomi Bekas Masih Bagus Atau Tidak Sebelum Membeli

Banyak orang belum mengetahui bahwa cara cek hp xiaomi bekas ternyata penting untuk dipahami sebelum membeli hp xioami bekas mengingat banyak nya hp android yang di pasarkan secara illegal atau tidak resmi.

Sebagai salah satu merek hp android terbaik, hp xiaomi memang selalu di buru keberadaannya. Tidak hanya hp xiaomi baru melainkan hp xiaomi bekaspun sama saja.

Alasan utama seseorang akan memilih untuk menggunakan hp xiaomi bekas maupun baru tidak lain dikarenakan hp xiaomi bekas dan baru tidak ada bedanya dimana keduanya masih bisa digunakan dengan baik, memiliki harga yang cukup murah.

Walaupun sudah dalam keadaan bekas atau second sekalipun. Lantas jika kamu ingin mencari hp xiaomi bekas, pelajari cara cek hp xiaomi bekas di bawah ini sebelum mencari atau membeli hp xiaomi bekas nantinya.

Sekilas Tentang Xiaomi

sekilas tentang xiaomi
sekilas tentang xiaomi

Dikutip dari website resmi xiaomi pada mi.co.id, xiaomi merupakan salah satu perusahaan manufaktur produk pintar dan elektronik konsumen yang pengembangan utamanya berfokus pada smartphone dan perangkat keras pintar yang terhubung melalui platform IoT.

Sampai saat ini xiaomi terus berupaya untuk mengejar inovasi dengan meningkatkan pengalaman pengguna tentang produk elektronik xiaomi yang berkualitas tinggi dan sangat efisien.

Visi tersebut terbukti nyata dari banyaknya smartphone xiaomi yang tercipta setiap tahunnya dengan spesifikasi terbaik mulai dari chipset, RAM, ROM termasuk internal dan harga yang masih terbilang sangat terjangkau.

Sehingga tidak heran jika hp xiaomi selalu di buru oleh masyarakat tanpa terkecuali untuk hp xiaomi bekas pula. Mengapa banyak masyarakat Indonesia tertarik untuk tetap menggunakan hp xiaomi bekas sementara kita tau bahwa hp xiaomi baru masih ada di harga yang cukup standar?

Semua penjelasannya bisa kamu temukan dengan tetap berada di halaman ini ya.

Cara Cek Hp Xiaomi Bekas Tidak Sampai 5 Menit

Di zaman serba teknologi saat ini, tidak dapat kita hindari bahwa penggunaan hp android memang sangat di butuhkan.

Tidak hanya untuk menyelesaikan pekerjaan-pekerjaan kita melainkan sebagai alat untuk menempuh sulitnya ranah komunikasi melalui sosial media yang ada saat ini.

Sehingga sudah mulai banyak perusahaan elektronik yang menawarkan ponsel pintar dengan spesifikasi dan harga yang sangat beragam seperti xiaomi.

Saat pertama kali masuk di ranah pasar Indonesia, banyak pengguna smartphone android ternyata masih meragukan kualitas dari tipe ponsel ini. Sampai perlahan penggunaannya terus berkembang dan semakin besar hingga sekarang.

Dilihat dari sisi banyaknya jumlah pengguna hp android sekarang ini, banyak masyarakat yang mungkin tidak terlalu memilih ingin menggunakan ponsel android baru maupun bekas jika ternyata kualitas hp android bekas maupun baru tidak ada bedanya misal seperti hp xiaomi bekas.

Selain harga nya yang terbilang murah, banyak orang memilih untuk menggunakan hp xiaomi bekas dikarenakan xiaomi memiliki kualitas serta ketahanan baterai yang sangat baik walau sudah dalam keadaan bekas sekalipun dan semua fitur yang ada di dalamnya kebanyakan masih bisa digunakan dengan sangat baik

Baca Juga :  13 Cara Mengetahui Nomor HP Sendiri Semua Operator

Sebab hp xiaomi terkenal dengan tingkat ketahanan fisik yang cukup kuat bahkan saat dijual kembali setelah sekian lama telah digunakan.

Akan tetapi walaupun begitu, kamu tetap perlu mengantisipasi adanya kerusakan-kerusakan yang mungkin tidak dapat di lihat oleh mata jika kamu hendak membeli hp xiaomi bekas nantinya. Apa saja caranya? simak cara cek hp xiaomi bekas terlengkap di bawah ini:

1. Cek garansi produk

cek garansi hp xiaomi
cara cek garansi hp xiaomi

Cara cek hp xiaomi bekas yang harus kamu selesaikan untuk pertama kalinya saat membeli hp xiaomi ialah cek garansi ponsel hp xiaomi bekas jika masih ada.

