Tutorial

5 Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (GAGAL)

Sudah membeli voucher indosat namun tidak masuk bukanlah masalah yang sulit untuk diatasi karena saat ini ada cara mengatasi voucher indosat tidak masuk atau gagal auto bisa masuk otomatis lagi.

Pada umumnya, persoalan voucher indosat tidak masuk atau gagal bukanlah hal baru bagi semua pengguna kartu indosat.

Khususnya bagi para pengguna kartu indosat yang melakukan pengisian ulang paket internet sendiri dengan menggunakan pulsa atau voucher fisik.

Mengapa voucher indosat bisa sampai tidak masuk atau bahkan gagal? berikut rangkuman mengenai apa saja penyebabnya dan cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal.

Penyebab Voucher Indosat Tidak Masuk/Gagal

Penyebab voucher indosat tidak masuk
Penyebab voucher indosat tidak masuk

Mendapatkan paket internet indosat melalui pembelian voucher fisik atau non fisik indosat tidak dapat selalu dipastikan bisa berjalan dengan mulus karena ada kalanya voucher yang kita beli tidak bisa di aktivasi atau bahkan rusak.

Ciri-ciri utama sebuah voucher indosat yang tidak dapat digunakan atau tidak masuk ialah kamu sulit untuk mengakses internet bahkan dari aplikasi browser sekalipun.

Lantas apa penyebab voucher indosat tidak masuk atau gagal? berikut list penyebabnya yang perlu kamu ketahui sebelum menarik solusi sebagai cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal.

1. Kode Voucher Indosat Tidak Valid

Umumnya jumlah angka yang tertera pada voucher indosat berjumlah 14 digit dan selalu diawali dengan angka 556.

Jika sebelumnya kamu pernah mendapati voucher indosat dengan jumlah angka yang tidak sesuai maka jangan langsung melakukan aksi klaim voucher karena voucher tersebut bisa dinyatakan tidak valid.

Baca Juga :  4 Cara Merapikan Tulisan di Word yang Berantakan

Dan tidak akan masuk walaupun kamu telah mengklaimnya berulang-ulang kali. Disamping itu, kode voucher yang sama juga tidak dapat di klaim atau digunakan.

Karena setiap voucher pada operator jaringan seluler manapun tidak akan membuat kode voucher dengan angka yang sama persis untuk 2 voucher.

Tapi ada kalanya, kode voucher tidak valid pada saat di klaim dikarenakan sistem indosat sedang mengalami kendala atau error.

Hal tersebut sering dialami oleh pengguna yang melakukan klaim voucher indosat menggunakan aplikasi MyIM3 dan untuk permasalahan tersebut, kamu hanya perlu menunggunya sampai sistem benar-benar pulih seperti sedia kala.

2. Voucher Indosat Sudah Pernah Digunakan

voucher indosat sudah pernah dipakai
voucher indosat sudah pernah dipakai

Penyebab yang sering terjadi pada permasalahan voucher indosat tidak masuk ialah voucher indosat sudah pernah digunakan.

Menurut pandangan beberapa pengguna kartu internet indosat, permasalahan voucher indosat yang sudah pernah digunakan sering terjadi sehabis mereka membeli voucher internet di warung atau konter pulsa terdekat.

Ciri-ciri voucher fisik indosat yang sudah pernah digunakan terlihat dari penampilan voucher fisik yang sudah sangat usang, serta munculnya kalimat peringatan yang menyatakan kode voucher salah atau tidak bisa digunakan kembali.

Oleh sebab itu, saat kamu melakukan pembelian di konter atau warung pulsa maka sebaiknya voucher fisik yang telah kamu beli langsung kamu klaim di tempat karena jika voucher tersebut nyatanya sudah pernah digunakan maka pihak penjual bisa segera mengganti voucher indosat kamu dengan yang baru.

3. Masa Berlaku Voucher Indosat Sudah Habis/Hangus

Penyebab voucher tidak masuk/gagal berikutnya sebelum menuju cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal ialah masa berlaku voucher yang kamu beli sudah lewat dari tanggal pengklaiman/hangus.

Masalah masa berlaku voucher indosat hangus umumnya sering terjadi saat kamu melakukan pembelian voucher internet indosat menggunakan pulsa atau layanan jual kuota internet indosat.

Disisi lain, jika kamu mendapati masalah seperti ini pada voucher indosat yang kamu beli di warung pulsa atau kuota ada baiknya kamu tak usah kembali ke warung atau konter tersebut karena pihak penjual pastinya tidak akan bertanggung jawab untuk permasalahan seperti ini.

Baca Juga :  12 Cara Mengatasi Cv02 Lazada Voucher Tidak Valid

Sehingga solusi yang kamu butuhkan hanya ada pada cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal di bawah ini.

Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk (Gagal)

cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal
cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal

Jika sebelumnya kamu pernah mendapati penyebab-penyebab diatas maka selesaikan permasalahan voucher indosat tidak masuk menggunakan cara mengatasi voucher indosat tidak masuk (gagal) dibawah ini sebagai solusinya.

Namun perlu kamu ketahui bahwa memahami syarat dan cara klaim voucher indosat sangat baik untuk dilakukan terlebih dahulu agar kamu tidak terburu-buru untuk mencoba cara mengatasi voucher indosat tidak masuk (gagal) ini.

