Tutorial

5 Cara Melihat Google Form Yang Pernah Kita Isi Paling Mudah

Ingin melihat kembali formulir Google form yang pernah kamu isi? Pastikan kamu memahami cara melihat Google form yang pernah kita isi yang akan dibahas dalam artikel ini.

Google form merupakan salah satu fitur yang disediakan oleh Google yang digunakan untuk membuat kuesioner dan survei secara online. Salah satu keuntungan dari pengisian formulir lewat Google form adalah memungkinkan pengguna untuk dapat melihat kembali formulir yang telah diisi. Penasaran bagaimana cara melihat Google form yang pernah kita isi? ikuti terus artikel ini ya.

Seputar Mengenai Google Form

Seputar Mengenai Google Form
Sumber: eraspace.com

Sebelum lanjut membahas mengenai cara melihat Google form yang pernah kita isi, tentunya kamu perlu mengenali secara mendalam apa itu Google form terlebih dahulu. Dibawah ini kami akan menyajikan berbagai informasi terkait Google form, silahkan disimak dengan baik-baik.

Apa itu Google Form?

Google form adalah salah satu fitur yang disediakan oleh Google, yang digunakan untuk membuat kuesioner dan survei secara online. Hadirnya fitur Google yang satu ini, tentu saja memberikan berbagai keuntungan, terutama di dunia pendidikan. Tenaga pengajar sudah bisa memberikan soal-soal ujian maupun quiz kepada siswa dengan mudah dan praktis lewat online.

Dengan Google form, pengguna dapat membuat pertanyaan dan mengumpulkan tanggapan, lalu kemudian menganalisis data dengan mudah melalui antarmuka pengguna berbasis web. Saat ini Google form merupakan salah satu layanan yang cukup efektif dan praktis dalam memperoleh informasi atau mengambil data tertentu.

Baca Juga :  10 Cara Download Minecraft Bayar Jadi Gratis

Apa saja Fitur-fitur Google Form?

Seputar Mengenai Google Form
Seputar Mengenai Google Form

Google form memiliki berbagai fitur, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Fitur untuk membuat pertanyaan
    Dalam Google form anda dapat membuat berbagai jenis pertanyaan, mulai dari pilihan ganda, uraian, isian singkat, paragraf, dan masih banyak lagi yang lainnya. Selain itu, anda juga bisa menambahkan pertanyaan dalam bentuk video maupun gambar.
  2. Berbagi dan mengumpulkan tanggapan
    Setelah formulir sudah selesai dibuat, anda bisa berbagai tautan formulir dengan responden via email maupun media sosial seperti WhatsApp. Tanggapan yang diberikan oleh responden akan terkumpul secara otomatis.
  3. Integrasi dengan Google sheets
    Google form dapat terhubung dengan Google sheets. Hal ini akan memudahkan pembuat formulir untuk menganalisis dan mengolah data karena semua tanggapan dari responden yang masuk akan secara otomatis tersimpan dalam bentuk spreadsheet.
  4. Analisis dan statistik
    Dalam Google form terdapat juga fitur analisis dan statistik, yang memungkinkan pengguna untuk dapat menggunakan alat analisis bawaan dalam melihat hasil dari tanggapan yang telah terkumpul dalam bentuk grafik atau statistik.
  5. Kustomisasi
    Fitur kustomisasi dalam Google form memungkinkan anda untuk dapat menyesuaikan latar belakang, tema warna dan mengatur tata letak pertanyaan sesuai dengan yang anda inginkan. Hal ini dapat mempercantik tampilan dari formulir yang anda buat.

Keuntungan Menggunakan Google Form

Google form sebagai layanan yang menyediakan pengisian formulir secara online menghadirkan banyak keuntungan. Tak hanya karena dapat dilakukan secara online saja, namun ada juga berbagai keuntungan lainnya.  Apa sajakah keuntungan dalam menggunakan Google form? Silahkan perhatikan dibawah ini:

  1. Lebih mudah digunakan, praktis dan sistematis dalam hal pengisian formulir
  2. Desain pembuatan formulir yang mudah dipahami
  3. Lebih mudah dalam mengumpulkan dan mengolah data
  4. Responden dapat melihat kembali tanggapan yang telah diberikan. Berbeda dengan jika pengisian formulir dilakukan secara manual, kertas formulir biasanya akan langsung di kumpul ke orang yang memberikan formulir
  5. Dapat dengan mudah dibagikan
Baca Juga :  6 Cara Simpan Video Tiktok Tanpa Nama Dengan Mudah

Cara Melihat Google Form yang Pernah Kita Isi

Cara Melihat Google Form yang Pernah Kita Isi
Cara Melihat Google Form yang Pernah Kita Isi

Setelah memahami apa itu Google form, selanjutnya disini kami akan membahas mengenai topik utama pembahasan dalam artikel ini yaitu cara melihat Google form yang pernah kita isi.