Untuk beberapa bulan pemakaian biasanya garansi sebuah ponsel pastinya masih ada dimana garansi tersebut bertujuan untuk memperjelas asal usul hp.

Jika penjual hp xiaomi bekas ternyata memiliki garansi pembelian hp tersebut maka dapat di pastikan bahwa dia lah pemilik sebenarnya dan dialah merupakan pemilik pertama dari ponsel yang hendak kamu beli.

Pada lembar garansi resmi hp xiaomi biasanya kamu akan menemukan dusbook dengan logo TAM. Sedangkan jika itu bukanlah sebuah garansi resmi hp xiaomi melainkan illegal maka kamu akan menemukan tanda logo bless atau distributor lainnya.

Selain itu, apabila kamu membeli hp xiaomi legal maka kamu akan melihat informasi negara pembelian yang bertuliskan Indonesia.

2. Cek IMEI hp Xiaomi

cara cek IMEI hp xiaomi
cara cek IMEI hp xiaomi

Setelah kamu memastikan bahwa hp xiaomi bekas yang hendak kamu beli ternyata memiliki garansi maka kamu bisa lanjutkan cara cek hp xiaomi bekas dengan cek imei hp tersebut.

Ada banyak sekali hp xiaomi yang saat ini beredar dengan garansi distributor tidak resmi. Sehingga untuk mengetahui apakah garansi tersebut resmi atau tidak, kamu bisa gunakan nomor IMEI yang tersedia.

Cara untuk mengetahui nomor IMEI dari satu ponsel hp xiaomi ialah dengan mengetik kode rahasia di *06# pada menu panggilan telepon kamu.

Lewat cara diatas, secara otomatis nantinya akan keluar 2 nomor IMEI yang merupakan IMEI slot SIM card 1 dan SIM card 2. Jika tidak ada, kamu juga dapat melihat IMEI ponsel tersebut pada kemasan dusbook nya.

Kalian juga dapat mengunjungi halaman website mi.co.id/service/online untuk keaslian hp xiaomi bekas tersebut dengan memasukkan nomor IMEI nya ke dalam kolom yang telah di sediakan.

3. Cek hardware dan kondisi layarnya

cek hardware dan kondisi layar hp xiaomi
cek hardware dan kondisi layar hp xiaomi

Tidak hanya IMEI dan garansi hp xiaomi bekas, kamu juga perlu cek hardware dan kondisi layarnya. Pada cara cek hp xiaomi bekas yang satu ini kamu bisa memilih ingin melihat dari fisik layar atau melakukan pengecekan layar hp xiaomi langsung lewat kode rahasia xiaomi.

Apabila kalian memilih cara cek hp xiaomi bekas pada bagian layar melalui kode rahasianya maka kalian hanya perlu menekan panggilan ke *#*#64663#*#* dan tunggu hingga hasil akhir di tampilkan.

Dengan kode rahasia xiaomi diatas kamu akan masuk ke menu test hardware dan layar seperti sensor, suara, getar, fungsi layar dan beberapa fitur pengetesan hp xiaomi lainnya.

Lantas jika kalian ingin mengecek kondisi layar ponsel, silahkan tekan menu touch sensor ataupun display dan semua informasi terkait layar terikut dengan hardware hp xiaomi akan di tampilkan.

4. Cek kondisi software

cara cek software hp xiaomi bekas
cara cek software hp xiaomi bekas

Bukan hanya hardware, software juga memiliki peranan penting pada sebuah ponsel. Untuk itu cara cek hp xiaomi bekas pada kondisi software tentu tidak boleh kamu abaikan begitu saja.

Baca Juga :  2 Cara Cek Hutang Pulsa Telkomsel Melalui Mytelkomsel dan Kode Dial 505

Umumnya, pada kebanyakan distributor yang menyediakan hp xiaomi bekas maupun baru sebenarnya tidak bisa melakukan update software xiaomi dengan mudah karena ada beberapa distributor yang melakukan modifikasi sistem operasi untuk setiap hp xiaomi yang mereka jual.

Untuk itu, saat membeli hp xiaomi bekas kamu perlu memperhatikan versi software atau firmware nya apakah masih bisa di update atau sebaliknya.