Nah, apabila kamu sudah memahaminya namun voucher indosat tetap tidak bisa digunakan maka silahkan kamu ikuti langkah-langkah cara mengatasi voucher indosat tidak masuk berikut ini.

1. Cek Kembali Masa Aktif Voucher Indosat

Cek kembali masa aktif merupakan solusi tercepat sebagai cara mengatasi voucher indosat tidak masuk. Solusi ini bisa kamu terapkan hanya melalui ponsel saja saat kamu mendapati voucher yang kamu beli tidak dapat digunakan.

Namun sebelum memastikan bahwa benar voucher kamu tidak aktif sebaiknya lakukan langkah pengaktifan kartu dahulu di *556*nomor voucher#.

Jika setelah itu, kamu belum menerima pesan masuk dan tidak dapat menggunakan kuota internet diponsel maka coba cek masa aktif voucher kembali pada sampul voucher.

2. Periksa Kembali Kode Voucher

Cara mengatasi voucher indosat tidak masuk yang sering dilakukan banyak pengguna ialah memeriksa kembali kode voucher yang telah dibeli.

Pada sebuah voucher biasanya kita akan menemukan 14 digit angka dan angka-angka tersebut bisa kita dapatkan sesaat setelah kita menggosok sebuah hologram berwarna abu-abu dibagian belakang voucher.

14 digit angka tersebut akan kita gunakan pada saat proses aktivasi voucher. Saat, memasukkan angka dari kode voucher ini harus dilakukan secara perlahan dan benar agar proses verifikasinya tidak gagal.

Maka dari itu jika kamu sudah klaim namun masih gagal, silahkan ulangi tahapannya dan periksa kembali kode voucher sebelum meneruskan proses verifikasinya.

3. Pakai Aplikasi myIM3

Jika sebelumnya kamu punya aplikasi myIM3, yuk gunakan aplikasinya sebagai solusi untuk cara mengatasi voucher indosat tidak masuk.

Baca Juga :  4 Cara Convert Pulsa ke OVO Minimal 10 Ribu

Berikut langkah-langkah untuk menyelesaikan caranya ialah sebagai berikut:

  • Seperti biasa masuk ke aplikasi myIM3
  • Pastikan nomor indosat yang akan menerima voucher indosat sudah terhubung
  • Lalu klik icon add pada kolom pulsa di halaman pertama
  • Lanjutkan ke tahap pilih gunakan voucher
  • Isi kolom dengan 14 digit angka voucher kalian
  • Scan barcode voucher melalui fitur scan voucher di aplikasi jika ingin menggunakan cara cepatnya
  • Setelah tahapan selesai aplikasi myIM3 akan menampilkan pembagian kuota voucher, masa aktif sampai masa kadaluarsa voucher.

Jika ternyata masa aktif voucher masih panjang maka silahkan tunggu beberapa menit saja untuk voucher bisa aktif di nomor indosat kamu.

4. Ubah Mode Jaringan SIM Di Ponsel

Cara mengatasi voucher indosat tidak masuk selanjutnya ialah dengan melakukan perubahan mode GSM yang ada di ponsel kamu.

Jika sebelumnya kamu belum mengetahui cara mengubah mode jaringan SIM di ponsel maka silahkan ikuti langkah-langkah dibawah ini:

  • Masuk ke menu pengaturan ponsel
  • Pilih jaringan seluler dan klik kolom SIM yang akan menerima kuota indosat
  • Ubah mode GSM dengan klik opsi jenis jaringan yang disukai
  • Ganti jaringan seluler menjadi 3G/2G (otomatis)
  • Lalu simpan
  • Silahkan kembali ke menu telepon jika semua sudah selesai
  • Lakukan proses aktivasi voucher indosat kembali
  • Selesai

Pastikan kembali voucher indosat yang telah kamu klaim apakah masuk atau tidak setelah menyelesaikan tahapan diatas.

5. Hubungi Customer Service Indosat

Jika kamu mendapati pihak penjual voucher tidak bertanggung jawab dan semua cara mengatasi voucher indosat tidak masuk sebelumnya belum berhasil maka kalian wajib menghubungi customer service indosat.

Sehingga jika provider indosat sedang mengalami gangguan, kalian akan segera mengetahuinya. Nomor indosat yang bisa kamu hubungi untuk menanyakan hal tersebut ialah 021 3000 3000.

Saat panggilan terhubung, kamu dapat menyampaikan permasalahan yang sedang dialami terkait voucher indosat yang sudah di ativasi namun tidak masuk.

Biasanya sesaat setelah pihak customer service indosat menerima pengaduan dari kamu, mereka akan langsungĀ  memberikan solusi dan saran terkait permasalahan voucher indosat kamu yang tidak masuk.

Penutup

Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk
Cara Mengatasi Voucher Indosat Tidak Masuk

Itulah beberapa tahapan cara mengatasi voucher indosat tidak masuk/gagal. Jika kamu memiliki permasalahan lain terkait kartu atau voucher indosat, kamu bisa langsung menghubungi layanan indosat untuk mengatasinya.

Namun apabila kamu sedang mencari aplikasi isi pulsa dan kuota murah indosat maka aplikasi Mocipay dan Mitra TopUp bisa jadi solusinya.

Back to top button