Cara melihat Google form yang pernah kita isi cukup mudah! Silahkan ikuti beberapa langkah-langkah berikut ini:

  1. Buka browsing dalam perangkat anda
  2. Kunjungi situs web Google Form melalui tautan https://www.google.com/forms/
  3. Silahkan masuk melalui akun Google yang dulu anda gunakan untuk mengisi formulir yang ingin anda lihat kembali
  4. Maka akan tampil semua formulir yang pernah anda isi
  5. Jika anda ingin melihat tanggapan anda dalam formulir, silahkan klik pada salah satu formulir. Maka akan tampil tanggapan yang telah anda berikan.

Note: Agar dapat menemukan form yang anda cari, pastikan anda masuk menggunakan akun Google yang sama dengan yang anda gunakan dalam pengisian formulir.

FAQ Seputar Cara Melihat Google Form yang Pernah Kita Isi

Cara Melihat Google Form yang Pernah Kita Isi
Sumber: rapidleaks.com

Nah, anda telah mengetahui cara melihat Google form yang pernah kita isi. Selanjutnya, dibawah ini kami juga akan menampilkan beberapa informasi lainnya terkait dengan cara melihat Google Form yang pernah kita isi dalam bentuk tanya jawab.

Bisakah responden melakukan perubahan pada formulir yang telah diisi dan sudah di submit?

Tidak! Dalam pengisian formulir, ketika anda sebagai responden sudah klik tombol “kirim/ submit” itu artinya data tanggapan anda tersebut akan terkirim langsung ke pembuat formulir. Jadi, tanggapan yang telah anda berikan pada formulir setelah formulir di submit tidak akan dapat dilakukan perubahan kembali.

Baca Juga :  6 Cara Menaruh Link di Bio Tiktok, Trik Terbaru Tingkatkan Traffic Website

Kecuali pada pembuat formulir, masih tetap bisa melakukan perubahan pada formulir walaupun link formulir telah dibagikan kepada responden.

Apakah saya bisa melihat tanggapan dari formulir yang diisi orang lain?

Sayangnya, anda hanya bisa melihat tanggapan dari formulir yang anda isi sendiri, kecuali jika anda diberikan akses atau memiliki izin khusus terhadap lembar Google sheets yang mengumpulkan tanggapan dari formulir tersebut.

Mengapa form yang pernah saya isi tidak dapat ditemukan?

Jika melalui langkah-langkah dalam cara melihat Google Form yang pernah kita isi diatas, anda tidak dapat menemukan form yang pernah anda isi sebelumnya, cobalah untuk mempertimbangkan beberapa hal berikut:

  1. Akun Google yang anda gunakan saat login tidak sama dengan akun Google yang anda gunakan dalam mengisi formulir
  2. Form sudah tidak tersedia lagi atau telah di hapus oleh yang membuat formulir
  3. Koneksi internet kurang mendukung sehingga tidak bisa menampilkan data formulir yang pernah diisi secara keseluruhan

Tips Mengisi Google Form

Tips Deskripsi Singkat
Periksa Petunjuk Sebelum mengisi form, periksa apakah ada petunjuk atau instruksi khusus yang harus Anda ikuti.
Isi Semua Bagian Wajib Biasanya, bagian yang wajib diisi ditandai dengan bintang (*). Pastikan Anda mengisi semua bagian tersebut.
Tinjau Jawaban Anda Sebelum mengirimkan form, periksa kembali jawaban Anda untuk memastikan tidak ada kesalahan atau ketidakakuratan.
Gunakan Email yang Valid Beberapa form mungkin memerlukan alamat email Anda. Pastikan untuk memberikan alamat email yang valid dan aktif.
Jaga Privasi Anda Jangan berbagi informasi pribadi yang tidak perlu atau sensitif kecuali Anda yakin bahwa form tersebut aman dan informasi Anda akan dikelola dengan benar.

Simpulan

Cara Melihat Google Form Yang Pernah Kita Isi
Cara Melihat Google Form Yang Pernah Kita Isi

Cukup mudah bukan cara melihat Google form yang pernah kita isi? Sangat mudah tentunya yah sobat. Melalui langkah-langkah yang telah kami tampilkan diatas, anda dapat meninjau kembali tanggapan yang anda berikan pada berbagai formulir yang pernah anda isi sebelumnya.

Demikianlah cara mudah dan praktis untuk melihat Google form yang pernah kita isi yang dapat kami tampilkan untuk pengunjung setia Mocipay Semoga beberapa informasi yang kami bagikan dalam artikel ini dapat bermanfaat. Selamat mencoba!

Back to top button