Apabila ternyata hp xiaomi yang kamu beli tidak di update softwarenya maka dapat dipastikan bahwa garansi untuk hp bekas tersebut berasal dari distributor biasa dan kemungkinan hp tersebut juga bisa tergolong dalam hp xiaomi buatan China yang di pasarkan di Indonesia.

Nah untuk versi global biasanya kamu tetap bisa mendapatkan pembaharuan software secara berkala ya sobat.

5. Cek baterai hp Xiaomi

cara cek kondisi baterai hp xiaomi
cara cek kondisi baterai hp xiaomi

Komponen utama yang tidak kalah pentingnya dari hardware, software bahkan layar ponsel ialah baterai. Untuk hp xiaomi sendiri tentu kamu sudah mengenalnya bahwa semua tipe hp xiaomi memiliki kualitas baterai yang sangat bagus dan tahan lama.

Bahkan kamu bisa menggunakan ponsel ini tanpa perlu mengecasnya secara berulang-ulang setiap harinya. Nah untuk mempertahankan kualitas tersebut kamu memang perlu mengecek baterai hp xiaomi bekas yang hendak kamu beli dengan tepat.

Sehingga cek baterai hp xiaomi masuk sebagai cara cek hp xiaomi bekas sebagai tips buat kamu hari ini. cara cek hp xiaomi bekas melalui penggunaan baterainya tidaklah sulit untuk kamu selesaikan.

Cukup buka menu setelan atau pengaturan pada ponsel xiaomi tersebut, kemudian cari opsi baterai dan performa maka akan muncul penggunaan daya baterai sejak awal ponsel tersebut digunakan.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan riwayat pemakaian baterai apakah ternyata normal atau tidak pada pilihan opsi tersebut.

6. Cek setiap tombol hp

cara cek tombol hp xiaomi
cara cek tombol hp xiaomi

Cara cek hp xiaomi bekas selanjutnya berada pada cek setiap tombol hp bekas yang hendak kamu beli. Beberapa tombol ponsel yang wajib kamu cek ialah tombol power, tombol volume dan tombol sidik jari (fingerprint) jika ada.

Pastikan semuanya berfungsi dengan nyaman serta terasa nyaman saat digunakan khususnya untuk tombol fingerprint (sidik jari) karena tombol yang satu ini masih menjadi tombol yang paling sensitif dan mudah rusak untuk semua tipe hp android.

Sebenarnya mudah saja sobat, jika ada salah satu tombol yang rusak kamu memang masih bisa menggantinya. Akan tetapi jika semuanya bisa kamu miliki dalam kondisi baik-baik saja kenapa tidak?

7. Cek kamera hp Xiaomi

cek tampilan kamera hp xiaomi
cek tampilan kamera hp xiaomi

Tidak sampai disitu saja, cara cek hp xiaomi bekas berlanjut pada cek kualitas fisik kamera hp xiaomi yang akan kamu beli.

Cara cek hp xiaomi bekas melalui pengecekan kondisi kameranya bisa langsung kamu coba dengan memastikan tidak ada lecet pada bagian lensa kamera karena jika ada maka itu akan sangat berpengaruh terhadap kualitas foto dan video yang akan kamu ambil nantinya.

Untuk cara cepatnya, kalian bisa langsung mencoba fungsi kameranya saja agar tau kualitasnya seperti apa sobat.

8. Cek speaker hp Xiaomi

kondisi speaker hp xiaomi
kondisi speaker hp xiaomi

Tidak boleh sampai terlewatkan, cek speaker hp juga merupakan bagian cara cek hp xiaomi bekas yang paling penting.

Mengapa? alasannya karena dengan kualitas speaker yang masih bagus dan jernih, kalian nantinya bisa menerima suara yang datang dari ponsel dengan sangat baik dan begitupun sebaliknya.

Baca Juga :  7 Cara Melihat Tulisan Yang Di Blur Tanpa Aplikasi

Lalu pertanyaannya, bagaimana cara cek hp xiaomi bekas dari tingkat kualitas speakernya? untuk memastikan suara yang berasal dari speaker tidak bagus dan tidak cempreng.

Kamu bisa menggunakan kode rahasia xiaomi di *#*#64663#*#* atau bisa juga dengan cara memutar musik seperti nada dering ponsel dan sejenisnya.

Dengarkan setiap musik yang kamu putar dengan teliti agar kamu bisa memastikan bahwa speaker hp xiaomi yang akan kamu beli tidak dalam kondisi rusak ya sobat.

