Promo Top Up Game Termurah😍
News

Bermain Game Baik untuk Mata, Baca Manfaat Bermain Game Berikut Ini!

 

Halo Sobat Mocipay, kalian udah tau belum kalau ternyata bermain game itu banyak manfaatnya, loh. Selain untuk hiburan, ternyata manfaat bermain game adalah dapat meningkatkan skill kamu, asal menggunakannya dengan benar dan tidak sampai kecanduan, ya.

Orangtua atau orang-orang di sekitar kita pasti sering meng-underestimate mereka yang suka bermain game. Mereka bilang anak yang sering bermain game biasanya menjadi anak yang kasar, bodoh, dan pemalas. Wait a minute!

Tuan Crab dan uangnya

Apakah karakter Tuan Crab yang sangat tergila-gila dengan uang dan bahkan menghalalkan segala cara demi uang, layak untuk tontonan anak-anak?

Apa jadinya jika seorang koki berubah jadi dokter bedah?

Spongebob berpura-pura menjadi dokter bedah dan mengoperasi Squidword. Bahayanya, dalam adegan ini terlihat bagaimana spongebob menggunakan berbagai benda tajam untuk memotong-motong bagian tubuh Squidword. Pelajaran apa yang akan kamu dapat dengan tontonan semacam ini?

Lalu bagaimana dengan ini?

Jerry selalu saja mengerjai Tom tanpa lelah

Berbagai adegan penyiksaan dalam kartun Tom & Jerry seolah lelucon dan ditonton anak-anak tanpa pengawasan orangtua

See? Jadi yang mana sebenarnya yang memicu anak-anak untuk berperilaku kasar dan bodoh? Bahkan menonton kartun yang lucu-lucu itu bisa memberikan dampak negatif jika kita tidak menyaringnya dengan baik.

Manfaat Bermain Game dalam Kehidupan Sehari-hari

Bermain game dengan wajar atau tidak berlebihan akan memberikan manfaat yang baik untuk anak atau kamu sendiri. Segala sesuatu yang berlebihan tentu saja akan berdampak negatif, apapun itu, bukan hanya game online.

Bermain game dengan pengawasan orangtuaPengawasan orangtua sangat penting untuk anak dibawah umur saat bermain game. Tidak dipungkiri, bermain video game secara berlebihan tentu ada dampak negatifnya. Tapi, mari coba kita lihat dari dampaj positifnya untuk perkembangan kemampuan anak. Dengan pengawasan yang tepat, bermain video game akan memberikan manfaat yang tepat.

Apa saja manfaat game online yang harus kamu tahu? Simak penjelasan berikut ini!

1. Meningkatkan kreativitas

Manfaat bermain game untuk meningkatkan kreativitasBermain game online dapat mengasah dan meningkatkan kreativitas, loh. Jika kamu pernah memainkan game strategi, tentu kamu akan terbiasa untuk berpikir cepat, melatih daya ingat dan kreatif untuk menyelesaikan suatu misi. Cara berpikir cepat dan kreatif ini akan terbawa juga dalam kehidupan kamu sehari-hari ketika menyelesaikan suatu masalah.

2. Belajar menghadapi kegagalan

Ketika kita kalah bermain game, pasti kita akan diberikan pilihan “Quit” atau “Play again”. Nah, biasanya kita akan memilih Play Again, karena merasa tertantang untuk memenangkan game tersebut. Bahkan ketika berkali-kali gagal, kita akan memikirkan cara dan strategi agar bisa memenangkannya.

Secara tidak langsung, bermain video game mengajarkan kita bagaimana seharusnya sikap kita ketika menghadapi kegagalan. Prinsip ini bisa kita pakai bukan hanya ketika bermain video game, tapi juga saat menghadapi kegagalan di dunia nyata.

3. Membentuk karakter pantang menyerah

Video game biasanya didesain dengan level kesulitan yang semakin lama semakin tinggi tingkat kesulitannya. Memainkan game ini akan melatih kamu menjadi karakter yang pantang menyerah. Jika kamu gagal di level pertama, maka kamu tidak akan bisa masuk ke level selanjutnya. Bagaimanapun, kamu harus menaklukkan tantangan di level pertama untuk bisa lanjut ke level selanjutnya.

4. Memberikan manfaat untuk sosial

Anggapan tentang game online bisa membuat seseorang menjadi antipati terhadap lingkungan sekitar, tidak sepenuhnya benar. Jika kamu menggunakan game online dengan wajar dan tidak sampai kecanduan, kamu juga bisa belajar team work dari sebuah permainan game online. Bermain game yang terhubung ke pemain lain secara online juga bisa melatih kemampuan berkomunikasi kamu dengan orang baru.

5. Melatih anak menyelesaikan masalah

Beberapa permainan video game tentang kehidupan sehari-hari, seperti bertani, mendesain rumah, menjadi pelayan toko, akan melatih kemampuan anak dalam menyelesaikan masalah sehari-hari. Misalnya, dalam game Bertani. Ketika pemain ingin memperluas lahannya maka ia harus membuka lahan, membutuhkan uang untuk membeli bibit dan pupuk, menjual hasil pertanian untuk mendapatkan uang. Dengan terbiasa memainkan game semacam ini, maka anak akan terlatih untuk bisa menyelesaikan masalahnya sendiri.

6. Bermain video game baik untuk mata

Siapa sangka, aktivitas bermain game yang seringkali dikatakan sebagai penyebab mata rabun, justru bisa digunakan sebagai latihan untuk memperbaiki mata malas. Dikutip dari website halodoc, mata malas atau ambliopia adalah perkembangan mata yang tidak normal yang mengakibatkan terjadi kesulitan komunikasi antara otak dan mata yang dapat berujung pada melemahnya penglihatan.

Menurut salah satu artikel di halodoc, berdasarkan penelitian bermain video game tertentu bisa mendorong terciptanya kerjasama antara mata dan otak. Selain itu, bermain video game bisa meningkatkan kerjasama mata dalam menyelesaikan tugas sehingga dapat membantu mengatasi mata malas.

7. Melatih kemampuan multitasking

Manfaat bermain game untuk melatih kemampuan multitaskingDalam kehidupan sehari-hari, multitasking adalah salah satu skill yang sangat penting untuk dimiliki, bahkan menjadi penilaian penting dalam dunia kerja. Kamu bisa melatih kemampuan multitasking sejak dini melalui permainan game online. Emang bisa? Tentu saja bisa.

Dalam permainan game online, kita sering menghadapi situasi genting seperti saat posisi lawan semakin kuat, dan entah bagaimana caranya, kita harus bisa memberikan serangan balik kepada lawan sambil bertahan dan memperkuat persenjataan kita. Dalam situasi ini, kemampuan multitasking akan sangat bermanfaat.

Jika kamu sudah terbiasa menghadapi situasi seperti ini, maka kemampuan multitasking kamu akan sangat berguna jika diterapkan di dunia nyata.

8. Bemain game membuat kamu menjadi kaya

Jika skill bermain kamu sudah sangat mumpuni, apalagi kamu memiliki pengetahuan yang luas di dunia game, kamu akan mendapat banyak peluang untuk mendapat penghasilan dari bermain game. Sudah banyak contoh yang bisa kamu lihat, gamers yang ada di youtube, perusahaan pengembang aplikasi game, bahkan kamu bisa menjadi atlet e-sport.

MOCIPAY

MOCIPAY Merupakan Startup Aplikasi Penjualan Produk Digital Termurah dan Terlengkap Mulai Dari Pulsa, Kuota, Token PLN, Tagihan PPOB, Voucher Game dan Top Up Game Murah

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button