9. Cek sinyal dan tempat SIM hp

slot SIM card hp xiaomi
slot SIM card hp xiaomi

Hampir mendekati cara cek hp xiaomi bekas di urutan terakhir, kini kamu perlu cek sinyal dan tempat SIM yang ada pada hp xiaomi sebelum membelinya.

Kamu perlu cek sinyal dan kondisi slot SIM card dikarenakan saat ini peraturan pemblokiran IMEI sudah di berlakukan dimana dengan adanya peraturan ini maka hp xiaomi yang tidak resmi dan tidak terdaftar di situs Kemeneperin tidak akan bisa menggunakan provider seluler Indonesia.

Jika sudah begitu maka kamu pun tidak akan bisa menggunakan ponsel yang kamu beli untuk telponan, sms bahkan untuk mengakses laman internet nantinya.

10. Cek kondisi fisik hp Xiaomi

cara cek kondisi fisik hp xiaomi bekas
cara cek kondisi fisik hp xiaomi bekas

Cara cek hp xiaomi bekas yang terakhir ini berkaitan dengan kondisi fisik hp xiaomi bekas. Dimana untuk melihat kondisi fisiknya, kamu cukup memperhatikan setiap sisi atau sudut ponsel.

Selain itu, kamu juga bisa mulai melakukan pemeriksaan di mulai dari bagian layar. Lihat dengan sangat teliti apakah ada goresan atau bentuk pecahan pada layar.

Jika kamu menemukan adanya pecahan pada layar saat menyelesaikan cara cek hp xiaomi bekas maka kemungkinan besar hp tersebut pernah terjatuh atau bahkan terbentur benda keras.

Lalu untuk mengetahui apakah ponsel tersebut pernah di bongkar atau tidak kamu bisa lihat dari segi fisiknya yang tertata rapi, bagus atau sebaliknya.

Biasanya untuk handphone yang pernah di bongkar akan ada bekas lem pada bagian samping layar. Terkadang akan terlihat juga ada rongga di bagian casing yang menandakan bahwa handphone tersebut pernah di bongkar atau tidak.

Daftar Harga Hp Xiaomi Bekas Terbaru 2023

Beranjak dari 10 cara cek hp xiaomi bekas diatas, kami akan menghadirkan sederet daftar harga hp xiaomi bekas di bulan juli 2023 dimana daftar berikut dapat menjadi panduan anda untuk kisaran hp xiaomi second saat ini.

Berikut harga hp xiaomi bekas lengkap dengan mereknya:

Merk Hp Xiaomi Bekas (Second) Harga (Rp)
Redmi Note 2, 2/16 GB Rp. 350.000
Redmi 4x, 2/16 GB Rp. 465.000
Xiaomi Max 2, 64/4 GB Rp. 600.000
Redmi 6, 3/32 GB Rp. 650.000
Redmi 5a, 2/16 GB Rp. 750.000
Redmi 4a, 2/16 GB Rp. 780.000
Redmi 4x, 3/32 GB Rp. 950.000
Redmi Note 9a, 2/16 GB Rp. 950.000
Redmi 8a Pro, 3/32 GB Rp. 1.230.000
Redmi 7, 3/32 GB Rp. 1.399.000
Redmi Note 9, 4/64 GB Rp. 1.499.000
Redmi Note 7, 4/64 GB Rp. 1.570.000
Redmi 9t, 4/64 GB Rp. 1.830.000
Redmi Note 10s, 8/128 GB Rp. 2.000.000
Redmi Note 11, 4/128 GB Rp. 2.100.000
Xiaomi civi, 12/256 GB Rp. 4.488.000
Mi 10t, 8/128 GB Rp. 4.540.000
Mi 11t, 8/128 GB Rp. 5.380.000
Redmi 12t, 8/256 GB Rp. 5.450.000

Penutup

Cara Cek HP Xiaomi Bekas
Cara Cek HP Xiaomi Bekas

Bagaimana? apakah menurut kamu ternyata cara cek hp xiaomi bekas tidaklah sulit untuk kamu coba? jika benar maka kini kamu sudah bisa membeli hp xiaomi baru maupun bekas sesuai tipe yang kamu inginkan tanpa perlu mengalami kendala pemakaian nantinya.

Sebab melalui cara cek hp xiaomi bekas diatas dapat dipastikan bahwa kamu akan mendapatkan hp xiaomi bekas yang sangat berkualitas nantinya dan jangan lupa untuk menggunakan setiap kode rahasia yang telah kami hadirkan untuk memastikan semua perangkat ponsel yang hendak kamu beli dapat berfungsi dengan sempurna.

Back to top button